Laporan Kunjungan Ultah TPC

Alhamdulillah TPC sukses membuat acara akbar sebagai rangkaian acara Hari Ulang Tahun TPC yang jatuh beberapa hari sebelumnya.

@EventTPCAcara puncak TPC diadakan di Aula Gedung Telkom samping Tunjungan Plasa. Lokasi tempat acaranya sangat bagus dipandu dengan kegesitan panitia acara serta peserta acara.

Saya berangkat dari rumah pada pukul 04.30 WIB langsung menuju Bandara Soekarno Hatta. Alhamdulillah tidak ada keterlambatan penerbangan (inilah salah satu alasan saya kenapa setiap mau keluar kota inginnya menggunakan pesawat pagi.. Jarang delay, hehehe ).

Pesawat mendarat di Bandara Baru Surabaya dengan mulus pada pukul 08.15 WIB dan langsung saya kontak Mas Novi yang akan menjemput. Mas Novi sudah berada di parkiran mobil ketika saya menghubunginya. Akhirnya kita bertemu di Kedatangan Domestik. Ternyata saya juga dijemput oleh Mas Andi Bagus (Founder TPC dan Mantan Ketua TPC). Mas Andi ini sangat ramah dan Beblog (khususnya founder) harus banyak belajar pada beliau ini.. Termasuk saya, hehehe

Mas Andi bilang bahwa kita juga menunggu Paman Tyo yang akan mendarat pada pukul 09.30 WIB. Alhamdulillah kami bertiga dan Paman Tyo serta 1 orang team Owner Dagdigdug meluncur ke lokasi acara. Sampai disana, acara seminar yang berjudul “Kebebasan Berekspresi Lewat Media Online” sudah berlangsung (lha, kan mulainya jam 09.00 WIB) dan Pak Wawali Surabaya sedang berbicara didepan. Pak Wawali ini sangat mendukung acara yang diadakan TPC dan berharap acara ini akan diadakan minimal setiap tahun sekali, tetapnya setiap tanggal 10 November.

Pembicara kedua adalah Pak Sawali tentang UU ITE. Sangat menarik dari apa yang diulas oleh Pak Sawali sebagai Begawan Blogger ini. Agar tidak bermasalah dengan penerapan UU ini, Blogger harus mengikuti kaidah-kaidah berkomunikasi dengan baik. Jangan membuat artikel apalagi hoax yang akan merugikan orang lain. Buatlah artikel yang memilliki bukti cukup kuat agar bisa dijadikan landasan tulisan. Selalu berprasangka iak terhadap target tulisan dan jangan takut di kritik.
Pembicara selanjutnya adalah Pak Donni BU (Vice President of Publisher Groups – Detik.com). Makalah yang dibawakan juga mengenai UU ITE, pemblokiran yang dilakukan oleh beberapa ISP terhadap blogspot, contoh kasus hukum yang melanggar UU ITE, dan data-data statistik lainnya.

Acara selesai pada pukul 14.00. Sebagaimana biasanya, acara puncak ini dijadikan sebagai ajng narsis di panggung :)
Perwakilan Komunitas Blogger Luar Surabaya dipandu untuk menuju Wisma Sejahtera di Jalan Ketintang. Saya, Paman Tyo dan teman-teman lainnya naik Bus yang disediakan panitia. Bus angkutan ini menggunakan sistem stir kiri dan ini menjadi salah satu objek photo bagi kami :)

Lokasi Wisma Sejahtera lumayan jauh dari Gedung Telkom. Sekitar 30 menit, Bus melaju pelan pelan menembus hujan yang turun pada siang harinya plus menerjang beberapa titik kemacetan serta titik Traffic Light di Surabaya.

Pukul 16.00 WIB, saya dan Pak Sawali diajak berkeliling naik motor oleh Mas Novi dan Mas Hendra. Tujuan utama: Jembatan Suramadu :)
Sama halnya dengan saya, Pak Sawali ternyata juga ingin sekali ke Jembatan Suramadu (kami berdua tidak ikut acara di hari kedua karena sudah harus pulang).
<Mas Novi membuat rute yang akan dilewati: Wisma – Patung Suro Boyo – Tugu Pahlawan – Menyeberangi Jembatan Suramadu – Pulang Naik Ferry ke Tanjung Perak – Wisata Kuliner “makan Lontong Balap di Jalan Kranggan” – Wisma.
Rute sudah dibuat dan nyaris tanpa hambatan. Akhirnya setelah berlabuh di Tanjung Perak, hujan mulai turun dan “membuyarkan” konsentrasi kami.
lontong-balapLontong Balap disantap plus pakaian yang basah kuyup. Setelah puas dengan Lontong Balap, akhirnya kami kembali ke Wisma. Sesampainya di Wisma, teman-teman blogger sudah mulai berdatangan untuk acara ramah tamah. Kami masuk ke kamar masing-masing untuk berganti pakaian dan berbaur dengan teman-teman TPC serta dari blogger wilayah lain. Oops… sebenarnya ada 1 cerita yang tidak saya sampaikan disini.. (malu.. cukup kami berempat aja yg tahu, hehehe)

Acara ramah Tamah ini diisi dengan diskusi lepas mengenai usulan blogger terhadap UU ITE yang tadi siang menjadi bahan utama yang di seminarkan di Gedung Telkom. Terlihat kekompakan dan kesamarata-an para blogger ini. Utusan Blogger Solo (Bengawan) mendominasi perwakilan dari Blogger daerah karena mengutus 10 orang plus penasehatnya untuk acara TPC ini… Wow… sangat salut dengan bengawan.

Jam 03.30 WIB saya mendapat SMS dari Mas Andi Bagus bahwa dia akan ke Wisma untuk mengantarkan saya ke Bandara. Surprise…. Padahal semalamnya saya sempat minta tolong pada Mas Gajah Pesing untuk mengantarkan saya ke Terminal Bungur Asih untuk dilanjutkan naik Damri ke Bandara. Ternyata Founder TPC ini sangat baik dan rela pagi-pagi bangun untuk menuju Wisma Sejahtera.
Alhamdulillah saya sampai di Jakarta pada pukul 08.30 WIB tanpa ada delay..
Thanks buat Mbak Ajeng yang membuka hati kita sebagai blogger bahwa komunitas blogger harus rajin dan ramah terhadap komunitas lain.. Mbak Ajeng menekankan lagi bahwa hal ini berlaku juga untuk blogger antar blogger. Beliau juga berkomentar bahwa komunitas Blogger itu sangat cerdas dan saling berbagi satu sama lain.. Kita sebagai komunitas yang baru harusnya rajin berdiskusi dan bersilaturrahmi dengan mereka.

Thanks buat Pak Aris yang sudah mengutus perwakilan untuk acara TPC ini. Percaya, Pak.. Dengan bersilaturrahmi ini, bloggerbekasi.com akan mendapatkan traffic tambahan :)

Thanks buat Mas Vavai yang menjadi donatur pertama setelah usulan disampaikan oleh Mbak Ajeng. Thanks juga buat Daeng Amril, Om Jay, Pak Eko, Mas Yul dan teman-teman di Beblog serta TPC

Thanks buat Mbak Ratu yang mau berdiskusi dan memberikan saran, nasehat dan masukannya untuk kopdar di komunitas lain. Gak pake packing, Mbak.. hehehe

Thanks buat Mas Gajah, Mas Novi, Mas Andi, Mas Bodrex (Ketua TPC), Mas Nopy, Mas Hendra, dll. Diskusi kita yang sempat ada, akan saya buat postingan di email dan artikel yang lain.

Thanks buat teman-teman sesama blogger yang selalu mensupport dan menjalin silaturrahmi di dunia maya dan kopdar.
Ayo, kita segera Kopdar… Nonton, Mancing, Makan-makan, Karaoke, atau yang lainnya…
Photo belum sempat di upload.. Linknya menyusul ya… hehehe…
Tanpa Photo berarti Hoax? Cek Photo di TKP, Gan…

Salam Beblog,
Irfan
Mau banner Twitter Follow Me yang unik? ada di http://buttonstwitter.cz.cc/
Atau mau menyingkat URL yang panjang? Coba pakai http://tkp.cz.cc/

Selamat Datang UU Pro ASI

Kali ini saya ingin share sebuah email yang saya terima. Isinya mengenai salah satu pasal UU Kesehatan RI (yang kabarnya saat ini sedang di SETNEG, menunggu tanda tangan Presiden). Ini bukan tentang rokok yang kasusnya pernah mencuat karena pasalnya sempat raib. Pasal yang akan saya share adalah mengenai ASI. Air Susu Ibu. Ada apa dengan ASI?

Banyak orang setuju bahwa ASI adalah anugerah Tuhan kepada ciptaannya. Dia bagaikan tetesan kehidupan, lengkap, aman, dan berguna bagi kehidupan manusia sesaat setelah dilahirkan hingga beberapa waktu kemudian. Sayang, meski banyak orang sependapat ASI adalah satu-satunya makanan yang lengkap dan aman bagi bayi, ternyata tidak semua ibu mampu memberikan ASI secara eksklusif hingga 6 bulan. Populasi buteki (ibu meneteki) semakin menurun sejalan dengan pertambahan usia si bayi. Bahkan jumlahnya tidak lebih dari 14% ibu yang mampu menyusui eksklusif hingga 6 bulan.

CSM103501Berbagai alasan dikemukakan untuk memaklumi keadaan tersebut. Alasan utama umumnya akibat ibu mulai bekerja. Setelah ibu mulai bekerja, terkadang di kantor tidak tersedia tempat untuk menyusui langsung atau sekedar memerah dan menyimpan ASI. Bahkan beban kerja yang berat dan sibuk, membuat ibu lupa memerah ASI. Hingga pada akhirnya, produksi ASI menurun. Disamping alasan lain seperti produksi ASI yang tidak mencukupi kebutuhan bayi, ibu sakit, atau ibu hamil lagi. (kali lain saya akan berusaha menulis tips-tips menyusui eksklusif bagi ibu-ibu dengan kondisi di atas)

Mirisnya lagi, saya masih melihat ibu-ibu pasca melahirkan justru mendapat souvenir susu formula dari Rumah Sakit atau Bidannya.

Pemberian ASI juga sering merepotkan. Seperti misalnya ibu yang sedang berada di tempat umum dan kesulitan mencari tempat tersembunyi untuk meneteki bayinya. Karena risi buka-bukaan, sang ibu terpaksa memberikan susu formula untuk bayinya. Pengalaman pribadi saya adalah harus mencari tempat yang banyak KAMAR PAS. Di situ saya bisa sembunyi untuk menyusui bayi saya. Tempat lainnya adalah musola. Jalan terakhir adalah tergesa-gesa kembali ke mobil.

Terkait dengan hadirnya pasal-pasal mengenai ASI dalam UU Kesehatan, kita berharap kejadian-kejadian yang merepotkan ibu untuk memberikan ASI secara eksklusif bisa dieliminasi. Harapannya, publik makin sadar untuk mensukseskan gerakan ASI. Dan kalau ada pihak yang secara sadar menentang pemberian ASI, mereka bisa berurusan dengan hukum. (Ibu-ibu, simpan dan tunjukkan pasal ini bila ada yang menghalangi di tempat kerja ya =). Yup, semoga UU ini segera disahkan dalam lembaran negara.

Undang-undang Kesehatan yang terkait dengan Pemberian Air Susu Ibu adalah sebagai berikut :

Pasal 128
[1] Setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahirkan selama 6 (enam) bulan, kecuali atas indikasi medis.
[2] Selama pemberian Air Susu ibu, pihak keluarga, pemerintah pemerintah daerah dan masyarakat harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus.
[3] Penyediaan fasilitas khusus sebagaimana dimaksud pada ayat [2] diadakan di tempat kerja dan tempat sarana umum.

Pasal 129
[1] Pemerintah bertanggung jawab menetapkan kebijakan dalam rangka menjamin hak bayi untuk mendapatkan Air Susu Ibu Secara Eksklusif.
[2] Ketentuan lebih lanjut sebagaimana dimaksud pada ayat [1] diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 200
Setiap orang yang dengan sengaja menghalangi Program Pemberian Air Susu Ibu Secara Eksklusif dimaksud dalam pasal 128 ayat [2] dipidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp 100.000.000, 00 (seratus juta rupiah).

GreenPeace salut untukmu

“Para aktifis Greenpeace, semoga kalian selalu istiqomah, aku salut sama kalian !”

Aku gak paham juga, apakah para aktifis Grenpeace paham dengan arti Istiqomah, tetapi semoga mereka menangkap makna dari Istiqomah.

Aku selalu salut dengan kiprah Greenpeace, karena aku tidak mampu untuk meniru mereka. Aku hanya supporter Greenpeace dan tidak pernah punya kemampuan maupun keberanian seperti mereka.

Supporter ID No 12568
Supporter ID No 12568

Dunia ini semakin tua dan semakin kompleks masalahnya, tentu menyakitkan melihat dunia ini makin diporak porandakan oleh para perusak lingkungan.

Dalam era ISO 14001 [lingkungan] yang makin kental ini, ternyata masih juga ada yang dipandang oleh Greenpeace sebagai tindakan yang tidak sesuai nilai-nilai prikebumian [analogi dari prikemanusiaan untuk bumi]. Masih banyak terlihat pabrik-pabrik yang tidak ramah lingkungan.

Semua ini bisa saja terjadi kerena hukum kita yang “pandai” membedakan antara pelaku yang perlu segera dihukum dan pelaku pelanggar hukum yang tidak harus segera masuk bui.

Koran Tempo hari Minggu, 29 Nop 2009, mengambil teman bedanya pelaku pencurian kakao senilai uang 2.100 [Mbok Minah] dibanding dengan pencuri uang negara sebesar 14,8 Milyar [Mardijo]. Mbok Minah harus segera dikuhum dengan hukuman penjara, sementara itu mas Mardijo cukup dihukum percobaan saja.

Wuihhh… sungguh “pintar” para penegak hukum kita ini dalam memutuskan suatu kasus hukum. Ini juga yang mungkin menyebabkan masih banyaknya pabrik yang lebih mudah bernegosiasi dengan para ahli hukum daripada dengan para ahli lingkungan.

“Rasa Keadilan Yang terluka”, begitu koran Tempo menyebutnya.

Andai saja Mandor Sutarno tidak main kuasa, mungkin kasus mbok Minah sudah selesai di tingkat lapangan. Namun kejengkelan mandor Sutarno terhadap para pencuri kakao membuatnya hilang akal sehat dan melaporkan kejadian ini ke tingkat yang lebih lanjut dan akhirnya sampai ke tingkat pengadilan.

Anda saja ada mandor-mandor Sutarno lain yang begitu ganas melihat perilaku para perusak lingkungan, alangkah indahnya dunia ini. Langit akan terlihat bersih dan daratanpun akan terlihat hijau menyejukkan.

Apakah ini mimpi?

Aku percaya ini bukan mimpi, karena kita semua akan mewujudkan impian ini agar menjadi kenyataan. Kita mulai tunjukkan pada lingkungan kita bahwa kita peduli lingkungan.

Blogger bekasi sudah peduli Aids dan tidak ada salahnya kalau Blogger Bekasi juga peduli lingkungan. Semua blogger dimanapun dia berada, apapun nama komunitasnya, akan peduli pada lingkungan dan semua ini nantinya akan membuat yan gtadinya hanya impian seseorang ini kan menjadi kenyataan dan bukan hanya sebuah mimpi.

Itulah kenyataan yang lebih indah dari mimpi.

Kenapa aku peduli dengan greenpeace?

Greenpeace adalah lembaga yang dananya berasal dari anggotanya dan tidak ada campur tangan dari institusi atau lembaga lain, sehingga campur tangan pihak tertentu bisa diminimalisasi sekecil mungkin.

Benarkah Greenpeace bisa sesuci itu?

Semoga !

[CMIIW]

Miskinkah ???

Berkurban adalah media untuk belajar mensucikan kembali hati dan pikiran di jalan Allah
Berkurban adalah media untuk belajar mensucikan kembali hati dan pikiran di jalan Allah

Tidak biasanya, anak saya yang baru berumur 5 tahun, bangun pagi-pagi sekali. Hari itu dia dan teman-temannya sudah janjian untuk shalat Idhul Adha bersama-sama. Seakan tidak mau ketinggalan kereta, anakku bergegas mandi. Biasanya sulit sekali kalau disuruh mandi. Tidak lebih 10 menit dia sudah siap di depan pintu, lengkap dengan sejadah, baju koko dan kopiah.

Kegembiraan jelas terpancar dari raut wajahnya.  Karena pada tahun ini panitia qurban mengajak anak-anak kecil di komplek untuk ikut serta dalam pembagian hewan qurban. Bahkan sebelum hari qurban, anak-anak sudah dilibatkan mengurus hewan qurban. Sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak yang tumbuh di kota besar bisa bermain-main dengan  hewan yang hanya ada dalam buku-buku dongeng. Bagi kita, orang tua yang berasal dari desa, mungkin hal yang biasa memberikan makan bahkan memandikan hewan piaraan seperti kambing dan kerbau. Lain halnya dengan anak-anak kota, untuk bermain kotor-kotoran di sawah saja orang tua harus keluar uang yang cukup banyak.

Dalam perjalanan ke mesjid, saya ceritakan mengapa muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idhul Adha. Muslim yang mampu diwajibkan memotong hewan untuk dibagikan kepada fakir miskin (mudah-mudahan penjelasannya benar, maklum bukan orang pesantrenan). Kemudian saya bertanya:

“de’ tahu gak ciri-ciri orang miskin itu seperti apa ?“…setelah berpikir lama, anakku mulai menjawab, bahwa: “orang miskin itu adalah orang yang tidak punya rumah, tinggalnya di gubuk atau kolong jembatan. Badanya kurus, kulitnya hitam legam dan bajunya compang-camping.”  Gambaran itu tidak lah salah, karena memang buku-buku yang ada mengajarkannya demikian.

Setekah sholat Id, anakku dan teman-temannya bergegas masuk aula untuk membantu para ibu majlis taklim mempersiapkan pembagian daging qurban. Karena hari raya berbarengan dengan pelaksanaan sholat Jumat,  pembagian daging qurban akan dilaksanakan setelah shalat Ashar.

Menjelang detik-detik pembagian, jalanan menuju mesjid sudah dipenuhi olah orang-orang yang akan menerima daging qurban. Jalanan semakin sesak dengan kendaraan motor yang diparkir kanan kiri, sebagian besar adalah milik para mustahik. Beberapa  motor kelihatan masih gres alias baru keluar dari pabrik, bahkan plat nomornya saja belum ada.

menjelang detik-detik pembagian daging kurban, jalanan mulai dipenuhi oleh para mustahiq
Menjelang detik-detik pembagian daging kurban, jalanan mulai dipenuhi oleh para mustahiq

Sambil menunggu pembagian, sebagian para mustahik sibuk membeli jajanan, mulai dari Ice Walls yang harga termurahnya sekitar Rp. 5.000 sampai tukang baso yang banyak dikerubuti oleh ibu-ibu dan remaja putri. Sebagian lagi sibuk berkerumun sambil pencet-pencet tombol HP. Saya kaget juga, ternyata HP mereka lebih up to date dan tentunya jauh lebih canggih dibandingkan punya saya. Seingat saya, bukankah yang berhak menerima daging qurban itu adalah orang miskin ?  dan ciri orang miskin itu setidaknya adalah seperti yang digambarkan oleh anak saya.

Saya mulai mengingat-ingat indikator kemiskinan yang disusun oleh World Bank, UNPD sampai BKKBN dan Departemen Sosial. Tampaknya indikator yang disusun melalui serangkaian seminar tersebut tidak lagi sesuai dengan gambaran yang saya lihat. Coba lah tengok orang-orang yang antri BLT, sebagian dari mereka mengenakan dandanan model terbaru bahkan ada yang dilengkapi perhiasan yang mencolok mata. Sedangkan orang tua jompo, cacat dan orang miskin yang sebenarnya sangat berhak justeru hanya menjadi penonton, karena mereka tidak kebagian kartu BLT.

Ketika pembagian daging qurban dimulai, orang yang tadi berkerumun tadi mulai berebut tempat agar mendapat posisi yang strategis. Semua orang mengerahkan tenaganya, bahkan sambil sikut dan injak pun menjadi hal yang lumrah dan sah-sah saja.  Dalam waktu 1,5 jam, 3000 kantong daging habis terbagi. Panitia pun bersyukur, pembagian daging qurban berjalan dengan sukses. Kericuhan yang dikuatirkan terjadi seperti di Lapangan Bhayangkara dan Mesjid Istiqlal serta beberapa daerah lainnya tidak terjadi. Setidaknya panitia dapat tidur dengan nyenyak.

Orang tua renta dan anak-anak selalu menjadi korban antrean yang tidak tertib. Desakan ekonomi memaksa mereka bertaruh dengan keselamatan jiwa raga. Setiap tahun kondisi  serupa selalu terulang
Orang tua renta dan anak-anak selalu menjadi korban antrean yang tidak tertib. Desakan ekonomi memaksa mereka bertaruh dengan keselamatan jiwa raga. Setiap tahun kondisi serupa selalu terulang

Menjelang sholat magrib saya pun siap-siap untuk pulang bersih-bersih. Maklum bau daging kambing mengalahkan bau parfume yang mahal sekalipun. Namun betapa kagetnya, ketika baru menginjakkan kaki di luar halaman, ternyata masih banyak para mustahik yang belum kebagian. Mereka menunggu dan berharap-harap cemas, mudah-mudahan masih ada daging qurban yang belum dibagikan. Sebagian dari mereka persis seperti apa yang digambarkan oleh anak saya, bahkan di antaranya adalah orang tua renta yang tentunya kalah tenaga berebut dengan yang muda.  Untungnya, panitia menyisakan beberapa kantong untuk kondisi emergency. Tidak sia-sia mereka menunggu lama, setidaknya mereka bisa pulang dengan senyum mengembang dan nanti malam sudah terbayang dapat makan daging.

Adakah yang salah dalam pembagian daging qurban kali ini ? Yang pasti, tahun depan perlu ada perbaikan sistem yang lebih baik. Saya melihat bahwa ada orang-orang yang sebenanya berhak, namun karena tidak memiliki akses kekuasaan dan kedekatan dengan Pak RT/RW atau orang yang diberi amanah, justeru tidak tercantum dalam daftar penerima daging qurban. Ironisnya, yang mendapatkan daging qurban, justeru adalah orang-orang yang mungkin saja setiap hari mampu membeli daging.

Jadi, siapa sebenarnya yang miskin itu ?  Mengapa setiap tahun makin banyak orang yang antre daging qurban ? Siapa orang di negeri ini yang bisa diminta pertanggungjawabannya ? Jangan-jangan kita salah menginterpretasi UUD yang menyatakan bahwa orang miskin dipelihara oleh negara. Karena dipelihara, tentu saja yang miskin semakin bertambah. Mestinya, UUD diamandemen yang menyatakan negara berkewajiban bin kudu mengurangi kemiskinan setap tahun. Jika gagal, maka Presiden harus mengundur diri. Adakah pemimpin yang berani berikrar seperti itu ? Wallahuallam……..

Bekasi Peduli Aids, sebuah kontes SEO yang seru

Bekasi Peduli Aids
Bekasi Peduli Aids

Kontes SEO Bekasi Peduli Aids diawali ketika mbak Ajeng cerita padaku tentang serunya kontes SEO di beberapa situs.

“BeBlog perlu juga kontes SEO mas, biar terlihat gairah para blogger bekasi dalam memajukan situs Bekasi”

“Ada salah satu kontes yang hadiahnya cuma sebuah batu akik sederhana, tetapi hasilnya seru banget tuh”, begitu kira-kira yang diucapkan oleh Mbak Ajeng saat cerita tentang kontes SEO. Aku tentu saja manggut-manggut saja. Aku yang belum sempat ikut belajar SEO, tentu tidak bisa nanggapin banyak, soalnya memang gak mudeng sih.

Akhirnya kontes SEO berhadiah sederhanapun digelar oleh BeBlog. Itulah Kontes SEO Bekasi Peduli Aids.

Kubaca lagi cerita mbak Ajeng yang ternyata begitu membuat artikel langsung muncul di urutan pertama. Akupun tiba-tiba iseng ingin membuat tulisan tentang kontes ini.

Ternyata tulisanku langsung nongkrong di bawah tulisan mbak Ajeng. Wah, kok bisa ya?

Sejak itu aku coba untuk tanya secara rutin ke Om Gugel dan ternyata beberapa saat kemudian tulisanku malah muncul di atas mbak Ajeng. Wouw…kok bisa begini ya?

Jadi makin penasaran deh pingin belajar SEO. Sayang minggu lalu gagal ikut pelatihan SEO oleh Ali Akbar.

Akhirnya bener juga yang kuduga. Setelah beberapa waktu kemudian, maka yang ahli SEO asli mulai muncul dan bertengger di atasku.

Ada mas McDiN, ada mas Tedy yang nongkrong di atasku. Mereka berdua ini gantian naik turun di atasku. Apa ya dilakukan oleh mereka kok bisa naik turun?

Kayaknya perlu ada pelajaran tentang SEO deh di Blogger bekasi, biar kalau ditanya tentang SEO aku juga bisa menjawab. Sekarang ini aku sendiri gak bisa njawab kalau ditanya kenapa kok tulisan mas McDin atau Mas Tedy bisa naik turun dan bisa menggeserku. Sampai akhirnya aku tahu bahwa ada aturan dasar SEO yang harus dilakukan. Misalnya menulis judul yang memuat kata kunci (keyword), memuat kata kunci di isi artikel dan url yang mengandung kata kunci. Ternyata sederhana ya?

Atau ada teman ahli SEO yang bisa menjelaskan lebih lanjut tentang kontes SEO BEkasi Peduli Aids?

Nah Ini Dia, Bahagia Menurut Hamka……

bahagia

Dengan agama, iman, Islam dan iktikad yang kuat, sudah dapat tercapai bahagia batin dan hubungan yang baik dengan Allah. Tetapi kesempurnaan ibadat tergantung pula kepada kesempurnaan budi dan otak. Maka pada bahagian yang ketiga ini, kita mulai memberikan keterangan tentang kesempurnaan perangai yang utama itu.

Keutamaan terlindung di dalam 2 (dua) erti:

1. Keutamaan Otak.
2. Keutamaan Budi.

Keutamaan otak telah dapat membezakan antara jalan mulia dengan yang hina. Yakin akan kebenaran barang yang benar dan berpegang kepadanya, tahu akan kesalahan barang yang salah dan menjauhinya, semuanya didapat dengan otak yang cerdas, bukan kerana turut-turutan, bukan kerana taklid kepada pendapat orang lain saja.

Adapun keutamaan budi ialah menghilangkan segala perangai yang buruk-buruk, adat-istiadat yang rendah, yang oleh agama telah dijelaskan mana yang mesti dibuang dan mana yang mesti dipakai. Serta biasakan perangai-perangai terpuji, yang mulia, berbekas di dalam pergaulan setiap hari dan merasa nikmat memegang adat mulia itu.

Kalau kita menghentikan larangan dan kita mengerjakan suruhan, tetapi merasa bahawa kita melakukan itu kerana terpaksa, tandanya belumlah naik tingkatan keutamaan budi. Sebab itu haruslah sentiasa diri berperang dengan diri dan dalam perjuangan yang hebat itulah kita dapat mencapai tujuan yang mulia.

Ada orang berkata: Kebenaran pahit, kejahatan manis, meningkat ke langit keutamaan amat sukar, turun ke lurah amat mudah! Kata demikian hanya berlaku bagi orang yang tiada terdidik dirinya dengan perangai utama. Kalau diri telah terdidik, terasuh patuh dan tunduk semenjak kecilm maka pepatah itu tidaklah berlaku. Di dalam Quran Tuhan pernah berfirman:

“Sembahyang itu amat berat dikerjakan, kecuali oleh orang yang khusyuk”.

Sungguh kita telah merasa manis mengerjakan taat dan telah benci mengerjakan maksiat, belumlah sempurna darjat utama itu kalau perasaan ini masih samar-samar. Tetapi hendaklah tetap dan ajar tetap berperasaan demikian sepanjang umur. Seketika orang bertanya kepada Rasulullah saw, apakah erti dan rahsia kebahagiaan, baginda bersabda:

“Bahagia itu ialah tetap taat kepada Allah sepanjang umur!”.

Ada orang menyangka bahawa nabi-nabi dan orang-orang “muqarrabin” tidak takut mati, tidak seperti kita yang selalu takut mati. Persangkaan itu salah. Rasul-rasul dan aulia-aulia itu pun takut mati. Cluma sebab-sebab ketakutan itulah yang berbeza. Mereka takut mati, kalau-kalau putus taatnya, yang sangat dirasainya lazatnya itu, akan hilang lantaran mereka mati. Kita takut mati lantaran ibadat dan ketaatan tidak ada.

Sheikh Muhammad Abduh seorang Aulia yang takut mati, kerana dengan kematian itu kata beliau akan terputus amal solehnya, (keterangan takut mati akan kita terangkan di belakang). Mereka takut mati kerana bertambah panjang umur dan bertambah banyak ibadat kepada Allah bertambah pula kesucian dan pahala.

Segala yang diperkatakan itu akan lebih melekat dalam jiwa, bila dibawa berfikir dan dipanjangkan penyelidikan. Manakah kebaikan yang telah diperbuat dan apakah celaka batin yang telah menimpa diri!.

Manusia di dalam selimut syahwatnya, tidur nyenyak, kelak setelah dia mengembuskan nafas penghabisan, baru dia sedar pada diri.

Biasakan perangai utama membela keutamaan dengan tidak bosan dan jemum menyelidiki di mana terletak kebenaran, tidak peduli halangan yang menyelimutinya. Laksana tukang jahit yang tenang memutar mesin kerana sudah jadi pekerjaannya yang biasa, atau tukang batu yang mengangkat dam membina tembok sambil menyanyi, kerana itula pencahariannya.

Keutamaan otak dan budi didapat dengan 2 ikhtiar:

1. Ikhtiar Fikiran.
2. Ikhtiar Kerja.

Untuk memudahkan ikhtiar itu ialah dengan:

a. Dipelajari.
b. Diusahakan.

Setelah dipelajari dan diusahakan ia pun berkehendak kepada waktu percubaan, perasaan, penanggungan dan pengalaman. Setelah itu, maka kutamaan pun teguhlah uratnya.

(Ibrahim: 24-26).

Ada juga yang mencapai perangai utama dengan tidak dipimpin manusia atau ikhtiar sendiri, yang sejak lahirnya telah dipimpin Allah, ialah Nabi-Nabi. Selain daripada Nabi, kadang-kadang orang-orang yang sentiasa mendekatkan dirinya kepada Tuhan, banyak mendapat hidayah, ilham-ilham ghaib yang tidak akan tercapai akal fikiran dan logika biasa.

Ada tiga rukun yang perlu dalam mencapai utama:

1. Dengan Taubat.
2. Dengan Pengalaman.
3. Dengan Pelajaran.

Jika ketiga-tiganya telah sejalan, ada harapan bahawa keutamaan akan tercapai. Kalau ketiganya kendur, kendurlah keutamaan. Kalau salah satunya kurang, pincanglah keutamaan. Ramai orang yang dari kecil bergaul dalam kalangan utama, tetapi pengalaman tidak ada atau ilmu tidak ditambah, pengalamannya itu tak memberi faedah bagi kenaikan budinya.

Adapun musuh yang sentiasa menghalangi manusia mencapai keutamaan ialah ‘hawa’. Hawa nafsu menyebabkan marah, dengki, haloba, dan kebencian.

Tips Membuat Flash Mata Berkedip

Tips Membuat Flash Mata Berkedip

Untuk membuat efek kedipan mata, pertama, pastikan Adobe Flash CS3 sudah terinstal pada komputer anda. Jika sudah ada, klik start – all programs – Adobe Design Premium CS3 – Adobe Flash CS3 Professional. Lalu klik File – New – Pilih Action Script 3.0 atau 2.0. Untuk langkah selanjutnya, Gambarlah sebuah mata dengan menggunakan paint brush tool,

mata2

Apabila mata sudah tergambar secara sempurna, Tekan F6 sampai empat kali, sehingga akan muncul empat layer dengan empat gambar mata yang sama.

Klik layer yang ke dua, edit gambar mata sehingga menimbulkan kesan kelopak mata akan mulai menutup.

mata3

Kemudian, klik layer ke tiga, lakukan hal yang sama, akan tetapi, kali ini, edit gambar sehingga memberikan kesan kelopak mata akan menutup seluruhnya.

mata4

Langkah terakhir, klik layer ke empat, dan mulailah menutup seluruh bagian mata dengan menggunakan paint tool yang tersedia. Sehingga gambar mata akan tampak seperti di bawah ini. Usahakan mengeditnya dengan serapi dan sedetail mungkin. Jika ingin memperlambat timeline kedipan, klik setiap layer dan tekan F5 untuk tiap layernya.

mata5

Langkah terakhir, tekan Ctrl + enter…

Nah, sekarang, sudah ada mata yang cantik berkedip- kedip di komputer anda. Mudah bukan? Selamat mencoba…!

kartun

Sumber artikel: http://laila.masiqbal.com/blog/2009/11/07/tips-membuat-flash-mata-berkedip/

Be-Blog Mulai Menembus Tapal Batas Udara

Aris-Heru-Utomo
Ketua Blogger Bekasi, Aris Heru Utomo diwawancarai oleh mas Harry Krisnanto dari Radio Pelita Kasih (RPK FM)

Kamis sore (27/11/09) ketika membuka inbox saya mendapatkan email dari Koordinator Program Radio Pelita Kasih FM (RPK FM), Jakarta  dengan subjek Talkshow di 96.30 RPK FM. Pengirimnya adalah Mas Harry Krisnanto atau akrab dipanggil Mas Kris, Koordinator program 96.30 RPK FM Education and Infotainment Station. Ia meminta kesediaan saya untuk berbincang-bincang pada Sabtu pukul 07.00 dalam acara “U & The City” seputar “Blogger Bekasi”. Karena akhir pekan ini tidak memiliki acara ke luar kota, meski ada tambahan libur Idul Adha, saya menyambut baik undangan tersebut.

Sabtu (28/11/09), sekitar pukul 06.20, ditemani istri, saya meluncur ke Radio Pelita Kasih FM (RPK FM) di Jl. Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur. Jalanan masih sepi, sehingga perjalanan dari Bekasi Barat ke Cawang dapat ditempuh kurang dari 30 menit. Setibanya di RPK FM, yang berada satu kompleks dengan Harian Suara Pembaruan, suasana juga masih terlihat sepi. Hanya terlihat beberapa petugas Satpam yang sedang bertugas.

Setelah mengisi buku tamu, oleh petugas satpam kami diminta untuk langsung ke lantai 2, Studio RPK FM. Mungkin karena masih suasana libur, suasana di Studio pun masih terlihat lengang. Namun demikian terlihat Mas Mistam, radio deejay RPK, sudah berada di studio untuk mengendalikan siaran. Tak lama kemudian muncullah Mas Kris. Setelah berbincang-bincang sejenak, acara “U & The City” yang dipandu langsung oleh Mas Kris pun dimulai. Topik hangat kali ini adalah seputar perkembangan blog dan ihwal pembentukan Komunitas Blogger Bekasi atau yang dikenal dengan sebutan be-Blog.

Mas Kris mengawali siarannya dengan mengungkapkan bahwa sejalan dengan semakin meningkatnya teknologi informasi, blog semakin banyak digunakan orang untuk menyampaikan informasi dan gagasan ke masyarakat. Salah satu bukti semakin berkembangnya minat masyarakat terhadap blog adalah dibentuknya Komunitas Blogger Bekasi baru-baru ini.

Menanggapi apa yang disampaikan Mas Kris dan pertanyaan terkait Visi dan program kegiatan be-Blog, saya sampaikan bahwa perkembangan blog di tanah air pada dewasa ini memang sangat menggembirakan. Semakin banyak pengguna internet yang memanfaatkan blog untuk menulis dan menuangkan gagasan. Guna merespon perkembangan tersebut, be-Blog lewat visinya bertekad untuk menjadikan budaya blog sebagai salah satu media alternative menyampaikan informasi dan gagasan melalui jurnalisme warga, khususnya dalam upaya berperan aktif memajukan Bekasi.

Untuk menterjemahkan visi tersebut, direncanakan beberapa program kegiatan seperti blogshop dan berbagai kopi darat dengan tema-tema yang merangsang partisipasi warga untuk lebih mencintai Bekasi. Sebagai langkah pertama setelah peluncuran komunitas pada tanggal 17 Oktober 2009, pada tanggal 14 November 2009 lalu telah diselenggarakan blogshop be-Blog-Kompasiana bertempat di STMIK Bani Saleh.

Menanggapi pertanyaan lewat sms dari seorang pendengar yang ingin mengikuti pelatihan-pelatihan berikutnya, saya sampaikan bahwa program blogshop akan dilaksanakan secara regular. Tunggu saja pengumumannya di http://bloggerbekasi.com.

Menanggapi pertanyaan lain dari pendengar mengenai pembentukan komunitas blogger di kota-kota lain dan apakah di Jakarta ada komunitas serupa, saya sampaikan bahwa be-Blog bukanlah yang pertama. Sebelumnya sudah banyak komunitas blogger yang dibentuk di berbagai kota seperti Makassar, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang. Bahkan selain Bekasi, kota-kota lain yang berbatasan dengan Jakarta yaitu Depok, Bogor dan Tanggerang pun sudah memiliki komunitas blogger. Sedangkan mengenai komunitas blogger di Jakarta, saya informasikan bahwa setidaknya terdapat dua komunitas blogger berkedudukan di Jakarta yaitu Komunitas Bunderan Hotel Indonesia dan Kopdar Jakarta.

Kembali ke manfaat pembentukan Komunitas be-Blog sendiri, Mas Kris kemudian menanyakan tentang peran blogger dalam mengembangkan Bekasi. Menanggapi hal ini saya sampaikan bahwa sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Jakarta, Bekasi juga turut merasakan langsung imbas dari pembangunan di ibu kota. Selain perkembangan Bekasi sebagai daerah penyangga Jakarta, Bekasi pun dipadati warga pendatang, baik yang mencari nafkah di Bekasi maupun yang menjadi komuter karena bekerja di Jakarta. Pada gilirannya hal ini tentu saja menimbulkan berbagai problematika perkotaan, salah satunya adalah kaburnya identitas kota.

Disini blogger kemudian berperan penting untuk mengkomunikasikan berbagai perkembangan yang berlangsung di masyarakat. Blogger juga bisa menyampaikan berbagai informasi yang mungkin tidak diketahui masyarakat. Contoh gampangnya adalah apakah warga dan masyarakat Bekasi mengetahui apakah Bekasi yang menyebutkan diri sebagai sebagai kota Patriot memang benar-benar memiliki pahlawan yang berasal dari Bekasi. Selain itu apakah benar ikan lele merupakan maskot Bekasi ?

Dengan banyaknya hal-hal yang diperbincangkan seputar blog dan be-Blog, tidak terasa waktu 1 jam cepat berlalu. Mewakili teman-teman be-Blog saya sampaikan ucapan terima kasih kepada RPK FM dan pendengarnya atas kesempatan untuk berbincang-bincang dan berbagi pengalaman. Be-Blog merasa senang bisa menjadi komunitas blogger pertama yang diundang RPK FM dalam acara “U & The City”. Wawancara radio ini juga menjadi yang pertama bagi be-Blog yang dilakukan di luar wilayah Bekasi. Beberapa wawancara sebelumnya yang diikuti pengurus be-Blog dilakukan di Bekasi yaitu saat wawancara di radio Dakta dan Gaya.

Be-Blog juga mendukung keinginan Mas Kris mengundang komunitas blogger lainnya yang berada di sekitar Jakarta dalam acara serupa.  Be-Blog berharap keinginan tersebut dapat direspon dengan baik oleh teman-teman blogger di Depok, Bogor dan Tanggerang.

Sebelum acara berakhir, saya juga kemudian mengundang pendengar RPK FM untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan be-Blog seperti Lomba Penulisan dan Foto Blog “Aku Cinta Bekasi” yang saat ini sedang berlangsung hingga 5 Februari 2010. Tentunya dengan mengikuti persayaratan lomba yang telah ditetapkan.

Belajar dari Warkop DKI (Dono, Kasino, Indro)

warkopdkiSemalam saya naik bus Rima Suci executive jurusan Tangerang-Bandung. Saya naik dari tol Jatibening menuju pasir koja bandung. Selama perjalanan itu, awak bus memutarkan kami film Warkop DKI yang berjudul “jodoh bisa diatur”. Saya tertawa geli menontonnya, walaupun ini bukan pertama kalinya saya menonton film ini. Bahkan berbagai stasiun televisi telah banyak yang memutar film ini. Lucu dan menghibur. Meski terkadang ada sedikit unsur berbau porno yang kurang baik dilihat oleh anak-anak yang belum dewasa. Namun buat saya pribadi film dono, kasino, indro adalah film terbaik di jamannya. Sebab setiap kali film mereka beredar di bioskop, maka berbondong-bondong orang membeli tiketnya. Mirip seperti saat ini bila kita ingin menonton film laskar pelangi atau kiamat 2012.

Continue reading Belajar dari Warkop DKI (Dono, Kasino, Indro)

Membangun Sendiri Jaringan Kamera CCTV Murah Meriah

cctvPernah ngalamin kemalingan?

Ato pgn memantau kondisi rumah via internet?

Ya, gunakan Kamera CCTV. Tapi masalahnya harganya 1 paket berjut jut. Apakah emng instalasi CCTV harus mahal? SALAH BESAR, dengan memanfaatkan PC dan webcam kita bisa membangun sendiri jaringan CCTV di rumah, kosan, ato kantor sekalipun.

Caranya ternyata sangat simple dan dapat dilakukan dengan barang2 yang udah familiar di kehidupan kita.

Lebih lanjut, monggo ikutin langkah berikut.

Persiapan

Hal pertama adalah siapkan bahan2nya terlebih dahulu.

1. PC ato laptop, gw saranin PC karena ni PC harus idup 24 jam.

2. Webcam, ato kamera lainnya yg bisa dikonekin ke PC/Laptop.

Lebih gw saranin pilih kamera yg resolusinya gak bagus2 amat, max 1.3MP.

Kenapa? Karena kita bakal ngerekam video melalui kamera ini, makin gede resolusi, makin gede ukuran file yg dibentuk.

Di Percobaan gw, gw pilih merek I-tech seri PC-3808 | Res 1.3MP | Rp 80rb | Koneksi USB

itech pc 3808

Kenapa? karena kamera ini kecil, fiturnya cukup lucu, ada flash nya segala. Not bad lah utk kamera seharga 80rb.

:)

3. Software untuk me-manage webcam di PC.

Disini gw gunakan software free bernama Webcam7.

Software ini bisa digunain utk me-mange 7 kamera sekaligus. Ingin lebih? Upgrade ke versi berbayar.

Fitur yg disuguhin antara lain =

- Capture gambar

- Record video dg tambahan fitur scheduling

- Sebagai server utk streaming video dari webcam yg kita punya.

Software nya udah gw sediain di blog ini. Link ada di akhir artikel.

Instalasi :

Masuk ke tahap selanjutnya.

1. Instalasi webcam di PC

- Install driver webcam di PC

- Koneksikan PC dan Webcam

Prosesnya gampang kq, kayaknya cukup ya, gak perlu dibahas lebih lanjut.

2. Instalasi software Webcam7

- Tinggal download dari link dibawah, trus next2 aja sampai terakhir finish.

- Buka Aplikasi dari Start > Program > Webcam 7 > Webcam 7.exe

- Pilih mode “Free”

- Nongolnya kayak gini

select cam

Klik kanan pada layar yg ditengah > trus pilih PCI/USB > pilih PC Camera-168

Ntar tampilannya bakal kayak gini

(Lakukan hal yang sama untuk kamera2 berikutnya)

control panel

Nah disinilah pusat tata surya nya alias control panel software ini.

Huruf A = adalah utk nambahin keterangan di gambar, semisal Text, Tanggal, Jam, CPU Usage, Memory Usage, dan Brp user yg lagi konek ke kamera ini.

Capture = untuk ngambil gambar, berformat JPEG

Record = untuk ngerekam video, bisa rekam sekaligus streaming ttp jalan lho.

Lainnya utak atik sendiri ya.. Simple kq :)

Lanjut ke Tab berikutnya yaitu Web/Broadcast

broadcast

Disini bakal ditampilin IP berapa aja yang lagi konek ke Webcam kita, yg perlu diperhatiin adalah pastiin Internal Web Server is Running, kl mati tinggal klik enable.

Kl kita mau gambar upload video realtime kita ke webhosting juga dari sini tempatnya.

Langkah Terakhir adalah set agar Aplikasi ini Run Otomatis ketika Windows nyala.

Caranya :

auto start

Pastikan Start With Windows dan Start Minimized dalam kondisi ter-centang.

Selesai. :)

3. Cek Apakah sudah berhasil?

Caranya buka web browser, lalu masuk ke alamat

http://ipaddress:8080

atau

http://computername:8080

Misal gw disini http://10.8.8.201:8080

Kl berhasil, bakal muncul web page kayak gini

webcam7

Nah selesai sudah, kita dah bisa memantau hasil pencitraan seluruh webcam yg kita pasang dari sini.

Di gambar cuma ada 1 gambar karna gw cuma pake 1 kamera waktu pengetesan ini.

4. Integrasikan dengan web (bila perlu)

Dimaksudkan apabila kita mau nampilin video streaming dari webcam tadi di halaman web yang kita punya.

caranya :

Tools > Generate HTML Code.

Next2 in aja, trus muncul kode HTML nya

html code

Tinggal copy seluruh coding HTML ini  ke halaman web kamu.

5. Posisikan kamera di tempat yang strategis

Biasanya di pojokan. Kl gw? kira2 kek gini.

kamera cctv

Gw pake buat ngawasin pintu keluar masuk ruangan kantor gw. Ge pake buat streaming dan proses record di jam kerja.

Ilustrasi Penggunaan :

1. SECURITY CAMERA.

Digunakan untuk merekan video dengan memanfaatkan fitur recording with scheduler, jadi kita gak perlu repot2 tiap hari jalanin proses recording, tinggal atur jam nya, software ini akan ngelakuinnya secara otomatis.

Arahkan kamera ke tempat2 keluar masuk rumah seperti pintu dan jendela, misalkan ada kemalingan? tinggal jadiin hasil rekaman sbgi barang bukti

2.  PARENTAL CONTROL CAMERA.

Digunakan untuk mengawasi kondisi kantor, para customer atau para pegawainya.

Atau digunakan di rumah untuk mengawasi kegiatan anak2 anda.

3. STREAMING CAMERA.

Digunakan untuk bikin siaran live dari rumah kita sendiri. dan bisa diakses dari mana aja selama mereka terhubung internet. WOW :)

bakal muncul JOPIR-TV on internet nih, hehe..

(jOpiR)

www.kisanak-jopir.co.cc

download icon

Direct Link >> Download WebCam7.exe

-= Don’t forget to leave a comment if you like my post =-