Laporan Kunjungan Ultah TPC

Alhamdulillah TPC sukses membuat acara akbar sebagai rangkaian acara Hari Ulang Tahun TPC yang jatuh beberapa hari sebelumnya.

@EventTPCAcara puncak TPC diadakan di Aula Gedung Telkom samping Tunjungan Plasa. Lokasi tempat acaranya sangat bagus dipandu dengan kegesitan panitia acara serta peserta acara.

Saya berangkat dari rumah pada pukul 04.30 WIB langsung menuju Bandara Soekarno Hatta. Alhamdulillah tidak ada keterlambatan penerbangan (inilah salah satu alasan saya kenapa setiap mau keluar kota inginnya menggunakan pesawat pagi.. Jarang delay, hehehe ).

Pesawat mendarat di Bandara Baru Surabaya dengan mulus pada pukul 08.15 WIB dan langsung saya kontak Mas Novi yang akan menjemput. Mas Novi sudah berada di parkiran mobil ketika saya menghubunginya. Akhirnya kita bertemu di Kedatangan Domestik. Ternyata saya juga dijemput oleh Mas Andi Bagus (Founder TPC dan Mantan Ketua TPC). Mas Andi ini sangat ramah dan Beblog (khususnya founder) harus banyak belajar pada beliau ini.. Termasuk saya, hehehe

Mas Andi bilang bahwa kita juga menunggu Paman Tyo yang akan mendarat pada pukul 09.30 WIB. Alhamdulillah kami bertiga dan Paman Tyo serta 1 orang team Owner Dagdigdug meluncur ke lokasi acara. Sampai disana, acara seminar yang berjudul “Kebebasan Berekspresi Lewat Media Online” sudah berlangsung (lha, kan mulainya jam 09.00 WIB) dan Pak Wawali Surabaya sedang berbicara didepan. Pak Wawali ini sangat mendukung acara yang diadakan TPC dan berharap acara ini akan diadakan minimal setiap tahun sekali, tetapnya setiap tanggal 10 November.

Pembicara kedua adalah Pak Sawali tentang UU ITE. Sangat menarik dari apa yang diulas oleh Pak Sawali sebagai Begawan Blogger ini. Agar tidak bermasalah dengan penerapan UU ini, Blogger harus mengikuti kaidah-kaidah berkomunikasi dengan baik. Jangan membuat artikel apalagi hoax yang akan merugikan orang lain. Buatlah artikel yang memilliki bukti cukup kuat agar bisa dijadikan landasan tulisan. Selalu berprasangka iak terhadap target tulisan dan jangan takut di kritik.
Pembicara selanjutnya adalah Pak Donni BU (Vice President of Publisher Groups – Detik.com). Makalah yang dibawakan juga mengenai UU ITE, pemblokiran yang dilakukan oleh beberapa ISP terhadap blogspot, contoh kasus hukum yang melanggar UU ITE, dan data-data statistik lainnya.

Acara selesai pada pukul 14.00. Sebagaimana biasanya, acara puncak ini dijadikan sebagai ajng narsis di panggung :)
Perwakilan Komunitas Blogger Luar Surabaya dipandu untuk menuju Wisma Sejahtera di Jalan Ketintang. Saya, Paman Tyo dan teman-teman lainnya naik Bus yang disediakan panitia. Bus angkutan ini menggunakan sistem stir kiri dan ini menjadi salah satu objek photo bagi kami :)

Lokasi Wisma Sejahtera lumayan jauh dari Gedung Telkom. Sekitar 30 menit, Bus melaju pelan pelan menembus hujan yang turun pada siang harinya plus menerjang beberapa titik kemacetan serta titik Traffic Light di Surabaya.

Pukul 16.00 WIB, saya dan Pak Sawali diajak berkeliling naik motor oleh Mas Novi dan Mas Hendra. Tujuan utama: Jembatan Suramadu :)
Sama halnya dengan saya, Pak Sawali ternyata juga ingin sekali ke Jembatan Suramadu (kami berdua tidak ikut acara di hari kedua karena sudah harus pulang).
<Mas Novi membuat rute yang akan dilewati: Wisma – Patung Suro Boyo – Tugu Pahlawan – Menyeberangi Jembatan Suramadu – Pulang Naik Ferry ke Tanjung Perak – Wisata Kuliner “makan Lontong Balap di Jalan Kranggan” – Wisma.
Rute sudah dibuat dan nyaris tanpa hambatan. Akhirnya setelah berlabuh di Tanjung Perak, hujan mulai turun dan “membuyarkan” konsentrasi kami.
lontong-balapLontong Balap disantap plus pakaian yang basah kuyup. Setelah puas dengan Lontong Balap, akhirnya kami kembali ke Wisma. Sesampainya di Wisma, teman-teman blogger sudah mulai berdatangan untuk acara ramah tamah. Kami masuk ke kamar masing-masing untuk berganti pakaian dan berbaur dengan teman-teman TPC serta dari blogger wilayah lain. Oops… sebenarnya ada 1 cerita yang tidak saya sampaikan disini.. (malu.. cukup kami berempat aja yg tahu, hehehe)

Acara ramah Tamah ini diisi dengan diskusi lepas mengenai usulan blogger terhadap UU ITE yang tadi siang menjadi bahan utama yang di seminarkan di Gedung Telkom. Terlihat kekompakan dan kesamarata-an para blogger ini. Utusan Blogger Solo (Bengawan) mendominasi perwakilan dari Blogger daerah karena mengutus 10 orang plus penasehatnya untuk acara TPC ini… Wow… sangat salut dengan bengawan.

Jam 03.30 WIB saya mendapat SMS dari Mas Andi Bagus bahwa dia akan ke Wisma untuk mengantarkan saya ke Bandara. Surprise…. Padahal semalamnya saya sempat minta tolong pada Mas Gajah Pesing untuk mengantarkan saya ke Terminal Bungur Asih untuk dilanjutkan naik Damri ke Bandara. Ternyata Founder TPC ini sangat baik dan rela pagi-pagi bangun untuk menuju Wisma Sejahtera.
Alhamdulillah saya sampai di Jakarta pada pukul 08.30 WIB tanpa ada delay..
Thanks buat Mbak Ajeng yang membuka hati kita sebagai blogger bahwa komunitas blogger harus rajin dan ramah terhadap komunitas lain.. Mbak Ajeng menekankan lagi bahwa hal ini berlaku juga untuk blogger antar blogger. Beliau juga berkomentar bahwa komunitas Blogger itu sangat cerdas dan saling berbagi satu sama lain.. Kita sebagai komunitas yang baru harusnya rajin berdiskusi dan bersilaturrahmi dengan mereka.

Thanks buat Pak Aris yang sudah mengutus perwakilan untuk acara TPC ini. Percaya, Pak.. Dengan bersilaturrahmi ini, bloggerbekasi.com akan mendapatkan traffic tambahan :)

Thanks buat Mas Vavai yang menjadi donatur pertama setelah usulan disampaikan oleh Mbak Ajeng. Thanks juga buat Daeng Amril, Om Jay, Pak Eko, Mas Yul dan teman-teman di Beblog serta TPC

Thanks buat Mbak Ratu yang mau berdiskusi dan memberikan saran, nasehat dan masukannya untuk kopdar di komunitas lain. Gak pake packing, Mbak.. hehehe

Thanks buat Mas Gajah, Mas Novi, Mas Andi, Mas Bodrex (Ketua TPC), Mas Nopy, Mas Hendra, dll. Diskusi kita yang sempat ada, akan saya buat postingan di email dan artikel yang lain.

Thanks buat teman-teman sesama blogger yang selalu mensupport dan menjalin silaturrahmi di dunia maya dan kopdar.
Ayo, kita segera Kopdar… Nonton, Mancing, Makan-makan, Karaoke, atau yang lainnya…
Photo belum sempat di upload.. Linknya menyusul ya… hehehe…
Tanpa Photo berarti Hoax? Cek Photo di TKP, Gan…

Salam Beblog,
Irfan
Mau banner Twitter Follow Me yang unik? ada di http://buttonstwitter.cz.cc/
Atau mau menyingkat URL yang panjang? Coba pakai http://tkp.cz.cc/

bahasa Melayu dialek Bekasi jarang digunakan

View Larger Map

Pagi ini baru membaca artikel yang menarik tentang Kota Bekasi di sebuah koran terkemuka di tanah air.  Bahasa Melayu dialek Bekasi bertambah terpuruk dalam penggunaan sehari-hari disekitar kita, terutama oleh kalangan muda. Bahasa daerah yang diajarkan di muatan lokal sekolah-sekolah di Bekasi adalah Bahasa SUnda dan rasanya pantas untuk dipertimbangkan guna memngganti bahasa yang diajarkan sekolah menjadi bahasa asli Bekasi.

Dalam Kanal ini, salah satu penulis sering membawakan cerita-cerita bernuansa betawi asli, baik dalam penggunaan kata-katanya maupun wilayah-wilayah yang tidak banyak dikenal warga Bekasi lainnya, khususnya pendatang.

Bekasi sudah menjadi kota yang berkembang di pinggir metropolitan Jakarta dan penduduknya makin bertambah seiring dengan bertambahnya perumahan-perumahan dan industri-industri. Sekolah-sekolah makin menjamur. Andai saja setiap sekolah memberikan muatan lokal bahasa daerah asli Bekasi, pastilah bahasa ini akan menjadi hidup kembali.

Memang, banyak orang yang mengatakan bahwa Bahasa Bekasi adalah bahasa pinggiran. Namun, seperti halnya dengan bahasa Daerah lainnya, tentu Bahasa Bekasi ini memiliki keunikan tersendiri. Bahasa Bekasi dipengaruhi oleh bahasa Betawi asli, bahasa Hokkian, bahasa Bugis, dll. Dijamin, pasti bahasa ini sangat unik karena mengandung beberapa dialek bahasa campuran didalamnya.

Ayo, mari kita selamatkan warisan nbahasa daerah. Jangan sampai bahasa Daerah akan punah seiring berkembangnya zaman globalisasi.

Sambutan Walikota Bekasi pada acara Launching Be-Blog

Kata Sambutan

H. Mochtar Mohamad, Walikota Bekasi
***

Saya berikan penghargaan setinggi-tingginya pada para blogger yang bergabung dalam komunitas Blogger Bekasi. Saya mengharapkan Blogger Bekasi dot com ini bisa digunakan sebagai wadah komunikasi serta bertukar informasi antar warga Bekasi.

H. Mochtar MochamadWadah ini juga diharapkan mampu mengidentifkasi sejak dini aneka persoalan yang terjadi di Bekasi. Sehingga persoalan yang terjadi di masyarakat bisa segera ditangani pengambil keputusan atau pemerintah daerah.

Sebagai penghargaan pada para blogger, saya melalui Bloggerbekasi.com akan menggelar lomba penulisan blog dan photoblog bertema Aku Cinta Bekasi. Lomba ini digelar mulai hari ini 17 Oktober 2009 hingga 17 November 2009. Hadiah Lomba total 45 juta rupiah. Dengan perincian Juara 1 akan diberikan hadiah uang 10 juta rupiah, juara kedua 7,5 juta rupiah, dan juara ketiga 5 juta rupiah.

Menembus Tapal Batas Kemanusiawian

Oleh: Sawali Tuhusetya (http://sawali.info/)

Satu lagi sebuah komunitas bloger telah lahir di kota Bekasi. Kehadiran komunitas semacam ini diharapkan tak hanya sebatas sebagai wadah dan media penampung tulisan semata, tetapi juga mampu menjalankan peran dan fungsinya sebagai sumber inspirasi bagi pembaca. Ia juga diharapkan mampu menjadi mediator dan penyambung lidah aspirasi publik kota Bekasi, khususnya, dan masyarakat “dunia maya”, pada umumnya, dalam mendapatkan informasi yang mencerdaskan dan mencerahkan, sehingga mampu menembus tapal batas kemanusiawian di tengah dinamika peradaban yang makin rumit dan kompleks. Ia juga diharapkan makin eksis dalam menggelar berbagai agenda yang bermanfaat bagi publik, baik dalam ranah dunia maya maupun dunia nyata.

Continue reading Menembus Tapal Batas Kemanusiawian

Domain Gratis baru lagi (Co.TV)

Penantang CO.CC

Postingan ini melanjutkan dari postingan senada sebelumnya. Postingan serupa juga bisa ditemukan di http://sekitarkita.info.

Penantang Co.CC sudah datang. Fitur yang ditawarkan secara gratis-pun sama dengan seniornya terdahulu. Kita bisa parking sub Domain, Set DNS, MX, Cname sendiri. Hampir sama dengan seniornya.

Untuk Redirect URL, agak berbeda dengan Co.CC karena pada CO.TV ini menggunakan redirect normal dan Frame. Lebih familiar dan gampang dimengerti oleh user dibandingkan sistem redirect yang dipakai oleh Co.CC

Situs ini baru berdiri dan peluang untuk mendapatkan nama juga sangat terbuka lebar. Cek Domain dan parking atau Redirect ke situs Anda. Keuntungannya, kita makin banyak alamat situs dan optimalkan dengan SEO sehingga di Mesin Pencari, akan muncul alamat-alamat situs kita. Bagaimana cara mengoptimalkan SEO di Situs kita? Silahkan baca artikel-artikel sebelumnya di http://sekitarkita.info


.

.

Free Domain

Bagi pemburu Domain gratis, peluang kecil aja pasti akan diambil. Apa manfaatnya? Selain untuk menambah backlink dan peringkat situs dalam mesin pencari, tentunya dari segi gengsi. Bagusan mana http://seputarhp.wordpress.com dengan seputarhp.co.cc?

Tentunya hal ini yang akan membuat penyedia domain gratis semakin berkembang dan semakin mendulang dollar. Misalnya domain yang sudah banyak dikenal orang adalah Co.cc; Co.nr dan lainnya. Sebenarnya yang ditawarkan adalah Sub Domain mereka dan bukan Domain seperti anggapan banyak orang.

Continue reading Free Domain

Dengan WWW atau tanpa WWW?

Artikel ini saya perkenalkan kembali ke dunia maya setelah beberapa bulan yang lalu posting di blog saya (http://sekitarkita.info)

Apakah Anda tahu bahwa mesin pencari akan membedakan situs dengan WWW dan tanpa WWW? Maksudnya, http://sekitarkita.info akan diartikan beda dengan situs http://www.sekitarkita.info. lah, lho kok? Berarti optimalisasi mesin pencari (SEO) kita gak maksimal dong..?

Yup, karena situs kita akan di split sama robotnya mesin pencari. Jadi lebih baik kita optimalkan dengan mengarahkan ke salah satu cara aja. Dengan WWW atau tanpa WWW.

Salah satu caranya adalah membuat perubahan atau tambahan data pada file .htaccess yang berada di root directory website/blog kita. Apa yang perlu ditambah? Cukup tambahkan data berikut ini:

Options +FollowSymlinks
RewriteEngine on
rewritecond %{http_host} ^www.yourdomain.com [nc]
rewriterule ^(.*)$ http://yourdomain.com/$1 [r=301,nc]

atau sebaliknya

Options +FollowSymlinks
RewriteEngine on
rewritecond %{http_host} ^yourdomain.com [nc]
rewriterule ^(.*)$ http://www.yourdomain.com/$1 [r=301,nc]

Ubah yourdomain.com dengan domain Anda.

Setelah itu, mulailah optimalkan blog/website Anda dengan/tanpa WWW.