Tutorial install Microsoft Office Picture Management

Artikel “Tutorial install Microsoft Office Picture Management” ini kutulis karena aku kesulitan menemukan aplikasi ini di Office 2013. Selamat menikmati.

+++

Bagaimana cara Install Microsoft Office Picture Manager 2013?

Kalimat itu kuketikkan di mesin pencari Google dan hasilnya banyak sekali petunjuk untuk melakukan instalasi microsoft office picture manager, sehingga kepanikanku ketika kehilangan aplikasi ini langsung hilang. Bagaimana tidak, aplikasi sederhana dari microsoft ini sangat membantuku saat melakukan edit sederhana ratusan foto-fotoku dibanding mengeditnya memakai aplikasi berat, misalnya photoshop.

Dari sisi kecanggihan hasilnya, pasti Photoshop lebih berkualitas, tetapi dari sisi kemudahan dan fleksibilitasnya, aplikasi microsoft office picture manager (MOPM) jauh lebih bermanfaat. Proses editing kecerahan, pemotongan ataupun resizing gambar, aplikasi MOPM ini lebih cepat kerjanya. Kecuali kalau kita ingin melakukan proses editing satu image secara lengkap menyeluruh, maka photoshop jauh lebih sakti.

Saat kita memutuskan melakukan instalasi office 2013, maka begitu selesai proses instalasi, kita sadari bahwa tidak ada aplikasi MOPM di office 2013. Diubek-ubek tetap saja tidak ketemu akhirnya nyerah dan nyari di mbah Gugel. Ternyata yang ketemu pertama kali adalah situs yang bikin jengkel. Itulah situs yang tidak menyediakan apa yang kita cari tetapi dia ada di halaman pertama mesin pencari Google.

Microsoft Office Picture Manager
Microsoft Office Picture Manager

Untung di bawah situs itu banyak bermunculan petunjuk cara instalasi MOPM di office 2013, meskipun sebagian besar berbahasa Inggris. Pengalaman install MOPM ini membuatku ingin membagikannya. Siapa tahu masih ada yang males membaca petunjuk dalam bahasa asing. Ini sebagai rasa syukur karena sukses install MOPM di office 2013 pada Windows 8.

Microsoft Office Picture Manager 2
Microsoft Office Picture Manager 2

Yang pertama kali kita lakukan adalah install office 2013 seperti biasa. Setelah selesai, maka kita install lagi office dengan menggunakan instaler Microsoft Office 2003, 2007 atau 2010. Setelah keluar jendela pop up installer, maka pilihlah Customize dan pilihlah semua aplikasi untuk tidak diinstall kecuali aplikasi MOPM.

Pilih Customize
Pilih Customize

Bisa dipilih NOT AVAILABLE atau Installed on first use, jika pilihan NOT AVAILABLE tidak ada. Jadi intinya, dari installer office 2003, 2007 atau 2010 hanya satu aplikasi saja yang dibutuhkan untuk diinstall yaitu aplikasi MOPM.

Pilih Microsoft Office Picture Manager saja
Pilih Microsoft Office Picture Manager saja

Lakukan proses instalasi secara normal dan akhirnya kita mempunyai lagi aplikasi Microsoft Office Picture Manager di office 2013.

Microsoft Office Picture Manager
Microsoft Office Picture Manager

Semoga artikel “Tutorial install Microsoft Office Picture Management” ini bermanfaat. Amin. Salam sehati.

+++

Blog pribadiku di http://ekoshp.com

Kenapa Yang Komentar Kebanyakan Tukang Obat ?

backlinkSalah seorang tokoh Blogger Bekasi, Mbak Irma Senja, dalam salah satu postingannya mempertanyakan kenapa yang komentar kebanyakan tukang obat? Begitu membaca komentar tersebut sayapun tersenyum dan teringat rencana untuk membuat postingan khusus mengenai hal itu. Saya bermaksud membuat postingan tersendiri karena dalam hampir semua postingan saya di bloggerbekasi.com juga selalu dipenuhi komentator seperti tukang obat dan sejenisnya. Namun karena (sok) sibuk, saya pun lupa untuk menuliskannya.

Sebenarnya memberikan komentar pada suatu postingan adalah hal yang wajar bahkan ditunggu-tunggu oleh si penulis. Dengan adanya komentar yang masuk berarti postingan dibaca orang dan mendapatkan perhatian. Disinilah sebenarnya kelebihan sebuah blog, ada interaksi antara penulis dan pembaca. Dalam bahasa pergaulan, bisa terjalin silahtirahmi antar sesama blogger. Berkomentar bisa menjadi cara yang paling ampuh untuk menunjukkan rasa saling toleran antar sesama blogger, meskipun dibalik semuanya itu terselip sebuah maksud dan tujuan lain.. yakni mendapat umpan balik atau dalam bahasa gaulnya LinkBack atau Backlink.

Nach disinilah pokok masalahnya. Ketika saya perhatikan dari komentar-komentar yang masuk, yang menurut mbak Irma kebanayakn tukang obat, tampaknya lebih untuk mencari backlink agar blog atau website bisa tetap nangkring di halaman-halaman depan Google. Para komentator tampaknya ingin mempraktikkan ilmu SEO yang didapatnya dan melihat bloggerbekasi.com sebagai tempat ideal untuk menaruh backlink. Kenapa bloggerbekasi.com dibilang ideal? Karena trafficnya lumayan tinggi dan bloggernya pun aktif di ranah blogosphere serta kopdar-kopdar offline.

Lalu kenapa komentatornya kebanyakan tukang obat? Jawaban pertama, saya tidak mempunyai jawaban pasti yang didukung oleh data statistik, namun dari pengamatan sepintas (cmiiw), hal tersebut tidak terlepas dari aktifnya para pengusaha di Bekasi untuk memanfaatkan internet guna mempromosikan usahanya, yach salah satu atau duanya lewat penerapan teknik SEO.

Jawaban kedua, ternyata blogger bekasi sendiri jarang nengok blog kroyokan Beblog dan kalaupun mampir cuma sekedar lewat. Entah karena postingannya kurang menarik atau postingannya terlalu serius atau takut dibilang komentarnya ngawur sehingga kalaupun mau berkomentar lebih memilih anonim… (silahkan komentar jika tidak sependapat dan silahkan juga berkomentar jika sependapat).

Lalu apakah saya keberatan jika postingan saya dikunjungi komentator yang bermaksud untuk sekedar menaruh backlink? Sejauh komentarnya masih wajar, saya tidak merassa keberatan. Ya hitung-hitung beramal dengan memberi backlink. Makin banyak yang menaruh backlink di postingan saya, makin banyak amal ibadah saya (ha ha ha).

O ya … sebelum mengakhir postingan yang gak penting ini, perkenankan saya untuk memberikan 3 buah saran dalam berkomentar di suatu postingan blog, yaitu sebagai berikut:

– Berikan komentar sesuai topik dengan cerdas. Hal ini penting karena pengunjung lain akan melihat kualitas anda dan pengunjung lain akan mengklik backlink jika merasa link yang anda berikan bisa menjawab keingintahuan mereka.

– Hindari komentar SPAM dan penuh pamrih apalagi menghina.

– Hormati penulis blog atau admin dengan tidak meminta atau menyuruh kunjungan balik atau follow.

Demikian, semoga bermanfaat.

Menulis Itu Memang Harus Dipaksakan

13740751081579462934Menulis itu Memang Harus Dipaksakan oleh diri sendiri. Kemalasan diri harus dilawan, dan akhirnya kita akan menjadi pemenangnya.

Usai sholat subuh berjamaah di masjid, saya berangkat menuju sekolah. Hari ini sengaja saya tak membawa mobil ke sekolah. Saya memilih naik kendaraan umum saja. Biasanya ada bus metromini 62 langsung menuju terminal Manggarai. Dari sini saya naik busway ke sekolah dan turun di halte bus kampus unj rawamangun. Dengan uang Rp.6000 pasca kenaikan bbm, saya sudah tiba di sekolah dengan selamat.
Alhamdulillah.

Berangkat pagi hari sungguh nikmat. Tak ditemui kemacetan sepanjang jalan. Beginilah nikmatnya bila berangkat jam 05.05 wib. Jalan masih longgar dan mobilpun berjalan dengan sangat lancar. Selancar pikiran kita yang memaksakan diri untuk menulis.

Saya bersyukur kepada Allah diberikan kenikmatan sholat subuh berjamaah di masjid. Sesuatu kenikmatan yang tidak bisa didapat kalau kita hanya berdiam diri di rumah. Itulah mengapa Rasulullah SAW selalu memberi contoh umatnya untuk sholat subuh berjamaah di masjid.

Guru ngaji saya pernah berkata, bila kamu ingin meninggal dalam keadaan khusnul khotimah atau mati yang baik, maka jangan pernah meninggalkan sholat subuh berjamaah.

Di dalam metromini 62 saya tuliskan ini. Betapa nikmatnya berangkat ke sekolah di pagi hari. Kita harus mampu mengelola waktu dengan baik. Sebab waktu tak akan pernah kembali lagi. Kurangi waktu tidurmu, dan ingatlah selalu tentang waktu yang terus mengejarmu.

Selama 2 hari ini saya memang tidak menulis di blog seperti biasanya. Kesibukan tahun ajaran baru dengan kurikulum baru sangat menyibukkanku. Hal yang paling mudah kulakukan adalah menulis status di facebook seperti sekarang ini. Ponsel jadulku masih sanggup untuk itu.

Menulis memang harus dipaksakan. Usahakan menulis walaupun hanya menulis status di facebook atau berkomentar di tulisan orang lain. Dengan begitu, engkau akan terbiasa menulis dan tidak takut lagi menulis.

Ketika menulis sudah menjadi kebiasaan, maka dia akan menjadi sebuah kebutuhan. Engkau akan merasa haus dan lapar ketika belum menulis. Hal itulah yang kualami sendiri ketika menulis sudah masuk alam bawah sadarku. Tiada hari tanpa menulis, dan tentu saja tiada hari tanpa membaca.

Menulis memang harus dipaksakan. Seperti bangun pagi hari yang harus dipaksa. Kemalasan diri harus dilawan. Tanpa terasa bus metromini yang saya tumpangi sudah sampai terminal Manggarai. Saya akhiri tulisan saya di sini.

Eh kok malah nyambung lagi. Habis enak sih! Busway sudah di depan mata. Dengan uang Rp. 2000, meluncurlah saya menuju sekolah tanpa terkena macet. Ongkos busway masih murah sebelum jam 6 pagi. Nikmatnya bangun pagi, dan menikmati ibu kota Jakarta di pagi hari yang lengang.

Waktu di ponsel saya sudah menunjukkan pukul 05.47 wib. Busway yang saya tumpangi sudah sampai matraman. Jadi ingat waktu dapat voucher belanja buku di gramedia matraman. Rasanya puas banget belanja buku sebesar Rp. 500.000. Saya dapatkan itu ketika tulisan saya menang dalam lomba menulis di http://guraru.org. Tulisan saya menjadi tulisan terpopuler.

Makanan terpenting seorang penulis adalah buku. Dengan banyak membaca buku, maka kamu tak akan pernah lumpuh menulis. Mereka yang senang menulis, pastilah akan rakus membaca. Demikian juga dengan saya sebagai seorang penulis.

Menulis itu memang harus dipaksakan, tak terasa sudah mau sampai Prapatan pramuka. Busway berhenti karena lampu merah. Sesudahnya meluncur kembali menuju halte kampus UNJ Rawamangun. Sudah dulu yah!

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Cara Perbanyak Follower di Twitter

twit war‘Nip, elo udah denger belon kalo Hillary Clinton sekarang punya akun twitter’, ucap Bang Nawi ke Sanip yang kelihatan sedang asyik twitteran lewat henpon.

‘Udah tau sich, gue baca ceritanya di blog. Cuma akunnya Hillary Clinton gak gue follow karena kagak konek’, jawab Sanip sambil kedua jempolnya tetap aktif memencet tombol-tombol di henpon.

‘Kagak konek pegimane Nip?’

‘Lah die kan politisi top Amerika dan bekas menteri luar negeri, pasti kicauannya di twitter kagak jauh-jauh soal politik Amerika dan dunia internasional. Kagak ada urusannya ame gue’, jawab si Sanip, lagi-lagi tanpa sekejappun melepaskan jempolnya dari henpon.

‘Mendingan gue juga follow akunnya Bang @arisheruutomo, apa yang dikicauin jelas nyambung’, jawab Sanip lagi

‘Ha ha ha elo nyebutin nama akun twitter, kayak pesan sponsor aje Nip’ bales Bang Nawi sambil ketawa ngakak

‘he he he … bukan pesan sponsor bang, cuma kasih contoh nyate aje. Kalau elo mau follow @arisheruutomo silahkan aje, mengasyikan kok’, bales Sanip

‘Omong-omong, tumben banget abang nyinggung soal twitter, apalagi ngaitin dengan twitternya Hillary Clinton, yang abang aja kagak kenal’, tanya Sanip kemudian

‘Iye Nip, gue heran aja sama tuch akunnya Hillary Clinton, baru sehari nongol dan ngetwit cuma sekali-kalinya … ech follower atau pengikutnye kok bisa langsung ratusan ribu. Enggak sampai sehari, followernya udah sampai 300 ribuan’ ujar Bang Nawi

‘Bang, Elo kagak usah heran. Nach die kan udah ngetop sebelumnya, jadi kagak heran kalau followernya langsung banyak. Emangnya kite-kite yang kagak ngetop sama sekali. Meski udah lama ngetwit, followernya kagak nambah-nambah’, timpal Sanip, kali ini dengan agak sedikit serius

‘Terus mesti pegimane dong biar follower kite di twitter banyak’ tanya Bang Nawi

‘Setau gue sich, selain elo mesti jadi orang terkenal terlebih dahulu, elo mesti ngetwit yang unik dan menarik perhatian banyak orang’, jawab Sanip mencoba menjelaskan

‘Unik pegimane Nip?’, tanya bang Nawi

‘Maksudnya unik, kite kudu ngetwit sesuai keahlian yang kite kuasai agar orang yang baca kicauan kite tahu latar belakang kite, sehingga tertarik dan mau jadi follower’ jelas Sanip

‘Selain itu, kite juga mesti rajin-rajin ngeblog. Kite bisa ngetwit dari apa yang kite tulis di blog’ tutur Sanip lebih lanjut

‘Dan satu lagi, dari penelitian, katanye pengguna twitter yang pengikutnya masih dibawah 150 orang, jika difollow maka akan follow back alias ngefollow balik. Nach elo bisa manfaatin tuch untuk nambah follower’, ujar Sanip mencoba menjelaskan lebih lanjut

‘Atau kita bikin rusuh sekalian kali ye di Twitter, biar ngetop’, usul Bang Nawi tiba-tiba. Enggak tahu dari mana tuch ide datang

‘Iye bener apa yang elo kate Bang. Bikin rusuh di Twitter atawa ngelakuin perang di Twitter dengan tokoh tertentu dengan tujuan menarik perhatian. Ini namanya Twir War’ bales Sanip

‘Banyak tuch di Twitter yang bikin Twit War dengan ngetwit asal njeplak, ngeluarin isu-isu aktual dan provokatif biar narik perhatian, misalnya akun yang pakai nama macan atau pengguna twitter yang ngaku-ngaku calon presiden muda’, jelas Sanip lagi

‘Terus ngapain kalau follower kite udah banyak di Twitter?’, tanya Bang Nawi

‘ Ya kalau follower kite udah banyak, bisa dimanfaatin tuch untuk dijadiin duit’ jawab Sanip

‘Dijadiin duit? Maksud elo?’ sergah Bang Nawi sedikit semangat begitu mendengar kata duit

‘Iye, bakalan ada perusahaan-perusahaan gede yang bakalan ngontak elo dan minta promosiin produknya secara alus. Nach pas elo promosiin mereka, elo dapat bayaran dech. Istilahnya buzzer atau apalah gue kagak ngarti’ jelas Sanip

‘O gitu ya?’, kata Bang Nawi sambil melongo

‘Selain itu, elo pasti senang kan kalau kicauan elo banyak yang dengerin?. Kan kata aktivis sosial media, ngetwit itu ibarat kita ngomong sendiri, tapi ingin didengerin orang lain’’  jelas Sanip lagi

‘‘ha ha ha bisa aje lo Nip’, ngakak Bang Nawi

‘Iye … Omong-omong elo udah follow akun Twitter gue belon’, ujar Sanip memotong ketawanya Bang Nawi

‘Ini baru mau follow’, jawab Bang Nawi malu-malu, ketahuan kalau selama ini belon follow akunnya Sanip, temennya sendiri

‘Nach saling memfollow akun twitter temen juga jadi salah satu cara memperbanyak follower’ tambah Sanip

‘Iye maaf dech … gue ngarti sekarang’, ujar Bang Nawi sedikit salah tingkah

‘Ok sip Bang, gak apa-apa. Sekarang nyok kite tunggu aje dech komen pembaca. Gue yakin mereka punya tip-tip yahud untuk memperbanyak follower selain yang tadi disebutin’’

*Kampung China, 15 Juni 2013

Menulis Dengan Bahasa Yang Baik dan Benar

bahasa IndonesiaMelalui group BBM, saya menerima kiriman foto sepiring nasi uduk dari seorang teman blogger. Foto tersebut disertai dengan kalimat pendek yang berbunyi ‘sarapan pagi yuk’. Tidak lama kemudian muncul komentar dari beberapa teman mengenai foto tersebut, tepatnya komentar terhadap kalimat yang menyertainya. “Kok saya geli dengan penggunaan bahasa ya? Naik keatas, turun kebawah, masuk kedalam, dan sebangsanya. Apa tidak ‘memperkosa’ bahasa? Kan itu pengulangan kata? Kalau kata ‘sarapan’, sudah pasti pagi kan?”

“Iya ya yah he he he”, begitu jawab si pengirim foto mengakui kekeliruannya dalam membuat kalimat

Petikan dialog di atas terkesan sepele dan sekedar basa-basi. Tapi kalau dicermati, terlihat adanya kegelisahan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama dalam penulisan. Ada keinginan agar penggunaan kata-kata yang dilakukan secara tepat dan benar.

“Ach … penulisan menggunakan kaidah bahasa yang tepat dan benar kan cuma diperlukan dalam penulisan ilmiah atau untuk penulisan di media cetak. Kalau untuk penulisan di blog, ya suka-sukanya si blogger saja’, begitu komentar seorang blogger pada suatu kesempatan.

Apa yang disampaikan di atas tidaklah keliru sejauh apa yang dituliskannya dapat dimengerti. Karena bagaimanapun, bahasa adalah sarana komunikasi antar sesama manusia yang bertujuan agar dapat dimengerti oleh manusia lainnya. Namun bukan berarti penggunaan bahasa dapat seenaknya. Karena bagaimanapun, berbahasa yang baik adalah berbahasa yang sesuai konteks. Untuk itu, penggunaan bahasa yang tepat dan serasi sangat diperlukan.

Bagi seorang blogger, penggunaan kata-kata yang tepat dan benar-benar dipahami adalah suatu keharusan. Cobalah membuat sebuah tulisan dengan kata-kata yang tidak dimengerti dan disusun secara serampangan, sungguh akan terasa tidak enak dibaca. Meski isi tulisan mungkin berisi, namun alih-alih memberi manfaat dan kesan bagi pembaca, tulisan kita hanya dibaca sekilas lalu ditinggalkan. Pembaca ingin buru-buru saja mengakhiri bacaannya. Bukan tidak mungkin pembaca akan benar-benar meninggalkan tulisan kita untuk seterusnya. “Capek deh bacanya“, mungkin itu yang dirasakan.

Kesalahan yang umumnya kerap dijumpai dalam penulisan adalah penggunaan preposisi atau kata depan seperti di, ke, dan dari. Kesalahan yang dilakukan adalah menggabungkan preposisi dengan kata yang mengikutinya (baik kata benda ataupun kata ganti). Padahal penulisan preposisi yang benar adalah dengan memisahkannya dengan kata yang mengikuti, contoh “di rumah”, “di jalan”, “ke Jakarta”, “ke kantor”, “dari Surabaya”.

Masih soal preposisi, kesalahan umum lainnya adalah memisahkan penulisan preposisi seperti “disana”, “diatas” “dibawah”, dan sejenisnya menjadi “di sana”, “di atas” dan “di bawah” yang seharusnya ditulis, “disana”, “diatas”, dibawah”. Kata “disana”, “diatas”, “dibawah”  adalah sebuah preposisi; dengan kata lain, kata-kata tersebut bukan berasal dari preposisi “di+sana”, “di+atas”, dan “di+bawah”.

Kesalahan umum berikutnya adalah melakukan reduplikasi atau pengulangan kata yang tidak diperlukan. Sebagai contoh kata “sarapan” mestinya tidak perlu diikuti dengan kata “pagi”, karena “sarapan” sendiri sudah berarti “makan pagi”. Dalam bahasa Indonesia, reduplikasi lazimnya dilakukan untuk menunjukkan bentuk jamak, contoh: kursi-kursi atau menunjukkan kegiatan bersama, contoh: makan-makan.

Kalau mau mencari bentuk-bentuk kesalahan berbahasa lainnya, sebenarnya banyak sekali yang bisa dibahas dan dijadikan contoh. Silahkan jika ada yang menambahkan, baik melalui kolom komentar atau bikin artikel sendiri (hitung-hitung sebagai latihan). Saran saya, jika ingin menulis dengan bahasa yang baik dan benar, rajin-rajinlah menulis dan pelajari gaya bahasa dan penulisan orang lain.

Jangan anggap enteng gaya bahasa dan penulisan di blog. Meski bukan tulisan ilmiah dan mungkin sekedar “curhat”, tidak ada salahnya menulis menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Salam berbahasa dari Kampung Cina

Aris Heru Utomo

Gak bisa nulis bisanya motret

“Mas Eko, aku itu Gak bisa nulis bisanya motret. Gimana mau jadi blogger kalau gak punya tulisan?”

Pertanyaan ini biasanya dilontarkan saat mereka mencari alasan untuk tidak bisa update rutin blog mereka. Update rutin blog memang merupakan salah satu kunci untuk suksesnya sebuah blog. Dengan rutin diupdate, maka Google akan rajin menghindeksnya, akibatnya blog akan makin mudah dicari. Kalau sudah tidak rutin melakukan update blog, maka makin lama blog akan makin penuh sarang laba-laba, tidak lagi diindeks dan kalau punya PR, lama-lama akan turun dan menjadi nol !:-)

Blog buku harianku di http://eshape.blogspot.com makin lama makin turun PR-nya. Dari punya PR 3/10, lama-lama menjadi 2/10 dan mungkin entah kapan akan jadi 0/10. Maklum aku memang tidak rutin mengisi buku harian onlineku itu.

Lalu apakah aku peduli dengan nilai PR blog buku harianku itu?

Tentu aku tidak peduli. Konsep blog itu kubuat hanya untuk tempat mencurahkan apa yang ada dalam hidupku dan keluargaku, jadi mau dibaca atau tidak, tentu tidak ada masalah. Kalau ada pembaca yang bisa mengambil hikmah dari kehidupanku, tentu aku ikut senang, tapi kalau tidak ada yang berkunjung ke blogku tentu aku tidak perlu sewot. Konsep blog http://eshape.blogspot.com itu memang begitu.

Ini mirip dengan konsep blog fotoku http://kupoto.wordpress.com

pengatur sony

Aku hanya ingin menyimpan foto-foto yang kuanggap menarik dan punya nilai historis bagi para pengunggahnya meskipun tidak diindeks dengan baik oleh Google. Blog kupoto ini juga kubuat untuk menjawab pertanyaan “Gak bisa nulis bisanya motret”

Ada banyak template untuk para blogger yang lebih fokus pada unggah foto daripada unggah artikel. Bisa memakai blogspot bisa juga memakai wordpress. Tentu tidak hanya wordpress dan blogspot yang bisa dipakai. Semuanya terserah hasrat masing-masing.

Mari kita lihat kiprah para tukang poto yang suka mengirimkan fotonya dibanding artikelnya. Misalnya punya Rizky Inayati di bawah ini

Rizky Inayati’s Photography

Rizky poto blog
Rizky poto blog

Atau juga bisa dilihat pada situs Cirebon Daily Photo.

Cirebon Daily Photo
Cirebon Daily Photo

Dua situs ini lebih cenderung mengirimkan gambar (foto) dibanding artikel. Sayangnya karena mereka kurang rutin memngirimkan foto, maka peringkat alexanya masih di angka jutaan.

Aku sendiri membuat blog khusus untuk menampung foto-foto yang bertebaran di FB. Awalnya aku bersama-sama dengan teman-teman Cikarang memmbuat blog Citography yang merupakan rekam jejak para tukang foto Cikarang. Blog dengan PR 1/10 ini akhirnya tidak terawat dengan baik, karena pengunggahnya sudah sibuk sepedaan dan lupa untuk unggah di internet.

Akhirnya aku bersama anakku membuat blog baru khusus foto dengan nama kupoto.wordpress.com Selanjutnya teman-temanku juga ikut menyumbangkan fotonya sehingga blog ini lumayan rame. Data peringkat dari alexa juga lumayan bagus untuk situs yang tidak banyak bercerita tentang dunia menulis.

kupoto.wordpress.com

Alexa Traffic Rank
Traffic Rank in ID
(No reviews yet)
Sites Linking In
Top queries driving
traffic to kupoto.wordpress.com
See how kupoto.wordpress.com
looked in the past
No Data
Slow

(2.862 Seconds)
80% of sites are faster

Average Load Time

Jadi kalau ada pertanyaan, “Gak bisa nulis bisanya motret”, maka jawabannya sudah jelas, jadilah blogger yang punya blog tentang poto.

Kupoto Dunia
Kupoto Dunia

+++

Dimuat juga di blog pribadi

Menunggu adalah Saat Tepat Untuk Menulis

Hari ini adalah hari dimana saya menjadi supir pribadi istri tercinta. Kemanapun istri mengajak pergi saya siap mendampingi. Itulah suami sejati yang sayang sama istri.

Menunggu adalah saat tepat untuk menulis

Menunggu adalah saat tepat untuk menulis

Di hari libur nyepi ini, sebenarnya saya ingin menyepi dan tak mau kemana-mana. Tapi istri tercinta dan putri bungsu saya mengajak saya untuk menemaninya berbelanja di pasar pondok gede, Bekasi.

Mendengar nama pasar pondok gede saja sudah kebayang kemacetan di depan mata. Namun demi membahagiakan anak dan istri, saya pun meluncur ke pasar pondok gede.

Untunglah macetnya tak seperti hari biasa. Bener-bener nyepi di pondok gede ini. Macet yang biasa saya temui tak begitu parah. Jalanan lancar dan kami tiba di pasar pondok gede Bekasi dengan senyuman manis di bibir.

 

Apalagi istriku, dia sangat bahagia sekali kelihatannya. Sebab sudah lama tak belanja di pasar pondok gede ini. Pasti sudah ada barang yang disukainya untuk dibeli.

 

Wanita memang makhluk Tuhan yang sulit dimengerti. Sudah hampir dua jam lebih saya menemani istri membeli sepatu. Sebenarnya sudah geregetan hati ini, tapi disimpan saja di dalam hati. Untunglah ada tempat duduk buat naruh pantat yang seksi ini. Mulailah saya menulis dengan ponsel jadul kesayanganku ini. Nulis apa ya?

 

Menunggu memang saat yang tepat untuk menulis. Apapun bisa dituliskan. Saya melihat bapak satpam toko matahari celingak celinguk mencari mangsa eh salah, mencari orang-orang yang dia curigai. Meleng sedikit, akan ada barang berpindah tangan dengan cara yang tidak benar. Sebel juga saya, sambil berkaca di cermin, saya tanya kepada diri sendiri. “Apakah aku ini bertampang maling?”

Akh untunglah wajah saya masih terlihat imut dan enak dipandang. Saya melihat banyak wanita yang sakit hati kepada saya begitu tahu saya sudah beranak istri. Hehehe, ge er banget sih omjay ini, hahaha.

 

Maklumlah, sewaktu muda dulu saya adalah seorang pria idaman para gadis. Sudah banyak wanita yang jatuh ke dalam pelukan saya. Tapi sayang, semua itu hanya terjadi dalam mimpi, wahahaha, wkwkwkwk.

Menulis di saat menunggu istri belanja memang mengasyikkan. Saya bisa senyum-senyum sendiri. Inilah kemajuan teknologi. Orang bete bisa menulis status di media sosial dan menulis di blog. Sampai nanti ya!

 

Omjay
Omjay

Salam blogger persahabatan
Omjay
http://wijayalabs.com

Bikers, Waspada Curah Hujan Tinggi

Warga Bekasi dan penduduk pulau Jawa pada umumnya harus semakin mewaspadai curah hujan yang tinggi. Berdasarkan data dari BMKG, curah hujan di wilayah Jabodetabek masih cukup tinggi disertai angina kencang yang mengakibatkan gelombang laut mencapai dua hingga tiga meter.

Berikut Gambaran Prakiraan Cuaca di sebaran wilayah Jabodetabek.

prakiraan cuaca jabodetabek

 

Dan berikut Gambaran Curah Hujan di wilayah Jabodetabek.

curah hujan jabodetabek

Bagi Anda pengguna lalu lintas harus ekstra berhati-hati di musim hujan, terutama para pengguna sepeda motor. Selalu siapkan jas hujan kemana pun Anda pergi.

Jika Anda belum mempunyai jas hujan, maka segeralah membelinya, karena stok jas hujan di pasaran sudah menipis. Terbukti dari salah satu penjual Jas Hujan Axio Online, yang mengaku sudah kehabisan stok untuk Jas Hujan Axio ukuran L dan XXXL.

“ Stok jas hujan AXIO tinggal tersisa ukuran XXL, itupun tidak banyak. Barang sudah semakin langka karena permintaan meningkat tajam di musim hujan ini.”

Mengingat curah hujan di wilayah Jabodetabek masih cukup tinggi, maka jangan sampai rutinitas harian Anda terganggu karena tak memiliki mantel hujan.

Cara Saya Menerbitkan Buku

Seorang blogger bertanya kepada saya, bagaimana caranya menerbitkan buku dari hasil ngeblog? sayapun tersenyum mendapatkan pertanyaan ini dan saya jawab saja berdasarkan pengalaman pribadi.

cara saya menerbitkan sebuah buku adalah dengan mengumpulkan semua tulisan itu yang terhubung dalam sebuah tema besar tulisanku. misalnya bila aku mau buat buku tentang kisahku, maka buku yang aku rajut adalah tentang perjalanan hidupku. Jadi saya harus kumpulkan dulu bahan mentahnya baru kemudian dijadikan satu menjadi tema yang saya harapkan

Sewaktu menulis buku “menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi”, saya perlu waktu hampir setahun. Mbak Abdah khan, membantu saya menjadi editornya. Lalu kami sama-sama pergi ke penerbit yang cukup terkenal. Tapi sayang draft naskah buku yang saya rajut belum menarik perhatian mereka dan belum layak jual di mata mereka.

Saya tak pernah putus asa bila ditolak penerbit. Oleh karena itu naskah saya perbaiki kembali dan alhamdulillah ada penerbit yang mau menerbitkannya. Semua itu berlangsung tanpa saya keluar uang satu sen pun. Pihak penerbit mencarikan saya editor, dan editorlah yang bekerjasama dengan saya sehingga buku itu disulap menjadi buku yang renyah dan enak dibaca. Memang butuh waktu berbulan-bulan dalam mengerjakannya karena kesibukan saya yang padat dan jadwal memberi materi di sana sini.

Saat ini saya sedang membuat buku catatan harian seorang guru blogger. Semoga saja selesai saya rajut menjadi buku. Isi bukunya mengenai perjalanan saya ngeblog dan keajaiban-keajaiban yang menyertainya. Bahan-bahan mentahnya sudah ada di blog kompasiana.com/wijayalabs. Tinggal saya mengolahnya bersama editor.

Di waktu liburan sekolah saat ini, saya mencoba mengumpulkannya satu demi satu judul yang menggoda lalu merajutnya menjadi sebuah buku. Saya juga tak pernah menyangka buku “menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi” menjadi buku terlaris di penerbit indeks. Alhamdulillah, dengan begitu royalty buku akan bertambah banyak. Bagi saya ini sebuah keberuntungan dari hasil ngeblog setiap hari yang selalu saya bagikan dalam tulisan-tulisan saya.

Jadi, caraku membuat buku sebenarnya simple saja. Usahakan sehari membuat satu postingan di blog. Bila kita komitmen, maka setahun sudah terkumpul 365 postingan yang siap dirajut menjadi buku. Gampang khan?

13567390251508360326
Buku Omjay

Salam blogger persahabatan
Omjay
http://wijayalabs.com

7 Barang Wajib Untuk Bikers Di Musim Hujan

7 Barang Wajib Untuk Bikers Di Musim Hujan

 

Pagi Hujan, Siang Hujan, Sore dan malam pun hujan. Yah, namanya juga musim hujan.

Jangan sampai mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Berikut ada Tips yang bermanfaat untuk para pengendara sepeda motor agar tetap nyaman berkendara di musim hujan.

 

Berikut Tips 7 Barang Yang Wajib di bawa Bikers saat musim Hujan.

 

  1. Jas Hujan

Tentu saja Jas Hujan adalah barang terpenting yang harus dibawa saat musim hujan. Siapkan selalu Jas hujan Anda di bawah jok motor kemana pun Anda pergi.

Disarankan untuk Para Bikers menggunakan Jas Hujan jenis Atasan-Bawahan, seperti Jas Hujan AXIO. Selain nyaman dipakai juga Lebih Aman bagi diri Anda dan orang lain.

 

Dibandingkan jas hujan model Kelelawar yang berisik ketika dipakai dan tak jarang orang sering terjatuh karena jas hujan tersangkut di motor. Ini sangat berbahaya.

Perhatikan pula bahan Jas Hujan yang digunakan. Pastikan Jas Hujan Anda ANTI TEMBUS. Bahan Karet dengan tipe Full Press Body, atau Parasut dengan Jahitan double adalah pilihan terbaik Kualitas ini dimiliki oleh Jas Hujan AXIO dan GMA.

Nah, untuk mendapatkan harga Termurah Jas Hujan AXIO dan GMA, Bikers bisa mengunjungi Blog Jas Hujan Axio.

Oh ya di sana juga disediakan Layanan Sablon untuk membuat Jas Hujan Komunitas lho. Bagi Bikers yang berminat punya Jas Hujan berlogo atau bertuliskan Blogger Bekasi bisa pesan disana ya. Silahkan di rumbug dulu sama Om Moderatornya. J

 

  1. Mantel Sepatu atau Jas Hujan Sepatu

Bikers yang mau berangkat ke kantor pastinya tidak mau sepatunya kotor terciprat lumpur ketika hujan.

Mantel sepatu atau Jas hujan sepatu ini bisa menjadi solusinya. Sifatnya yang tahan air dan mudah dibersihkan, membuat Bikers tak perlu cemas saat berkendara di jalanan berlumpur dan hujan deras sekalipun.

 

3. ToolKit Motor

Ada baiknya Bikers membawa ToolKit motor standar yang dimiliki, terutama Tool untuk membuka busi jika mati terendam banjir.

4.  Kanebo / kain lap

Barang yang sederhana ini akan sangat berguna untuk mengeringkan body motor kita sehabis kehujanan. Pastikan selalu ada di jok motor Anda ketika berkendara.

5. Spakbor

Untuk menghindari cipratan Roda belakang motor kita yang pastinya akan mengotori baju Anda, pastikan Spakbor bagian belakang terpasang dengan rapi.

6. Busi cadangan

Banjir bisa terjadi kapan saja dan dimana saja saat musim hujan. Tak ada salahnya membawa busi cadangan untuk persiapan jika busi mati terendam banjir.

7. Minyak Angin

Barang yang satu ini bukan untuk Motor Anda ya, tapi untuk menjaga tubuh kita biar gak masuk angin. Pastikan Badan Anda tetap hangat selama perjalanan di musim hujan.

Semoga tips nya bermanfaat, kalau ada tambahan lainnya, silahkan di posting di komentar yaaa…

Salam Bikers