Ngopi di Museum (Museum Kata Andrea Hirata)

Kegiatan minum kopi, atau secara singkat disebut ‘ngopi’, biasanya dilakukan di kedai kopi, kafe, warung kopi, atau bahkan restoran. Istilah ngopi pun di beberapa tempat tak harus berarti minum kopi. Ada yang mengartikan dengan ‘ngumpul-ngumpul sambil ngobrol-ngobrol’ dan belum tentu minum kopi. Itupun biasanya ngumpul di rumah, sekolah, kampus, pos ronda, bahkan di depan gang atau tikungan jalan.

Di sebuah museum yang terletak di wilayah Gantong di pulau Belitung, kita ternyata dapat leluasa melakukan aktivitas ngopi ini, di sanalah terletak museum kata pertama di Indonesia yang bernama “Museum Kata Andrea Hirata”. Museum ini didirikan oleh penulis best seller Indonesia Andrea Hirata, yang novel Laskar Pelangi-nya berhasil membuat dirinya berada di jajaran penulis papan atas negeri ini.

Informasi tentang bagaimana dan apa saja yang ada di museum tersebut dapat dengan mudah kita temukan di dunia maya, juga sudah banyak diulas di berbagai artikel ataupun blog. Pihak museum pun juga memiliki situs atau blog resmi http://www.museumkataandreahirata.com bagi Anda yang ingin tahu tentang museum ini.

Jika Anda sudah terlanjur di pulau Belitung, tak terlalu sulit untuk mencari museum ini. Rasanya hampir semua orang, terutama warga Belitung Timur, tahu akan keberadaan Museum Kata. Dari bandar udara (satu-satunya di Belitung) H.A.S. Hanandjoeddin menuju museum ini kira-kira menempuh waktu antara satu setengah hingga dua jam berkendara dengan kondisi jalan yang bagus dan mulus hampir tak ada lubang.

Lalu, kegiatan ngopi yang mana yang dapat dilakukan di Museum Kata? Minum-minuman kopi atau yang sekadar ngumpul-ngumpul ngobrol? Ya dua-duanya. Karena memang sepertinya Andrea berniat untuk menjadikan museumnya tak sekadar tempat memajang karya-karyanya saja, tetapi di situ juga sering diadakan diskusi maupun acara obrolan santai berbagi kisah dan pengalaman sang penulis.

Untuk kegiatan minum kopinya ada di bagian belakang museum yang dulunya rumah tinggal itu. Seperti biasa sebuah rumah selalu memiliki dapur, dan itulah yang dijadikan tempat ngopi yang dinamakan “Warkop Kupi Kuli”. Di ruang itu kesan tempo doeloe sengaja dipertahankan, mulai dari dinding kayu, meja dan bangku panjang, radio kuno, hingga tungku dan peralatan masak yang serba kuno khas dapur tradisional Melayu.

Tujuan dibuat warung kopi “Kupi Kuli” ini untuk mengenang dan melestarikan suasana zaman dahulu, ketika pulau Belitung masih didominasi para buruh (kuli) tambang timah. Mereka biasanya selalu mampir di warkop untuk minum kopi sebelum mereka mulai bekerja sebagai kuli tambang, itulah mengapa dinamakan “Kupi Kuli”.

Namun sepertinya pengelola museum “salah” menempatkan warkop di bagian belakang. Kopi Belitung yang terkenal enak itu akan membuat pengunjung yang membeli kopi di Kupi Kuli menjadi lupa akan apa yang sudah dilihat selama di museum. Seperti penulis yang sempat merasakan nikmat aroma dan rasa kopinya, sehingga yang diingat pada waktu itu hanyalah momen ketika Ngopi di Museum. :) [bw]

pBelitung jalanmulus

Ruang di MuseumKata

Dapur di MuseumKatax

Ngupi di MuseumKatax

Tour Bekasi, yukkk

Ingin liburan di pinggiran Jakarta dengan suasana berbeda? yuk ahh.. jalan-jalan ke Bekasi ajah! biar lebih mudah, saya buatin itinerary untuk 3 hari 2 malam yaahh…

risdian_797776

Hari ke-1
Menikmati hijaunya hutan Jababeka dan suasana daerah perindustrian di area Jababeka dan Cikarang. Dilanjutkan ke Saung Ranggon di Desa Cikedokan, Cikarang Barat. Saung Ranggon adalah rumah tradisional kuno Bekasi yang telah dibangun sejak abad ke -16. Sore harinya kembali ke Kota Bekasi sambil melewati GOR Internasional Bekasi dan Jembatan Summarecon (keduanya adalah icon Kota Bekasi). Di Mall Summarecon ada Festival Food Bekasi (food court) sehingga peserta bisa makan malam disini. Di Malam-malam tertentu, di mall Summarecon ada konser musik gratis. Bahkan saat weekend ada artis artis nasional yang bisa ditonton gratis. (Peserta bisa nongkrong-nongkrong menikmati udara luar dan musik yang enak…)

Hari ke-2
Pagi hari peserta sudah jalan ke Pantai Muara Gembong. Peserta diajak naik boat menikmati kawasan gambut dan lingkungan yang masih asri. Sore harinya peserta jalan-jalan melihat penakaran buaya di Taman Buaya Indonesia Jaya. Malam hari nya, jangan lewatkan untuk makan malam di Mie Kangkung Betawi.

Hari ke-3
Bekasi terkenal dengan sentra UKM dengan harga yang sangat murah. Peserta akan diajak jalan-jalan ke sentra boneka, ikan hias dan ke tempat oleh-oleh. Sebelum pulang, peserta makan siang di RM Betawi, menikmati Gabung Pucung, jengkol betawi, serta makanan khas lainnya yang hanya bisa di dapat di Bekasi.

 

PENGINAPAN
Saat ini di Kota Bekasi ada Hotel Amaris*2 (pinggir tol), Hotel Horison*4 dan beberapa hotel bintang 2 yang ada di kawasan jalan Ahmad Yani. Memang masih sedikit, tapi tahun 2015 akan dibuka hotel baru seperti Amarrosa Hotel, Hotel Harris, Aston. Sedangkan dalam waktu dekat ini Hotel Santika Harapan Indah Bekasi akan dibuka.

BUS DAN ELF
Di Bekasi ada banyak PO Bus yang bisa digunakan untuk city tour. Namun Bus-bus Pariwisata ini biasanya tidak mau mengantar ke Muara Gembong karena jalannya yang kurang bagus. sebaiknya menggunakan Elf atau mobil-mobil kecil sehingga perjalanan menjadi lebih mudah.

TOUR GUIDE
Butuh tour guide? bisa kontak aku yaaa….aku di anggikusumah@gmail.com. :)

 

 

 

Airport Tax Naik di 2014

airport tax naik

 

Untuk para pebisnis maupun traveler, mulai bulan April ini siap-siap merogoh kocek hampir 2x lipat untuk membayar pajak bandara (domestik) dan menambah 50.000 untuk penerbangan internasional. Kebijakan bulan April ini baru saja dilaksanakan untuk 4 bandara di Surabaya, Balikpapan, Makassar dan Lombok. Sedangkan Bali akan menyusul bulan Agustus mendatang.

Berikut di bawah ini biaya airport tax 2014:

Domestik:
1. Surabaya      : Rp. 75.000
2. Balikpapan : Rp. 75.000
3. Makassar    : Rp. 50.000
4. Lombok      : Rp. 45.000
5. Bali              : Rp. 75.000 (berlaku Agustus 2014)

Internasional:
1. Surabaya      : Rp. 200.000
2. Balikpapan : Rp. 200.000
3. Makassar    : Rp. 150.000
4. Lombok      : Rp. 150.000
5. Bali              : Rp. 200.000 (berlaku Agustus 2014)

Biaya pajak bandara ini cukuplah mahal dan penumpang tidak dapat menghindari kebijakan ini. Padahal,  Singapore sudah tidak kenakan pajak bandara Changi (Free airport tax).

Kenaikan ini tidak saja pada airport tax namun biaya bensin pesawat pun kini naik yang berakibat kian mahalnya harga tiket pesawat. so, untuk para blogger yang hobi jalan-jalan, lebih baik hunting tiket pesawat promo saat ingin liburan keluar kota atau keluar negeri. Selain harganya cukup menghemat kantong, kan uangnya bisa dipake buat beli oleh-oleh dan shopping :D

Ok deh, yang mau pergi jalan-jalan ataupun berbisnis…have a nice trip :)

Ecopark Ancol, Wisata Hutan Kota di Utara Jakarta

DSCN5032

Sebuah kehormatan tersendiri buat saya kembali diundang oleh PT Pembangunan Jaya Ancol untuk berbuka puasa bersama para blogger di Ecopark. Dan demikianlah, Sabtu (27/7), bersama istri dan kedua buah hati, saya berangkat ke Ancol dari Cikarang.

Kami memang sengaja tiba lebih awal untuk menikmati suasana pantai di bagian utara Jakarta tersebut. Rizky dan Alya sangat antusias merasakan desir angin pantai dan pemandangan laut menjelang senja. Setelah sholat Ashar di Masjid Pasar Seni, kamipun menuju lokasi acara Berbuka Puasa di Ocean Ecopark yang letaknya tak jauh dari sana.

 

DSCN5010

Lokasi buka puasa bersama dilaksanakan di lantai 2 Club House Ocean Ecopark. Saat memasuki area yang merupakan bekas Lapangan Golf dan “disulap” menjadi taman kota bernuansa edukasi itu, saya langsung berdecak kagum. Hamparan hijau pepohanan nan teduh terlihat sejauh mata memandang, sarana jogging & bicycle track melengkapi suasana. Semilir angin yang sejuk membuat kami betah berlama-lama duduk di sebuah kursi taman yang disediakan.

Kami lalu beranjak menuju lantai 2 Clubhouse Ecopark. Disana, saya disambut oleh mas Argo dan mas Aldita Prayudi Putra, dari Media Relation & Promotion Corporate PT Pembangunan Jaya Ancol. Konsep acara hari ini memang lebih bersifat informal. Sebuah karpet merah digelar untuk lesehan agar diskusi berjalan lebih santai tak berjarak. Saya mengungkapkan permohonan maaf karena sebagai koordinator yang ditunjuk untuk pelaksanaan acara ini tak bisa mendatangkan banyak teman-teman blogger karena kebetulan disaat yang sama ada yang menghadiri acara buka puasa di tempat yang lain dan ada yang berhalangan karena orang terdekatnya sedang sakit. Saat itu, dari rencana 50-an blogger yang diharapkan hadir yang datang hanya kurang lebih seperlima saja. Meskipun demikian, acara tetap dilaksanakan dengan mendengarkan presentasi dari mas Aldhita tentang profil Taman Impian Jaya Ancol, khususnya Ecopark, sebelum buka puasa dilaksanakan.

DSCN5009

Dalam penjelasannya, mas Aldhita menguraikan bahwa sarana Ecopark ini dibangun diatas lahan seluas 33,6 hektare dan sebelumnya merupakan padang golf di Ancol. Diharapkan Ecopark ini menjadi “paru-paru” Ancol dengan pohon mencapai 10.000 batang serta merupakan “Nature Sport Edutainment” dimana para pengunjung bisa merasakan kedekatan dengan alam melalui aktifitas-aktifitasnya baik berjalan kaki maupun bersepeda. Di Ecopark juga disiapkan fasilitas Outbound, Paint Ball dan Learning Farm. “Salah satu yang menarik adalah disini kita memiliki Flying Fox yang menantang dengan panjang bentangan mencapai 500 meter. Ini tentu menjadi sesuatu yang luarbiasa, bagi yang ingin menguji adrenalinnya meluncur diatas ketinggian,” ujar mas Aldhita antusias.

Mas Aldhita kemudian menambahkan bahwa pada lokasi Ecopark juga ada dermaga dan danau buatan serta tersedia kapal kecil yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk mengelilingi Eco Island serta menikmati sensasi keindahan disana. Kedepan (tahun 2014), lanjut mas Aldhita akan disiapkan pula fasilitas Fauna Farm di Ecopark, yang menyajikan hewan-hewan khas dan unik di Indonesia bekerjasama dengan sebuah lembaga. Di Ecopark juga disiapkan banyak sepeda yang bisa disewakan untuk para pengunjung yang ingin mengeksplorasi hutan kota di Utara Jakarta itu. Pada kesempatan tersebut, mas Aldhita menjelaskan tentang area indoor di Dunia Fantasy yang akan hadir pada akhir tahun ini. Di area indoor ini disediakan beragam arena permainan yang mengasyikkan seperti Ice Age Flume Ride, Sanrio Hello Kitty Attraction, Kontiki Attraction dan Food Court area.

Dikesempatan tersebut, Pak Ari Kurniawan, Corporate Communication Manager PT Pembangunan Jaya Ancol menyampaikan sambutan yang antara lain memberikan apresiasi kepada Blogger yang terus memberikan dukungan bagi sosialisasi dan promosi Taman Impian Jaya Ancol. “Bagi kami, blogger adalah mitra strategis dalam upaya-upaya ini. Melalui tulisan-tulisan mereka di blog, para blogger bisa menyampaikan program-program yang kami adakan secara lebih luas termasuk melalui piranti sosial media yang dimiliki,”ucap Pak Ari yang hari itu tampil dengan dandanan casual. Pada kesempatan tersebut, saya juga memperkenalkan teman-teman blogger yang hadir masing-masing dari komunitas blogger Bekasi, Cikarang dan Asosiasi Blogger Reporter Indonesia.

Alhamdulillah, rangkaian acara berjalan lancar. Saat berbuka puasa tiba, kami menyantap hidangan yang disediakan sekaligus bersilaturrahmi satu sama lain. Ini adalah pengalaman pertama saya dan keluarga datang ke Ecopark dan merupakan sesuatu yang luar biasa dapat menikmati keteduhan yang menyejukkan disana. Terimakasih atas undangannya Taman Impian Jaya Ancol, semoga kami bisa hadir kembali pada kesempatan mendatang.

Pilih pulau bali atau pulau gili?

Pulau gili trawangan, gili meno, gili air
Pulau Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air

Beberapa tahun terakhir tujuan wisata lokal di indonesia telah menjadi sorotan, namun sepertinya hanya ada beberapa pulau yang terkenal seperti bali yang terkenal dengan pemandangan yang indah, hotel terbaik, tradisi yang unik dan budaya. Sebut saja pulau gili di lombok yang tak kalah menarik untuk di kunjungi dengan keindahan, tradisi dan budayanya.

Pantainya yang indah
Sebagian besar pusat wisata tropis, tepi pantai merupakan peranan penting karena salah satu nilai jual utama, seperti bali yang memiliki garis panjang pantai disekeliling pulaunya.
Meskipun, pantai pasir putih di ketiga pulau gili (gili trawangan, gili air dan gili meno) mampu dijadikan sebagai salah satu saingan dengan apa yang biasa kita temukan dibali, karena suasana yang sesak, ramai dan duri yang tumbuh disisi bali, tidak akan ditemukan di gili. Hamparan luas tepi pantai gili masih cukup ruang untuk semua orang memilih tempat yang nyaman dengan sedikit gangguan dari suasana sekitar.

Tersedia penginapan
Puluhan tahun pariwisata di indonesia berkembang, bali sekarang telah memiliki tempat penginapan, tempat berlibur dan wisata kuliner yang mampu mencukupi selama kita berada di bali, meskipun gili belum memiliki fasilitas seperti di bali, setidaknya kita bisa katakan baik dan layak.
Ada berbagai pilihan yang dapat ditemukan, terutama di gili trawangan sudah banyak perkembangan terjadi. Jika anda memiliki budget yang sangat terbatas, maka pulau ini mampu menyediakan penginapan dengan harga Rp. 150.000/malam, kamar dengan fasilitas lengkap yang terdapat di berbagai penginapan seperti gili T dan B, menawarkan kamar dengan AC, paket sarapan, air panas, koneksi wi-fi, mulai dari harga Rp. 250.000 / malam.

 

Pantai di pulau gili trawangan
Pantai di pulau gili trawangan

 

Akses mudah
Beberapa tujuan wisata di indonesia memerlukan dua kali penerbangan atau perjalanan panjang untuk sampai ke tujuan. Bali memiliki keuntungan lebih dengan adanya pelayanan penerbangan internasional dari berbagai negara, sehingga wisatawan asing mendapatkan akses langsung ke pulau bali. Pulau-pulau gili mungkin tidak memiliki bandara, tapi jaraknya dekat dengan lombok dan bali sehingga permasalah kesulitan transportasi untuk sampai ke pulau-pulau gili dapat teratasi.
Bandara internasional lombok saat ini melayani empat rute internasional, dan dari sana para wisatawan asing datang kemudian melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan bangsal yang akan memakan waktu selama satu jam, jika ingin menghemat waktu para wisatawan dari bali dapat melanjutkan perjalanannya melalui pelabuhan padang bai atau benoa untuk menuju ke gili trawangan. Bagi para wisatawan yang membawa kendaraan seperti mobil, bisa menggunakan jasa kapal feri dengan biaya yang cukup murah untuk sekali penyeberangan.

Wahana Treasure Land Dufan Ancol & Sensasi Spektakuler yang Menyertainya

Setelah mendapat undangan peresmian “Crazy Slide” Atlantis Ancol minggu lalu(baca reportase saya disini), kembali saya–bersama beberapa rekan blogger terpilih lainnya–mendapatkan kesempatan menikmati beragam fasilitas dan wahana di Dunia Fantasi (Dufan) Ancol sekaligus menjadi bagian dari keriuhan hadirnya wahana baru bernama Treasure Land di lokasi “theme park” yang telah berusia 26 tahun tersebut. Saya sangat senang, apalagi saya bisa membawa serta istri dan anak-anak bersama-sama.

Akhirnya, pada Minggu pagi (23/12), kami sekeluarga tiba di Dufan. Terlihat kerumunan orang begitu banyak mengantri tiket. Puluhan bis yang mengangkut pengunjung dari luar kota juga terlihat di area parkir. Tampaknya musim liburan sekolah anak-anak kali ini membuat Dufan menjadi tempat wisata prioritas untuk menghabiskan waktu bersenang-senang. Untunglah, kami tak perlu risau mengantri panjang karena berbekal surat undangan spesial dari PT Pembangunan Jaya Ancol, yang juga berfungsi sebagai tiket terusan masuk ke Dufan, kami bisa masuk lewat jalur khusus.

Jam masih menunjukkan pukul 10.30. Kami masih memiliki waktu yang leluasa untuk menikmati beberapa wahana di Dufan sebelum mengikuti prosesi acara yang diadakan mulai pukul 12.30 nanti di Balaikota. Alya dan Rizky mendadak mengeluh kelaparan, akhirnya kami pun “terdampar” mengisi perut dulu di Planet Bakso. Setelah mengisi perutnya, kamipun siap menjelajahi arena permainan di Dufan. Antrian panjang di permainan Bom-Bom Car membuat Rizky dan Alya mendesah kecewa karena tak sabar ingin bermain mobil-mobilan tabrakan tersebut.

Kami melanjutkan perjalanan, sampai akhirnya Rizky tiba-tiba menjerit riang dan bergegas menuju arena permainan balon air. Sayangnya Alya tidak tertarik untuk bermain. Setelah membeli koin seharga Rp 15.000 untuk ongkos masuk ke arena permainan, kamipun menyaksikan bagaimana Rizky dengan penuh semangat mengapung di atas balon air besar bersama sejumlah teman-teman barunya.

Saya takjub menyaksikan perkembangan Dufan yang begitu pesat. Dunia Fantasi dibuka untuk umum 29 Agustus 1986, adalah theme park pertama yang dikembangkan oleh Ancol, dan merupakan pusat hiburan terbesar di Indonesia mengajak pengunjung ber – Fantasi Keliling Dunia, dengan menampilkan wahana – wahana permainan berteknologi tinggi, terbagi kedalam 8 tema kawasan, yaitu : Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera. Ini adalah kali keenam saya ke Dufan dan saya masih ingat betul pertama kali datang ke kawasan ini bersama teman-teman yang mengikuti kerja praktek di PT Inti Bandung tahun 1991. Saya mengenang, itu adalah saat pertama (dan mungkin terakhir kalinya) saat naik Halilintar, kereta luncur paling fenomenal di Dufan yang telah mampu dengan sukses membuat lutut saya gemetar ketakutan saat selesai mencobanya dan disambut tawa oleh kawan-kawan saya.

Setelah puas menemani Rizky bermain, kami lalu berjalan menuju ke arah kawasan Amerika di Dufan. Alya sempat berteriak riang saat menemukan Boom-Boom Car untuk anak kecil. Sayang sekali, meski antriannya tidak panjang, kedua anak saya tidak memenuhi syarat mengikuti permainan tersebut karena terlalu tinggi (batas maksimal 125 cm).

Akhirnya, untuk mengobati kekecewaan, kami menuju ke area bermain perahu-perahuan karet di danau kecil yang letaknya tak jauh dari wahana Tornado. Lagi-lagi Alya tidak berani naik perahu dan akhirnya saya bersama Rizky yang mencoba perahu-perahu-an karet yang ditenagai oleh motor penggerak kecil tersebut. Sempat deg-deg-an juga, takut perahunya tidak muat mengangkut tubuh saya yang montok menggemaskan ini :) . Seru juga, terutama ketika saling bertabrakan dengan perahu lainnya dan perahu yang kami tumpangi jadi bergoyang-goyang dibuatnya.

Seusai sholat Dhuhur di Mushola kawasan Kalila, kami bergegas menuju Balaikota Dufan. Disana, sejumlah teman-teman blogger sudah banyak menunggu seperti mbak Indah Juli, mbak Irma Susanti, mbak Mira Sahid, mbak Haya Aliya Zaki, mas Teddy, mbak Reni Marthauli, mas Irfan ZJ dan lain-lain. Kami sekeluarga juga langsung menyapa Pak Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol,Tbk serta Corporate Secretary mbak Farida yang berkenan telah mengundang kami, rombongan blogger, datang ke Dufan hari itu.

Tak lama kemudian, acara dibuka dengan mendengarkan pemaparan dari Pak Budi mengenai berbagai “kejutan” akhir tahun yang dipersembahkan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.selaku perusahaan pengembang pengelola Ancol Taman Impian, dimana dua diantaranya adalah peresmian wahana “Crazy Slide” di Atlantis dan Treasure Land di Dufan. “Kedua wahana baru ini sengaja kami hadirkan karena Ancol Taman Impian memang terus berupaya untuk memanjakan pengunjungnya dengan menghadirkan sarana hiburan yang inovatif dan menarik untuk dinikmati. Khususnya di Treasure Land, juga menjadi sarana edutainment buat anak-anak dalam soal pengetahuan arkeologi dan melatih keberanian ,” kata beliau.

Treasure Land Temple of Fire adalah wahana terbaru yang berada di Panggung Maksima Dunia Fantasi. Treasure Land merupakan tayangan langsung (live show) dari Hollywood berbentuk theatre yang menampilkan kisah petualangan Oklahoma Smith seorang arkeolog. Selain aksi dari para stuntman yang menegangkan, penonton bisa menikmati serunya penampilan TresureLand Temple of Fire yang juga didukung oleh setting suasana yang menarik, special sound effect canggih yang mengejutkan, serta berbagai sarana pendukung yang mampu menghibur penonton.

Sedangkan “Crazy” Highest Longest Slide merupakan 2 (dua) tabung seluncur air terbaru yang akan melengkapi fasilitas permainan air yang telah dimiliki Atlantis Water Adventures. Dengan masing-masing memiliki ketinggian 18,6 meter dan 22,84 meter, serta panjang 122 meter dan 149 meter, menjadikan Crazy sebagai seluncur air terpanjang dan tertinggi di Jakarta, maupun di Indonesia. Tabung seluncur air ini akan makin menyemarakkan Atlantis Water Adventures karena makin banyak pilihan fasilitas rekreasi air yang bisa dinikmati pengunjung.

“Para Blogger menjadi sahabat kami di Ancol, sehingga kami memberikan kesempatan untuk ikut menikmati wahana-wahana baru yang disajikan sekaligus memberikan kontribusi informasi sekaligus promosi kepada khalayak masyarakat melalui postingan di blog masing-masing dengan pendekatan personal dan kolegial. Saya meyakini, apa yang disajikan tersebut menjadi refleksi obyektif para blogger dalam mengemukakan pendapat serta menyampaikan informasi atas apa yang dialaminya secara kritis dan aktual,” tambah Pak Budi yang disambut tepukan riuh hadirin.

Pada kesempatan itu juga dikemukakan oleh Pak Agus Sudarno, General Manager Marketing PT Pembangunan Jaya Ancol mengenai rencana Ancol Taman Impian dalam menyongsong Tahun Baru 2013. Selain inovasi-inovasi di berbagai unit rekreasi, pengunjung juga akan disuguhkan acara hiburan yang spektakuler dan inovatif lainnya, seperti Pesta Kembang Api di 3 (tiga) titik, seaside mini theatre, aksi wayang kontemporer dan 100 musisi jalanan yang digelar untuk memeriahkan malam pergantian tahun di Ancol Taman Impian, serta panggung musik yang ditayangkan secara live oleh SCTV (Pantai Carnaval) dan RCTI (Ocean Ecopark).

Serangkaian program acara menarik dan spektakuler yang digelar pada tanggal 31 Desember 2012 akan bisa dinikmati pengunjung di sepanjang kawasan Pantai Ancol. Berbagai macam permainan pantai atraktif dan interaktif, pagelaran musik modern dan etnik, pemutaran film bertema seaside mini theatre, aksi wayang kontemporer, 100 musisi jalanan yang akan tersebar di 10 titik, serta pesta kembang api di 3 (tiga) titik pada malam pergantian tahun juga akan memeriahkan liburan akhir tahun para pengunjung Ancol Taman Impian.

Di area Taman Lumba-lumba akan digelar Acara “Tuesday Night Fever Special New Year” dengan konten yang berisikan pemutaran video konser Java Jazz, dan beberapa konser yang pernah ada di Taman Lumba-lumba seperti Glenn Fredly, Sandhy Sandoro, She, Dead Squad dan lainnya. Area Pantai Indah dan Beach Food akan dimeriahkan dengan musik-musik modern dan etnik. Tidak kalah menarik, pemutaran film bertema seaside mini theatre akan disuguhkan kepada pengunjung dengan memutar beberapa film terbaik dan terpilih di sekitaran Pantai Festival.

100 musisi jalanan pun disiapkan Ancol Taman Impian untuk menghibur pengunjung di penghujung tahun 2012 di 10 titik yaitu, Pantai Festival, Pantai Indah, Club House Ecopark, Pasar Seni, Plaza Ocean Dream Samudra, Promenade Monumen, Promenade Beach Pool, Taman Kelapa, Jembatan Dermaga Hati, dan Promenade Pantai Baru disamping Backstage Cafe. Aksi Seni bertajuk Wayang Kontemporer juga tengah disiapkan untuk menghibur pengunjung yang berada di area sekitar Pasar Seni.

“Ancol Taman Impian terus berupaya memanjakan pengunjungnya dengan menghadirkan program hiburan yang menarik, spektakuler, dan inovatif untuk dinikmati. Persembahan acara ini kami harapkan dapat melebihi ekspektasi pengunjung dalam merayakan liburan akhir tahun di Ancol Taman Impian,” tutur Pak Budi bersemangat.

Keceriaan pengunjung menikmati malam pergantian tahun di Ancol Taman Impian juga akan bertambah dengan suguhan atraksi Sea Side Fire Works, berupa Pesta Kembang Api di 3 (tiga) titik pada detik-detik pergantian tahun. Pesta kembang api tahun di 3 (tiga) titik pada kawasan Ancol Taman Impian merupakan pesta kembang api akhir tahun terbesar akan berlangsung di Pantai Carnaval, Pulau Tengah Ocean Ecopark, serta Putri Duyung Cottage pada pukul 24.00 WIB.

Semarak malam pergantian tahun di Ancol Taman Impian dimeriahkan dengan kehadiran panggung konser musik yang disiarkan secara langsung oleh SCTV di Pantai Carnaval. Beberapa penyanyi dan grup musik terkenal seperti Wali, Ungu, Smash, Setia Band, Cherrybelle, D’bagindas, Gamma1, dan lainnya. Sementara panggung konser musik lainnya yang disiarkan langsung oleh RCTI di Pulau Tengah Ocean Ecopark akan tampil menghibur pengunjung dengan artis-artis ibukota terkenal lainnya seperti Noah, Nidji, D’Masive, Geisha akan tampil menghibur pengunjung mulai pukul 21.45 hingga 02.00 WIB.

Putri Duyung Cottage juga tengah menyuguhkan malam spesial bertajuk Hawaiian Extravaganza “One Special Night in The Island of Aloha” untuk menghibur para tamu yang menempatkan waktu pergantian tahun di satu-satunya cottage yang memiliki seaside view tersebut. Reza Bukan dan Farid Aja bersama Guest Star Pinkan Mambo akan menyajikan konsep hiburan Tropical Hawaiian dengan aksi dance, interactive fun games, kitchen percussion, yang berlokasi di Candi Bentar, Putri Duyung

Saya sempat menanyakan bagaimana langkah antisipasi pihak pengelola Taman Impian Jaya Ancol mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan selama malam tahun baru dengan bertambahnya titik keramaian nanti. Pak Budi menjawab bahwa sekitar 2000 lebih aparat keamanan (kepolisian dan TNI) disiapkan untuk mengantisipasi sehingga diharapkan akan memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan pengunjung melewatkan malam pergantian tahun. Pada kesempatan itu pula, saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak PT Pembangunan Jaya Ancol selaku pengelola Ancol Taman Impian yang memberikan kepercayaan penuh kepada blogger selaku mitra terpercaya dalam menyampaikan informasi kehadiran wahana baru lewat blog masing-masing. Diharapkan, kerjasama ini bisa berlanjut dan terus dikembangkan secara konstruktif.

Setelah santap siang dan foto bersama, kami lalu menuju lokasi pertunjukan “Treasure Land” di panggung Maxima. Live action stunt show Treasure Land yang melibatkan 12 artis pendukung ini menghibur pengunjung Dufan 2 kali dalam sehari pada weekday dan 3 kali dalam sehari pada weekend selama 25 menit setiap penampilannya. Saya begitu terkejut ternyata walau jadwal pertunjukan masih satu jam lagi (pukul 15.00 WIB), ratusan pengunjung sudah antusias duduk didepan gerbangnya.

Pukul 14.30 gerbang dibuka. Kami sekeluarga bergegas masuk dan menempati tempat duduk di tengah, sekitar 10 baris dari depan. Kapasitas tempat duduk yang mampu menampung lebih dari 500 orang ini ternyata hanya dalam hitungan menit sudah terisi penuh. Beberapa pengunjung yang tak dapat tempat duduk, terpaksa lesehan didepan. Saya menyaksikan betapa megahnya panggung pertunjukan ini dengan tata lampu serta tata suara yang sangat mengagumkan.

Pertunjukan Treasure Land menyajikan petualangan sosok arkeolog Oklahoma Smith untuk mengungkap rahasia di Candi Api. Aksi spektakuler ditunjukkan dengan efek spesial yang menakjubkan mulai dari semburan api dan ledakan. Keduabelas pemeran pertunjukan ini secara profesional menyajikan adegan aksi berbahaya dan penuh resiko namun diramu pula dengan unsur humor yang membangkitkan gelak tawa.

Saya begitu terkesan oleh tata panggung yang dikelola begitu apik dan indah dimana mampu membangkitkan imajinasi penonton dalam menikmati adegan demi adegan ala film “Indiana Jones” ini. Sementara kedua anak saya, Rizky dan Alya terlihat begitu serius menyaksikan adegan demi adegan pertunjukan “Treasure Land” ini dengan antusiasme tinggi. Tanpa terasa pertunjukan selama 25 menit itu usai tanpa kami sadari betul-betul. Sungguh sangat menghibur dan mempesona.

Dari Treasure Land, kami lalu jalan-jalan menyusuri kawasan Dunia Fantasi. Sayang sekali, kedua anak tidak dapat bisa segera menikmati wahana yang ditujunya karena antrian sangat panjang, juga masih terlalu takut untuk mencobanya khususnya wahana yang beresiko tinggi seperti Tornado atau Halilintar. Alya sempat mengutarakan kekecewaan tak bisa menikmati wahana Istana Boneka kesukannya. Rizky dan Ibunya sempat mencoba wahana Burung Tempur. Pukul 18.00 petang, kami pulang dari Dufan dengan kesan indah dan mengesankan. Terimakasih (lagi) untuk PT Pembangunan Jaya Ancol yang telah mengundang kami merasakan sensasi dan eksotisme wahana-wahana di Dunia Fantasi. Semoga di kesempatan mendatang kami — para blogger — masih diberikan kesempatan kembali untuk hadir di Ancol Taman Impian, dan melaporkan pengalaman kami , kepada khalayak pembaca di Indonesia, bahkan seluruh dunia..

Asyiknya Melihat Panda di Negerinya

“ih pandanya lucu banget, apalagi itu tuch yang anak-anak”

“iya, lucu banget, imut-imut, gemes, pengen banget ngegendong, boleh gak ya?”

“kayaknya boleh dech, tapi mesti bayar seribu yuan, mau?”

“ach seribu yuan? Mahal banget, itu kan sama aja dengan bayar satu setengah juta rupiah”

“ya begitu lah … kalau murah foto aja sama boneka panda”

“hahahahaha  …”

 

Begitu beberapa potongan dialog teman-teman saya ketika berkunjung ke pusat pemeliharaan dan pengembangbiakan panda di Panda Research Base yang terletak di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, RRT.

Mereka terlihat begitu gembira dan antusias melihat anak-anak panda berlarian, becanda, naik turun pohon dan sesekali berguling-guling. Suatu pemandangan yang tidak mungkin bisa didapatkan di kebun binatang di Indonesia.

“yee, mana ada panda di Indonesia, apalagi di Bekasi. Panda kan binatag asli dari China, dan adanya cuma di negerinya Jackie Chen” seorang teman tiba-tiba nyeletuk, seolah tahu apa yang mau saya katakan.

“iya, kalau di Bekasi mach paling-paling adanya buaya di peternakan yang pernah dikunjungi para blogger saat Amprokan Blogger 2011” celetuk yang lain

“weits … ada juga yang tahu acara Amprokan Blogger 2011 juga nich” ujar saya dalam hati

“friends, tahu gak kalau panda itu asset China yang bisa disewa-sewakan dan bisa jadi instrument diplomasi?’ ujar saya kemudian

“tahu donk, kan mas Aris udah nulis di blog kalau panda bisa disewakan seharga sejuta dollar Amerika  alias 900 milyar setahun” jawab teman saya dengan cepat

“siip kalau udah tahu, jadi saya gak perlu ngejelasin lagi, kalau emang belum tahu baca aja tulisan saya DISINI ya. Sekarang kita lihat aja gambar-gambar panda yang lucu-lucu ya. Biar yang lain pada iri dan pingin lihat panda di negeri asalnya, China”

“Hahahaha …. Bisa aja mas Aris”

Drama Musikal Laskar Pelangi, Hiburan Pilihan Masa Libur Sekolah

13247041341134764005

Sutradara Musikal Laskar Pelangi Riri Riza berjabat erat dengan Budi Karya, Direktur Utama Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

Rasanya saat ini tidak ada yang tak mengenal Laskar Pelangi. Sebuah novel karya Andrea Hirata yang berkisah tentang kampungnya, sekolahnya, kesenjangan kehidupan buruh tambang dengan para pegawai kantorannya, serta kisah masa sekolah anak-anak Belitong dan seorang guru muda Muslimah yang tangguh dan berdedikasi tinggi. Tentu saja juga selingan sebuah kisah cinta dari dua dunia yang berbeda antara Ikal dan A Ling.

Berangkat dari Novel yang menggemparkan dunia pendidikan, membangkitkan motivasi dan menimbulkan inspirasi, kemudian diangkat ke film layar lebar dengan judul yang sama dan juga mendapat sambutan yang luar biasa dari para penonton di dalam maupun luar negeri. Kini kisah Laskar pelangi juga ditampilkan dalam bentuk drama musikal. Kembali drama musikal Laskar Pelangi ini menuai kesuksesan, tak hanya di dalam megeri, tapi juga di luar negeri. Seperti pementasan terakhir mereka di Singapura beberapa waktu lalu.

Taman Impian Jaya Ancol, pusat hiburan keluarga terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara, menangkap fenomena menarik ini. Untuk mengisi masa liburan sekolah  semester ganjil, berikut dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2012, Ancol akan menampilkan Musikal Laskar Pelangi Highlights. Karya hebat enam creators Indonesia yang berkaliber internasional.

Mira Lesmana, Riri Riza, Erwin Gutawa, Jay Subyakto, Toto Arto dan Hartati merupakan enam nama besar yang berada di balik layar kesuksesan pementasan Musikal Laskar Pelangi yang kini tampil dengan format baru di Ramashinta Hall, Dunia Fantasi (Dufan), mulai 24 Desember 2011 hingga 7 Januari 2012.

“Nama Laskar Pelangi merepresentasikan sebuah karya seni anak bangsa Indonesia yang mendapat sambutan publik yang luar biasa, baik di kancah nasional maupun internasional. Kesuksesan Laskar Pelangi ini merupakan rantai kesuksesan yang fenomenal dari kesusesan sebuah karya novel Andrea Hirata, kesuksesan film dan saat ini kesuksesan kembali sebuiay karya musikal” ujar Budi Karya, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

Bagi Dufan sendiri, penampilan karya musikal ini juga untuk memberi kesempatan kepada masyarakat pengunjung yang belum memiliki kesempatan menyaksikan pertunjukan menarik dan edukatif ini sebelumnya. Selain tema ceritanya sangat berbobot karena menampilkan semangat pantang menyerah dan persahabatan, pertunjukan ini juga didukung oleh orang-orang terbaik di bidangnya”, demikian Budi Karya menambahkan.

Penampilan Musikal Laskar Pelangi ini di Ramashinta Hall, Dufan. Adalah penampilan keempat di hadapan publik. Sebelumnya, pada bulan Desember 2010, musikal ini tampil pertama kali di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, dan kembali mendulang kesuksesan dalam pertunjukan kedua ditempat yang sama pada pertengahan 2011. Awal Oktober lalu, Musikal Laskar Pelangi ikut mengharumkan nama bangsa Indonesia saat tampil di Esplanade, Singapura. Kini, menyambut liburan akhir tahun dan menyambut tahun baru 2012, mereka kembali ke Indonesia dan menghibur Anda di Dunia Fantasi, Ancol.

Untuk menonton pementasan Musikal Laskar Pelangi ini, anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena pertunjukan hebat ini bisa disaksikan dengan gratis, cukup anda membayar tiket untuk masuk ke Dunia Fantasi, maka anda dapat langsung menyaksikan pementasan ini tanpa harus membayar lagi. Anda cukup mencatat jam tayangnya, yaitu, hari Senin sampai Kamis satu kali pertunjukan jam 14.00 , dan Sabtu – Minggu dua kali pertunjukan masing-masing jam 14.00 dan jam 16.00. Ketika menjawab pertanyaan DK sewaktu jumpa pers sebelum menyaksikan pertunjukan Musikal Laskar Pelangi Highlights, kemungkinan jadwal pertunjukan ini bisa bertambah bila animo para pengunjung cukup tinggi.

Lalu seperti apa kira-kira pertunjukan ini? mungkin foto-foto dibawah ini dapat semakin membangkitkan keinginan anda untuk datang langsung ke Dunia Fantasi, Ancol.

 

1324699447283372310
Pagi hari di Belitong dengan latar belakang kantor perusahaan tambang

 

1324699598225107729
Buruh tambang yang berkumpul menunggu sirine, dan guru-guru berangkat ke sekolah

 

 

1324699725444170765
Anak-anak buruh tambang, siap kesekolah dengan pakaian seadanya

 

 

1324699839720666146
Buruh-buruh tambang Belitong
13246999141348021766
Lintang, mengejar ilmu melewati hutan dan padang ilalang

 

1324701551533760160

Anak-anak Laskar Pelangi di halaman sekolah mereka

 

 

1324701810946837606
Diantara bumi dan langit

 

 

1324701682892502544
Anak-anak Laskar Pelangi, guru dan sekolah mereka

 

 

13247021052078808310
Kapur dari A Ling

 

 

13247025121637678148
Bayangan A Ling

 

 

132470288477899153
Sekolah atau kandang kambing?

 

 

13247032511012981211
Lahirnya Laskar Pelangi

 

 

13247040071305050709
Karnaval

 

 

13247040611838153416
Para pendukung Musikal Laskar Pelangi

 

 

Foto-foto Copyright Dian Kelana

 

Taman Wisata Air Terjun Cibereum

Taman Wisata Cibodas merupakan area rekreasi yang menyenangkan untuk di jelajahi, bukan hanya untuk wisatawan lokal biasa saja akan tetapi tempat ini sangat menarik perhatian bagi para master pendaki gunung Gede, tidak hanya sekali, ketika gue menanyakan langsung kepada orang yang bersangkutan mengatakan “ane gak bakalan bosan untuk berulang-ulang kali datang kemari karena tempat ini adalah sarana olahraga yang alamiah” benar juga, mereka naik dan turun gunung dengan membawa tas yang sangat besaar di punggungnya. Pokoknya saya sangat mengacungkan jempol bagi mereka yang menaklukan sebuah gunung.


Bagi anda yang baru pertama kali datang berkunjung ke daerah ini jangan pernah takut tersesat, karena tempat ini sangat ramai di kunjungi apalagi jika sudah menyangkut liburan sekolah  pasti rameeee boo… Disamping itu para tim petugas atau karyawan Taman Wisata Gunung Gede Pangarango telah menyiapkan sebuah peta besar yang terpampang diawal post pertama kali naik.

Awalnya gue bersemangat sekali dalam melakukan perjalanan ke Air Terjun Cibereum tersebut, nggak tau sama sekali seberapa jauhnya Air Terjun itu dan gue juga harus memikul sebuah tas ransel  (yaelah baru tas ransel kecil aja udah di sebut-sebutin :D hahaaha) yang berisikan pakaian gue dan teman gue. Kali ini akan menjadikan petualangan dan pengalaman yang mengasyikan bagi gue.
Jalan yang mendaki dan berbatuan tak urung untuk mengendorkan langkah kaki, jalan saja terus namun waktu yang semakin berjalan tak terasa sudah 30 menit kaki ini terus melangkah dan pundak ini masih saja memikul beban sebuah tas yang berisikan baju ganti untuk 2 orang, gue dan temen gue. Tiba di pertengahan jalan kaki ini mulai terasa nyeri, mulai dari situ lah gue selalu terdiam karena energi sudah terasa terkuras dan akhirnya gue mulai berteriak “woiiii… Istirahat bentar dulu kawan” jawaban dari teman lainnya adalah “bentar lagi kita nyampe boy, nanggung kalo kita istirahat disini. Mendengar hal itu pun sudah membuat gue malas untuk melanjutkan pendakian. Kali ini gue harus merubah strategi agar bisa enjoy, langkah pertama adalah gue harus berjalan berada di paling depan rombongan teman2 gue, setidaknya gue berada 50 meter di depan, langkah keduanya adalah jika langkah pertama berhasil gue bakalan istirahat sambil menunggu teman-teman gue yang lainnya.  Alhasil gue jalan terlebih dahulu dan bahkan gue harus berlari-lari hingga jauh.
Tak terasa  sudah lewat lebih dari 1 jam kami berjalan namun suara tetesan air terjun pun belum terdengar oleh kedua telinga, tak terasa pula 1 buah botol AQUA besar sudah kami habis kan bersama. Seperti biasa berjalan terlebih dahulu kemudian istirahat hingga saya menemukan sebuah plang nama saat jalan terbagi menjadi 2 jurusan…
Semangat membara kembali muncul ketika saya mengetahui jarak untuk arah tujuan yang akan kami singgahi yaitu Air Terjun Cibereum. Begitu melihat angka-angka yang di tujukan gue merasa senang semua terasa menjadi lebih ringan, bayangkan jaraknya saja tinggal berjalan kaki sepanjang 700 meter ! yah itu adalah hal yang sangat mudah bagi gue. Suara tetesan air pun kian terdengar dan ingin segera cepat sampai dan membeli sebotol Aqua dingin atau minuman-minuman ringan lainnya.

Setengah jam kemudian tibalah kami di sebuah Taman Wisata Air Terjun Cibereum, hmm indahnya air terjun tersebut membuat ku ingin cepat-cepat berbuka baju kemudian mandi ! Ternyata itu hanya menjadi khayalan semata bagi gue, sedikit saja gue terkena hembusan dari Ait Terjun tersebut gue sudah merasakan kedinginan, hahahahahaa… gue mencoba untuk melakukan cuci muka hasilnya adalah kesegaran yang gue dapatkan, dan yang lebih membuat gue terkaget-kaget adalah tidak di jualnya air minum apapun di area Taman Wisata tersebut dikarenakan akan menyebabkan sampah yang nantinya mencemari Air Terjun tersebut. Petugas tersebut mengatakan kalau saya haus saya selalu meminum air terjun tersebut ! Beneran bro… akhirnya gue ikutin ituh saran dari pak petugas. Endingnya gue kagak jadi nyemplung karena dinginnya air tersebut dan hanya beberapa temen gue yang akhirnya masuk ke dalam air tersebut.

Senang rasanya perjalanan kali ini… Semoga suatu saat nanti kita dapat berkumpul lagi untuk melewati hari-hari yang menyenangkan. :)
Untuk cerita lebih asiknya lagi silahkan datang ke http://gue-bercerita.blogspot.com

Tour de Puncak

Disuatu senja yang semakin lama kian menghitam gue duduk termenung sambil memikirkan Tugas Akhir gue yang lumayan riweuh (LEBAAAAY). demi menenangkan hati, menjernihkan semua isi seluruh memory dalam sebuah benak dan mencari inspirasi baru untuk menaklukan dunia pendidikan tersebut, gue nekat untuk mengikuti jejak petualang yang akan di bentuk oleh beberapa teman-teman kuliah. Namun ketika disaat senja semakin kian terlelap, gelap pekat pun tiba buat gue untuk melakukan sebuah petualangan di malam hari bersama beberapa teman-teman..
Tepat pada hari jum’at malam gue bersama 6 orang teman IBOTE lainnya mengadakan perjalanan menuju puncak. Semua perjalanan sangat terencana, berangkat via bantargebang menuju puncak hanya memakan waktu 3 jam dengan melewati jalan pintas yang lumayan nyaman… Lika-liku perjalanan kami tempuh, bahkan motor yang gw tumpangi mengalami kendala dalam pendakian selama melewati jalur alternatif yaitu gunung Pancar.
Udara yang semakin dingin tidak menghentikan laju motor kami untuk berhenti istirahat sejenak, kami hanya memprioritaskan waktu untuk secepatnya sampai di pompbensin. Sungguh sangat hebat teman gue satu ini, dia bernama Mizwar penujuk jalan atau bisa dikatakan BOLANG, karena mengetahui seluk beluk medan perjalanan. Bayangkan sekeluarnya kami dari gunung Pancar tersebut kami langsung tiba di bawah Pomp bensin sebelum wisata Taman Safari tersebut berada. Waktunya untuk mengisi bahan bakar dan istirahat sejenak pun telah tiba.
Mulai melanjutkan perjalanan… tepat pukul 1.30 kami terjebak macet dalam menuju kawasan puncak, hal ini disebabkan oleh perbaikan jalan pada malam hari, berhubung kami menaiki kendaraan roda dua jalan masih saja terlihat sangat lapang.
Tak lama berselang tibalah kami di sebuah tempat wisata Taman Cibodas dalam keadaan badan yang menggigil, dengan cepatnya gue mengambil inisiatif untuk mencari warung agar kami dapat menyelonjorkan badan yang terasa dingin dan pega-pegal. Sangat mengejutkan warung yang kami singgahi tersebut menyediakan tempat peristirahatan atau lossmen secara gratis… pas bener dah buat kantong mahasiswa macam kami ini.

Keadaan semakin dingin dan mata semakin sipit membuat kami untuk ingin segera rebahan. Sesuatu terjadi sehingga kami semua tidak bisa memejamkan mata adalah karena kami sangat berisik dan mulai dengan canda tawa yang sangat menghebohkan bersama dengan orang baru saja kami kenal di dalam lossmen tersebut. Yeaah… hal itu sangat menyenangkan bagi kami !

suasana dalam lossmen

Suasana dalam lossmen yang terletak di belakang warung yang kami kunjungi sangat-sangatlah sederhana namun tempat ini sangat cocok bagi para pendaki gunung dan cocok juga untuk kami yang berkantung sebagai seorang mahasiswa.

Hingga pagi menjelang tak satupun dari kami dapat memejamkan mata, sewaktu ketika langit semakin terang kami melihat kearah jendela, sesuatu membuat kami terkejut… indahnya ciptaan Tuhan ku  ini !!! sebuah pemandangan yang sangat indah telah gue temukan di pagi hari.

Pagi hari yang indah dan sejuk tersebut membuat hati kami bergerak untuk melakukan foto-foto bersama, inilah kenangan kita kawan.. semua kita lakukan secara senang dan hati yang ikhlas.

Langkah kami selanjutnya adalah untuk melakukan petualangan-petualang dalam menelusuri sebuah hutan menuju kawasan Air Terjun Cibereum, kisah selanjutnya silahkan klik disini