Tempat Nongkrong yang Elegan

Satu lagi “kado” untuk Kota Bekasi yang akan membuatnya menjadi semakin sexy dan menawan hati di usianya yang ke 17 bulan Maret lalu, yaitu kehadiran hotel Santika Premiere di Kota Harapan Indah pada tanggal 25 April 2014 lalu. Kehadiran Walikota Bekasi untuk meresmikan mulai beroperasinya hotel bintang empat ini tentu menunjukkan betapa pentingnya keberadaan Santika Premiere di kota yang punya julukan “Kota Patriot” ini.

bbq1Menyadari akan keberadaannya yang cukup penting, pihak Santika Premiere rupanya tidak tinggal diam untuk tetap memberi kepuasan bagi konsumennya yang juga sebagian warga Bekasi atau orang-orang yang bekerja atau berbisnis di kota ini. Untuk itulah pada Jumat 9 Mei 2014 lalu Santika Premiere Harapan Indah mulai memperkenalkan sebuah konsep makan malam ala “al fresco dining” yang keren, yaitu makan malam ala barbeque-an di ruang terbuka, tepatnya di area yang luas antara hotel dan sport club, yang merupakan sport club terlengkap yang dimiliki oleh sebuah hotel di Bekasi.

bbq2Makan malam di ruang terbuka ini akan semakin menambah kazanah konsep alfresco dining di kota Bekasi yang masih jarang ada. Barbeque-an di Santika Premiere Harapan Indah ini boleh dibilang merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang haus akan tempat “nongkrong” yang berkelas. Di sini selain tersedia makanan ala panggang atau bakar-bakaran yang lezat, mulai dari bebek panggang asli dari Peking hingga Pisang Epek, juga minuman unik bandrek tradisional, hingga yang modern seperti bir dan soda.

Istimewanya lagi, barbeque-an yang diadakan setiap Jumat malam ini para pengunjung juga dihibur oleh live music yang ciamik merdu mendayu. Apa lagi yang kurang? Jumat malam, di mana seluruh jalan di Jabodetabek biasanya akan selalu padat, daripada terlibat macet, kenapa nggak rileks dulu aja di sini sambil makan malam yang lezat, dengerin musik enak, menikmati kesegaran taman terbuka yang hijau, sekaligus bertemu rekan bisnis atau mungkin juga pasangan kita? Sungguh pilihan tempat nongkrong yang elegan.

santika_bbq

Reportase One Day Tour with Blogger dan Info Blog Writing Competition Summarecon

Acara One Day Tour With Blogger yang diselenggarakan oleh Summarecon Bekasi hari Sabtu, 19 April 2014 berjalan dengan lancar dan sukses.  Kegiatan 1 hari berkeliling di area Summarecon menjadi makna yang sungguh berkesan bagi para blogger yang ikut serta di acara ini. Dengan jumlah peserta hampir 100 orang, berasal dari Blogger Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, Jakarta dan Malang. Penjemputan dari luar Bekasi di FX Plaza jam 8 pagi. Sedangkan Blogger Bekasi berkumpul di Marketing Gallery Summarecon.

Dalam presentasi yang dipaparkan oleh 3 tokoh Summarecon,  Designer dan Planner  Summarecon, Direktur Marketing serta manajemen Mall Summarecon, dapat diketahui bahwa Lahan Summarecon ditujukan sebagai lahan komersial tidak hanya untuk Kota Bekasi saja, tapi sebagai penyangga bagi Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Hal ini tidaklah mengherankan jika seluruh ruko yang dipasarkan sudah SOLD OUT. Bahkan perumahan elit di Summarecon pun sudah SOLD OUT, padahal harganya tidaklah murah.

IMG_00004785

Konsep perumahan di Summarecon adalah bersifat cluster-cluster dengan 1 club house yang terdiri dari ruang pertemuan, kolam renang dan area bermain anak-anak. Hal ini tentunya menjadi sangat menarik mengingat area perkotaan yang sifatnya semakin egois dan super sibuk, club house menjadi pemersatu bagi warga di cluster tersebut untuk bercengkrama.

IMG_00004791

Setelah berkeliling ke perumahan Summarecon dan mengetahui begitu banyaknya fasilitas yang ada di Summarecon, peserta diajak ke Mall Summarecon dan dijelaskan secara detail tentang fasilitas yang lengkap di dalam mall. Hal ini tidaklah mengherankan jika mall ini sudah penuh dengan tenant dan penuh dengan para pengunjung.

IMG_00004853 IMG_00004857 IMG_00004868

 

Setelah berkeliling mall, para blogger berkumpul dalam satu ruangan besar dan diberikan goodie bag serta voucher makan siang. Dan kami pun memilih untuk makan di Food Temptation mengingat saat itu hujan sangatlah besar. pukul 15.30 kami berkumpul kembali dan bersiap pulang ke rumah masing-masing.

 

 

 

IMG_00004865

Oya, bagi para blogger yang hadir di acara kemarin, bisa ikut serta dalam lomba Blog yang disponsori oleh Summarecon dengan hadiah 10 juta rupiah! jangan sampe ketinggalan yaahh….ayoo kita rebut hadiahnya.

Periode lomba: 19 April – 19 Mei 2014
Nama Lomba: Summarecon Mal Bekasi Blog Writing Competition 2014
Hadiah: 10 Juta rupiah

Di bawah ini adalah syaratnya:

1. wajib follow @malbekasi dan Like Fanpage Summarecon Mal Bekasi
2. Peserta boleh menggunakan domain sendiri atau pun blog gratis
3. Setiap peserta hanya diperbolehkan mendaftarkan satu alamat blog saja. Jika satu orang peserta terbukti mendaftarkan lebih dari satu blog, maka panitia berhak mendiskualifikasi peserta tanpa peringatan apapun.
4. Dilarang menggunakan nama domain atau blog yang mengandung kata kunci yang dikonteskan.
5. Web/blog dan konten dilarang mengandung unsur pornografi, SARA dan segala sesuatu yang melanggar hukum yang berlaku di Indonesia dan Internasional
6. Promosikan konten artikel yang dikonteskan ke dalam media sosial anda (facebook dan twitter) dengan mention @malbekasi dan tuliskan hashtag #keepcalmnwriteSMB
7. Konten artikel yang hanya menginformasikan tentang kontes didiskualifikasi
8. Tidak boleh melakukan kecurangan dengan teknik Black SEO apapun
9. Dilarang menggunakan iklan PPC untuk mempromosikan konten blog/web yang sedang ikut sertakan dalam Summarecon Mal Bekasi Blog Writing Competition 2014
10. Wajib menuliskan kalimat berikut di bawah artikel:

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Summarecon Mal Bekasi Blog Writing Competition 2014 disini: www.malbekasi.com/blog-competition/index.php”

11. Untuk blogger yang menggunakan materi foto dari website Summarecon wajib mencantumkan caption: “Dokumen foto milik Summarecon”
12. Peserta yang melanggar peraturan secara otomatis akan didiskualifikasi
13. Peraturan sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada peserta.

Ayo para blogger, yuukkk…semangat menulis..dan raih hadiah 10Juta nya! :)
jangan lupa ya, baca juga detailnya di www.malbekasi.com/blog-competition/index.php

Family Fun Time (FREE)

ParaBlogger mendapat undangan dari TDA Jakarta Barat, Family Fun Time (Gratis dan terbuka untuk umum).  Acara ini adalah kerjasama antara TDA Jakbar dengan  Tabloid Genie, Kalbe Farma dan Mall of Indonesia.

Jangan lewatkan..

- Meet & Greet Artis ternama : Citra Scholastika (Indonesian Idol)

- Shopping Race for Mom (Voucher Belanja disediakan)

- Kids Cooking Class

- Menghias Cup Cake

- Menghias Lampu

- Lomba Mewarnai

- Mom & Kids Fashion Show

 

Catat tanggalnya ;

Sabtu, 19 April 2014

12.00 – 17.00 WIB

Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta

 

Apabila anda berminat untuk datang bersama  keluarga, dapat mendaftar langsung paling lambat tanggal 14 April 2014 ke :

 

Mia – Anggota TDA Jakbar

HP : 0855.10.9999.1

Email : mia@imsearchlight.com, connectorcareer@myself.com

fft

One Day Tour with Blogger

Salam Kompak Blogger Bekasi! yang mau ikutan One Day Tour with Blogger hari Sabtu, tanggal 19 April 2014, bisa mendaftar ke indahjuli@gmail.com. Ditunggu pendaftarannya hingga 17 April 2014. SEAT TERBATAS!

invitation-blogger

Ayooo buruan daftar…sambil kenalan dan temu parablogger, juga sambil mengunjungi tempat hunian baru, Summarecon Land.

Syaratnya:

  1. Punya Blog yang masih aktif
  2. Untuk Blogger Bekasi, kalau mau ada yang membawa pasangan, yang dewasanya yang dihitung
  3. Peserta Bekasi yang sudah mendaftar dan di approve, langsung berkumpul di kantor Marketing Gallery Summarecon (bukan di Mall) jam 10.30.
  4. Summarecon menyediakan dua bus jemputan dengan stand by di FX, Jakarta, pada pukul 06.30 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Jemputan khusus untuk Blogger Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, yang ikut mendaftar di event ini.
  5. Summarecon tidak menyediakan penggantian transportasi untuk peserta yang datang ke event.
  6. One Day Tour berlangsung dari pukul 10.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB.
  7. Seluruh konsumsi selama acara disediakan oleh Summarecon Mall
  8. Ada goodie bag
  9. Setelah One Day Tour, akan berlangsung Blogging Competition, dengan hadiah gadget keren.

Sampai ketemu tanggal 19 April 2014 nanti yaahhh…:)

Sisi lain di Balik Pencoblosan 2014

Hari ini masyarakat Indonesia memilih wakil rakyat untuk bisa duduk di kursi pemerintahan. dan saya pun bersuka cita datang ke TPS di pukul 10 pagi, meskipun saya sendiri tidak tahu akan pilih siapa. TPS tempat pemilihan saya di TPU 92 yang berlokasi di TK Pak Kasur – Kemang Pratama Bekasi. ketika tiba di TPS, sungguh terkaget ketika melihat keramaian di TPS –  parkir penuh hingga sulit mencari tempat parkir – antri yang panjang hingga ke parkiran. Pemandangan ini adalah kali pertama saya lihat, mengingat 2x pemilihan di masa lampau, tahun 2009 (Pemilu) dan tahun 2013 (Pilkada)…TPS 92  dan TPS 93 sungguh sepi pemilih. Bahkan (saat dulu), para Panitia datang ke rumah-rumah pIMG_00004554 IMG_00004561 IMG_00004564 IMG_00004566 picmix-22.160 IMG_00004575emilih agar mereka segera datang ke TPS untuk memberikan suaranya.

Pemilu 2014 ini berbeda. Bahkan ketika tiba di TPS 92, saya terkaget ketika ada makanan Soto Daging + lontong di area TPS 93 (kebetulan TPS 92 dan TPS 93 berada dalam 1 lingkungan TK Pak Kasur). Wanginya Soto ini sungguh menggiurkan, dan saya curiga kalo soto ini adalah GRATIS.

Ketika tiba di TPS, yang saya hampiri adalah makanan soto itu, bukan ngantri untuk nyoblos dulu. setelah 10 menit berlalu, akhirnya saya tergiur untuk mencicipi 1 mangkok (berdua sama ayah). Rasanya lumayan, enak. dagingnya banyak. Dalam hati saya berfikir, “ini ibu-ibu kemang baik sekali ya…ngasih makanan gratis ke warga…”. sambil menikmati air dan dagingnya, saya mendengar hiruk suara antar ibu-ibu bapak-bapak yang mendoakan “Suami” dari “ibu Soto” itu agar terpilih kembali. Setelah itu…baru saya engeh…(yo wis…tetep saya pilih juga, lawong tetangga). tetep terima kasih untuk ibu Caleg atas SOTO GRATIS nya ya bu :)

Selain tetangga yang saya “coblos”, obrolan lain dari para pemilih adalah foto Aceng Fikri yang tertera di kertas pemilihan DPD, whaattt??? #langsungmingkem.

Setelah selesai mencoblos di bilik suara, saya keluar dari ruangan itu melewati dapur…tiba-tiba ada 2 orang yang memberhentikan langkah saya dan saya langsung disodori 2 saset ABC GRATIS. oh senangnyaa…(tipical emak2 bangetkan gw… suka gratisan :D ).

Kehebohan pun berlanjut…tinta di jari ternyata berguna untuk dapat produk gratisan hari ini. Kopi Susu STARBUCKS GRATIS lumayan enak dinikmati jam 1 siang, setelah makan siang di KFC. dan ketika melewati gerai Baskin Robins, ternyata ada promo juga, 1 single scope ICE CREAM BASKIN ROBINS GRATIS. lumayan..

Gara-gara hari ini dapat banyak gratisan, malah jadi mikir bahwa HARI PEMILU bisa sebagai Hari Promosi untuk para gerai makanan-minuman. Hari PEMILU kan pasti hari libur, dan setelah memilih…warga akan jalan-jalan ke mall, cari makan…belanja….

So, untuk para UKM makanan – minuman, jangan kalah dengan promosi gerai franchise dari luar yah, bisa memanfaatkan Hari Pemilu untuk tempat promosi dengan ngasih diskon atau pun Gratis produk. dan jangan lupa, dirikuh di mention yaaaahhh….:D

 

 

 

Harapan Tata Kota Bekasi di Masa Depan

Ketika memiliki kesempatan untuk jalan-jalan ke Singapura, terkesima dengan tata kota nya yang kian rapih, transportasinya semakin maju dan tempat wisatanya yang semakin banyak.
Saat memandangi jalanan kota, tatanan bangunannya yang rapih, penghijauan, serta MRT, saya teringat Kota Bekasi dan berhayal jika Kota Bekasi menjadi “Singapura Mini”.

Kota Bekasi membutuhkan para pemimpin visioner yang bisa menyusun perencanaan tidak semerta karena kepentingan politik saja. Kota Bekasi membutuhkan para penggerak yang bisa bersama-sama menata rapih Kota Bekasi menjadi kota yang nyaman untuk menjadi tempat tinggal.
Bangunan tinggi kini mulai banyak kita lihat di Kota Bekasi, berharap -seimbang- dengan penghijauan dan transpportasinya yang semakin baik.

Jika lahannya sempit untuk jadi halaman hijau, bisa diakali dengan penanaman secara vertikal. teknologi penanaman tanaman secara vertikal bisa dipelajari oleh para pengembang atau pun pemerintah.
bahkan Pemerintah bisa membuat kebijakan bahwa setiap building membuat kebun vertikal dengan konsep yang sudah dibuat oleh Pemda dan developer tinggal mengikutinya. Hal ini ditujukan agar rapih dan tertata dengan baik.Sehingga seimbang antara pembangunan gedung bertingkat dengan “hijau” nya lingkungan kota.

MRT? hum, Singapura saja membutuhkan waktu puluhan tahun untuk membangun MRT seperti sekarang ini. Saya yakin Kota Bekasi pasti bisa. membangun kereta cepat di pusat kota, yang hanya cukup 25 menit untuk bisa sampai ke Jakarta. Inisiasi ini pasti akan disambut baik oleh seluruh masyarakat, terutama yang bekerja di Jakarta.

Oya, saya attach foto-foto kota Singapura…semoga bisa menginspirasi :)   IMG_00004226IMG_00004218 IMG_00004229 IMG_00004254 IMG_00004187(1)IMG_00000022

Tahun 2014, Bekasi miliki Dua Hotel Santika sekaligus

Pembukaan Hotel Santika CikarangBekasi sebagai kawasan industri terbesar di Jawa Barat menjadi pangsa pasar yang sangat potensial bagi bisnis perhotelan. Demand yang cukup tinggi untuk hotel yang nyaman, akses mudah, serta memiliki fasilitas suttle bus ke jalur pabrik / industri, membuat Hotel Santika membuka dua hotel baru sekaligus yaitu di Cikarang serta di Harapan Indah. Hotel Santika Cikarang *3 baru saja dibuka tanggal 1 Maret 2014 dan Hotel Santika Harapan Indah *4 akan dibuka dalam waktu dekat ini.

Property Hotel Santika Cikarang dimiliki oleh PT Graha Multi Utama (GMU), sebagai bagian dari Group Dyandra International Tbk. Bagi GMU, Hotel Santika Cikarang merupakan hotel ke sembilan dan masih ada dua hotel lagi yang akan dibuka.

Kehadiran Hotel Santika Cikarang tentu akan meramaikan kegiatan bisnis di Bekasi, khususnya wilayah Cikarang. Letaknya yang tidak jauh dari pintu keluar tol Cikarang serta diapit oleh dua area industri, Jababeka dan Lippo Cikarang, Hotel Santika akan menjadi akomodasi yang dapat melengkapi tujuan berbisnis bagi para pengusaha serta investor.

Hotel Santika Cikarang merupakan hotel Santika ke 20 dalam kelompok Hotel Santika. Hotel ini terletak strategis di Jl Cibarusah No 11, memiliki 120 kamar dengan tipe kamar superior (22 sqm), deluxe (27 sqm) dan executive room (56 sqm). Hotel ini cocok sebagai tempat long stay maupun sebagai tempat meeting perusahaan dan pemerintah.

Harga promosi yang ditawarkan mulai dari 649.000 nett, berlaku hingga 31 Mei 2014.

Hotel Layanan Dasar di Kota Bekasi

amarisbks1
Sejak sekitar 5 tahun yang lalu, di dunia perhotelan mulai muncul tren hotel modern yang memiliki fasilitas standar, bahkan boleh dibilang standar banget, dan hotel “minimalis” seperti itu istilahnya adalah ‘budget hotel’ yang oleh harian Kompas dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi ‘hotel dengan layanan dasar’.

Ngomongin harian Kompas, salah satu grup bisnis mereka (Kompas-Gramedia) sukses menjalankan bisnis perhotelan dengan nama Santika hotel yang berkembang cukup pesat ditandai dengan keberadaan Santika di berbagai kota besar di Indonesia. Grup hotel ini bahkan juga melebarkan sayapnya dengan mendirikan brand hotel baru jenis “budget” yang bernama Amaris hotel.

Amaris hotel juga dengan cepat menggurita, keberadaannya di berbagai kota di Indonesia, bahkan ada juga di Singapura, menandakan bahwa jenis hotel budget memang cukup diminati. Hingga tulisan ini dibuat, Amaris telah berjumlah 28 hotel. Hotel ke-28 itu ada di Kota Bekasi Jawa Barat, dan diresmikan tepat Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2013.
amarisbks2
Ada informasi yang menarik dari pihak Amaris ketika pembukaannya di Bekasi Barat Senin (28/10/2013) lalu, yaitu tentang bagaimana hotel dapat menyajikan harga yang terjangkau konsumen. Efisiensi jumlah pekerja dan peningkatan kemampuan karyawan adalah kuncinya. Karyawan diutamakan dari warga sekitar hotel yang mendapat pelatihan selama tiga bulan sebelum bekerja.
amarisbks3
Amaris mengutamakan karyawan lulusan SMA/SMK dari kalangan keluarga tidak mampu. Sepertinya mereka punya tim khusus yang melakukan observasi terhadap kondisi keluarga calon karyawannya. Setelah satu tahun bekerja, karyawan akan didukung semangatnya untuk melanjutkan kuliah, minimal mencapai gelar Diploma 1. Kebijakan mulia yang tidak banyak dimiliki oleh sebuah korporasi besar.

Kota Bekasi dalam hal ini cukup beruntung dengan kehadiran Amaris hotel. Selain menyerap tenaga kerja lokal, keberadaan Amaris tentu akan dapat menjadi pertanda bahwa geliat bisnis di kota ini sedang bergairah. Bahkan juga dapat memicu grup-grup hotel ternama lain untuk mulai berinvestasi di kota Bekasi, yang secara tidak langsung akan meningkatkan roda perekonomian warga. Selamat datang di Kota Bekasi. [bw]

HBH Blogger Reporter Indonesia (BRid)

Blogger Reporter Indonesia (BRid) hari ini mengundang komunitas Blogger Bekasi untuk hadir dalam sebuah acara yang sangat menggoda. Paparan utama akan disampaikan oleh mas Hazmi Srondol dengan mengambil judul “Hambatan, Tantangan, dan Solusi bagi Blogger Reporter”. Undangan menarik ini ditujukan pada komunitas BeBlog (Blogger Bekasi) agar mengirimkan maksimal 10 (sepuluh) orang blogger untuk ikut larut dalam acara dari Indosat ini.

Blogger Reporter Indonesia (BRid) memang bekerja sama dengan Indosat untuk saling bersinergi dalam memberdayakan para blogger dan sekaligus menjadikan para blogger sebagai mitra Indosat. Tujuannya jelas adalah hubungan saling menguntungkan. Blogger senang dan Indosat juga untung.

Acara silaturahim halal bihalal dengan maksud mengeratkan tali persaudaraan anyar Blogegr ini digagas oleh Blogger Reporter Indonesia (BRid) agar hubungan antar Blogger yang selama ini sudah terjalin di dunia maya bisa lebih disinergikan pada saat berada di dunia offline. Dunia nyata tetap adalah dunia yang paling nyata, sehingga hanya hidup di dunia maya saja bukanlah sebuah pilihan bijak, meskipun pada beberapa kasus hidup di dunia maya memang terasa lebih nyaman.

Dunia offline dan dunia online sebaiknya memang disinergikan, sehingga tidak hanya jadi jagoan di dunia maya tetapi ternyata melempem di dunia nyata atau sebaliknya. Dua dunia ini perlu disinergikan, perlu diselaraskan agar bisa saling mendukung. Hanya menjadi jagoan di dunia maya saja atau di dunia nyata saja terasa timpang. Itu sebabnya sedikit demi sedikit, para jagoan dunia nyata mulai memasang identitas mereka di dunia maya. Seorang presiden SBY bahkan tidak ragu-ragu mempunyai akun twitter dan langsung mempunyai jutaan follower.

Hazmi Srondol dan Dian Kelana
Hazmi Srondol dan Dian Kelana

Acara dari Blogger Reporter Indonesia (BRid) ini direncanakan akan diadakan pada hari, tanggal dan tempat sebagai berikut :

Hari/ Tgl               : Jum’at, 30 Agustus 2013
Waktu                   : 18.30 s/d selesai
Tempat                 : Kantor Pusat Indosat. Jl Medan Merdeka  Barat No.21 Jakarta Pusat (Depan  air mancur Patung Kuda dekat Halte Busway Bank Indonesia)
Agenda Acara       : Halal Bihalal Blogger Reporter dan Indosat

Para peserta yang sudah dikonfirmasikan ke komunitas masing-masing bisa segera mengirimkan imil pada koordinator komunitas untuk diteruskan ke pembuat acara. Dari susunan acara terlihat bahwa akan ada tanda mata serta doorprize di acara ini, Jadi para blogger dapat segera memnghubungi koordinator komunitas masing-masing untuk didaftarkan mengikuti acara silaturahim Halal Bi Halal (HBH) Blogger Reporter Indonesia (BRid).

Undangan acara ini langsung dikirim oleh mas Hazmi Srondol, selaku Ketua Umum Blogger Reporter Indonesia. Susunan lengkap acara bisa dicermati di bawah ini.

17.00 – 18.00 Registrasi, makan sore, dan silaturahmi
18.00 – 18.30 Sholat Maghrib
18.30 – 18.45 Sambutan Pak Indar Atmanto, selaku tuan rumah
18.45 – 19.15 Paparan Hazmi Srondol “Hambatan, Tantangan, dan Solusi bagi Blogger Reporter”
19.15 – 19.30 Paparan solusi teknologi dari IM2
19.30 – 19.45 Paparan hambatan dari sisi hukum oleh Fajar Aji Suryawan
19.45 – 20.00 Talkshow : Hazmi Srondol, Hermanudin, Fajar Aji
Suryawan, Saifudin Sayuti. (Moderator : Adrian Prasanto)
20.00 – 20.15 Quiz dan doorprize
20.15 – 20.30 Closing dan doa
20.30 – end Selesai

Sampai ketemu di lokasi acara, Kantor Pusat Indosat. Jl Medan Merdeka  Barat No.21 Jakarta Pusat (Depan  air mancur Patung Kuda dekat Halte Busway Bank Indonesia).

Bang Komar Bekasi mengajak silaturahmi
Bang Komar Bekasi mengajak silaturahmi

Inilah gaya orasi Bang Komar mengajak berbuat kebaikan. Semoga ikut bergabung dalam acara HBH para Blogger Indonesia yang bekerja sama dengan Indosat.

Menuju Amprokan Komunitas 2013

Sudah banyak yang bercerita tentang kegiatan Amprokan Komunitas ini. Iya, cerita tentang kehebohan, kemeriahan dan kesuksesan Amprokan Komunitas yang diselenggarakan oleh Blogger Bekasi pada tanggal 20 Juli 2013 di Nic’s Cozy Cafe. Ini bukan masalah tantangan menulis yang dilontarkan oleh Ketua Blogger Bekasi, Mas Aris Heru Utomo. Dalam update artikel beliau, dilist siapa saja panitia yang sudah menyetorkan tulisan tentang acara Amprokan Komunitas ini. Diawalli oleh liputan Bang Nur dari Harian Terbit yang hanya dalam hitungan menit setelah acara bubar, artikel tentang Amprokan Komunitas ini sudah tertengger di situs Harian Terbit. Mantap.. Lha namanya juga wartawan.. hehehe

Adalah Mbak Ajeng yang menantang saya untuk menjadi ketua panitia pelaksanaan Pre Event Amprokan Blogger. Berbagai macam rencana acara yang dilemparkan ke anggota Blogger Bekasi. Mulai dari workshop menulis blog, menjadikan blog sebagai mesin uang, sampai kepada blog sebagai toko online. Pembicara sudah dapat dan rencana acara hampir mateng. Namun apa dikata, waktu berkumpul panitia juga terbatas dan masing-masing memiliki kesibukannya sendiri. Calon sponsor yang sebelumnya sudah menyatakan ketertarikannya dalam acara pre event ini juga mundur disebabkan waktu yang tidak jelas.

Sumber Photo: Google Image
Sangkuriang

Tidak lama setelah itu, Mbak Ajeng kembali meminta saya untuk mengadakan rapat dengan salah satu calon sponsor dan mereka ingin membuat acara dadakan yang akan diadakan dalam 7 hari mendatang. Ya, Blogger Bekasi diminta untuk mengadakan acara mendadak, yang disebut “proyek Sangkuriang” oleh Mbak Indah. Kembali kita tidak siap dan sponsorpun hilang.

Seminggu setelah itu, saya mengundang teman-teman untuk hadir dalam rapat panitia pertama. Acara Pre Event harus terlaksana. Kita punya ide untuk mengumpulkan komunitas-komunitas di Bekasi dan mengundang mereka untuk buka puasa bersama. Ide yang cukup menarik. Apa aja yang akan kita adakan? Mulailah panitia mencari ide siapa pembicara yang cocok untuk ini. Beberapa nama sempat terlontar dari teman-teman untuk pengisi acara ini. Akhirnya kami memutuskan mengundang Mbak Ollie Salsabeela untuk bisa menyemangati komunitas di Bekasi.

Seksi acara mulai membuat rundown acara dan Sekretaris mulai mencari kontak komunitas yang ada di Bekasi. Done. Acara sudah tersusun dan nama komunitas sudah terisi. Tunggu dulu… Siapa yang akan mendanai acara ini? Nah lho.. Acara sudah disusun, list calon peserta sudah mulai dirancang, namun kita belum punya sponsor. Nekat, show must go on… Alhamdulillah di injury time, kami mendapat kabar bahwa Putera Sampoerna Foundation akan menjadi sponsor tunggal acara Amprokan Komunitas. Alhamdulillah Sponsor sudah didapat. Bagaimana dengan rundown acara? Terpaksa kita susun ulang agar program PSF bisa masuk dalam acara ini.

Final meeting pun segera diadakan untuk memastikan setiap seksi sudah bekerja dan bisa saling bersinergi. Tempat acara sudah ditetapkan. Menu makanan sudah dipilih. Undangan sudah dikirimkan. Ok… Acara akan terlaksana dengan baik.

Sehari sebelum acara, dapat kabar bahwa Finance Director PSF tidak masuk dan dana tidak bisa keluar.. Alamaak… Masih ada aja kejutan menit-menit akhir. Saya pasrah.. Kalaupun dana tidak bisa keluar, akan dicarikan dana lain dulu dan nanti akan diganti jika dana sudah turun. Jumat tanggal 19 Juli saya di SMS oleh Mas Fikri. Beliau minta nomor rekening untuk alamat pengiriman dana sponsor. Alhamdulillah, kami diberikan kemudahan lagi.

Photo by: Eshape
MC Cewek BeBlog

Acara dan pembagian acara sudah fix waktu rapat terakhir. Mbak Mira mengirimkan pesan terbatas kebeberapa panitia agar MC nanti diisi oleh Susi dan bukan olehnya. Alasannya sangat terpuji, Mbak Mira bilang bahwa di Beblog ini sarat dengan talenta-talenta dan sudah saatnya ada kaderisasi dan menampilkan wajah-wajah baru dalam acara BeBlog.

Hari sabtu tanggal 20 Juli sudah ditapaki. Panitia harus hadir jam 13.00 di Nic’s Cozy Cafe. Sampai jam 12 gak ada berita buruk lagi. Tiba-tiba saya ingat bahwa Seksi Konsumsi harus menyiapkan Teh Kotak untuk para peserta. Saya menghubungi Mila. Ternyata Mila sedang sakit. Ahaaa… Ada kejutan lagi nih diakhir acara. Bagaimana dengan konsumsi lainnya? Ternyata Mila dengan ikhlas berusaha datang ke Nics Cafe pada pukul 13.00 dalam keadaan demam, pucat dan nyetir sendirian. Mila juga nyasar menuju lokasi acara? Kaget? Nggak lah… Lha hampir setiap ke lokasi acara, Mila selalu nyasar kok.. hahahaha

Tiba-tiba Mbak Indah yang merupakan pemberi kata sambutan sekaligus ketua Amprokan Blogger memberi kabar bahwa beliau sakit kepala dan akan terlambat untuk datang. Asyiik…. Acara ini memang penuh dengan kejutan. Karena sudah sering mendapat kejutan diakhir-akhir acara, kabar inipun tidak begitu saya pikirkan. Saya hanya berharap Mbak Indah bisa hadir dan memberikan kata sambutannya.

Photo By: ATG
Peserta yang belum lengkap

Oke, kendaraan sudah saya parkirkan dihalaman Nics Cafe. Belum ada tanda-tanda kehadiran panitia disana. Saya naik ke lantai 2 dan ternyata MC kita sudah hadir.. Susi bilang bahwa dia baru pulang ngajar dan langsung menuju Nic Cafe. Ruangan cukup bagus dan bisa menjadi “arena” kopdar beBlog. Tunggu, kursinya kok kayak di rumah makan? Apa akan nyaman seperti ini? Spontan saya meminta Heru, Yani, Fiduy dan Susi untuk saling mengangkat meja dan kursi untuk disusun seperti teater. Bukan round table atau seperti meja di rumah makan. Puasa, angkat kursi dan angkat meja kami lakukan berlima. Lampu dan AC belum boleh dinyalakan karena ternyata pihak Cafe memberi ijin tempat pada pukul 3 sampai pukul 6 sore. Ok, gak masalah. Kami berusaha untuk ikhlas.

Jam 3 sudah lewat. Peserta yang hadir baru kelihatan beberapa orang. Kurang lebih 50% dari undangan yang konfirmasi. Ajudan Wakil Walikota sudah 2 kali mendatangi saya untuk memastikan jam berapa Pak Wawali akan memberikan sambutan. Pak Wawali kejebak macet dan harus mampir ke Masjid terlebih dahulu untuk sholat Ashar.

Bersama Wakil Walikota Bekasi
Ketua Panitia Amprokan Komunitas dan Wakil Walikota Bekasi

Bagaimana jika peserta yang hadir ini keburu bosan atau bete karena nungguin acara? Saya meminta Susi untuk mulai menyemangati peserta. Susi nanya, bagaimana caranya? Saya Cuma jawab, terserah mau ngomong apa. Yang penting kita mulai ajak mereka untuk ngobrol dan menjaga mereka tidak  bosan. Ide cemerlang Susi muncul dengan melemparkan tebak-tebakan. Tebakan pertama tentang binatang yang berkaki 5. Gak ada yang jawab. Pertanyaan kedua, siapa nama Bapaknya Unyil. Ada siswa Wirausaha nyeletuk “Pak Unyil”. Ternyata benar jawabannya dan dapat hadiah dari panitia. Kayaknya Susi kehabisan tebakan, Susi menawarkan ke peserta siapa yang bisa memberikan tebakan. Adalah Gina sangn Perempuan Sunda yang merupakan anggota komunitas Akber Bekasi yang turun membantu eks Kepsek Akber Bekasi ini. Siapa penemu cendol? Waduh, peserta pada heboh. Ternyata yang menemukan Cendol ini adalah orang Sunda, Euy.. Saya kurang paham maksudnya, namun dikarenakan tidak ada yang bisa jawab, akhirnya Gina yang mendapat merchandise. Finally, diisi dengan acara Photo bersama. Unik memang, biasanya photo bersama dilakukan setelah acara selesai. Namun di acara Amprokan Komunitas, photo bersama dilakukan justru sebelum acara dimulai.. hahaha

Ketua panitia Amprokan Blogger 2013
Ketua panitia Amprokan Blogger 2013

Tepat jam 15.30 acara dibuka dan Mbak Indah mulai memaparkan rencana Amprokan Blogger. 5 menit berlalu, Pak Wakil Walikota memasuki ruangan. Banyak kejutan yang membuat sport jantung para panitia diacara ini. Namun karena dilakukan dengan sepenuh hati, saling membantu, saling mengisi, saling aksi dan saling bertanggungjawab, acara ini sukses dilaksanakan. Artikel tentang jalannya acara bisa dilihat di:

 Artikel Bang Komar

Artikel Mas Amril

Artikel Mas Eko