Pesan Perubahan Iklim Dalam Film “Karbon Dalam Ransel”

photo-4

Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) baru saja meluncurkan film “Karbon Dalam Ransel” (KDR) pekan lalu (19/12)  di Jakarta Theater XXI. Film ini diluncurkan secara serentak di tiga kota yakni Jakarta, Denpasar dan Bengkulu. Soft Launching & Roadshow Film KDR telah dilakukan lebih awal tanggal 9 Desember 2014 silam di Universitas Diponegoro Semarang.Sebelum film ini diluncurkan, DNPI telah merilis enam film : tiga film dokumenter yaitu “Setelah Hujan Datang”, “Lakukan Sekarang Juga” dan “Perubahan Iklim di Halaman Kita”, film anak berjudul “Bumiku” dan film remaja berjudul “Senandung Bumi” yang dibintangi oleh Mikha Tambayong.

Peluncuran film ini memiliki makna penting dalam upaya sosialisasi dan edukasi tentang dampak perubahan iklim khususnya kepada anak muda. Apalagi pada Konferensi Perubahan Iklim PBB, COP20, yang telah berlangsung di Lima beberapa waktu silam, perhatian dan peran anak muda di seluruh dunia terhadap isu perubahan iklim sangat tinggi. Mereka bahkan telah membuat sebuah Deklarasi Global Anak Muda /Youth Global Declaration yang salah satunya berfokus pada pendidikan perubahan iklim. “Melalui film Karbon dalam Ransel, saya berharap anak muda Indonesia menangkap pesan pendidikan perubahan iklim yang tertuang dalam cerita film tersebut,” kata Rachmat Witoelar  Ketua Harian DNPI pada momen peluncuran film tersebut.

Continue reading Pesan Perubahan Iklim Dalam Film “Karbon Dalam Ransel”

Indonesia; Pemimpin Dan Militer

Lagi-lagi Indonesia dikejutkan dengan panasnya hubungan bilateral antara negara – negara tetangganya, hidup bertetangga tidak membuat Indonesia menjadi negara yang lebih baik, namun hanya keterpurukan yang selalu diterima negara Indonesia. Sebut saja dengan Malaysia, banyak sekali tingkah laku yang di buat oleh negara ini, sehingga membuat seluruh rakyat Indonesia menjadi gerah melihat kebijakan pemerintah yang cenderung bersabar terhadap Malaysia. Belum lama ini Indonesia juga harus menerima peristiwa yang sangat pahit dari Negeri Kangguru, peristiwa penyadapan terhadap sejumlah pejabat pemerintahan RI yang dilakukan oleh pihak Australia, ditambah dengan insiden yang dilakukan oleh media asal Australia yang salah dalam mengetik nama orang NOMOR 1 di Indonesia (Bambang >> Bang Bang), di sengaja atau pun tidak disengaja tetap saja sudah mencoreng kehormatan bendera Merah Putih, berlebihan kah saya?

Baru-baru ini sebuah pulau kecil, sudah mulai berani melakukan gertak sambal terhadap Indonesia, menerbangkan pesawat tempur asing dengan ketinggian yang rendah di atas permukaan daratan pulau Batam. Aksi ini kemungkinan berkaitan erat dengan penamaan sebuah pesawat tempur milik Indonesia yang sangat di protes oleh pemerintahan Singapore.  Lantas langkah apa yang akan di lakukan oleh pemimpin di negara kita?

Saya rasa tidak ada yang bisa dilakukan oleh Indonesia, negara ini terlalu banyak DIAM dan karena diam itu adalah seperti EMAS di MONAS yang tidak bisa lari kesana-kemari jika terkena air hujan dan panasnya Matahari. Indonesia adalah negara kaya, SDA dan SDM pun sangat berlimpah, tapi harus takut terhadap negara yang selalu kekurangan air bersih macam Singapore? Dua hari yang lalu saya melihat Facebook dari Ketua Umum Blogger Bekasi yaitu Bpk. Aris Heru Utomo yang sangat serius mengomentari

Pernyataan Wamen ESDM Susilo Siswoutomo bahwa Indonesia hanya bisa bertahan lima hari jika Singapura menghentikan ekspor BBMnya ke Indonesia. Mengesankan ketakutan terhadap negara kecil yang bahkan sangat minim sumber daya alam. Sebagai seorang pemimpin/pejabat tinggi Kementerian, tidak layak ia mengeluarkan pernyataan seperti itu. Pantas saja Singapura berani terhadap kita. >> http://finance.detik.com/read/2014/02/09/181234/2491534/1034/apa-yang-terjadi-jika-singapura-setop-ekspor-bbm-ke-indonesia

Meskipun pemimpin/pejabat sudah sangat pesimis, tapi saya dan rakyat Indonesia lainnya selalu optimis, bahwa Indonesia benar-benar bisa berubah menjadi negara yang disegani! minimal Indonesia harus di segani di kawasan Asia Tenggara kemudian menjadi Macan Asia. Hanya ada 1 keunggulan Indonesia yang sangat disegani oleh Dunia, yaitu kekuatan tempur Militer Indonesia.

ap_kopassus

Militer

Semua negara di dunia selalu waspada untuk menyerang Indonesia. Bukan hanya waspada, mereka takut karena indonesia memiliki kekuatan elite tempur militer terhebat nomor 3 di Dunia, Yaitu Kopassus. Nomor satu di pegang oleh SAS UK , sedangkan no 2 di pegang oleh MOSSAD dari negara Israel. Hal ini jg diakui oleh para petinggi militer di negeri paman Sam. Menurut Jend. Peter Pace ::: saat ini ada 3 besar kekuatan militer dan Indonesia berada pada posisi ke 3. Tidak pernah terpikir oleh USA untuk menyerang indonesia. Amerika tidak berani mengusik indonesia, karena kekuatan Kopassus. Cara pendidikan Kopassus pun sangat dinilai terlalu sadis oleh negara-negara di dunia.

Kenapa Indonesia begitu di perhitungkan?

Jend. Tommy Franks: kita pernah punya pengalaman pahit di Vietnam dan Korea. Dan semua pemimpin USA sadar siapa dibalik ke 2 negara Asia yang pernah terlibat konflik dengan kita. Indonesia adalah guru bagi vietnam dan korea utara saat berperang melawan USA.

Jend Peter Pace: kita sering berlatih dengan Indonesia, kita sadar bagaimana kemampuan pasukan khusus indonesia. Pasukan kita sering kewalahan dalam setiap latihan perang dengan indonesia Southeast Asia, Indonesia selalu mennjadi sorotan dalam dunia militer.

Kopassus

Merupakan kekuatan militer elit yang dimiliki oleh Indonesia, dengan latihan yang berat, mental dan stamina mereka benar-benar di kuras habis-habisan. Dalam pelatihannya juga banyak peserta yang gugur di tengah jalan. Mungkin maksudnya disini gagal alias tidak lulus untuk memenuhi syarat-syarat untuk bergabung di Kopassus.

Sangat disayangkan jika mental para pemimpin di Indonesia tidak sehebat KOPASSUS, tetapi apapun itu saya tetap bangga dengan Indonesia yang memiliki daya tempur militer dengan nomor yang sangat terhormat dan saya tidak akan pernah bangga dengan para pemimpin masa kini. Loh bukankah pemimpin kita ini lulusan akademi militer terbaik di dunia?

*CMIIW

Sumber yang saya jadikan bahan untuk menulis tulisan ini, silahkan searching di Google dengan key “Urutan Kopassus di Dunia”.

Catatan Dari Halal Bi Halal Komunitas Tangan Diatas & Blogger Bekasi

tda-2

Sabtu pagi (31/8), sekitar pukul 10.15, saya tiba di Nic’s Cafe Bekasi bersama-sama dengan juragan Netcomm Computer Pak Darmawan Syaefullah alias Pak Wawan. Kami memang janjian berangkat bareng dari Cikarang, karena Pak Wawan kurang paham lokasi Nic’s Cafe dan saya sebelumnya pernah kesana dalam acara Amprokan komunitas Blogger Bekasi bulan lalu. Kami berdua langsung menuju lokasi acara di lantai 3.

Acara sudah dimulai dan didepan tampil Ketua Komunitas Tangan Diatas (TDA) Bekasi Pak Rawi Wahyudiono menyampaikan kata sambutan. Saya melihat kurang lebih 60-an peserta acara Halal Bi Halal ini nampak begitu antusias dan memberikan perhatian penuh. Beberapa wajah yang saya kenal ada disana, seperti Pak Enjang yang juga jadi ketua panitia kegiatan ini, kemudian ada Pak Mualib dari Cikarang, juga mbak Mira Sahid, mbak Irma Senja, mbak Indah Juli dari Blogger Bekasi.

Continue reading Catatan Dari Halal Bi Halal Komunitas Tangan Diatas & Blogger Bekasi

Maraknya Aksi Penipuan Lewat Handphone & Situs Internet Palsu, Ayo Berantas !!

0527_3-Operator_-Waspada-Penipuan_scanAksi penipuan yang mengatasnamakan operator seluler kian marak akhir-akhir ini. Dalam sehari, saya sering menerima 2 hingga 3 kali SMS penipuan yang menyatakan saya mendapatkan hadiah menggiurkan dan diminta menghubungi nomor telepon tertentu untuk konfirmasi. Saat dihubungi sang penerima telepon kemudian meminta untuk mengirimkan uang ke rekening tertentu dengan sejumlah alasan, misalnya pembayaran pajak hadiah, yang kemudian buntutnya uang tersebut akan lenyap dibawa kabur oleh sang penipu. Terus terang, saya gregetan dan kesal dengan aksi para penipu ini karena beberapa kali diantaranya pernah membuat kerabat serta kawan saya menjadi korban. Dan untuk membuat kapok mereka saya pernah “mengerjai” dengan melakukan tindakan balasan yang serupa (silahkan baca artikel lama saya itu disini)

Belum lama ini saya dapat informasi bahwa foto saya yang diposting disini digunakan tanpa izin oleh situs internet palsu http://hadia-xl-2013.blogspot.com/ seakan-akan saya sudah menerima hadiah undian dari mereka. Tentu saya sangat tidak nyaman dengan hal ini dan langsung melaporkan ke pihak Blogspot sebagai hosting website tersebut dan tentu saja XL sebagai operator seluler yang “dicatut” namanya sebagai penyelenggara undian palsu tersebut.

Alhamdulillah, saya mendapatkan respon cepat dari pihak PT XL Axiata yang menindaklanjuti laporan saya dengan meminta saya melaporkannya secara resmi kepada pihak berwajib bila merasa telah dirugikan. Selain itu pihak XL Axiata juga memberikan informasi berharga bagaimana mekanisme melaporkan aksi penipuan SMS maupun lewat situs internet palsu melalui siaran pers yang sempat diberikan kepada saya.

Dalam siaran pers tersebut disebutkan:

PT XL Axiata Tbk (XL) berkomitmen untuk melindungi pelanggan dan masyarakat dari berbagai upaya penipuan dengan mengatasnamakan XL yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satu modus penipuan yang kini marak dilakukan adalah dengan menggunakan website palsu dengan mencatut nama XL. Untuk itu, XL telah melakukan sejumlah upaya yang bertujuan untuk menangkal upaya penipuan tersebut.

Vice Presiden Corporate Communication XL – Turina Farouk mengatakan, “XL berterima kasih kepada pelanggan dan masyarakat luas yang telah berperan aktif turut melaporkan upaya penipuan melalui modus website palsu ini. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah semakin tinggi tingkat kewaspadaannya atas upaya penipuan yang ditujukan kepada mereka. Meski demikian, XL akan tetap berusaha semaksimal mungkin melindungi pelanggan dan masyarakat agar terhindar dari  penipuan,”

Turina menambahkan, sejak kali pertama modus penipuan menggunakan website palsu ini muncul, XL terus melakukan pemantauan dan pencegahan. Upaya penangkalan dilakukan dengan cara antara lain bekerjasama dengan perusahaan penyedia layanan blog/hosting terkait untuk memblokir alamat website palsu. Hingga saat ini sudah puluhan alamat website palsu yang mencatut nama XL yang ditemukan dan sudah terblokir. XL akan terus melakukan monitoring munculnya website palsu lainnya.

Selanjutnya untuk menghindarkan diri menjadi korban penipuan, XL juga secara aktif menghimbau para pelanggan atau masyarakat yang mendapatkan informasi mengenai undian berhadiah untuk mengkonfirmasikannya ke layanan pelanggan resmi XL di nomor 817 atau email: CustomerService@xl.co.id atau twitter: @XLCare. Mengenai pengumuman melalui website, Turina menegaskan bahwa pengumuman pemenang suatu program berhadiah dari XL (jika memang ada) hanya akan dilakukan melalui website resmi dari XL yaitu www.xl.co.id dan tidak dipungut biaya apapun. Selain itu, pemenang hanya akan dihubungi melalui nomor telpon 818.

Untuk menjadi perhatian masyarakat dan pelanggan, website yang merupakan website palsu dengan mencatut nama XL memasang berbagai atribut dan logo khas XL tanpa sepengetahuan XL. Foto-foto dan keterangan mengenai XL hanya merupakan salinan dari internet. Biasanya, penyebutan nama dan jabatan orang yang tertera di website palsu juga salah.

Untuk upaya pencegahan, XL terus berkoordinasi dengan pihak berwajib untuk mengungkap pelaku penipuan dan pencatutan nama XL pada website-website yang dipakai untuk penipuan,  Bagi XL, upaya-upaya penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut, selain merugikan masyarakat (pelanggan), juga sangat merugikan nama baik XL. XL berkomitmen untuk terus berupaya secara proaktif agar kenyamanan pelangggan dan masyarakat dapat tetap terjaga dengan baik.

Sebagai informasi, untuk menindaklanjuti laporan penipuan pelanggan yang mengatasnamakan XL kepada pihak terkait, saat ini XL menyedia layanan Laporan Penipuan melalui SMS ke 588 (gratis) dengan pengiriman melalui nomor XL dengan mekanisme sebagai berikut :

  • Tarif
Jenis SMS Tarif
Mengirim SMS ke 588 Rp.0,-
Menerima SMS dari 588 Rp.0,-
  • Format sms laporan sms penipuan
Format laporan Kirim ke Contoh penulisan SMS
Nomor yang digunakan untuk penipuan# Kasus yang dikeluhkan 588 0818181818#Selamat Anda telah memenangkan Rp 15JutaTunai.Mohon hubungi Bp. Ir. Dodol 0818181818. Pengirim : 818
  • Catatan:

Ø  Program berlaku bagi seluruh pelanggan XL Prabayar dan Pasca bayar

Ø  Kartu XL pelanggan harus dalam masa aktif atau tidak dalam keadaan diblokir oleh sistem, sehingga dapat mengirimkan SMS pengaduan Penipuan ke 588

Ø  Pengiriman SMS ke 588 hanya dapat dilakukan melalui nomor XL (Prabayar dan Paska bayar)

Selain XL Axiata, operator seluler lainnya seperti Indosat dan Telkomsel juga melakukan langkah-langkah untuk antisipasi atas meningkatnya aksi penipuan ini dengan menyediakan nomor-nomor Call Center agar pelanggan bisa melakukan klarifikasi untuk mengecek kebenaran informasi yang diterima. Pihak Telkomsel menyiapkan nomor 133 (kartu Halo) 188 (kartu Simpati dan As) atau 08071811811, sementara itu pihak Indosat menyiapkan nomor 111 (Matrix dan StarOne) serta 100 (IM3 & Mentari).

Kewaspadaan tentu menjadi hal yang niscaya untuk dilakukan agar kita tak terjebak oleh aksi penipuan seperti ini. Yang paling penting, jangan mudah percaya dan tergiur dengan hadiah-hadiah mewah yang ditawarkan yang justru akan menjerumuskan kita. Mari bersama kita berantas aksi penipuan dan situs internet palsu !

 

Diskusi Blogger di Hotel Morrissey Jakarta

Andrew Smith dan Judy Taing menyampaikan hasil penelitian dan rekomendasi ARTICLE 19 tentang Right to Blogging di depan para blogger Indonesia, Jum’at 5 April 2013 di Hotel Morrissey Jakarta. Blogger dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan dari luar Jabodetabek mendiskusikan apa yang dipaparkan mereka.
Andrew Smith dan Judy Taing menyampaikan hasil penelitian dan rekomendasi ARTICLE 19 tentang Right to Blogging di depan para blogger Indonesia, Jum’at 5 April 2013 di Hotel Morrissey Jakarta. Blogger dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan dari luar Jabodetabek mendiskusikan apa yang dipaparkan mereka.

Jumat, 5 April 2013 saya mewakili komunitas blogger bekasi (beblog) untuk mengikuti workshop blogger yang dilaksanakan oleh ICT Watch di hotel Morrissey Jl. Wahid Hasyim no. 70 Menteng Jakarta Pusat.

Blogger Indonesia yang hadir dalam Diskusi
Blogger Indonesia yang hadir dalam Diskusi

Jumlah blogger di Indonesia paling banyak dibandingkan negara mana pun. 3,3 juta  blogger bebas menulis apa saja sesuai dengan passion mereka. Bandingkan dengan jumlah jurnalis arus utama, yang hanya sekitar 30 ribu orang saja. Apa yang kita pikirkan dari perbedaan jumlah yang sangat jauh itu? 

Blogger adalah siapa pun orang yang menulis, mengelola, menyebarkan info di Internet khususnya blog. Bedanya adalah blogger menulis dengan kesukaan pribadi, bisa merespon dengan cepat, bisa menjadi anonim atau bisa menjadi rinya sendiri. Tidak seperti jurnalis yang harus mengikuti aturan media arus utama atau juranlistik yang disepakati media.

Diskusi Blogger
Diskusi Blogger

Blogging adalah hak asasi manusia dan pemerintah sepantasnya melindungi blogger. Blogging dan penggunaan internet bukan suatu kemewahan, tapi itu adalah hak kita sebagai warga negara. Tetapi sayangnya, di beberapa negara, pemerintahnya menjadi takut dengan penyebaran informasi lewat internet yang begitu cepat. Internet telah mengubah cara kita berkomunikasi dan cara pandang kita terhadap media tradisional. Di Jakarta misalnya, lalu lintas kendaraannya memang macet, tapi lalu lintas informasinya sangat lancar.

Di Jkt, lalu lintas kendaraannya memang macet, tapi lalu lintas informasinya lancar.
Di Jkt, lalu lintas kendaraannya memang macet, tapi lalu lintas informasinya lancar.

Sayang sekali saya tak bisa mengikuti diskusi ini sampai selesai. Reportase lengkapnya bisa dilihat di sini.

Morrissey Jakarta
Diskusi Blogger di Hotel Morrissey Jakarta

 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Diresmikan, Ruang Kelas SDN Karangbaru 06 Program CSR PT Cameron Services International

DSCN3524

Matahari bersinar cerah, Jum’at (8/1) ketika rombongan kami dari PT Cameron Services International tiba di SDN Karangbaru 06 Cikarang. Wajah-wajah sumringah dari guru, murid dan orangtua murid menyongsong kehadiran kami dengan penuh antusias. Ini menjadi hari yang penting dan bersejarah, karena akan dilaksanakan peresmian dan serah terima gedung kelas baru serta sumbangan buku, komputer dan beasiswa dari program CSR (Corporate Social Responsibility) PT Cameron Services Intenational (CSI).

Bagi saya sendiri sebagai Ketua Komite CSR PT.CSI, acara ini menorehkan kesan yang sangat mendalam karena ini adalah untuk pertama kalinya menangani program yang merupakan manifestasi solidaritas sosial perusahaan kepada masyarakat disekitarnya

Saya menyaksikan dalam ruangan sekitar 100 lebih orang menghadiri acara ini. Dua ruang kelas digabung menjadi satu untuk menjadi lokasi prosesi peresmian hari itu. Murid-murid dan orangtuanya, guru dan karyawan PT.CSI bergabung dan berbaur dalam suasana kebersamaan. Dibarisan depan Mr.Ian Criddle, General Manager Cameron V & M Aftermarket Asia Pacific Middle East (APME) dan juga menjabat sebagai Direktur PT Cameron Services International didampingi saya dan Pak Irham Nusaly, Regional Sales & Operation V & M Aftermarket APME terlihat terlihat begitu bersemangat menghadiri acara ini.

Saya teringat, tanggal 6 Desember 2012 silam, lokasi ini juga digunakan dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung kelas baru di SDN Karangbarudan kini, setelah 2 bulan berlalu, akhirnya, peresmian gedung tersebut dilaksanakan. Diawali dengan kata sambutan dari Kepala Sekolah SDN Karangbaru 06 Pak Ahmad Sartono, Spd yang menyatakan kegembiraannya atas bantuan PT CSI untuk sekolah ini yang memberikan banyak manfaat bagi proses belajar mengajar menjadi lebih baik dan kondusif.

Setelah itu tampil Ketua Komite Sekolah SDN Karangbaru 06 H.M.Syafei Alhariri, SpD sekaligus mewakili Kepala Desa Karangbaru Cikarang Utara. Beliau menandaskan bahwa komitmen perusahaan lewat bantuan PT CSI merupakan bentuk solidaritas sosial kemasyarakatan yang layak menjadi teladan bagi perusahaan-perusahaan lainnya khususnya di wilayah Cikarang. “Ini sangat layak diapresiasi dan jadi rujukan bagus buat program CSR kedepan,”katanya bersemangat.

Pada kesempatan berikutnya, Pak Rukmin dari Dinas Pendidikan Kab.Bekasi memberikan sambutan dengan berharap serupa dengan Pak Syafei. “Terus terang jumlah perusahaan di Kab.Bekasi ini jauh lebih banyak dari jumlah SD di Bekasi. Kalau saja, semua perusahaan tersebut memiliki visi dan komitmen serupa dengan PT CSI dengan membantu melalui program CSR-nya maka dapat dipastikan dunia pendidikan di Kab.Bekasi akan berkembang sangat pesat. Olehnya itu, aksi CSR PT CSI menjadi inspirasi yang sangat berharga,” ujar Pak Rukmin.

Mr.Ian Criddle didampingi Pak Irham Nusaly tampil dikesempatan berikutnya. Menurut Mr.Ian–yang diterjemahkan oleh Pak Irham–PT CSI yang sudah 8 tahun beroperasi di Indonesia memiliki perhatian penuh bagi peningkatan kualitas dunia pendidikan di Indonesia. “Bantuan yang kami berikan, mesti tidak besar, merupakan implementasi solidaritas sosial untuk memenuhi kebutuhan dasar di bidang pendidikan yang memang sangat dibutuhkan khususnya di SDN Karangbaru 06 ini”.

Pada kesempatan itu pula Pak Irham mengajak 3 orang murid tampil ke depan mengungkapkan harapannya ke depan. Salah satu murid menginginkan adanya perpustakaan di sekolah mereka dan seorang lagi dengan nada kocak berharap kedepan sekolah mereka bisa jadi 2 tingkat.

Setelah itu dilaksanakan serah terima sumbangan 2 unit komputer (desktop dan notebook) oleh Mr.Ian Criddle kepada 2 orang perwakilan guru SDN Karangbaru 06, Pak Syarif dan Ibu Susi. Selanjutnya adalah penyerahan sumbangan 1000 buku tulis secara simbolis kepada 3 orang murid yang masing-masing diserahkan oleh Pak Dadang Nawantoro, Pak Slamet dan Ibu Sally dari PT CSI. Dilanjutkan dengan serah terima secara simbolis beasiswa kepada 33 orang murid yang secara simbolis diserahkan kepada perwakilan 3 orang murid masing-masing oleh Ibu Nevi Susanti, Pak Irfan Hannifal dan Ibu Erni dari PT.CSI. Terakhir, pak Febrian Kurniadji, Central Service Manager PT CSI menyerahkan secara simbolis sumbangan buku bacaan bekas kepada Kepala Sekolah SDN Karangbaru 06. 

Prosesi selanjutnya adalah serah terima kunci kepada Kepala Sekolah SDN Karangbaru 06 dan penandatanganan prasasti oleh Pak Irham Nusaly setelah itu diteruskan dengan pengguntingan pita pintu ruang kelas baru. Kami semua masuk ke ruang kelas baru tersebut dan melihat langsung kondisi didalamnya. Suasana kelas baru didominasi warna putih dan merah, warna khas “Cameron”. Kami sempat melakukan foto bersama kembali di gedung baru ini bersama sejumlah murid.

Rasa haru terbersit di batin saya menyaksikan wajah-wajah bahagia anak-anak murid SDN Karangbaru 06 melihat ruang kelas baru mereka. Ada harapan tersirat disana. Seperti harapan kami, jajaran Management dan karyawan PT CSI agar apa yang sudah kami sumbangkan menjadi berkah dan manfaat bagi pengembangan perusahaan kami dimasa datang.

Artikel terkait:

- Dari Bukber PT Cameron Services International Inisiasi Korporasi Untuk Berbagi

- Inisiatif Korporasi Untuk Pembangunan Pendidikan Indonesia

- Program CSR PT CSI dimulai dengan Peletakan Batu Pertama Ruang Kelas SDN Karangbaru Cikarang Utara

 

 

Hikmah Dari banjir

Saya kira kita akan akan sampai pada konsesnsus bahwa hari-hari ini merupakan hari yang sangat merepotkan. Bagi pelajar, pekerja, ibu rumah tangga, dan profesi lainnya yang terhalang aktivitasnya oleh banjir. Ya, banjir tahun ini (2013) disinyalir bahkan melebihi banjir 5 tahunan pada tahun 2002 dan 2007. Parahnya banjir kali ini ditambah dengan jebolnya Kanal Banjir Barat sehingga ada joke yang mengatakan ini sesuai dengan sila kelima dari butir pancasila yang berbunyi “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Semua warga hampir terkena banjir bahkan pejabat (menteri), kantor pemda, kantor pemerintahan hingga istana presiden (termasuk pak presiden) tak luput dari kebanjiran.

Beberapa media meliput non stop dari mulai breaking news, headline news, sampai liputan live dari lokasi banjir komplit beserta para korban banjir. Hampir semua stasiun televisi memampang kalimat utama seperti “Jakarta Darurat Banjir”, “Banjir Kepung Jakarta”, “Ibu Kota Menjadi Kota Banjir”, dan yang lebih ekstrem adalah “Jakarta Tenggelam”. Dahsyatnya banjir yang juga menggenangi jantung ibu kota di bundaran Hotel Indonesia (HI) ini juga dirasakan di berbagai daerah sekitar (Jabodetabek).

Sumber: www.merdeka.com
Sumber: www.merdeka.com

Namun di tengah bencana nasional (kalau boleh dikatakan seperti itu) tentunya banyak hikmah yang selalu bisa kita petik sebagai pelajaran. Bagaimanapun juga banjir merupakan fenomena alam yang seharusnya manusia sebagai bagian dari alam bersikap eksploratif bukan eksploitatif. Sifat rakus manusia ditudung-tuding banyak aktivis koservasi alam sebagai bagian dari penyebab banjir tersebut, diantaranya sistem perairan yang kurang memadai, sampah yang tidak teratur, hingga terkikisnya bantaran kali yang banyak sudah menjadi bangunan permanen.

Tak bisa dipungkiri memang, karena Al-Qur’an sendiri sudah mensinyalir dengan tegas dalam surah Ar-ruum ayat 41 yang artinya:

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”.

Alam seolah begitu murka dengan keserakahan umat manusia yang dengan rakus mengeksploitasinya tanpa henti.  Setidaknya, peristiwa ini kita dapat memetik hikmah mengapa bencana (banjir) selalu saja menimpa kita. Mungkin kita akan menemukan banyak sekali pendapat mengapa ini terjadi. Para ahli geologi, barangkali akan mengatakan, “Ini hanya peristiwa alam biasa.” Mungkin para dukun juga akan mengatakan, “kejadian-kejadian tersebut adalah penanda pergantian zaman.” Namun yang demikian adalah pendapat, sah-sah saja jika kita percaya, namun tidak wajib kita imani.

Bencana menjadi teguran bagi mereka yang selamat, demikian pula bagi mereka yang berada jauh dari tempat kejadian. Orang-orang yang tidak terkena bencana, mendapatkan cobaan dari dampak bencana. Mereka yang berada berkewajiban menolong yang kurang mampu. Mereka yang hidup berkewajiban mengurus jenazah bagi yang meninggal. Mereka yang masih memiliki banyak harta, berkewajiban memberikan makanan dan pakaian serta menolong dengan segenap kemampuan kepada mereka yang kehilangan segalanya. Memberi makan kepada mereka yang kelaparan, memberi pakaian kepada mereka yang telanjang dan memfasilitasi mereka yang kehilangan tempat tinggal.

Rasulullah SAW bersabda, ”Barangsiapa melepaskan kesusahan seorang muslim dari kesusahan dunia, Allah akan melepaskan kesusahannya pada hari kiamat; barangsiapa memudahkan seorang yang mendapat kesusahan, Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat; dan barangsiapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aibnya) di dunia dan Akhirat; dan Allah selalu akan menolong hambanya selama ia menolong saudaranya.” (HR. Muslim).

Perbuatan manusialah yang selama ini banyak merusak ekosistem dan lingkungan. Manusia yang serakah, selalu mengeksploitasi alam dan banyak menyebabkan kerusakan lingkungan. Peringatan dari Allah yang berupa bencana menunjukkan bahwa Allah masih sayang kepada hamba-hamba-Nya dan menghendaki mereka untuk kembali ke jalan yang diridhoi-Nya sesuai koridor alam. Karena, kerusakan alam selalu mengakibatkan kerugian bagi warga di sekelilingnya, terutama rakyat kecilnya. Karenanya, siapa yang lebih kuat harus melindungi yang lemah. Mestinya kita takut jika tidak menolong, padahal kita mampu, mestinya kita malu kepad Allah jika tidak membantu saudara-saudara yang sedang kesusahan, padahal kita sedang banyak memiliki kelonggaran. Bukankah Rasulullah SAW telah bersabda, “Tidaklah termasuk golongan kita, mereka yang tidak peduli dengan persoalan-persoalan umat Islam”.

Semoga dengan adanya bencana banjir (lagi) tahun ini bisa menjadi bahan kontemplasi (perenungan) kita dalam menyikapi alam ini. Sebagai khalifah yang ditunjuk Allah setelah seluruh isi alam menolaknya hendaknya kita mengeksplorasi alam ini untuk keberlangsungan hidup dan hajat manusia. Bukankah alam sudah mengalah tidak menerima ketika ditawari Allah untuk menjadi khalifah dan manusialah yang siap menerimanya, sudah sepatutnya kita menjaga alam ini. Kita doakan para saudara yang meninggal di tengah bencana banjir diterima di sisi Allah sebagai husnul khotimah dan yang masih diberi kesempatan hidup walau berada dalam kesusahan agar bisa kembali membangun semangat hidup untuk bersahabat dengan alam. Wallahu a’lam bis showaab…

Salam Hikmah,

 

Abu Abbad

 

 

Pengumuman Pemenang Lomba Blog HUT Ketiga Komunitas Blogger Bekasi

Sebelumnya, kami dari jajaran Dewan Juri Lomba Blog Komunitas Blogger Bekasi atas keterlambatan waktu pengumuman yang seharusnya dilaksanakan pada Hari Minggu (23/9) kemarin, karena sesuatu dan lain hal tertunda. Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas keterlambatan ini.

Penilaian konten hasil urutan teratas Google dengan kata kunci 3 TAHUN BEBLOG, SEMANGAT KEBERSAMAAN DALAM HARMONI PERUBAHAN” telah dilaksanakan pada pukul 00.00 tanggal 16 September 2012.  Ada 11 postingan yang masuk dalam penilaian konten dan setelah melakukan penilaian inilah para pemenangnya :

JUARA PERTAMA

Berhasil memenangkan 1 unit Blackberry Curve:

Budi Siswanto, Pasuruan, dengan akun twitter : @cillasmart01

Link

http://guyonsmart.blogspot.com/2012/08/3-tahun-beblog-semangat-kebersamaan.html

JUARA KEDUA
Berhasil memenangkan 1 unit Samsung Galaxy Pocket
Andrie Whe, Bekasi, dengan akun twitter : @pemudalangit
Link:
JUARA KETIGA
Berhasil memenangkan Modem dan uang cash Rp 200.000
Didno, Indramayu, akun twitter : @didno76
Para pemenang akan dihubungi Panitia untuk mekanisme pengiriman hadiah.
Selamat untuk para pemenang dan terimakasih atas partisipasi seluruh peserta yang telah mengikuti lomba ini.
wassalam.
AMRIL TAUFIK GOBEL
Ketua Dewan Juri

Buat Warga Jakarta, Selamat NYOBLOS!


Hingar bingar pilkada DKI tentu saja tidak urung membuat warga di sekitar Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi menjadi ikut “sibuk”. Bagaimanapun, BODETABEK adalah lingkaran yang berbatasan langsung dengan Jakarta. Hampir sebagian penghuni kota-kota lingkar luar tersebut adalah penghuni Jakarta di waktu pagi hingga siang, bahkan sesekali malam.

Maka, keberhasilan pemilihan pemimpin yang bagus – kapabel – kompeten dan lainnya akan sangat berpengaruh bagi warga kota yang di lingkar luar tersebut. Siapapun itu Gubernur yang terpilih, sangat berpengaruh dengan keberadaan dan aktifitas mereka. Bahkan mungkin termasuk pengaruh ekonomi bagi kota-kota disekitarnya.

Pilkada DKI ini melalui proses kampanye dua putaran. Dikarenakan belum ada yang menang sesuai peraturan UU di putaran satu. Di putaran kedua ini warga DKI dihadapkan dengan dua pilihan pasangan yaitu Foke – Nara (pasangan nomor urut 1) dan Jokowi – Ahok (pasangan nomor urut 3).

Apapun pilihannya, akan sangat menentukan keberadaan warga diluar Jakarta terutama warga BODETABEK. Oleh karenanya, mengatasnamakan Admin BloggerBekasi.com, saya mengucapkan Selamat Nyoblos di 20 september 2012 untuk DKI. Pilihlah yang terbaik menurut akal sehat dan pikiran Anda. Semoga Barokah.

Salam Damai Pilkada.

Everything Happen For a Reason

image : google

Dunia… selalu menawarkan kesenangan yang tanpa henti. Tak jarang dari kita terbawa hanyut oleh kenikmatan semu yang sewaktu-waktu bisa membuat kita tersesat di dalamnya. Banyaknya pribadi yang keluar dari karakter sesungguhnya, merupakan salah satu gaya hidup saat ini, dan tidak bisa dipungkiri bahwa kenyataannya sebagian orang lebih nyaman dengan hal itu. Ada yang terang-terangan menggambarkan dirinya adalah bagian dari gaya hidup yang serba modern, namun tak jarang pula ada yang mencoba tetap mengikuti arus tanpa kehilangan jati diri, bahkan masih ada juga yang tetap pada pendiriannya, bahwa hidup adalah prinsip kita masing-masing.

Kejadian demi kejadian yang ada di sekeliling kita, adalah sebuah rangkaian proses dimana sutradara sesunguhnya, Allah Swt sedang menunjukkan sebuah proses untuk manusia itu sendiri demi sebuah penyempurnaan hidup. Namun kita tahu, bahwa sejauh apapun langkah yang ditempuh oleh manusia, tetap tak akan mampu menuju sebuah kesempurnaan yang hakiki.

Hingga pada titik di mana kita mulai tersadarkan oleh sebuah teguran-teguran yang menghampiri, barulah kita menyadari bahwa hidup itu terlalu indah untuk di sia-siakan, hidup itu terlalu berharga jika kita hanya bisa menikmatinya secara hasrat duniawi. Jika sudah begitu, akankah kita dapat memperbaikinya dalam sisa usia yang setiap tahun semakin berkurang? Kita semua tahu bagaimana kekuasaan Allah Swt dan perananNYA dalam kehidupan kita, jadi tentu saja aku tidak perlu menggambarkannya secara detil, karena dalam diri setiap manusia telah meyakini akan hal itu, adanya sebuah Dzat tertinggi dalam kehidupan kita.

Manusia dengan segala persoalan yang menghampirinya, dituntut agar senantiasa mampu mencerna, meghadapi dan mencari solusi dari setiap masalahnya. Akan nampak tak mudah jika kita terlalu larut dalam menyikapinya, namun kehidupan pun selalu menawarkan sebuah kesempatan agar kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik setiap saat. Sanggupkah kita menggunakan kesempatan itu?

Kita hidup dengan sebuah kekuatan yang ada dalam diri kita, yang bernama “Hati”. ketika hati kita kotor, maka apapun yang ada dalam pandangan kita akan menjadi sebuah prasangka yang akhirnya menjadi sebuah penyakit hati. Namun, ketika hati yang ada dalam diri kita diselaraskan dengan sebuah keikhlasan, maka sudut apapun dalam kehidupan kita akan terlihat indah dan terasa membahagiakan. Apapun yang terjadi di dunia ini dan menimpa diri kita, tak pernah lepas dari pandangan Allah Swt. Karena segala sesuatunya terlahir dengan sebuah alasan, bukan lagi sebuah kebetulan.

“Everything Happen For a Reason”
Ya, selalu ada alasan Tuhan setiap kali memberikan persoalan hidup kepada setiap umatNya.

****
Terinspirasi dari film “Mama Cake”