Bekasi Cyber City, Mungkinkah?

great-building-reBekasi kian tumbuh pesat sebagai “kota satelit” Jakarta dengan tingkat penetrasi jaringan internet yang cukup luas dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Transformasi Bekasi menuju sebuah “Cyber City” bukanlah hal mustahil dan niscaya adanya terlebih setelah melihat pembangunan infrastruktur berbasis online makin meningkat dari segi kuantitas maupun kualitasnya.

Cyber City merupakan salah satu konsep kota modern berbasis teknologi informasi yang kini telah banyak diterapkan di sejumlah kota besar di seluruh dunia.  Konsep cyber city merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat di bidang teknologi informasi. Di Indonesia sendiri sejumlah kota sudah mencanangkan antara lain Makassar Cyber City ,  Malang Cyber City (MCC), Sukabumi Cyber City (SCC), Bandung Cyber City (BCC), Yogya Cyber City (YCC), Solo Cyber City (SCC), Denpasar Cyber City (DCC), dan lain-lain. Dan Bekasi, tentu saja diharapkan akan menjadi kota berikutnya yang mencanangkan ini.

Alasan ini cukup realistis di era informasi sekarang dimana setiap orang, siapapun juga, memiliki peluang yang sama dan setara untuk menjalin pergaulan secara luas melalui dunia maya baik secara nasional maupun internasional. Dukungan piranti telekomunikasi yang kian canggih dengan harga terjangkau memungkinkan fenomena “gaul” didunia maya tumbuh dengan laju yang signifikan. Kehadiran Hot Spot Wi Fi (Wireless Fidelity) di berbagai tempat mulai dari Pelabuhan, Pusat Perbelanjaan modern, Terminal, Bandara, Rumah Sakit hingga sarana olahraga kian memberikan iklim strategis menyemarakkan nuansa online diberbagai ruang publik.

Continue reading Bekasi Cyber City, Mungkinkah?

Merindukanmu, Ibu (Sebuah Persembahan Cinta di Hari Ibu)

Picture 024Dalam perjalanan naik bis tadi pagi, batin saya mendadak disentak keharuan teramat dalam. Di hadapan saya, nampak seorang ibu muda berdiri sambil menggendong bayi di pelukan bersama seorang anak lelaki berusia sekitar 5 tahun ngamen didepan kami, para penumpang bis.

Ibu itu menggunakan daster lusuh berwarna ungu sementara sang bayi dalam gendongannya tertidur pulas dibuai mimpi. Dengan alat musik kincring-kincring yang terbuat dari tutup botol bekas yang dipakukan ke sebilah kayu, sang anak lelaki mengiringi sang ibu yang mendendangkan lagu “Masih Cinta”-nya Kotak. Suaranya terdengar pelan dan lirih. Seperti menyanyikan kepiluan dan kesedihan teramat sangat.

Tanpa terasa mata saya menghangat, tiba-tiba saya merindukan ibu.

Masih melekat rasanya ingatan itu, sekitar 30 tahun silam, di sebuah malam yang hening, di Bone-Bone–desa yang berada sekitar 500 km dari Makassar dan masuk dalam wilayah Kabupaten Luwu.Saya terbangun dan melihat dari balik pintu kamar, ibu saya masih disana. Didepan mesin jahit tua kami menyelesaikan pesanan pelanggan bersama lampu petromaks yang mulai redup.

Disamping beliau, ayah tertidur menemani di kursi rotan usang kami. Segelas kopi terlihat separuh isinya diatas meja didekat ayah tidur. Ibu nampak letih, beberapa kali beliau mengerjap-ngerjapkan mata menahan kantuk. Pesanan Jahitan memang sedang banyak ketika itu karena kebetulan disaat yang sama ada banyak acara pernikahan di desa tempat kami bermukim.

Continue reading Merindukanmu, Ibu (Sebuah Persembahan Cinta di Hari Ibu)

Ditandatangani, Perjanjian Kerjasama Telkom dan Komunitas Blogger Bekasi

Hari ini, Rabu, 17 Desember 2009 adalah hari bersejarah bagi Komunitas Blogger Bekasi karena bertempat di Aula Sultan Kuningan Graha Telkom Gatot Subroto, telah ditandatangani perjanjian kerjasama antara Komunitas ini bersama pengelola jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkom.

Saya dan Om Jay, sebagai Penasehat Komunitas Blogger Bekasi hadir dalam acara tersebut sebagai saksi penting ketika Mas Yulyanto, sekretaris Komunitas yang mewakili sang ketua Mas Aris Heru Utomo yang kebetulan sedang tugas ke luar negeri, menandatangani perjanjian kerjasama itu dengan Pak Teguh, GM Telkom Bekasi disaksikan oleh Direktur Konsumer Telkom Bapak I Nyoman G Wiryanata. Acara ini dirangkaikan dengan Grand Final Net Kuis Umroh yang diadakan Telkom sejak September lalu.

Isi Memorandum of Understanding (MoU) pada dasarnya adalah perjanjian kerjasama konstruktif untuk saling mendukung dalam setiap kegiatan Blogger Bekasi. Komitmen Telkom adalah memberikan dukungan penuh bagi segala aktifitas Komunitas Blogger Bekasi, dan demikian pula sebaliknya, komunitas Blogger Bekasi akan menjadi mitra strategis Telkom dalam sosialisasi program dan layanan Telkom yang baru saja memperkenalkan “new branding”-nya ini : The World in Your Hand.

Berikut foto-fotonya:
Continue reading Ditandatangani, Perjanjian Kerjasama Telkom dan Komunitas Blogger Bekasi

“Duel Maut” Tanpa Darah di Cikarang, Berakhir Bahagia

samikuring-1Pertarungan hebat tanpa pertumpahan darah itu akhirnya dilaksanakan kemarin, Minggu, 25 November 2009 bertempat di lantai 2 Rumah Makan Sami Kuring Cikarang. Acara yang digelar oleh Komunitas Blogger Cikarang dan Cimart ini bertajuk “Duel Maut Blogger vs Joomla”.

Istilah acaranya memang terkesan “mengerikan” namun aslinya adalah sangat menyenangkan. Betapa tidak? Dalam Duel kali ini yang menampilkan saya yang mewakili kubu blogger dan Sandy H mewakili kubu Joomla berbagi ilmu membuat blog dan website secara cepat, instan dan efektif dengan menggunakan engine blog dan Joomla.

Saya yang datang bersama putra sulung saya, Rizky, tiba Jam 08.30 WIB cukup takjub menyaksikan antusiasme 50 peserta yang ikut dalam pelatihan ini. Hot Spot yang disiapkan oleh Rumah Makan Samikuring memang sangat mendukung koneksi internet. Bahkan untuk keperluan pelatihan ini, pihak CommNett penyedia jasa internet hotspot menambah kapasitas bandwithnya agar segala sesuatunya berjalan lancar. Pantas saja ketika saya coba koneksi internet wi-fi laptop saya, kemampuan aksesnya sangat cepat.

Continue reading “Duel Maut” Tanpa Darah di Cikarang, Berakhir Bahagia

Lomba Foto Komunitas Blogger Bekasi

bekasi
Ilustrasi Foto Kota Bekasi. Sumber : http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=680222

Tema : AKU CINTA BEKASI

1. JENIS DAN WAKTU LOMBA

Sosialisasi dan Pendaftaran :  15 November – 5 Februari 2010

PelaksanaanLomba : 24 November – 5 Februari 2010

Penjurian dan Polling tulisan favorit : 6 Februari 2010 – 13 Februari 2010

Pengumuman : 14 Februari 2010

2. KETENTUAN LOMBA FOTO

Tema : “AKU CINTA BEKASI”

Foto berupa sajian visualisasi  yang menyajikan informasi dan kegiatan yang berkait langsung dengan wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya sebagai bentuk refleksi cinta pada Bekasi.

Lokasi Pengambilan Foto harus berada di wilayah Kotamadya/Kabupaten Bekasi dan sekitarnya ( yang nanti disertakan pada keterangan pengantar foto )

Foto harus disimpan dalam file digital data JPEG dan dikirimkan dalam ukuran maksimal sisi pendek 100 pixel dan sisi panjang maksimal 900 pixel dengan resolusi 100 dpi

Photo diambil dari hand phone, kamera digital, baik compact, semi pro maupun DSLR

Setiap peserta diperbolehkan mengirim maksimal 3 photo.

Catatan :

Foto dalam bentuk gambar Hitam Putih diperkenankan.

Segala bentuk manipulasi gambar diperkenankan dengan batasan sepanjang tidak menambah atau merubah obyek gambar.  Para peserta semestinya mengerti batasan digital manipulation.

Sekiranya diperlukan juri akan meminta file asli dari photo untuk penilaian lebih lanjut.

Filenames for entry

Photo yang dikirim harus diberi nama atau judul dengan tidak melebihi 3 kata.

Contoh ,

judul photo anda : “ Bekasi Indah Kotaku “, maka anda akan mengirim photo tersebut dengan nama sebagai berikut : Bekasi_indah_kotaku.jpg

Foto tidak mengandung unsur  hujatan, pornografi dan soal yang menyinggung SARA

Foto yang dilombakan mesti diposting di Blog Bekasi.com selain di blog peserta sendiri

3. PESERTA LOMBA

- Peserta lomba adalah perorangan dan memiliki blog

- Peserta adalah anggota komunitas blogger bekasi yang sudah mendaftar disitus www.bloggerbekasi.com (syarat keanggotaan bisa dibaca disitus Blogger Bekasi)

- MENDAFTAR sebagai peserta lomba (klik link ini.!)

Pendaftaran dilakukan mulai 15 November 2009 – 5 Februari 2010

Komentar yang bukan berisi tentang pendaftaran akan dihapus oleh panitia.

Peserta memasang banner Blogger Bekasi di blog masing-masing (khusus untuk yang blognya di multiply atau friendster, banner bisa dipasang pada posting blog nanti)

4. Hasil Posting yang di Lombakan

Hasil karya peserta yang dilombakan, dipublikasikan diblog masing-masing dan blog Bloggerbekasi dot com pada tanggal  24 November – 5 Februari 2010

Peserta juga diharuskan mengirimkan hasil karya yang dilombakan ke alamat email kontes@bloggerbekasi.com dengan menyebutkan :

- Nama peserta

- Judul Foto  yang dilombakan

- Permalink / URL

4. Peserta yang tidak memenuhi ketentuan-ketentuan lomba di atas, tidak akan diikutsertakan ke proses selanjutnya, yaitu penjurian.

5. Panitia dan juri berhak mendiskualifikasi peserta yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan di atas, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

6. Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

5. ASPEK PENILAIAN

1. Kesesuaian dengan tema.

2. Penyajian

3. Orisinalitas

6. HADIAH

Pemenang I : Uang Tunai Rp 10 juta + banner online pemenang

Pemenang II :Uang Tunai Rp 7,5 juta + banner online pemenang

Pemenang III :Uang Tunai Rp 5 juta + Banner online pemenang

Pemenang Favorit (berdasarkan polling online) : Disediakan hadiah menarik dari be-blog dan sponsor

7.JURI LOMBAPOSTING BLOGGER BEKASI

1. Firman Firdaus (Jurnalis National Geographic Indonesia, blogger bekasi)

2. Rovicky Dwi Putrohari (Fotografer, Blogger)

3. Wisnu Sakti Dewabroto (Fotografer, Blogger tinggal di Bekasi)

4. Perwakilan dari Pemerintah Kota Bekasi

Lomba Penulisan Blog Komunitas Blogger Bekasi

lomba-blog

Tema : Aku Cinta Bekasi

A. JENIS DAN WAKTU LOMBA

Sosialisasi dan Pendaftaran :  15 November – 5 Februari 2010
PelaksanaanLomba : 24 November – 5 Februari 2010
Penjurian dan Polling tulisan favorit : 6 Februari 2010 – 13 Februari 2010
Pengumuman : 14 Februari 2010

B. KETENTUANLOMBA

1. Tulisan

Tema : “AKU CINTA BEKASI”

Tulisan berupa artikel populer yang menyajikan informasi, argumentasi dan pendapat tentang wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya sebagai bentuk refleksi cinta pada Bekasi

Panjang tulisan minimal 2 halaman A4,spasi 1,5

Hasil karya asli penulis (kutipan pada beberapa bagian entry diperbolehkan, dengan mencantumkan sumber kutipan)

Menggunakan bahasa Indonesia (termasuk didalamnya bahasa serapan, atau bahasa sehari-hari)

Tulisan tidak mengandung kalimat yang mengandung hujatan, pornografi dan soal yang menyinggung SARA

2. Peserta Lomba

– Peserta lomba adalah perorangan dan memiliki blog

– Peserta adalah anggota komunitas blogger bekasi yang sudah mendaftar disitus www.bloggerbekasi.com (syarat keanggotaan bisa dibaca disitus Blogger Bekasi)

– MENDAFTAR sebagai peserta lomba (klik link ini.!)

– Pendaftaran dilakukan mulai 15 November 2009 – 5 Februari 2010.

– Peserta memasang banner Blogger Bekasi di blog masing-masing (khusus untuk yang blognya di multiply atau friendster, banner bisa dipasang pada posting blog nanti)

3. Hasil Posting yang di Lombakan

Hasil karya peserta yang dilombakan, dipublikasikan diblog masing-masing dan blog Bloggerbekasi dot com pada tanggal 24 November 2009 – 5 Februari 2010

Peserta juga diharuskan mengirimkan hasil karya yang dilombakan ke alamat email kontes@bloggerbekasi.com dengan menyebutkan :

– Nama peserta

– Judul Hasil Tulisan yang dilombakan

– Permalink / URL

Peserta yang tidak memenuhi ketentuan-ketentuan lomba di atas, tidak akan diikutsertakan ke proses selanjutnya, yaitu penjurian.

Panitia dan juri berhak mendiskualifikasi peserta yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan di atas, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

C. ASPEK PENILAIAN

1. Kesesuaian dengan tema.

2. Penyajian

3. Orisinalitas

D. HADIAH

Pemenang I : Uang Tunai Rp 10 juta + banner online pemenang

Pemenang II :Uang Tunai Rp 7,5 juta + banner online pemenang

Pemenang III :Uang Tunai Rp 5 juta + Banner online pemenang

Pemenang Favorit (berdasarkan hasil pooling) : Hadiah Menarik dari Blogger Bekasi dan Sponsor

E. JURI LOMBAPOSTING BLOGGER BEKASI

1. Pepih Nugraha (Jurnalis Kompas/admin Kompasiana)

2. Antyo Rentjoko (Blogger Bekasi)

3. Budi Putra (Country Editor Yahoo Indonesia)

4. Perwakilan Juri dari Pemerintah Kota Bekasi

Sukses, Penyelenggaraan Blogshop Kompasiana bersama Blogger Bekasi

Hari Sabtu, 14 November 2009 bersama Pak Eko Eshape (wakil ketua Komunitas Blogger Bekasi) dan Pak Ceppi Prihadi saya berangkat dari Cikarang menuju STMIK Bani Saleh Bekasi, lokasi pelaksanaan Roadshow Blogshop Kompasiana yang ketiga (sebelumnya di Cikarang dan Bandung).

Peserta yang datang mencapai 72 orang (terbanyak dari 2 roadshow blogshop Kompasiana selama ini) dan lokasi pelaksanaan acara di Laboratorium Multimedia STMIK Bani Saleh yang memiliki 200 unit komputer. Koneksi Internet sangat kencang karena pihak Telkom Bekasi sebagai sponsor kegiatan ini membantu meningkatkan kapasitas bandwith selama acara (termasuk menyediakan hotspotnya).

Saya bertugas membawakan materi “Menulis, Blogging dan Pergaulan Virtual” di sesi awal (jam 10.20-11.00) setelah itu ada Mas Iskandar Jet dari Kompasiana yang menyajikan materi “Teknik Penulisan yang cepat dan efektif”, lalu ada Mas Yulyanto “Teknik Pembuatan Blog Gratisan” dan Mas Vavai menyajikan materi “Teknik Pembuatan Blog Berbayar”.

Continue reading Sukses, Penyelenggaraan Blogshop Kompasiana bersama Blogger Bekasi

Saya Akan Ber”Duel” Bulan Ini !

duel-maut-1Ya, betul.

Saya akan mengadakan “duel” tanpa pertumpahan darah (kalau keringat mungkin saja :) ) Sabtu, tanggal 22 November 2009 nanti di Restorant Sami Kuring Cikarang yang telah “disiram” oleh Hotspot Internet berkecepatan tinggi dan dipromotori oleh Komunitas Bisnis Cimart Cikarang.

Sebuah “duel” yang dipastikan sangat dashyat dan heboh karena akan melibatkan masing-masing 2 praktisi Blog dan Joomla dari Cikarang yang sangat beken di jagad maya Indonesia (hmm..bombastis sekali ya? hehehe) yakni : saya dan Pak Eko Eshape dari kubu blogger serta Pak Shandy dan Pak Darmawan dari kubu Joomla. Acara yang dimulai jam 09.00-16.30 ini rencananya akan dibuka oleh Bupati Bekasi serta akan diramaikan oleh Cimart Band,

Dalam duel ini, kami akan menguraikan kiat-kiat praktis membuat blog dan website serta berbagai trik aplikatif yang memungkinkan seseorang dapat memaksimalkan blog dan website yang dibuatnya menjadi lebih atraktif dan menarik pengunjung, bahkan dapat digunakan sebagai sarana promosi bisnis.

Continue reading Saya Akan Ber”Duel” Bulan Ini !

Walikota Bekasi Siapkan Hadiah Total Rp 45 Juta untuk Lomba Penulisan Blog dan Foto

Cinderamatautwalikotabekasi-1Sebuah kebanggaan dan keharuan tersendiri dirasakan oleh segenap pengurus serta anggota Komunitas Blogger Bekasi saat Walikota Bekasi H.Mochtar Muhammad secara spontan menyiapkan hadiah lomba penulisan blog dan foto bertema “Aku Cinta Bekasi”dari kantung sendiri senilai total Rp 45 juta.

Momen berharga itu terjadi ketika kemarin,Sabtu(17/10) digelar peluncuran Komunitas Blogger Bekasi bertempat di Teras Gloria Jean’s Cafe Bekasi Cyber Park dan diresmikan langsung oleh pucuk tertinggi pemerintah Kota Bekasi tersebut. Acara yang dihadiri oleh sekitar 150 orang termasuk Taufik Mihardja, Direktur Kompas dot com (sponsor Blogger Bekasi),  Prayitno Ramelan (Blogger Senior Kompasiana), Budi Putra (Country Editor Yahoo Indonesia) serta perwakilan sejumlah komunitas blogger daerah berlangsung semarak dan meriah.

Continue reading Walikota Bekasi Siapkan Hadiah Total Rp 45 Juta untuk Lomba Penulisan Blog dan Foto

Menulis, Blogging dan Pergaulan Virtual

blogging“Writing is an exploration. You start from nothing and learn as you go.”

E. L. Doctorow quotes (American Author and Editor, b.1931)

Taken from : www.thinkexist.com/quotation

MENULIS sudah menjadi bagian dari hidup saya sejak kecil. Konon, kata kedua orang tua saya, sejak umur 3 tahun saya sudah rajin mencorat-coret tembok rumah dan saat duduk di bangku kelas 1 SMP saya membuat komik-komikan silat (terinspirasi dari komik-komik Ganes TH, RA. Kosasih, Tin-tin serta novel asmaraman Kho Ping Kho yang telah lahap saya baca hasil meminjam dari rental komik dekat rumah) diatas lembaran-lembaran kertas bekas.

Pembaca komik asal-asalan itu adalah ayah dan ibu serta paman saya yang dengan antusias selalu menanyakan kapan saya merilis lanjutan komik itu. Di bangku SMA, saya melanjutkan kreativitas itu dengan membuat bulletin sekolah stensilan 2 halaman (sekali “cetak”100 exemplar). Selama setahun (terbit sebulan sekali) bulletin tersebut terbit. Saya bertindak sebagai pemimpin redaksi, penulis bahkan kadang-kadang sebagai “loper” juga. Perlahan kemampuan menulis saya mulai terasah dan saya menemukan serta memggali secara intens potensi terpendam dalam diri saya. Continue reading Menulis, Blogging dan Pergaulan Virtual