Asep Tebel

asapKebakaran hutan di Sumatera bikin runyam, bukan hanya masyarakat sekitar yang terganggu oleh asap, tetapi juga masyarakat negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia ikut terganggu.

Gara-gara asap,  Malaysia dan Singapura konon melaporkan Indonesia ke PBB dan meminta badan dunia tersebut melakukan penyelidikan dan menjatuhkan sanksi.

‘Wah gile, sampai segitunya Malaysia dan Singapura, pakai ngelapor ke PBB segala’ komentar Sanip saat mendengar kelakuan Malaysia dan Singapura.

‘Padahal ketika bertahun-tahun nerima oksigen dari Indonesia, mereka diem-diem aja. Dan waktu nerima koruptor Indonesia mereka juga diem aje’ tambah Sanip sambil ngutip ucapan mantan wakil presiden Indonesia yang kalem menyikapi kasus asap yang nyebrang ke negara tetangga

‘Sabar Nip … elo kan gak tahu cerita sebenarnya’, ujar Bang Nawi yang mencoba menenangkan Sanip yang lagi sewot

‘Lho cerita sebenarnya bagaimana?’, tanya Sanip

‘Yang gue denger, begitu PBB menerima laporan dari Malaysia dan Singapura, maka PBB pun segera mengirimkan utusan khusus untuk menyelidik kebenaran laporan yang mereka terima dan apakah benar masyarakat Malaysia dan Singapura keberatan menerima kehadiran asap tebal dari Sumatera’, jelas Bang Nawi

‘Terus?’, tanya Sanip gak sabaran

‘Ya, setibanya di Malaysia, utusan khusus PBB tersebut langsung menjalankan tugasnya menanyakan pendapat masyarakat tentang asap. Di Malaysia, utusan PBB tersebut bertanaya: Apakah anda terganggu dengan kualitas udara sekarang? Warga Malaysia yang ditanya pun menjawab: Betul, asep tebel sekali …!’ jelas Bang Sanip

‘Nach kalau di Singapura’ tanya Sanip lagi

‘Di Singapura pun sama. Ketika diajukan pertanyaan yang sama ke warga Singapura, yang kebetulan orang Melayu juga, maka jawaban yang diperolehnya pun sama: Ya … asep tebel ..’

‘Nach setelah melihat kondisi asap dan hasil wawancara dengan warga masyarakat di Malaysia dan Singapura, akhirnya utusan PBB tersebut pulang ke kantornya di New York dan melapor ke bossnya, bahwa asap dari Indonesia ternyata tidak masalah dan bisa diterima karena masyarakat Malaysia dan Singapura bilangnya “Acceptable”. Nach “Acceptable” kan artinya dapat menerima’

‘Ha ha ha … gue kira beneran, kagak taunya si Abang lagi becanda’, ujar Sanip sambil terpingkal-pingkal

‘Ya sesekali melucu kan boleh Nip … gue juga dapet cerita itu dari koran online kok’, bales Bang Nawi menutup pembicaraan

Heart

 

child-heart

 

Credit

 

Semalam itu insomnia melanda, saya tidur hampir lewat dari jam 3 pagi :(
Akhir-akhir ini kualitas tidur dan makan saya agak buruk. Obat penambah nafsu makan dan penghilang mual yang dokter kasih memang berhasil, nafsu makan saya membaik sih meski segala pengen di makan. Alhasil saya menahan perih semalaman karena asinan yang agak kecut dan pedas itu sepertinya :D

Sisi positifnya saya punya bahan postingan hari ini, boleh ya saya share ocehan saya di twitter saat terjaga semalam… ^_^

Hal-hal paling baik dan indah dï dunia ini,tdk bisa dï lihat dgn mata atau dï sentuh. Tetapi dï rasakan oleh hati #Heart

 

Organ paling besar dlm tubuh, hampir 500 pekerjaan dan tugasnya.organ ini adalah mesin utama di dalam tubuh. Jika rusak, maka tamat riwayatmu. #Heart

 

Jika sel ganas sudah tumbuh bisa di pastikan fungsinya sudah buruk,dan saat sel-sel itu menyebar,organ ini akan kehilangan kemampuannya. #Heart

 

Hati yang rusak beda tipis dengan hati yg patah. Dua-duanya gak asik #Heart

#JagalahHati itu pesan untuk liver dan perasaanmu/kalbumu… Dua-duanya butuh perawatan dan pengawasan #Heart
Makan yang sehat,hindari antibiotik, bahan kimia, jangan begadang, jangan stress, jangan emosian,jangan terlalu ambisius, selalu sarapan pagi, perbanyak humor. Kata bapak Dahlan Iskan di bukunya nih #Heart 
Penyakit hati slalu menguras kantong, patah hati slalu menguras air mata #Heart
Rata-rata yang mengendap di dalam hati slalu punya pengaruh besar, entah kista, tumor, rindu atau kamu #Heart
Berlakulah adil pada anugerah Tuhan yang satu ini, jangan abaikan bisikannya, penuhi haknya, dengarkan keluhan, rasanya dan hasratnya. #Heart 
Yang jatuh hati, yang main hati, yang pake hati, boleh…silahkan. Asal jangan patah hati dan makan hati #Heart 
Jadi, jagalah hati mu agar tetap sehat dan bahagia… #Heart

Kesalahpahaman Kata Anarkis/Anarkisme

Sering dengar kalimat ini “Massa yang anarkis merusak bangunan dan kendaraan” atau “tawuran antar pelajar adalah perbuatan anarkis” atau “ water cannon aparat berhasil menghalau pendemo yang anarkis” di media atau percakapan sehari-hari?. Atau membacanya dalam tulisan seperti ini.

sumber: detik.com
sumber: detik.com

anarkis5

Sadarkah, bahwa kalimat tersebut menggiring pemahaman pendengar atau pembaca dalam memahami kata anarkis sebagai kekerasan, kebrutalan, liar, lepas kendali atau chaos. Padahal tahukah bahwa anarkisme/anarkis bukan lah sesuatu yang pasti berhubungan dengan yang namanya kekerasan?. Lalu apakah anarki itu sebenarnya?.

Kata anarki sebenarnya berasal dari bahasa Yunani kuno yakni anarchos/anarchein. Kata tersebut kurang lebih memiliki arti kekosongan pemimpin, tidak adanya pemimpin dan tidak adanya pemerintahan. Kata ini pertama kali digunakan oleh Pierre Joseph Proudhon. Sedangkan anarkisme adalah sebuah ideologi yang  bertujuan menolak otoritas penuh yang mengatur masyarakat dan negara adalah yang mengatur rakyatnya. Mengapa begitu?, karena kaum anarkis mempercayai bahwa pada dasarnya manusia memiliki sifat dasar alamiah untuk hidup bekerja sama antar individu sedangkan negara dan berbagai aturannya membelenggu masayarakat. Kaum anarkis juga percaya bahwa pada dasarnya setiap manusia memiliki sifat untuk dapat mengatur hidupnya sendiri. Namun, seringkali para anarkis menggunakan tindak kekerasan dalam mencapai tujuannya seperti pada revolusi perancis.

Jadi, sebenarnya anarkis tidak bisa disamakan dengan konsep maupun pengertian tindakan kriminal, kekerasan atau kebrutalan. Karena, belum tentu orang yang bertindak kriminal, tawuran dan melakukan tindak kekerasan lain memiliki motif yang sejalan dengan apa yang dimiliki kaum anarkis.

Itulah sedikit Informasi tentang anarkisme dan anarkis. Semoga dapat menambah pengetahuan kita dan tidak salah mengartikan maupun menggunakan kata arakis/anarkisme. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini hasil baca-baca situs berikut:

– http://www.goodreads.com/book/show/1339037.Anarkisme

-http://id.wikipedia.org/wiki/Anarkisme

-http://ilmu.filsafat.ugm.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=250:anarkisme-cegah-tirani-negara&catid=68:pemikiran

Tidak ada alasan berhenti bersyukur

 

Di sebuah taman kota ketika langit pada pagi begitu terang dan awan putih melayang selembut kapas. Barisan bangku taman yang berbentuk melingkar. Pepohonan yang merimbun, air mancur , dengan penjual balon, makanan ringan, hingga lalu lalang pejalan kaki.

Yang bergegas atau berjalan lambat menikmati udara dan pemandangan sekitar. Aku diantara rimbun pohon bunga flamboyan yang kuncupnya baru saja bermekaran. Di sebuah bangku tak jauh tempatku menikmati keindahan hari ini, aku menyimak dan memandang.

” bagaimana kabar dokter Anthony… ? minggu lalu saat menghubunginya, susternya bilang beliau sedang seminar di luar ”  wanita usia 30 tahunan berparas manis itu bertanya sembari membuka bekal sarapan paginya.

” sudah kembali, kemarin kami baru saja dating di ruangannya. nih… ” wanita berselendang jingga itu menunjukan bekas tusukan jarum yang meninggalkan bekas lebam disepanjang lengannya.

” syukurlah, obat-obatanku habis, ada nyeri di pinggul dan tumitku. TBC tulang ini gak asik banget buat wanita sibuk sepertiku…”

Meski kalimatnya seperti keluhan keduanya justru berwajah secerah pagi hari, bahkan akhirnya tergelak berdua.

” gak akan ada yang menyangka, kalau tulang dipinggulmu itu sudah dipotong sebagian untuk menambal punggung yang bengkok mu. Rusuk kirimu juga gak ada dua, kamu punya souvenir dan resleting permanen di sepanjang punggung dan beberapa bagian lainnya. Pernah lumpuh dan Operasi 10 kali hingga membuatmu seperti frankeinstein di dalam tapi masih petakilan diluar. Jangan harap kamu bisa pake highheels atau kebut-kebutan nyetir mobil di jalan tol seperti aku ya, hahaaa…” selendang jingganya ikut berkibar saat bibirnya tergelak menggoda temannya.

” hahaaa,….dasar menyebalkan ! kamu fikir aku gak tahu…dengan tatto panjang di abdomenmu, ususmu yang lebih pendek 30 cm dari manusia  pada umumnya, 3 kali operasi , 10 kali chemotheraphy intravena, 3 bulan chemotheraphy oral, 9 kali kolonoskopi dengan jadwal lanjutan, kalau artis sibuk dengan jadwal syuting kamu sibuk ngatur jadwal check up dan kini imunisasi ulang seperti bayi yang baru dilahirkan…hahahaa, nasibmu gak kalah romantis karena selalu punya jadwal kencan dengan RS dan dokter  ” wanita tomboy dengan senyumnya yang menawan itu balik menggoda temannya yang ikut kembali tergelak.

” kamu tahu, kebanyakan penyintas itu pintar menggunakan topeng… mereka pandai menutupi wajah aslinya dengan topi, selendang, wig, make up, senyuman, semangat juga harapan. kamu pilih yang mana De.. kalau aku pilih menutupinya dengan harapan dan cissss….senyuumm ” si selendang jingga tersenyum menggoda sembari bergaya seolah sedang di foto didepan kamera.

Temannya tergelak,…. dengan penuh keyakinan dia menjawab  ” aku pilih semangat… ”  Lalu mereka tertawa, roti gandum dan juice buah juga dua buku komik jepang anak-anak menemani mereka sejenak menikmati pagi.

Aku jadi ingin tersenyum sepanjang pagi ini, langit menjadi semakin cerah dalam pandanganku. Jika hidup masih begitu indah bagi dua wanita ini, tidak ada alasan bagiku tidak bersyukur dapat terbang dan mengepakkan sayap membelah angkasa. Kutinggalkan nyanyian termerduku untuk dua orang wanita di sebuah bangku taman, lalu terbang…..

” hey,…. lihat De, ada burung gereja yang diam-diam menguping pembicaraan kita  ”

Sekilas aku dengar kalimat terakhirnya sembari menunjuk ke arahku diangkasa…….

 

bangkutaman

Image From Google

Beranikan diri

 

Ketika matahari terbit membuka hari baru,
beranikan diri untuk yang pertama tersenyum dan bersyukur.
Dan ketika kegelapan datang, beranikan diri memberi cahaya.
Ketika tirani dan ketidak adilan terjadi, beranikan diri untuk berkata STOP.
Ketika segalanya menjadi sulit,  beranikan diri berkata mudah dan berhasil melewatinya.
Bahkan ketika lelah dan tanpa harapan, beranikan diri untuk tetap tegak dan menemukan sedikit harapan.
Ketika mereka hilang arah, beranikan diri menunjukan jalan.
Ketika mereka terjatuh, beranikan diri mengulurkan tangan.
Ketika kita tersakiti, beranikan diri dan berilah pengampunan.
ketika menjadi besar, beranikan diri membantu orang lain dan tidak pernah merasa menjadi besar.
Ketika melihat kenyataan tak seindah mimpi, beranikan diri membuat mimpi yang baru dan wujudkan impian.
Ketika mereka meninggalkanmu, beranikan diri tetap melangkah.
Ketika kesedihan dan rasa sakit menghimpit, beranikan diri berkata aku terluka dan berkata aku pasti tersembuhkan.
Ketika mereka menampakan amarah, beranikan diri untuk tetap tersenyum.
Ketika cinta menyakitimu, beranikan diri mencintai lagi dan lebih…
Dan beranikan diri merasa telah melakukan yang terbaik.
Beranikan diri selalu melakukan yang terbaik yang kita bisa.
Hingga ketika hari terakhir tiba,…kita sudah beranikan diri menjadi berani.

#  Dengan menuliskan ini tidak berarti aku sudah berani dan menaklukan segalanya, tapi membaginya disini dengan harapan menumbuhkan semangat adalah tanda bahwa aku sudah cukup berani. Berani untuk hidup,… berani menjalani pasang surutnya ;)

 

Image From Here

 

 

Selalu waspada terhadap bagasi kabin…

Sudah dua minggu saya terpisah dari Blackberry dan Iphone saya :) kangen juga rasanya karena kedua gadget itu dulunya selalu menemani saya dan membantu mempermudah pekerjaan. Ya kedua gadget itu hilang…

Berawal pada saat saya menjadi penumpang Lion JT 0538 yang berangkat dari Jakarta menuju Solo pada tanggal 14 November 2012. Setelah melakukan cek in dan mendapatkan nomor tempat duduk 39F, saya menuju pintu A7 untuk menunggu waktu boarding. Saya hanya membawa koper kecil yang memang berisi Macbook pakaian untuk satu hari dan perlengkapan elektronik untuk mendukung pekerjaan saya.

Continue reading Selalu waspada terhadap bagasi kabin…

Mencari Humor

Saya menemukan kalimat ini di sebuah buku lama yang sedang saya baca ulang. “Para ahli medis mengatakan pada kita bahwa tertawa itu sehat. Karena sebenarnya menahan tawa itu tidak baik, bayangkan ternyata rasa saat menahan tawa itu akan mengalir dari punggung ke bawah dan meregangkan pinggul anda. Bayangkan betapa nyerinya jika itu terjadi didalam usus besar kita ”

Alangkah menderitanya organ dalam kita hanya dengan menahan tawa.  Sebuah subtansi menyerupai morphin yang dihasilkan oleh otak manusia, namanya endorphin, bertindak sebagai zat anestesi dan relaksan ilmiah. Ketika endorphin masuk ke aliran darah, seseorang mengalami peningkatan rasa sehat, dan tertawa menstimulasi pelepasan endorphin itu.

Humor memiliki cara untuk mengusir racun emosional dari pikiran, meninggikan semangat, dan membuat perspektif baru terhadap masalah kehidupan. Bukankah “Hati yang gembira bekerja seperti obat, tetapi semangat yang patah membuat seseorang sakit ” .Humor dan tawa juga menyebarkan kebahagiaan pada lingkungan kita. Jika hanya dengan tertawa dan tersenyum bisa membuat kita menyebarkan kebahagiaan, saya jadi ingin tertawa dan tersenyum terus nih :D

Saya teringat seorang pasien diruang tunggu seorang dokter ahli beberapa hari lalu, duduk disebuah sudut dengan kedua kaki naik kekursi. Tanpa bertanya saya tahu dia sedang menahan sakit yang terlihat jelas dari tubuhnya yang begitu kurus, juga ekspresi wajahnya, dan saya iba :(. Tapi saat dia bangkit, menuju ruang dokter lalu keluar dengan membanting pintu dan bicara penuh kemarahan pada suster, saya menjadi sedih. Pasti dia menderita penyakit serius, dan dia memilih jalan kemarahan dan menghukum sekelilingnya dengan sikapnya. Seolah dia berteriak saya korban ! sudah tentu dia sakit, tapi dia membuat tubuhnya semakin sakit.

Penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa stress kronik dan emosi negatif ( kepahitan,kemarahan, depresif, putus asa, kecemasan berlebihan dll) dapat menyebabkan ketidak seimbangan hormonal dan kimiawi. Dan itu sangat tidak baik, khususnya untuk penderita penyakit sistem kekebalan seperti kanker. Dari buku yang saya baca juga menyatakan bahwa tidak ada satu sel pun didalam tubuh manusia yang secara total terhindar dari pengaruh pikiran dan emosi.

Jadi sering-seringlah tertawa, bahkan tidak masalah jika tertawa hingga tidak terkontrol dan membuat tulang iga kita nyeri. Tetapi itu adalah nyeri yang enak yang akan membuat seseorang menjadi lebih rileks.

Yang saya lakukan saat ini adalah mencari humor, mencari apapun yang bisa membuat saya tertawa. Membaca komik-komik jepang lucu, membaca anekdot atau cerita-cerita lucu.  Yuk ahh,…lakukan hal-hal yang membuat kita lebih sehat, lebih menarik dan awet muda, apalagi cara ini murah dan tidak harus mengeluarkan biaya.

 

Image From Google

 

 

Meluangkan Waktu dengan Hal Positif

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan menjadi admin twitter di salah satu provider di sessi #MomsTime. Kali ini, saya mengangkat tema tentang Meluangkan Waktu di sela-sela aktivitas sehari-hari baik itu sebagai pekerja kantor, freelancer atau pun kesibukan di rumah tangga.

Dari sessi interaktif dengan followers akun twitter provider itu, ternyata hampir sebagian besar jarang meluangkan waktu untuk diri sendiri, meski lelah seharian bekerja.

Bahkan, seorang ibu rumah mengaku tidak punya waktu sama sekali untuk dirinya (Me Time) karena sudah tersita dengan kesibukan mengurus anak, suami dan pekerjaan rumah tangga lainnya. “Dulu, sebelum menikah dan punya anak, saya masih senang sekali menulis dan hampir tiap hari menulis di blog. Tapi sekarang, boro-boro menulis di blog, untuk total beristirahat saya harus mencuri-curi waktu. Apa time management saya yang salah?” tanyanya.

Tanpa bermaksud menggurui, berdasarkan pengalaman dan juga melihat teman-teman di lingkungan saya yang bisa atau bagus dalam mengatur waktunya, ternyata kita tidak boleh tunduk kepada waktu. Bukan waktu yang mengatur kita, tapi kitalah yang mengatur waktu.

Kata Thomas Edison: Waktu adalah satu-satunya modal yang dimiliki oleh manusia, dan ia tidak boleh sampai kehilangan waktu.

Meluangkan waktu itu ternyata penting dan banyak cara/kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Misalnya olahraga, jalan-jalan, melakukan hobby, atau ngeblog. Selain itu, mengisi waktu luang setelah kesibukan yang mendera ibarat bayaran dari pekerjaan itu sendiri.

Kita tidak pernah menduga kalau kegiatan yang dilakukan di saat waktu luang bisa juga menghasilkan atau mendapat penghargaan. Siapa yang tahu kalau suatu saat nanti, kegiatan yang dilakukan di waktu luang, bisa menjadi penghasilan terbesar.

Dan, bagaimana kita bisa punya waktu luang di sela-sela kesibukan dengan mengaturnya sebaik mungkin? Berikut ini tips dan triknya:

  1. Jangan pernah terjebak dgn waktu. Bukan waktu yg mengatur kita, tapi kitalah yang mengatur waktu:)
  2. Coba sesuatu yang baru yang tidak menyita waktu kerja. Misalnya dengan menulis di smartphone yang kita miliki
  3. Tentukan prioritas. Dengan prioritas bisa diketahui mana yang mendesak, mana yang kurang. Tanpa prioritas, waktu terbuang percuma.
  4. Buat yang super sibuk, buatlah agenda yang harus ditaati. Masukkan waktu bekerja, waktu untuk keluarga, dan waktu untuk diri sendiri.
  5. Pastikan dalam agenda, 50 persen waktu yang dilakukan adalah untuk kegiatan positif atau produktif.
  6. Jangan melakukan pekerjaan/hal yang lain sebelum menuntaskan pekerjaan yang lebih dulu dilakukan. Yang ada keduanya berantakan!
  7. Jika tidak berhubungan dgn pekerjaan, jauhkan diri dari sosial media, hingga pekerjaan tuntas diselesaikan :)

Menggunakan waktu dengan bijak, maka tidak ada istilah tidak punya waktu luang! Tidak ada waktu yang terbuang percuma.

Kata Stephen R. Covey: Kuncinya terletak bukan pada bagaimana Anda menghabiskan waktu, namun dalam menginvestasikan waktu Anda. Melakukan dua hal bersamaan sama artinya dengan tidak melakukan sesuatu.

Jika merasa jenuh dengan waktu yang telah dihabiskan, ubah kebiasaan itu. Manfaatkanlah waktu luang.

Yang membekas di HUT ke 3 BeBlog

Perayaan ulang tahun komunitas BeBlog masih menyisakan cerita, cerita keseruan dan kemegahan acaranya tersimpan dibeberapa blog sahabat dan portal Beblog sendiri. Berbagai kesan tersimpan dibenak hati masing-masing peserta atau panitia. Seperti perayaan ultah pada umumnya, segenap harapan dan doa tercurah untuk komunitas ini. Semoga bertambah usia semakin sukses, solid, dan semakin memberi banyak manfaat untuk semua orang.

Ada yang membekas diingatan ku saat perayaan kemarin selain Inspiring speech dari motivator rendah hati bapak Jamil Azzaini, tepatnya sesi talkshow oleh Mba Silly sebagai salah satu pengisi acara. Kalimatnya terus terekam, ” bahwa jika kita berbagi atau membagi hal-hal yang baik, maka kita akan mendapatkan kebaikan pula ” dalam hal ini tentu dunia bloging. Selama ini, blog atau rumah virtual bagiku seperti tempat sampah, tempat aku membuang semua hal-hal buruk yang ingin aku lepaskan dari pikiran dan perasaan. Terkadang menjadi tempat membuang kekesalan dan amarah yang tidak mampu terungkapkan dalam keseharianku. 

Dan bisa ditebak, blog menjadi tempat dan muara putaran amarah,kecewa dan segala macam rasa negatif.

Kalimat mba Silly membawa penyadaran bahwa mengapa aku harus membagi hal-hal yang ingin aku buang pada seluruh pembacaku ?? bukankah aku hanya mentransfer amarah dan kesedihanku pada orang lain ? apa manfaat yang bisa aku bagi untuk mereka yang sudi sekedar menengok catatanku selain, kesedihan,amarah dan perasaan negatif.

Tidak ada salahnya memang menulis apapun yang ingin ditulis di rumah virtual kita asalkan tidak mengandung SARA, terkadang melegakan mengungkapkan perasaan menjadi sebuah tulisan. Tapi untukku pribadi, kalimat mba Silly seolah menjewerku untuk mulai memikirkan manfaat yang bisa aku bagi dengan para sahabat pembaca blogku.

Semoga Blog tidak hanya sekedar menjadi sahabat tempatku menuangkan perasaan dan inspirasi yang tidak bisa diungkapkan lewat lisan, tapi juga menjadi tempatku berbagi hal-hal yang mendatangkan kebaikan dan manfaat semua orang.

Selamat Ulang tahun Komunitas BeBlog tercinta,…

 

 

 

 

 

 

 

# Dengan Mba Silly yg menginspirasi,….

 

Sederhana itu indah

Aku bukan tak ingin kaya,tapi juga tak ingin hidup miskin.
Aku hanya ingin hidup sederhana dan menjadi orang biasa.
Aku takut berlimpahnya harta akan menyilaukan mata dan hatiku.
Takut nyamannya rumah dan kendaraan membuatku tak lagi mampu,
meletakan harta ditangan tapi telah jauh meracuni hatiku,
dan aku sungguh takut dengan ujian harta ini.

Biarlah kemana-mana aku naik angkutan umum kelas ekonomi,
selagi fisik mampu diajak kompromi.
Bukan naik taxi atau kendaraan kelas eksekutif yg nyaman.
Bukan karena sayang mengeluarkan uang,
tapi sungguh bersama orang-orang dgn berbagai tipe
dikelas ekonomi,banyak pelajaran yang bisa kuambil.
Dan itu mampu melembutkan hatiku…

Biarlah aku mempunyai baju dan barang secukupnya saja.
Tak harus mengikuti model terbaru,yg penting bajuku pantas.
Dan barang-barangku bisa dipergunakan sebaiknya,
tanpa menjadi penganut paham materialistis.

Tidak akan pernah ada kata cukup karena cukup sebenarnya,
tergantung pada persepsi kita masing-masing.
Banyak bersyukur dan menerima apa yang ada itu yang terbaik.

 

* Tulisan ini adalah SmS panjang yang terkirim dari sahabat saya, mba tari. Entah mengapa begitu mengena dan membuat saya berfikir jauh kedalam, membuat saya ingin membaginya dengan teman blogger lainnya. Bahwa sederhana itu indah,… karena ramadhan juga tidak perlu berlebih-lebihan, karena lebaran juga tidak perlu bermewah-mewahan.

 

 

 

 

 

 

 

Image from Google