Simposium Nasional Hasil Penelitian dan Inovasi Pendidikan 2010

Hari ini, Selasa 3 Agustus 2010 akan dibuka pelaksanaan Simposium Nasional Hasil Penelitian dan Inovasi pendidikan 2010.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional. Acara ini akan dilaksanakan dari tanggal 3-5 Agustus 2010 di hotel Bidakara Jl. Jendral Gatot Subroto kav. 71-73 Jakarta Selatan.

Continue reading Simposium Nasional Hasil Penelitian dan Inovasi Pendidikan 2010

Selamat Hari Anak Nasional

Yap! Aku memulai hari ini, 23 Juli 2010 dengan status di Facebook “Selamat Hari Anak Nasional untuk seluruh anak-anak di Indonesia…..Semoga hak-hak anak Indonesia dapat terpenuhi,terutama untuk Pendidikan, Kesejahteraan
& Kesehatan…..”.

Dibeberapa sudut kota atau bagian di Negara ini mungkin sedang merayakan Hari Anak Nasional dengan lomba – lomba di sekolah, pawai, atau apalah namanya. Bahkan pemerintah pun membuat sebuah acara peringatan Hari Anak Nasional. Tapi, jauh…jauh dari hiruk pikuk peringatan seremonial Hari Anak Nasional itu, coba ingat – ingat ketika dalam perjalanan di Bis, di lampu merah, atau di tempat – tempat umum. Masih banyak (sangat banyak malah) anak – anak yang membawa kecrekan untuk mengamen, membawa gitar kecil yang suara senarnya sudah ngga karuan & ditimpali dengan suara nyanyiannya yang ehem….ngga pas sama musiknya. Atau lihat, anak- anak batita yang digendong – gendong ibunya dari mobil ke mobil meminta sedikit belas kasihan para pengendara di lampu merah. Atau para batita yang terpaksa tidur di trotoar. Makan seadanya. Kepanasan. Debu. Dipaksa bekerja, atau terpaksa bekerja karena keadaan. Continue reading Selamat Hari Anak Nasional

SeBUAI,21 Feb ’10

Minggu, 21 februari 2010

Jl. A Yani, Bekasi  terlihat lengang.Jalan protokol yang biasanya ramai kendaraan bermotor bener-bener steril. Dari mulai Pemda sampai BCP. Dan disaat suasana masih gelap gulita selepas subuh,di sebuah tempat di bekasi timur justru udah mulai menggeliat menunjukan aktifitas yang cukup tinggi. Tepat jam 5.15 , 5 orang pengurus SeBUAI mulai meluncur ke TKP. Tepat di depan toko buah Tropis,kami memarkir mobil dan bersiap melaksanakan tugas. Kami membuka stand SeBUAi disana. Dari mulai suasana sepi & lengang sampai ramai karena pawai  udah di mulai.Hari itu pengurus SeBUAI kompak pake baju biru & hitam. Hampir full team yang turun walaupun minus Putri, Luthfie, Pras, dan Fitra. Kita menunggu temen-temen yang datang buat nyumbangin bukunya, karena sebelumnya kita udah promo lewat On Air di radio Dakta & udah info di facebook. Kita juga membagikan pamflet ke orang-orang yang lewat supaya mereka tau SeBUAi itu apa. Banyak yang respon ternyata (ini yang bikin terharu…).

Stand SeBUAI

karena berangkat pagi buta, Arief & Anggri sampe sarapan di mobil

Pa Aris (BeBlog) yang dateng bersama keluarga untuk menikmati pawai pun menyempatkan diri untuk berkunjung ke stand SeBUAI & menyumbangkan buku (terima kasih ya Pa….). Ada Ibu Eni dari Bumi Lestari yang dateng dengan ransel besar untuk bawa buku-buku (terima kasih Bu…..). Ada Chayo dari Tarumajaya yang keukeuh pengen dateng supaya bisa ketemu sama pengurus SeBUAI, tapi karena akses kendaraan umum masih di tutup, akhirnya pengurus SeBUAi yaitu Fai & Anggri menjemput buku yang di bawa Chayo ke Harapan Indah (lain kali pasti kita bisa ketemu ya Chay….). Di menit-menit terakhir ada keluarga Ibu Yani dari harapan indah yang rela parkir mobil di Pemda & jalan ke stand kami (padahal jaraknya cukup jauh : pemda – kayuringin) dan membawa 3 kardus besar yang berisi buku (makasih banyak Bu…). Lukman yang sebelumnya udah pernah nyumbang waktu 1st Action SeBUAI tanggal 13 Feb ‘ 10 juga ikutan. Wah pokonya buku SeBUAI jadi banyaaaaaak banget. Makasih ya semuanya.

Pa Aris lagi di wawancara buat dokumentasi SeBUAI

Ibu Yani dari Harapan Indah

Jam 10.00 kami membereskan perlengkapan & bergegas menuju UNISMA. Ceritanya numpang parkir motor & mobil disana sambil sortir buku-buku yang akan kita kasih ke anak-anak jalanan di lampu merah UNISMA yang menamakan diri KPJ (kelompok pengamen jalanan) & di koordinir oleh Bang Min. Kami memang udah janji sama mereka untuk memberikan buku. Makanya waktu kami datang kesana, mereka begitu gembira (ini bagian yang ngga bisa di lukiskan dengan kata-kata).

Karena belum ada rak,jadi sementara buku-buku itu disimpan dalam kardus. Mereka langsung menyerbu buku-buku & ngga berapa lama asik sama kegiatan membaca. Bahkan ada anak yang langsung meminta pulpen & mencoba mengisi lembar LKS. Hmmm….mereka kelihatan begitu berseri sewaktu membaca buku. Ada kebahagiaan terpancar dari mata mereka. Ada senyum tulus di bibir mungil mereka. Sambil membaca,kami pun ngobrol. Obrolan ringan yang seru & menyentuh hati. Mereka bercerita dengan polosnya bahwa mereka ngga bisa sekolah lagi karena ngga ada biaya,bahwa mereka juga ingin seperti anak-anak lain yang bisa sekolah,dan ada sebuah kalimat yang ngga bisa saya lupakan sewaktu mereka bilang “kami juga ingin di ngertiin ka….” Dan ada bulir air mata di sudut matanya yang sayu. Akh……sebuah pengakuan sederhana tapi menyayat hati. Bahkan mereka juga meminta kami sering-sering datang untuk mengajari mereka membaca,belajar bahasa inggris,belajar baca huruf arab,juga belajar berhitung. Bener-bener ngga bisa dilupain pengalaman ini & kami berjanji akan berbuat semampu kami.

Puas ngobrol,kami disuguhi penampilan ciamik anak-anak ini dengan lagu yang berjudul Debu Jalanan. Karena matahari makin terik & kami masih punya agenda untuk ikut rapat  sama Blogger Bekasi,kami pun pamit. Dengan janji di hati untuk berbuat lebih dari hari ini untuk mereka.

Terima kasih untuk semua pengurus SeBUAI yang rela bergerilya dari pagi buta sampai senja menjelang. Apa yang kita lakukan baru permulaan. Jalan di depan masih panjang. Dan kami akan berbuat semampu kami agar anak-anak yang bergelut di jalanan, anak-anak yang tidak mampu juga bisa melihat dunia.

posted by : Adyanti Rahmarina

Blog Goes to Campus II

Dengan memperkenalkan teknologi internet di kalangan sivitas akademika dalam hal ini mahasiswa dan staf pengajar (dosen), teknologi internet juga bisa menjadi terobosan baru di dunia pendidikan. Materi pendidikan yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan dan sivitas akademika dalam memajukan scientific behavior. Karena blog merupakan sarana interaktif maka antara dosen dan mahasiswa juga bias terjadi diskusi interaktif melalui komentar-komentar. Continue reading Blog Goes to Campus II

Ayo Ikuti Pelatihan Ngeblog di Blog Goes to Campus

Komunitas Blogger Bekasi dalam usianya yang masih relatif muda sudah mencanangkan diri untuk selalu berbagi dan bertekad memajukan masyarakat Bekasi lewat blog. Suksesnya pelatihan Blogshop pertama, maka BeBlog kembali mengagendakan kegiatannya untuk 2010 kedepan dengan mengadakan pelatihan blog dengan target beberapa kalangan, baik itu Dosen, Mahasiswa, Pelajar SLTA dan SLTP, bahkan dengan dukungan penuh Walikota Bekasi pelatihan akan diwajibkan untuk Kepala Sekolah dan Guru – guru seluruh Bekasi.

Selain memperkenalkan teknologi internet di kalangan sivitas akademika, dalam hal ini mahasiswa dan staf pengajar (dosen), teknologi internet juga bisa menjadi terobosan baru di dunia pendidikan. Materi pendidikan yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan dan sivitas akademika dalam memajukan scientific behavior. Karena blog merupakan sarana interaktif maka antara dosen dan mahasiswa juga bias terjadi diskusi interaktif melalui komentar-komentar.

Dewasa ini blog telah menjadi gaya hidup dan kebutuhan bagi berbagai kalangan dan elemen masyarakat baik itu sebagai buku harian, curhat, ungkapan opini, kreatifitas, tutorial bahkan dengan blog bisa meraup penghasilan lebih dengan berbagai macam bisnis dunia maya. Dan untuk mendapatkan kemudahan informasi dengan cepat, media sosialisasi (online), mempererat persahabatan serta membangun sebuah komunitas, maka blog seringkali menjadi sebuah candu bagi seseorang, sehingga tidak mengherankan apabila ada seseorang yang rela manghabiskan sebagian besar waktunya di dunia maya.

Untuk tahap awal pelatihan mengenai blog akan menjadi salah satu agenda rutin Komunitas Blogger Bekasi (Be-Blog), selama setahun kedepan dan akan dilakukan secara berkala, dengan segmentasi semua golongan, mulai dari masyarakat umum, lembaga pemerintahan, lembaga swasta, profesional, mahasiswa/i, dan siswa/i, khususnya bagi mereka yang berdomisili di Kota Bekasi dan sekitarnya. Dalam tiga bulan kedepan pelatihan atau blogshop ini mengambil thema Blog Goes to Campus dengan target dosen dan mahasiswa.

Tujuan dari pelatihan ini adalah :

  1. Memberikan sebuah wadah pelatihan kepada sivitas akademika Kota Bekasi dan sekitarnya yang ingin mengetahui serta berminat atau tertarik terhadap dunia blog secara berkala.
  2. Menjadikan pelatihan blog ini sebagai salah satu alat untuk menciptakan media alternatif terkini bagi masyarakat Kota Bekasi dan sekitarnya, agar bisa menyampaikan laporan warga (citizen jurnalism) untuk hal-hal yang menarik dan bersifat positif.
  3. Memanfaatkan pelatihan blog ini sebagai sarana untuk menciptakan para nara blog (blogger) yang handal, guna menampung saran dan masukan positif terkait dengan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Corporate Government/GCG), sehingga masyarakat juga bisa turut berperan aktif dan menjadi bagian dalam membangun dan memajukan Kota Bekasi dan sekitarnya.

Blog Goes to Campus” rencananya akan dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu bulan Januari dan Februari untuk kalangan staf pengajar (dosen) dan bulan Maret untuk Mahasiswa. Langkah berikutnya adalah “Blog Goes to School” yang akan dilaksanakan bulan Maret “Blog Goes to Campus” tahap pertama akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Januari 2010, mulai pukul 10:00 WIB s/d pukul 16:00 WIB. Lokasi atau tempat pelaksanaan “Blog Goes to Campus” adalah di Kampus UNIVERSITAS ISLAM 45 Bekasi, Jl. Cut Mutia No. 83 Bekasi. Bagi para dosen maupun mahasiswa yang tertarik untuk ikut pelatihan ‘Blog Goes to Campus‘ silahkan mendaftarkan ke email  devy.huzairin@gmail.com.

Pelatihan ‘Blog Goes to Campus‘ dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,- dengan memperoleh materi kit, goodie bag dan sertifikat serta makan siang dan coffee break. Materi meliputi Manfaat ngeBlog, Pembuatan Blog berbasis Blogspot, Pembuatan Blog berbasis WordPress (gratis dan berbayar) serta Komunitas dan Etika ngeBlog. Adapun pembicaranya adalah Aris Heru Utomo (ketua Komunitas Blogger Bekasi), Wahyu Bintang Syuhada, Dhodie Mulyana (ketua Komunitas Blogger Depok), Irfan Zj (admin BeBlog) dan Raden Ajeng N Purwaningsih.  Pembayaran bisa melalui rekening BCA cabang GUNUNG SAHARI A/C.: No. 003-034-7943 A/N.: YULYANTO

 

Rute dan Denah Blogshop Kompasiana

denah-stmik-bani-saleh
Denah STMIK Bani Saleh Bekasi, Klik untuk memperbesar

Buat teman-teman yang masih bingung tempat acara blogshop kompasiana, bersama ini kami kirimkan rute dan denah tempat kegiatan. Terlampir adalah peta/denah ke STMIK Bani Saleh.

Denah/peta dapat juga diakses secara online melalui alamat berikut ini : Denah STMIK Bani Saleh.

STMIK Bani Saleh ada
di Jalan M Hasibuan (Madmuin Hasibuan) No. 68.

CATATAN RUTE LOKASI :

  1. Dari Jabotabek dan luar kota keluar pintu tol Bekasi Barat, naik KOASI K-12B dari depan Metropolitan Mall (MM)/Samping Bekasi Cyber Park (BCP), bilang turun di STMIK Bani Saleh
  2. Dari Jabotabek dan luar kota keluar pintu tol Bekasi Timur, Naik Ojek ke Lokasi dari pintu tol Bekasi Timur. Biaya ojek : Rp. 7.000,-
  3. Untuk kendaraan umum (bus/patas), berhenti di Terminal Bekasi, Naik KOASI K-04B, K-04, K-05, K-05A, K07, K-09, K-10, K-15, K-15A, K-30, K31
  4. Bagi pengguna Kendaraan Pribadi, keluar pintu tol Bekasi Barat, belok kiri melewati Metropolitan Mall. Lampu merah Bekasi Cyber Park Belok kanan masuk ke Jalan M Hasibuan, melewati 2 lampu merah, posisi STMIK Bani Saleh ada di sisi kiri jalan.
  5. Dari arah manapun, silakan jalan kaki ke Lokasi. Murah namun cape dan lama sampainya, hehhehe :-P (item ini ditulis untuk melengkapi pilihan transportasi :) )

Kalau Nyasar, hubungi no Cantik Omjay, hp 0815 915 5515

Kontes Launching Be-Blog

Kontes Penulisan Reportase
Launching Komunitas Blogger Bekasi

Latar Belakang

blog contestKota Bekasi yang selama ini dikenal sebagai kota Penunjang Ibukota Jakarta dan Kota Industri dari sebagian masyarakat yang khususnya bagian Barat Indonesia. Blogger Bekasi yang bergabung dalam Komunitas Blogger Bekasi merasa mempunyai kewajiban untuk memperkenalkan potensi-potensi yang dimiliki Kota Bekasi kepada masyarakat Indonesia seluruhnya. Komunitas Blogger Bekasi yang saat ini baru launching mencoba untuk memanfaatkan moment yang ada untuk memberikan apresiasi kepada Kota Bekasi dalam bentuk mengenalkan Kota Bekasi di dunia internet.

Dewasa ini, budaya internet sudah semakin tak terpisahkan dari masyarakat dunia. Di berbagai belahan dunia, internet telah menjadi gaya hidup yang nyaris menjadi kebutuhan primer. Sebagai contoh, Barack Obama yang berhasil menjadi Presiden berkat promosi kampanye yang dilakukan melalui internet. SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume kualitas traffic dari search engine menuju suatu website dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma search engine.

Mengapa Menggunakan teknik SEO ?

Dengan menempati posisi yang bagus di search engine (mesin pencari), semakin besar peluang untuk promosi Kota Bekasi dalam dunia internet dan semakin besar peluang untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung, mengingat blogger-blogger sangat cerdas dan keras dalam perihal berpromosi hanya dengan sebuah kata keyword melalui blog mereka masing-masing. Secara tidak langsung, Kota Bekasi akan lebih mudah dikenali hanya dengan melalui keyword dan sangat menghemat alokasi dana promosi yang tepat guna.

Turut berpartisipasi dalam promosi menarik para investor untuk menanamkan modalnya di Kota Bekasi yang dikenal sebagai Kota Industri. Mengoptimalkan sumber daya yang ada (Blogger Bekasi) dalam promosi dan pencitraan Kota Bekasi. Semakin memajukan dan mempopulerkan Kota Bekasi, khususnya dalam sektor Industri. Meningkatkan silaturahmi di antara Komunitas Blogger di seluruh Indonesia.

Hasil Kontes SEO

Kota Bekasi akan semakin lebih dikenal, baik itu para Blogger di Indonesia maupun Blogger Mancanegara yang ingin mengetahui Kota Bekasi hanya dengan publikasi daripada blogger-blogger yang terdaftar sebagai peserta kontes SEO. Dengan upaya menjadikan blog sebagai media jurnalistik, Kota Bekasi dapat berbagi informasi dan berita tentang Kota Bekasi, mulai dari sektor industri, wisata sampai sosial dan politik.

Bagi para investor akan lebih percaya dan tidak akan khawatir akan kegiatan industri yang dilaksanakan Kota Bekasi dari hasil publikasi melalui internet. Dengan begitu akan menarik lebih banyak calon investor dalam menanamkan modalnya mengingat promosi-promosi yang semakin membaik. Menghemat waktu, tenaga dan uang dalam berpromosi karena relevan dalam penggunaan kata kunci (keyword), sehingga apa yang di inginkan dapat tercapai.

Penilaian Lomba
Thema : Launching Be-Blog
Cara Penilaian :
BLOG peserta akan di cek di http://www.google.com
Dengan Keyword : Launching Be-Blog (Ralat) dengan keyword : Launching BeBlog

Note : Kontes ini hanya berlaku hanya untuk peserta hadir pada saat Launching di Bekasi Cyber Park

Keputusan Panitia tidak bisa di ganggu gugat

Blog Yang Dinilai

Mendaftarkan Blog di http://bloggerbekasi.com

Loading…
Dan meletakkan banner Be-Blog di blog Peserta.

Blog akan di nilai dengan metode SEO yang akan di lihat peringkatnya pada halaman pertama http://www.google.com

Penilaian akan dilakukan pada tanggal 14 November 2009 pukul 14.00 (Bertepatan Kegiatan BlogShop-Kompasiana salah satu kegiatan Be-Blog dalam waktu dekat)

Pemenang adalah yang menempati peringkat I sampai dengan V Halaman I hasil pencarian melalui Google.com dengan kata kunci tersebut diatas

Hadiah Kontes

1. Juara I Free Hosting 1 Gb selama 1 tahun + Diskon 75%
2. Juara II Free Hosting 1 Gb selama 1 tahun
3. Juara III Free Hosting 500 Mb + Diskon 75%
4. Juara IV Diskon 75%
5. Juara V Kaos Be-Blog

Selain Kontes “Launching Komunitas Blogger BekasiWalikota Bekasi menyediakan hadiah sebesar 45 juta rupiah untuk Lomba Penulisan Blog dan FotoBlog oleh karena itu silahkan pantau terus portal Be-Blog

Walikota Bekasi Siapkan Hadiah Total Rp 45 Juta untuk Lomba Penulisan Blog dan Foto

Cinderamatautwalikotabekasi-1Sebuah kebanggaan dan keharuan tersendiri dirasakan oleh segenap pengurus serta anggota Komunitas Blogger Bekasi saat Walikota Bekasi H.Mochtar Muhammad secara spontan menyiapkan hadiah lomba penulisan blog dan foto bertema “Aku Cinta Bekasi”dari kantung sendiri senilai total Rp 45 juta.

Momen berharga itu terjadi ketika kemarin,Sabtu(17/10) digelar peluncuran Komunitas Blogger Bekasi bertempat di Teras Gloria Jean’s Cafe Bekasi Cyber Park dan diresmikan langsung oleh pucuk tertinggi pemerintah Kota Bekasi tersebut. Acara yang dihadiri oleh sekitar 150 orang termasuk Taufik Mihardja, Direktur Kompas dot com (sponsor Blogger Bekasi),  Prayitno Ramelan (Blogger Senior Kompasiana), Budi Putra (Country Editor Yahoo Indonesia) serta perwakilan sejumlah komunitas blogger daerah berlangsung semarak dan meriah.

Continue reading Walikota Bekasi Siapkan Hadiah Total Rp 45 Juta untuk Lomba Penulisan Blog dan Foto