Bekasi akan menjadi daerah bebas Narkoba?

Narkoba memang harus diberantas. Bukan hanya oleh pejabat berwenang, kita sebagai masyarakatpun harus “aware” terhadap barang haram ini. Narkoba atau NAPZA merupakan bahan/zat yang bila masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi tubuh terutama susunan syaraf pusat/otak sehingga bilamana disalahgunakan akan menyebabkan gangguan fisik, psikis/jiwa dan fungsi sosial. Karena itu Pemerintah memberlakukan Undang-Undang untuk penyalahgunaan narkoba yaitu UU No.5 tahun 1997 tentang Psikotropika dan UU No.22 tahun 1997 tentang Narkotika.

Berbagai jenis narkoba yang sudah kita kenal dan berbagai jenis baru yang sedang marak-maraknya berkeliaran di sekitar kita. Jenis Narkotika yang sering disalahgunakan adalah morfin, heroin (putauw), petidin, termasuk ganja atau kanabis, mariyuana, hashis dan kokain. Sedangkan jenis Psikotropika yang sering disalahgunakan adalah amfetamin, ekstasi, shabu, obat penenang seperti mogadon, rohypnol, dumolid, lexotan, pil koplo, BK, termasuk LSD, Mushroom.

Zat adiktif lainnya disini adalah bahan/zat bukan Narkotika & Psikotropika seperti alkohol/etanol atau metanol, tembakau, gas yang dihirup (inhalansia) maupun zat pelarut (solven). Sering kali pemakaian rokok dan alkohol terutama pada kelompok remaja (usia 14-20 tahun) harus diwaspadai orangtua karena umumnya pemakaian kedua zat tersebut cenderung menjadi pintu masuk penyalahgunaan Narkoba lain yang lebih berbahaya (Putauw).

Saya tidak akan berbicara banyak mengenai jenis-jenis narkoba diatas secara keseluruhan. Saya ingin sedikit sharing mengenai jenis mushroom atau masrum atau Jamur.

Awalnya saya tidak paham kenapa Jamur bisa menyebabkan orang akan kehilangan kesadaran sesaat. Jamur sudah menjadi makanan pelengkap dan berbagai variasi menu diciptakan untuk jenis makanan ini. Banyaknya pemberitaan-pemberitaan yang sering muncul akhir-akhir ini dan banyaknya pembicaraan-pembicaraan yang beredar di media sosial, membuat saya browsing tentang segala sesuatu mengenai jenis narkoba ini.

Baru-baru ini ada seorang mahasiswa di Semarang yang meninggal dunia paska mengkonsumsi  Magic Mushroom atau mengkonsumsi Jamur secara berlebihan. ternyata efek yang dihasilkan oleh mengkonsumsi Jamur ini adalah kehilangan kesadaran dalam waktu sekian lama.  Dan barang ini juga gampang didapatkan di sekitar kita! Jika kita cari di Internet, ternyata “barang haram” ini sangat gampang dipesan melalui online!

Masrum yang menyebabkan efek halusinasi ini ternyata adalah jamur yang tumbuh di kotoran-kotoran binatang. Jika sudah dicabut/dipanen/dilepas dari tempat tumbuhnya. Orang awam tidak akan mengetahui bahwa jenis jamur tersebut adalah jenis jamur yang bisa memabukan. Sudah barang tentu mengkonsumsi ini sering dilakukan di lokasi-lokasi umum. Banyak orang tua yang tidak tahu bahwa jamur yang dibawa-bawa oleh anaknya adalah jamur yang sudah ditetapkan sebagai zat adiktif yang berbahaya.

Selayaknya kita harus menyebarkan informasi ini ke anak, keponakan, adik maupun remaja-remaja disekitar kita. Bisa juga baca artikel ini.

Pertengahan September 2012 kemarin, Walikota Bekasi sudah mencanangkan bahwa Bekasi akan bebas narkota tahun 2015. Ini bukan waktu yang lama. Banyak yang harus kita benahi dan banyak yang harus kita ketahui. Narkoba ada disekitar kita, bahkan bagi yang memiliki anak remaja, narkoba bisa ada di dalam rumah kita.

Hari Minggu tanggal 16 Desember 2012 ini akan diadakan pilkada kota bekasi untuk mencari pemimpin untuk periode 5 tahun kedepannya. Akankah pemimpin ini bisa menciptakan Bekasi sebagai daerah yang akan bebas dari Narkoba? Kita lihat ssaja. Dan tugas kita adalah memilih pemimpin yang aware terhadap narkoba dan yang memiliki program-program bagus demi kemajuan kota bekasi.

Salam Pilkada OOT…

Tiup Lilinnya Cikarang juga…

Tiup Lilinnya.. Tiup Lilinnya.. Tiup Lilinnya cikarangn juga.. Cikarang, juga…

Itu salah satu joke dalam acara Stand Up Comedy oleh @awwe_ dalam acara Milad #BeBlog3Th yang diadakan di Balai Patriot pada hari Sabtu tanggal 8 September 2012 ini. Lucu, kocak, gokil, gila… Dan tweet yang berbunyi pujian, ngakak, malu bertebaran diwaktu Awee berdiri dihadapan 100 orang lebih peserta dan undangan yang menghadiri acara syukuran Milad @bloggerbekasi ini.

Acara dimulai dengan pembukaan dan tarian di hadapan penonton. Dilanjutkan dengan pemutaran video profil dan perjalanan BeBlog selama 3 tahun ini. Dimulai dengan pemaparan sejarah berdirinya Beblog oleh salah satu founder BeBlog dan diakhiri dengan prestasi-prestasi yang sudah diraih oleh BeBlog selama 3 tahun ini.

 

Bekasi itu termasuk kota yang gaul. Nama-nama yang di Jakarta juga banyak ditemukan di Bekasi. Jakarta punya Bundaran HI, Bekasi juga ada Bundaran HI #HarapanIndah. Jakarta ada Bintaro, Bekasi ada Bintara… tambah Awee yang diikuti sorak peserta #halah

Eh, jangan salah.. Awee juga menambahkan bahwa di Bekasi itu dari dulu selalu memfavoritkan angka 2. Ada kampung Dua dan ada Kampung Dua Ratus. Para pendahulu di Bekasi itu sangat bijak dan berusaha mempermudah ucapan di masa mendatang. Bayangkan, jika ada kampung satu, kampung dua, kampung tiga, sampai kampung dua ratus. Bakalan bisa hapal dan bisa ngucapinnya gak? Kocak memang si Awee ini. Apalagi di saat dia bilang, hal yang lucu di Bekasi waktu naik angkot adalah naik angkot jurusan Rawa panjang.. Pas di lokasi, akan diteriakkan, yang panjang.. yang panjang… Ada yang ketawa sampai nangis, lho.. Gak tau ketawa atau membayangkan sesuatu :p #NoMention hahahaha

Kalau membicarakan Blogger Sukses Mulia yang menjadi topik utama dalam syukuran Milad ini, sudah banyak yang menceritakannya. Bisa di search dengan kata kunci “Blogger Sukses Mulia” baik di portal ini maupun di portal/blog para peserta lainnya. pokoknya acara ini sangat seru.. Salut buat kerjasama team panitia yang sudah bekerja sangat keras. Bahkan di malam sebelum acara, panitia sudah pulang ke rumah dan jam 1 malam harus kembali ke lokasi acara untuk dekorasi ruangan lagi… Thanks for all of You.. We Proud of U…

Mas Nopie yang merupakan peserta terjauh (@BloggerTPC) juga berusaha untuk ikut menyemarakkan acara ini. Walaupun beliau sedang sakit dan harus kembali ke Surabaya pada sorenya, beliau berusaha untuk tetap semangat dan mengikuti acara mulai dari pagi sampai sore.. Thanks Mas Nopie.

Banyak hal yang tidak bisa saya lupakan dalam acara ini. Dan sebagai Blogger yang selalu online, dikala acara offline ini pasti akan mempergunakan waktu sebaik mungkin untuk silaturrahmi dengan teman-teman lain yang selama ini hanya bersua di media blog :)

Saya juga bisa ketemu @Frenavit atau Bodrex yang merupakan mantan ketua komunitas Blogger Surabaya. ternyata 1 bulan terakhir ini, beliau sudah tinggal di Jakarta dan bekerja di @InternetSehat. Rekan-rekan TDA Bekasi yang selama ini hanya berdiskusi di milis dan setiap acara TDA, saya selalu berhalangan hadir, diacara ini juga menjadi ajang silaturrahmi dan Halal Bi Halal kecil.

Selamat buat @AkberBKS dan @TDA_Bekasi yang sudah menjadi pemenang Penghargaan dari Beblog.

Dan @Sebuai juga turut memeriahkan acara BeBlog ini.. Suka Duka Komunitas Sosial yang dibentuk oleh Ady juga sempat ditanyakan dalam sesi tanya jawab dengan Sebuai.. Thanks ya, Ady… U’r Rock..

Sampai bertemu di acara Amprokan Blogger tanggal 15-16 Desember 2012 nanti..

Beberapa Kisah di tanggal 17 Agustus 2012

17 Agustus sudah dikenal sebagai Hari Lahir Republik Indonesia. Tahun 2012 ini, Republik Indonesia sudah berumur 67 tahun sejak Proklamator RI mengumandangkan sebuah pidato singkat yang lebih dikenal dengan Proklamasi, tepat pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945. Eits, berarti sama dong dengan hari ini? Jumat tanggal 17 Agustus. Bahkan konon kabarnya juga sama-sama berada di Bulan Suci Ramadhan.

Saya tidak akan membahas Proklamasi untuk artikel ini. Banyak kejadian yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 2012 ini. Diawali dengan mulai “hebohnya” Group BBM Internal Blogger Bekasi tentang ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Beblog. Dan tepat pada jam 00.01 WIB tanggal 17 Agustus 2012 ini, panitia HUT BeBlog yang ke-3 membuka lomba pantun di twitter dengan hadiah voucher HP total 200.000. Tweetnya ada disini.

Perjalanan Komunitas Blogger Bekasi ini sangat panjang dan berliku. Refleksi 3 tahun keberadaan Blogger Bekasi bisa dilihat pada artikel yang dibuat oleh salah seorang founder BeBlog. Mulai dari niat yang hanya sekedar ingin berbagi via blog dengan mengumpulkan beberapa blogger di Bekasi, maka tepat pada tanggal 17 Agustus 2009 berdirilah Komunitas Blogger Bekasi.

Tanggal 17 Agustus 2012 ini, Beblog genap berusia 3 tahun. Dan tepat di tanggal 17 AGustus ini pula, mayoritas founder dan pengurus serta aktivis BeBlog pulang kampung untuk merayakan Lebaran 1433H bersama keluarga besarnya. Salah satu founder Beblog yang juga merupakan founder Asean Blogger dan yang pasti adalah Ketua Beblog, bahkan rencananya merayakan Lebaran bersama keluarganya di Mongolia. Jauh beud, Pak :D

 Kembali ke Topik. Takut di Cap #RajaOOT oleh pak Ketua :D

Banyak pantun-pantun kreatif yang dikirimkan peserta lomba dalam rangka Ultah Beblog ini. Mungkin Panitia akan membuat artikel khusus tentang liputan ini. Saya hanya mengambil beberapa pantun kreatif dari beberapa peserta:

Ke madura naek taksi, di jalan nabrak umbul umbul. Selamat ultah @bloggerbekasi , semoga semua harapan bisa terkabul #3thHutBeBlog  (via @Rijal_007)

 ngajak si Asih ke Cileungsi,pohon paya ga roboh” salamet deui warsih @bloggerbekasi,trus jaya n cpt dpet jodoh #eh#3thHutbeblog (via @purnaaamaa)

dan banyak pantun-pantun ucapan yang lainnya

Tidak ketinggalan ucapan dari perwakilan-perwakilan Blogger lainnya. Yang membanggakan, ucapak selamat juga disampaikan oleh Bapak Gubernur Jawa Barat melalui Akun Twitternya.

Selamat milad utk @bloggerbekasi smg selalu mengedukasi masy dgn wawasan yg berisi”@irfan_zj@tifsembiring@aheryawan@netty_heryawan“” (Tweet asli disini)

Terima kasih atas semua ucapan yang diberikan untuk Blogger Bekasi. Semoga Komunitas Blogger Bekasi ini akan berkembang sesuai dengan doa dan harapan bersama.

Tidak semuanya Pengurus Beblog yang mudik. Ada salah satu Pengurus yang hanya mudik dengan jarak tempuh perjalanan 30 menit naik motor dari rumahnya :D dan mengisi waktu dengan membuat ketupat di rumahnya. Ada yang tidak mudik alias bersedia menunggu Bekasi dikala yang lain tidak setia dengan Bekasi :D

Ada yang stress dijalanan karena macet dan diputer-puter oleh petugas (baca: polisi) untuk “menghindari macet panjang”, ada yang dengan santai memantau berita dan mencari alternatif jalan lainnya dan ada yang mengundurkan waktu untuk mudik beberapa jam kedepan. Titip oleh-olehnya ya, Temans.. :D

 Tanggal 17 Agustus 2012 ini, Insya Allah merupakan H-2 Lebaran 1433H. Tak heran, beberapa jalanan di Bekasi yang merupakan jalur utama mudik, penuh dengan pemudik.

Akhir kata, saya pribadi mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433H, Taqabbalallahu minna waminkum…