Contoh Foto Bokeh

Belajar Bokeh

Belajar Bokeh
Lensa 50 mm fix

Canon 60D
F-stop : f/1.8
Exposure time : 1/60 detik
ISO Speed : ISO-640
Focal length : 50 mm
Flash mode : no flash, compulsory

Bila fokus dipindahkan ke depan, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :

Contoh Foto Bokeh
Contoh Foto Bokeh

Bila ingin dua-duanya fokus, maka F-stop diubah menjadi 20. Hasilnya seperti ini.

Manfaat lensa 50 mm fix
Manfaat lensa 50 mm fix

 

Artikel ini dimuat juga di Blog Kupoto Dunia.

Apa Saja Yang Engkau Peroleh Dari Hasil Ngeblog?

Apa Saja yang Sudah Engkau Dapatkan Dari Ngeblog?
Apa Saja yang Sudah Engkau Dapatkan Dari Ngeblog?

Saya tertegun sesaat setelah melihat peringkat teman-teman blogger hebat yang konsisten ngeblog dalam blog pribadinya di http://blogs.indonesiamatters.com/. Sebuah kumpulan blog dari para blogger handal dan hebat di Indonesia. Nama mereka sudah dikenal dan terkenal dalam dunia blogger yang terus berkembang pesat.

 

Omjay di Kegiatan Guru Menulis di Bank BJB DEpok
Omjay di Kegiatan Guru Menulis di Bank BJB DEpok

 

Isi Blog mereka bagi saya sungguh menginspirasi. Mereka berusaha untuk konsisten menulis setiap hari dengan gaya mereka. Tak peduli orang mau bilang apa. Bagi mereka menulis sudah menjadi sebuah kebutuhan. Menulis pesan tak harus melulu dengan teks, tapi bisa berupa gambar atau foto.

Tak harus menulis begini atau begitu. Tuliskan saja apa yang ada di kepala. Hal yang perlu diingat, isi blog tak melulu isinya teks. Sebab blog bisa menjadi blog foto, blog video, atau blog audio. Tergantung kamu mengelolanya.

Lihatlah blog peringkat pertama Indonesia matters.com yaitu blog Diana Ekasari di http://dianarikasari.blogspot.com/. Isi Blognya lebih banyak foto dan gambar. Ramai banget pengunjungnya. Terutama buat mereka yang menyukai Fashion.

Bandingkan pula dengan isi blog Padepokan Budi Rahardjo di http://rahard.wordpress.com/ yang terkadang dominan teks. Tapi suatu saat beliau memposting hanya sebuah foto dengan sedikit teks. Bahkan hanya satu kata saja. Itulah keunikan dari seorang blogger yang telah dilihat orang sebanyak 3,141,306 hits dan memiliki followers di twitter 2385.

Mas Budi Rahardjo yang merupakan dosen di ITB menuliskan dalam blognya di sini.

Menulis di blog, sebagai sebuah contoh, juga membutuhkan ketekunan. Banyak orang yang mula-mula tertarik untuk ngeblog tetapi kemudian menyerah dengan berbagai alasan. Tekun ngeblog saja sudah susah, apalagi kerjaan yang memang sudah susah. Gimana mau tekun ya? Wah.

Bagi saya, menulis di blog ini merupakan sebuah media belajar untuk tekun (dan kreatif). Memaksakan diri untuk menulis setiap hari merupakan sebuah pelajaran yang tidak mudah. Belum lagi membuat tulisan yang lebih baik dari sebelumnya. Ini sebuah upaya. Jadi, rajin ngeblog mungkin dapat juga dijadikan ukuran ketekunan.

Membaca postingan mas Budi Rahardjo di blognya tentu membuat semangat ngeblog saya semakin tinggi. Intinya bukan hanya ketekunan tapi juga komitmen dan konsistensi diri. Seorang blogger pun dituntut kreatif dalam mengelola blognya menjadi lebih ramai dan hidup.

Tanpa komitmen dan konsitensi diri, blog yang kamu kelola sangat sepi dan sunyi. Jangan berharap akan banyak pembaca yang menjambangi blog pribadimu. Menulislah terus di blog, dan akan engkau dapatkan keajaiban dari blog seiring kamu konsisten dan memiliki komitmen yang tinggi dalam mengelola blog pribadimu.

Seorang blogger harus kreatif. Orang kreatif akan memunculkan kreativitas yang tiada henti. Kreativitas akan muncul bila kita memiliki ketekunan, komitmen dan konsistensi diri yang terus meningkat dari hari ke hari. Niatkan ngeblog selayaknya kita menabung dan berbagi apa yang kita bisa. Dengan begitu akan banyak hal positif kamu peroleh.

Apa yang Kamu Peroleh Dari Ngeblog Setiap Hari? Kamu akan mendapatkan “sesuatu” yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Banyak hal-hal tak terduga datang menghampiri. Akan banyak orang baru yang kamu kenal. Akan banyak orang yang mengapresiasi tulisanmu. Hal yang terpenting dari ngeblog adalah kamu menjadi terbiasa menulis, dan menuangkan isi hatimu menjadi sebuah postingan yang dapat dinikmati orang banyak. Itulah ciri dari orang yang kreatif. Selalu bermanfaat buat orang banyak.

Jadi, kenapa kamu tak ngeblog setiap hari? Jangan tuliskan 1000 alasan, karena banyak orang sibuk yang masih bisa ngeblog setiap hari seperti komisaris 9 perusahaan pak Jamil Azzaini dalam blognya di http://jamiazzaini.com, dan pak Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Imam Suprayogo di http://imamsuprayogo.com. Kalau mereka yang super sibuk saja masih bisa ngeblog setiap hari, kenapa kita yang tak sibuk tidak bisa?

 

Omjay dan Pak Jamil Azzaini
Omjay dan Pak Jamil Azzaini

 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Foto-foto Kopdar Bersama Mas Aris Heru Utomo

Saya tidak akan berpanjang kata disini bagaimana akrabnya kopdar bersama ketua Blogger Bekasi Mas Aris Heru Utomo yang baru pulang dari Beijing, karena sudah ada dua postingan teman yang menggambarkan suasana kopdar tersebut.

Saya hanya menampilkan suasana kopdar tersebut dalam foto-foto, selamat menikmati.

 

Mas Aris duduk diapit tiga orang pengurus Beblog, Daeng Amril, Mas Eko dan dikawal dibelakang oleh Bung Harun.
Mas Aris duduk diapit tiga orang pengurus Beblog, Daeng Amril, Mas Eko dan dikawal dibelakang oleh Bung Harun.

  Mas Aris duduk diapit tiga orang pengurus Beblog, Daeng Amril, Mas Eko dan dikawal dibelakang oleh Bung Harun.

Mas Aris tengah berbicara mengenai Beblog kedepannya

Mas Aris tengah berbicara mengenai Beblog kedepannya

Mas Eko ketika memberikan tanggapan dan usulan sekitar Beblog

Mas Eko ketika memberikan tanggapan dan usulan sekitar Beblog

Kang Ipul yang ikut memberikan sumbang saran mengenai pembenahan sistem organisasi Beblog

 Kang Ipul yang ikut memberikan sumbang saran mengenai pembenahan sistem organisasi Beblog

Mbak Ajeng, Bintang dan Ilham yang lagi serius mengikuti pembicaraan

 Mbak Ajeng, Bintang dan Ilham yang lagi serius mengikuti pembicaraan

Bung Harun saat memberikan tanggapan

 Bung Harun saat memberikan tanggapan

Ikut mejeng bersama petinggi Beblog

 Ikut mejeng bersama petinggi Beblog

Ada yang kenal dengan dua pengamat Beblog ini? Kalau belum silakan tanya sama Mas Eko dan Bung Amril

 Ada yang kenal dengan dua pengamat Beblog ini? Kalau belum silakan tanya sama Mas Eko dan Bung Amril

Pasangan serasi Bene dan Anggi

 Pasangan serasi Bene dan Anggi

Narsis abiiiiisssssssssss...

 Narsis abiiiiisssssssssss…

Kenang-kenangan sebelum berpisah

Kenang-kenangan sebelum berpisah

IBOTE Memboyong Banyak Hadiah

Sungguh senang kita para blogger Bekasi bisa bertemu dan berkumpul bareng dalam acara blogilicious dan milad Deblogger 2. Rasanya kegiatan di kantor Telkom kemarin masih sangat berbekas hingga saat ini, dapat bertemu dengan Pak Aris, Pak Amril, Mbak Ajeng, Teh Irma, Mbak Ratu, Mbak Mila, Mbak Ayang Mira, Mas Vavai, Buk Indah, Mas Lanang, merupakan sebuah kebahagiaan terbesar pada acara sabtu-minggu di kantor Telkom tersebut. Adapun yang tak kalah menariknya adalah anak-anak IBOTE yang selalu ceria dan Alhamdulillah dapat mencairkan suasana pada saat hari ke -2. Piala Blogger Award pun telah diraih dan di bawa pulang oleh IBOTE.

Ahmad Sofyan Pemenang Blogger Award dan Modem Flexi

Tak disangka-sangka dan tak diduga-duga bahwa nominasi yang akan mendapatkan blogger Award kategori peserta terunik tahun 2011 adalah bocah Telo yang bernama Ahmad Sofyan, kalo tau seperti ini jadinya tepat pada hari minggu kemarin saya mestinya memakai celana boxer untuk datang ke acara tersebut… haaahahahaha.

 

 

 

Citography, apaan tuh?

Ide nama milis citography muncul begitu saja dari otakku. Pemicunya tentu adanya blog yang isinya kebanyakan foto para Cimarter yaitu http://cimartography.wordpress.com/

Mas Amril juga langsung tanggap dan munculah Blog Foto (photoblog) http://citography.wordpress.com/ dengan admin keroyokan dan bahkan ada yang baru pertama kali jadi admin. Tentu suasana jadi riuh rendah dengan postingan yang beragam.

Bagiku tentu ini adalah pengalaman baru yang cukup menantang. Ini adalah tantangan kedua setelah aku menerima tantangan dari Mas Nu beberapa tahun lalu untuk membuat blog yang isinya foto dari ponsel. Aku waktu itu menyerah karena sudah jarang mempergunakan camera ponsel.

Perkembangan blog ini begitu cepat. Hanya dalam hitungan jam, postingan para blogger sudah langsung berurutan masuk.

lembang

Ini kiriman mbak Henny

Ini kiriman mas Andi

Kiriman dari New Admin pak Firman.

Di Pulau Derawan

Kiriman Admin asli alias Mas Amril

Selamat melihat sisa gambar yang masih banyak dan tidak kurang kualitasnya.

Semangat (dari) Bekasi

Catatan Redaksi : Foto teratas merupakan salah satu pemenang lomba foto “Aku Cinta Bekasi”

Kota Bekasi punya kesebelasan sepak bola yang kini turut serta dalam Divisi Utama Liga Indonesia musim 2009/2010,yaitu Persatuan Sepakbola Indonesia Patriot Bekasi atau yang lebih dikenal dengan PERSIPASI. Tidak seperti kebanyakan tim sepak bola lainnya yang hanya memiliki satu kelompok pendukung, tim Patriot kebanggaan warga Bekasi ini punya dua kelompok pendukung, SoeBex (Suporter Bekasi) dan PatMan (Patriot Mania). Patman adalah suporter resmi Persipasi, sedangkan SoeBex berangkat dari inisiatif warga untuk mendukung tim kesebelasannya. Kedua kelompok suporter yang selalu mengenakan kaos berwarna hijau cerah ini selalu memberikan dukungan dan harapan bagi Persepasi setiap kali mereka bertanding. Dengan didominasi oleh suporter anak-anak dan remaja terkadang timbul 'gesekan' antar anggota dua kelompok tersebut, namun hal itu tidak akan berlangsung lama dan segera bersatupadu kembali, karena dalam hati mereka tetap sama. Datang, Mendukung dan Membangun 'Patriotisme'!

Sore hari di pelataran GOR Bekasi, secara tidak sengaja mataku tertuju ke salah satu sudut. Di area yang dipenuhi oleh ramp dan dikelilingi pagar kawat beberapa anak muda bermain BMX. Salah satunya adalah Rizky Leonardo, remaja yang belum genap berusia 20 tahun itu, terlihat tekun dan matang dalam penguasaan trik. Selain kompetisi nasional, Rizky juga kerap kali mengikuti kompetisi Internasional hingga mencapai prestasi 8 besar dunia. Buah keseriusannya adalah sekarang ia dikontrak oleh Oakley sebuah perusahaan apparel dari Amerika, setelah sebelumnya berada dibawah naungan tim WimCycle.