Anak Bekasi Terbang di Monas

Sudah menjadi kegiatan rutin setiap Minggu pagi di kawasan Monas dan sekitarnya dilakukan kegiatan car free day dan biasanya disertai berbagai kegiatan seperti senam pagi, sepeda sehat, serta jalan sehat bersama. Untuk Minggu ini, 31 Oktober 2010, saya dan keluarga ikut kegiatan jalan Gembira Batik Indonesia yang diikuti seribuan peserta yang mengenakan pakai olah raga bertema batik.

Tapi mohon maaf, saya tidak akan bercerita panjang lebar mengenai acara jalan sehat itu sendiri. Saya justru ingin bercerita mengenai salah satu kegiatan sampingan (side event) usai acara gerak jalan tersebut yaitu atraksi akrobatik para penunggang sepeda (rider)  di dekat pintu masuk Monas. Empat orang rider menunjukkan kebolehannya dalam menggenjot sepeda naik turun papan luncur berbentuk seperempat lingkaran dan bersalto di udara. Atraksi para rider ini mengundang decak kagum para penonton yang berdesakan untuk menyaksikan aksi maut mereka yang seperti pemain sirkus.

Untuk melihat aksi-aksi mereka lihat saja foto-foto pada postingan ini, dijamin anda akan berdecak kagum meski tidak menyaksikannya secara langsung. Jika tidak kagum, duit boleh kembali … (hehehe kayak dagang aja ya).

Salto menggunakan sepeda

Dengan sepeda, terbang melompati tiga orang

Dengan sepeda, terbang lebih tinggi ke udara

Sebagai seorang blogger yang terkadang selalu ingin tahu, usai para rider menuntaskan atraksinya, maka tanpa membuang kesempatan saya pun mencoba berbincang-bincang dengan mereka. Dasar rejeki, ternyata keempat pemuda gagah penunggang sepeda ini merupakan orang Bekasi. Sehingga saya pun punya cukup alasan untuk melaporkannya lewat Be-Blog.

Lewat perbicangan santai dengan salah seorang Rider yang bernama Moting diketahui bahwa mereka adalah anggota Asosiasi BMX Indonesia yang markas latihannya di Bekasi, tepatnya di GOR Kota Bekasi. Sedangkan alamat Sekretariat mereka berada di Perum Bekasi Jaya Indah Mekarsari, Jl. Jakarta Timur Raya Blok D7 / 9, RT 13/10 Bekasi Jaya, Bekasi Timur 17112.

Menurut Moting, saat ini Asosiasi BMX Indonesia memiliki anggota sekitar 500 orang, namun yang aktif sekitar 100 orang. Sementara dari 100 orang tersebut, sekitar 20 orang tergabung dalam tim yang selalu melakukan berbagai atraksi di berbagai tempat setiap minggunya. Untuk hari Minggu ini saja ada 3 lokasi yang dilakukan secara bersamaan yaitu di Monas, Bunderan HI dan Serpong.

Yang tidak kalah menariknya, ternyata ketangkasan mereka tidak hanya dipertunjukkan di Jakarta saja, tetapi juga di berbagai daerah di beberapa kota di Indonesia, bahkan hingga ke manca negara. Sebagai contoh Moting pernah tampil di Korea, Hongkong dan Macau.

Selain menampilkan ketangkasan sebagai hiburan, Moting dan kawan-awan juga aktif mengikut kompetisi di dalam dan luar negeri. Prestasi yang pernah diraih antara lain 8 besar dunia seperti yang pernah dicapai salah seorang rider bernama Rizky. Sedangkan Moting sendiri pernah menjadi 5 besar Asia dan saat ini termasuk 3 besar nasional.

Para rider berani mati asal Bekasi: sebelah kiri, Rizky, dan kedua dari kanan, Moting

Ketika ditanya dari mana pendanaan diperoleh untuk membiyai semua kegiatan yang dilakukan, Moting menjelaskan bahwa terdapat bantuan dan pemberiaan honor bagi para rider, termasuk penggunaan fasilitas latihan di GOR Bekasi dari Pemkot Bekasi dan beberapa sponsor seperti dari perusahaan sepeda. Sementara untuk membiayai pengobatan jika terjadi cidera, ada perusahaan asuransi yang bersedia menanggungnya.

Ok selamat dan sukses untuk teman-teman Asosiasi BMX Indonesia.

Blogger Bekasi Raih Blog Komunitas Wilayah Terbaik di Pesta Blogger 2010

Komunitas Blogger Bekasi atau yang biasa dipanggil Be-Blog meraih penghargaan sebagai blog komunitas berbasis wilayah terbaik di Pesta Blogger 2010 (PB 2010) yang berlangsung di Epicentrum Walk, Taman Rasuna Kuningan, Jakarta, Sabtu 30 Oktober 2010. Penghargaan diserahkan oleh Vice President Media Buzzcity Ltd Michael de Souza (salah satu sponsoir PB 2010) dan manta Ketua Penyelenggara PB2010 Endah Nasution kepada saya sebagai Ketua Be-Blog. Atas kemenangan ini Be-Blog berhak atas hadiah uang sebesar Rp. 5 juta, notebook Acer dan sertfikat.

Acara pesta blogger merupakan ajang kopi darat atau silaturahmi blogger berskala besar dihadiri oleh sekitar 1.000 orang blogger, penggiat sosial media dan onliners dari seluruh Indonesia. Acara PB2010 sendiri merupakan pesta blogger yang keempat kalinya setelah pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Berbagai acara kegiatan digelar untuk memeriahkan ajang PB2010 mulai dari pelatihan blog di berbagai daerah sejak beberapa waktu sebelumnya hingga acara puncak yang berlangsung kemarin. Pada acara puncak ini digelar acara hiburan, diskusi terbatas tentang berbagai isu dan pemberian penghargaan bagi blog-blog terbaik.

Dengan tema “Merayakan Keragaman” , Panitia PB2010 memberikan penghargaan blog terbaik sebagai bentuk apresiasi kepada individu dan kelompok yang secara konsisen memberikan inspirasi dan manfaat nyata bagi lingkungannya. Dewan juri untuk penentuan pemenang ini adalah Labibah Zain (Pendiri Forum Blogger Family (BLOGFAM), dosen dan penulis), Budi Putra (Country Editor Yahoo Indonesia), Nezar Patria (Jurnalis, Ketua Aliansi Jurnalis Independen 2008-2011), Roni Yuzirman (Founder Komunitas Tangan Di Atas) dan . Najwa Shihab (News Anchor Metro TV aktif di twitter).

Terpilihnya Be-Blog sebagai blog terbaik komunitas berbasis wilayah merupakan merupakan suatu hal yang sangat membanggakan dan disyukuri karena meski baru berumur 1 tahun 2 bulan kiprah Be-Blog ternyata mendapat perhatian penuh dan dinilai dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi lingkungannya.

Selain bersyukur dan berbangga, penghargaan ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi Be-Blog dalam mencapai tujuannya menjadikan blog sebagai salah satu media alternatif penyampaian informasi melalui internet dan mendorong peran serta aktif masyarakat memajukan wilayahnya lewat kegiatan yang disebut sebagai jurnalisme warga.

Keinginan di atas tentu saja bukan hal yang mudah dan tidak bisa hanya berbekal retorika dan berdebat di milis atau rapat-rapat, tapi menghilang ketika harus ACTION. Hanya dengan semangat berbagi dari para blogger Bekasi dan teman-teman be-Blog serta mendayagunakan potensi luar biasa yang dimiliki, maka segala cita-cita bersama Be-Blog akan dapat tercapai.

Terima kasih atas dukungan rekan-rekan blogger semuanya. Mohon doanya agar Be-Blog bisa tetap istiqomah dan bisa menjadi lebih baik di masa depan serta bisa memberikan kontribusi yang lebih besar ke masyarakat lewat blog dan kegiatan offline. Ditunggu kontribusi postingan atau komentarnya di be-Blog.

Salam Be-Blog

Merapi Marwan

Ali Reza

Baru kali ini kutahu orang yang senang baca begitu bodohnya. Orang itu temanku, si Marlan. Marlan membaca buku sepanjang hari bahkan mungkin kebakaran tidak akan bisa menghentikannya membaca. Ia satu-satunya pembaca teraktif di kampung kami seperti gunung besar yang berdiri tegak di belakang rumah. Ia berhenti membaca menjelang ashar lalu melanjutkan kegiatannya menonton dari TV lipatnya. Kecanduan menonton di TV lipatnya hampir sama dengan membaca buku. Ia melakukannya keduanya sejak tiga bulan lalu demi setumpuk kertas.

Continue reading Merapi Marwan

Dahsyatnya Pesta Blogger 2010

Hari ini adalah hari bersejarah. Hari dimana para blogger dari seluruh penjuru nusantara hadir dalam pesta blogger 2010. Lebih dari 1300 blogger yang terdaftar secara online hadir memenuhi ruangan epicentrum walk dalam merayakan keragaman.  Hari itu adalah hari Sabtu, 30 Oktober 2010. Di tempat itu kami semua merasakan kedahsyatan pesta blogger 2010.

Sebagai seorang blogger yang hadir pada hari ini, saya bahagia sekali. Hal di sebabkan dapat bertemu langsung dengan teman-teman dunia maya di dunia nyata. Ada yang cantik, dan ada yang gantengnya kayak saya, hehehehe.

Tapi bagi saya, pertemuan ini adalah pertemuan bersejarah, karena belum tentu di hari-hari biasa kita dapat bertemu wajah secara langsung. Saling bersalaman dan berangkulan lalu bernarsis bersama dengan foto-foto yang menggoda.

Mbak Rara, Ketua panitia Pesta Blogger 2010
Mbak Rara, Ketua panitia Pesta Blogger 2010

Banyak sambutan dibacakan. Mulai dari sambutan ketua panitia, mbak rara, sampai sambutan terakhir bapak mendiknas ri, Prof. Dr. Moh. Nuh.

Dalam sambutannya, pak mendiknas mengatakan bahwa ada 4 nilai atau value yang dimiliki oleh para blogger, yaitu:

  1. Koneksi
  2. Transaksi
  3. Kolaborasi
  4. Transformasi

Keempat nilai atau value itulah yang membuat para blogger menjadi besar dan terkenal. Sebab mereka saling terkoneksi, melakukan transaksi, saling berkolaborasi untuk berbagi, dan melakukan transformasi teknologi yang terus berkembang pesat saaat ini.

Dalam keempat proses itu sebenarnya ada proses pembelajaran dimana setiap manusia tidak bisa hidup tanpa keragaman. Sebagai makhluk sosial, manusia harus berhubugan atau berkomunikasi dengan manusia lainnya untuk berbagi informasi.

Akhirnya, saya sudahi dulu reportase singkat ini. Berhubung acara semakin seru dan menemui puncaknya. Mohon doanya. Komunitas blogger bekasi (be-blog) masuk nominasi sebagai komunitas blogger berbasis wilayah.

salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Be-Blog dan 3 blogger Bekasi Masuk Nominasi Blog terbaik Pesta Blogger 2010

Hari ini Pesta Blogger + 2010 akan digelar di Epicentrum Walk kawasan Kuningan Jakarta. Berbagai kegiatan akan digelar dalam acara ini, salah satunya adalah pemberian hadiah bagi blog-blog terbaik dalam berbagai kategori.

Alhamdullilah, dari nama-nama nominator pemenang, Komunitas Blogger Bekasi (Be-Blog) masuk nominasi urutan pertama blog terbaik dalam kategori Blog Komunitas Berbasis Wilayah. Untuk itu mohon doanya agar hari ini Be-Blog bisa memperoleh gelar terbaik. Apapun hasilnya nanti, pencapaian ini merupakan langkah yang luar biasa dari sebuah Komunitas Blogger yang masih berusia 1 tahun 2 bulan. Ini menunjukkan apa yang dilakukan sudah berada di jalan yang tepat dan tinggal memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.

Sementara itu, selain blog Be-Blog secara perorangan blog para blogger Bekasi juga dinominasikan sebagai yang terbaik pada kategori Blog Kewirausahaan. Tidak tanggung-tanggung ketiga nominatornya adalah blogger Bekasi. Mereka adalah:

1. Yodhia Antariksa,  founder http://rajapresentasi.com yang tinggal di i Kemang Pratama 2, Bekasi.
2. Eko Eshape (http://miesehati.com ), Wakil Ketua Be-Blog yang tinggal di Cikarang dan sering bolak-balik Yogyakarta untuk menjenguk keluarganya dan memperluas jaringan bisnis :D

3. Rawi Wahyudiono, pengurus be-Blog dan pemilik Prakom ini sudah beberapa kali mendapat penghargaan.

Selamat untuk be-Blog dan teman-teman blogger Bekasi. Mohon doanya agar menjadi yang terbaik hari ini.

Selamat mengikuti pesta blogger semoga mabrur dan dikabulkan semua pose-pose narsisnya (doa Paman Tyo di Twitter)

Pesta Blogger 2010

PestaBlogger 2010 (PB2010) akan diadakan Sabtu hari ini, 30 Oktober 2010. Bagaimana persiapan kawan-kawan?

Berbeda dengan PestaBlogger-PestaBlogger sebelumnya, kali ini saya biasa-biasa saja mempersiapkan diri (perasaan dulu juga begitu, hehehe…).

Saat malam menjelang PestaBlogger 2007, saya merasakan suasananya seperti malam menjelang sunatan :-P . Exciting dan H2C ketemuan dengan teman-teman yang sebelumnya hanya kenal secara online. Kalau menjelang sunatan saya panas dingin karena memikirkan rasanya diklithik-klithik, malam menjelang PB menjadi malam panjang nan syahdu :-)

Saat PB 2008, saya masih cukup exciting meski  relatif sudah lebih kalem (Hah, kalem ??). Puncaknya di PB 2009, saya pulang sebelum acara berakhir dan memilih creambath karena kepala keburu pusing, hehehe…

Di PB 2010 ini, saya sudah mengamankan agenda di tanggal 30 Oktober 2010 karena memang rasa excitingnya kembali lagi. Meski tidak ikutan di lomba apapun (ikutan tapi salah kategori jadi nggak bakal kepilih :-D ) dan juga tidak pernah dapat door prize apapun, saya tetap berniat datang untuk ketemuan dengan teman-teman. Bukankah salah satu prinsip Blogger itu mangan ora mangan yang penting guyub :-P

Saya juga sempat kontak pak YIM yang kembali ngeblog setelah vakum selama 2 tahun. Saya ajak beliau, siapa tahu ada manfaatnya ketemuan dengan teman-teman blogger. Sayangnya ia berhalangan hadir karena harus mengisi kuliah umum di UGM pada waktu yang bersamaan.

Saya juga mengajak Mbak Icha (Marissa Haque) untuk dapat hadir di acara PB 2010. Siapa tahu acara ini bermanfaat buatnya dalam berkiprah di dunia maya. Blog yang dibuat atau mengatasnamakan namanya memang cukup banyak dan menurut saya jauh lebih baik jika dibranding pada beberapa blog utama saja. Siang tadi saya mendapat SMS Mbak Icha yang kemungkinan bisa datang namun baru bisa menghadirinya setelah jam 12 siang karena harus mengikuti kuliah S3.

Selain PB2010, saya sebenarnya kepingin ikut acara Muktamar Bloggernya Komunitas Bundaran HI. Ini acara yang sangat menarik dari komunitas yang juga menarik (motto acaranya aza : “Merayakan Keramaian”, plesetan dari “Merayakan Keragaman”, hehehe…), sayangnya saya kemungkinan besar sulit menghadirinya. Saya tinggal di kampung sehingga kalau pulang malam dari acara Muktamar yang diselenggarakan malam hari, kemungkinan besar sudah tidak ada kendaraan yang lewat :-P . Kalau nanti sudah ciao dari kantor di Desember 2010, saya mungkin bisa lebih intens untuk mengikuti acara komunitas.

Jika rekan-rekan bisa hadir di PestaBlogger 2010, jangan lupa say hello ya. Mudah-mudahan saya nggak terlalu norak di PB 2010 ini, hehehe…

Sampai berjumpa di PB 2010.

Youth, Women and Netizen by Hermawan Kartajaya

Youth, women and netizen adalah 3 hal penting yang harus ada didalam brand masa depan karena 3 komponen itulah yang menjadi penentu seseorang untuk membeli atau tidak.

Kata-kata youth, women and netizen ini saya dapatkan setelah saya ikut seminar begawan marketing bp Hermawan Kartayaja (HK) yang berjudul Marketing to  Netizen Indonesia 2010 di hotel four season.

Sangat panjang lebar HK menerangkan keterkaitan ke-3 komponen itu dan saya akan coba jelaskan berdasarkan contoh dari HK dan juga berdasarkan pengalaman pribadi dan kawan-kawan.

Kenapa women…?? karena wanita kebutuhannya sangat banyak dan setiap kali mereka belanja biasanya selalu mengambil barang lain selain keperluan utama.

Selain itu kalau para wanita/ibu-ibu makan di restoran, biasanya mereka selalu mengajak putra-putrinya dan sekali beli minimal untuk berdua yang akhirnya membuat bapak atau pacarnya mau nggak mau juga harus ikut beli.

Youth atau pemuda, hampir mirip dengan kasus diatas hanya saja mereka biasanya beli untuk orang yang disayanginya.

Contoh, misal ada 2 sejoli pergi pacaran dan yang wanita mengajak makan, kemungkinan besar yang laki “pasti” mengabulkan apa yang diminta dengan segala macam cara demi menjaga gengsinya. Ini bisa menjadi pasar yang sangat potensial banget.

Netizen singkatan dari Net-Citizen, adalah mereka semua yang menggunakan internet. Saat ini sangat mudah sekali melihat orang yang mengakses internet dimana-mana, baik itu lewat HP, notebook, pc atau yang lainnya.

Jadi untuk menangkap peluang yang ada, sudah saatnya blog-blog yang ada harus sudah bisa dibuka melalui HP dengan mudah dan tidak terasa berat untuk mengaksesnya.

Memaksimalkan dunia online sangat-sangat penting saat ini agar bisa menangkap peluang yang ada. Twitter, FB, blog, website, iklan online dan semua yang berbau online harus bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh semua pihak di perusahaan bahkan oleh pimpinan puncak yang biasanya sudah sangat senior yang membuat mereka sangat sulit untuk berpindah.

Ada hal menarik yang disampaikan oleh HK mengenai market di Indonesia yaitu mengenai jumlah penduduk indonesia yang saat ini berjumlah sekitar 237,6 juta jiwa (tolong dikoreksi jika salah) dan diantara mereka ada beberapa penduduk yang mempunyai daya beli yang sangat kuat dalam jumlah yang sangat besar.

Toko-toko di luar negeri yang sering jadi “tongkrongan” masyarakat kita sampai harus rela menyediakan guide berbahasa indonesia demi memberikan kenyamanan kepada pembeli kita.

Jadi daripada kita menghabiskan waktu dan tenaga untuk membuka pasar luar negeri, kenapa kita tidak “bertarung” memperebutkan pasar lokal saja. Banyak perusahaan-preusahaan asing yang sampai harus “merengek-rengek” agar bisa berjualan ke Indonesia.

Saya sependapat dengan besarnya pasar lokal tetapi tetap kita harus berani melangkah keluar untuk ekspor agar produk kita bisa men-dunia.

Bahasan HK selama 2 jam tidak akan bisa di tuliskan semua disini, sisanya akan saya share setelah saya praktek semua yang di sampaikan.

Salam sukses dunia akherat,

Motor teman setiaku..

Marilah kawan, mari berjalan menjelajahi kota ini
Hujan begitu deras dan kehidupan telah terjaga dari lenanya

Dan kini mengembara menyusuri sungai-sungai dan got-got sempit
Mari kita ikut jejak-jejak musim yang ekstrim ini, yang melewati..
Tanah Abang..Casablanca..Pondok Bambu hingga bekasi
Tuk menadah ilham dari aras ketinggian,
Di atas hamparan lautan pekerja beroda dua sesak berdesak-desak.

Matahari enggan mengeluarkan pakaiannya
dari lipatan simpanan, dan menyangkutnya
pada bangunan-bangunan yang kaku koh , dan mereka kelihatan bagai penonton bisu tak bersuara..

Mobil-mobil mewah bersentuhan dijalan saling berpelukan bagai kekasih
Air hujanpun pun lincah berlompatan menari ria,
Di sela-sela roda-roda , diantara dua sepasang sepatu butut menyanyikan lagu riang.

Dan asap-asap kenalpot bermekaran dari mesin buatan
Laksana buih-buih bersemburan, dari jantung perkotaan

Kemarilah, kawan setiaku.. mari meneguk sisa air mata
musim dingin, dari sebotol plastik merek Aqua
Dan menenangkan jiwa, dengan gerimis nada-nada
Curahan simfoni bunyi klakson yang berkicauan
dan berkelana riang dalam bayu mengasyikkan

Mari duduk di pinggir bahu jalan itu, tempat manusia berteduh
berteduh dalam persembunyian, dan meniru
Keinginan mereka dalam pertukaran …
Harapan dan kerinduan
Tentang budaya, kota , keluarga dan perasaan..

dikutip dari : http://www.muhammadyasiranhar.wordpress.com

Hari Blogger Nasional dan Solidaritas Sosial Menyikapi Bencana

Hari ini, 27 Oktober 2010, kita semua merayakan Hari Blogger Nasional.

Sebuah momen bersejarah yang ditorehkan pada tahun 2007 saat Pesta Blogger pertama digelar di Blitz Megaplex Jakarta oleh Menkominfo (waktu itu) Bapak Muh.Nuh yang mencanangkannya. Ada makna tersirat disana dan sangat tegas : Eksistensi Blogger mendapat pengakuan dan kehadirannya diharapkan ikut mewarnai dan memaknai peran strategisnya dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

Pertumbuhan blog di Indonesia begitu cepat. Diperkirakan hingga saat ini sudah ada 2,7 juta blog dan terus bertumbuh secara eksponensial. Bahasa Indonesia bahkan menjadi Bahasa ketiga terbanyak di dunia yang dipakai dalam Blog Engine paling populer saat ini, WordPress. Tidak hanya blog, penggunaan sosial media seperti Twitter, Facebook maupun Koprol juga berkembang secara signifikan.

Hari ini, tepat di perayaan tahun ketiga Hari Bersejarah itu pada saat yang sama duka cita sedang melanda bangsa ini. Bencana beruntun dengan korban jiwa dan materi yang tidak sedikit sedang menimpa saudara-saudara kita di Wasior, Mentawai, dan Yogyakarta/Jawa Tengah.

Di Wasior Papua Barat, kurang lebih 153 korban tewas dalam musibah banjir bandang yang melanda kawasan di sekitar Teluk Wondama tersebut pada awal Oktober lalu. Ternyata bencana berikutnya datang kembali melanda Kepulauan Mentawai ketika Tsunami setinggi 6 meter menerjang pasca gempa 7,2 SR mengguncang, Hari Senin (23/10). Data terakhir dari Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat terakhir menyebutkan, korban tewas mencapai 272 korban dan  509 orang dari 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Sikakap, Pagai Utara, Pagai Selatan, dan Sipora Selatan, dilaporkan hilang. Sungguh memilukan.

Dan kemarin, gunung api paling aktif di Indonesia, Gunung Merapi murka dengan melontarkan awan panas dan debu vulkanik. Ratusan pengungsi terpaksa harus meninggalkan tempat tinggal mereka untuk pindah ke tempat yang lebih aman. Sang juru kunci fenomenal Gunung tersebut, Mbah Maridjan, ditemukan tewas bersama sejumlah warga dan wartawan yang kebetulan berada di dekat pemukimannya. Sangat mengenaskan.

Indonesia sedang berduka.

Dan spontanitas penggiat internet, termasuk blogger dan pengguna social media bergerak begitu cepat, tidak hanya menampilkan kondisi terakhir didaerah bencana lewat posting di Blog, “kicauan” di Twitter, Update status di Facebook namun lebih dari itu inisiatif menggalang bantuan dan sumbangan buat korban di daerah bencana begitu deras mengalir.

Tagar #prayforindonesia yang menjadi “penanda” di Twitter untuk mencari informasi mengenai hal-hal terkait dengan bencana di Indonesia menjadi trending topic atau topik paling terpopuler di Twitter karena begitu banyak orang memasang tagar tersebut di blog masing-masing. Tak kurang beberapa bintang film dunia, salah satunya adalah Tom Cruise, ikut memperlihatkan simpati atas bencana yang terjadi di Indonesia melalui twitter.

Solidaritas sosial terlihat begitu nyata dan mengharukan menyikapi bencana yang terjadi di negeri ini. Dan dengan media internet intensitas informasi menghasilkan spontanitas warga untuk membantu saudara-saudara kita yang menderita di wilayah bencana. Komunitas Blogger Cahandong Yogyakarta, misalmua. yang berada terdekat dengan daerah bencana letusan gunung Merapi segera bergerak, tidak hanya membuka dompet sosial yang hasilnya akan disalurkan kepada korban bencana, bahkan pada pagi-pagi buta tepat di hari Blogger berinisiatif untuk memberikan sumbangan langsung spontan semampunya kepada para korban di lokasi pengungsian

Dalam acara Pesta Blogger 2010 yang bakal digelar tanggal 30 Oktober 2010 juga menunjukkan kepedulian nyata dengan menyediakan kotak amal bagi korban bencana Mentawai dan Merapi, Yogyakarta.

Sementara itu di Blogger Bekasi dengan dikoordinir oleh Adyanti juga membuka posko penerimaan sumbangan. Bila berupa uang melalui.Rek Mandiri No 125-000-7393-267 an Adyanti.  Bantuan berupa barang, sembako, selimut dsb bisa dikirim ke Taman Narogong Indah Blok E 11 No. 2 Bekasi 17115.

Komunitas Blogger Makassar AngingMammiri juga sudah bergerak, Dengan mengusung gerakan Makassar Berbagi : Act for Indonesia Komunitas Blogger yang sudah berusia 3 tahun ini menggalang sumbangan dan bantuan untuk korban bencana di Tanah Air.

Di mailing list Cikarang Baru, Pak Wawan, sang pemilik NETCOMM, toko komputer di Ruko Anggrek menyiapkan tempatnya sebagai posko penggalangan bantuan untuk korban bencana Tsunami Mentawai dan Letusan Merapi. Pengelola situs www.cikarangonline.com ini membuka lebar-lebar pintu tokonya sebagai posko pengumpulan bantuan.

Dan masih banyak lagi gerakan-gerakan peduli bencana  yang digagas oleh para Blogger dan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait lainnya. Ini sebuah merupakan model “revolusi informasi” yang dashyat.

Mari kita maknai Hari Blogger Nasional tahun ini dengan menunjukkan solidaritas sosial membantu saudara-saudara kita didaerah bencana, dengan cara paling bersahaja sekalipun,  yang penting niat  ikhlas dan tulus  senantiasa kita tetapkan dalam hati.

Dan, mari, kita berdoa untuk Indoneia…

I love you macet…….. muuuuuuach

“tol dalam kota dari pancoran arah semanggi padat merayap….”

“jalan mangga dua tergenang setinggi ban motor, harap hati-hati mengemudi, pilih jalur tengah biar tidak terperosok”

“hujan deras turun disekitar tol cikampek arah km 19, harap hati-hati karena  pandangan mata sangat terbatas…”

Buat yang merasa mengikuti jejaknya ali topan anak jalanan alias yang sering keluar pada jam kerja pasti tidak asing dengan berita semacam itu.

Hampir semua radio nyiarin dengan berita yang kurang lebih sama dan kalau mau lebih akurat lagi bisa follow di twitter @sonorafm, @infoll, @tmcpoldametro atau yang lainnya.

Saya termasuk yang suka muter-muter dan celakanya tiap kali muter harus selalu pakai mobil biarpun cuma sendirian di mobil. Kata orang-orang sih ongkosnya jadi mahal tapi buat saya manfaatnya banyak dan kalau saya naik motor, jarak tempuh jadi terbatas.

Kalau naik angkutan umum lebih parah lagi, tidak aman dan waktunya tidak bisa diprediksi. Jadi satu-satunya cara ya harus naik mobil biarpun sendirian.

Kalau naik mobil, waktu saya lebih bermanfaat. Saya bisa balas sms, email dan twitter jadi manfaatnya lebih banyak dibanding harus “berhemat” beberapa ratus perak demi pengiritan BBM.

Saya juga punya cara sendiri untuk ngilangin jenuh kena macet sambil bisa meraup keuntungan yaitu…… ikut kuis radio

Saya pernah dapat voucher menginap 1 malam di Hotel Sultan jakarta bersama keluarga gara-gara ikutan talkshow di pasFM.

Juga saya pernah dapat voucher makan di restoran di Grand Indonesia karena ikut kuis di PasFM.

Tetapi nggak semua kuis berhadiah, ada juga yang cuma promo jadi mesti cerdik ndengerinnya.

Cara saya begini kalau mau tahu kuis itu berhadiah atau tidak…

  1. Biasanya kuis diadain pada pukul 19.00 – 21.00, jadi siap-siap aja pada jam segitu.
  2. Cari channel yang ada talkshow-nya. Search otomatis aja di radio dan kalau lebih dari 2 orang ngobrol biasanya itu talkshow
  3. Tunggu sampai mau jeda iklan karena biasanya suka disebutin nomor telpon dan jumlah pemenangnya. Kalau cuma disebutin nomer telpon, segera tinggalin dan cari yang lain lagi
  4. Setelah masuk break iklan, segera aja nelpon dan tunggu aja biarpun iklannya lama karena kalau kita putus maka masuknya lagi bisa lama
  5. Langsung ngomong dengan mereka dan ngomong apa aja yang penting berhubungan dengan tema-nya, ingat ya jangan asal ngomong.

Untuk cara ngomong dengan mereka ini saya punya cara jitu yang sering berhasil. Cara ini saya gunakan sewaktu saya dapat voucher menginap di Hotel Sultan Jakarta, begini ceritanya…..

P = penyiar, S=saya

P : “hallo selamat malam pak….”

S : “selamat malam….”,

P : “silahkan perkenalkan nama dan pertanyaannya….”

S : “nama saya rawi dari PRAKOM, pedagang komputer dari Bekasi yang beralamat di prakom.com yang menjual segala macam alat perbankan dan printer”

S : “begini pak…. waktu itu saya main ke hotel sultan. Ruangan dan makanannya sangat enak, harganya cukup terjangkau dan yang paling penting adalah suasananya sangat mendukung buat kumpul-kumpul…”

S : “tetapi ada sedikit ganjalan buat saya sewaktu saya mau konek internet, kenapa wifi-nya harus bayar mahal ya, apakah nanti kalau saya sewa tempat di sana wifinya saya juga harus bayar….”

S : “yang kedua, saya bersama teman-teman kantor sekitar 10 orang mau meeting di hotel sultan sekalian kita istirahat, ada diskon tidak pak buat kami…??”

S : “cukup itu dulu dari saya pak, terima kasih dan semoga kita bisa bertemu lagi”

habis itu biasanya mereka langsung menjawab pertanyaan kita dan buat saya itu tidak penting, yang saya pentingin adalah siapa yang harus jadi pemenangnya.

Selain itu, saya gunakan juga untuk promosi usaha saya, PRAKOM, pedagang komputer dari Bekasi yang beralamat di prakom.com yang menjual segala macam alat perbankan dan printer

Jadi…. daripada kita puyeng ngadepin macet, lebih baik cari yang bermanfaat, IKUT KUIS…..

Salam sukses dunia akherat,