Keteladanan Seorang Pemimpin

Keteladanan Seorang Pemimpin
Keteladanan Seorang Pemimpin

Bila anda menjadi seorang pemimpin atau anda mendapat amanah menjadi seorang pemimpin, maka anda harus mampu mawas diri. Tidak sombong dan memiliki kerendahan hati. Harus berani dikritik, dan siap menerima kecaman dari bawahan. Tetapi yakinlah bila anda mampu memberikan keteladanan atau contoh yang baik kepada orang-orang yang anda pimpin, maka mereka pun akan sungkan dengan anda. Merekapun akan malu bila tak seide dengan pemimpinnya. Sebab keteladanan adalah cara jitu dalam memimpin.

Continue reading Keteladanan Seorang Pemimpin

MAU SUKSES USAHA, tapi jangan terkecoh dengan yang namanya ini :

I LOVE YOU POKER.

 

 

Film “2012” memancing kontroversi di Indonesia karena memunculkan bencana besar. Bencana itu di sebut-sebut terkait dengan berakhirnya penanggalan panjang suku Maya.

Penanggalan Maya memang agak aneh dibanding kalendar yang dipakai di dunia maupun kalendar Indonesia, misalnya. Biasanya perhitungan hanya sepanjang satu tahun.

Maya, suku Indian Amerika Latin, memiliki tiga sistem kalendar yang dipakai bersamaan. Di satu kalendar, satu tahun memiliki panjang 265 hari, satu lagi 260 hari, dan satu lagi___disebut perhitungan panjang___akan berakhir pada 2012 itu.

Penanggalan perhitungan panjang itu memiliki unit:

1 hari = kin

20 kin = uinal

18 uinal = tun

20 tun = katun

20 katun = baktun

Lingkaran panjang =13 baktun

Bandingkan dengan penanggalan masehi yang lazim digunakan dunia saat ini yakni:

30/31 hari = bulan (kecuali Februari yang 28/29 hari)

12 bulan = tahun

Dengan perhitungan panjang itu, satu baktun memiliki panjang 144.000 hari atau sekitar 400 tahun. Saat ini penanggalan masuk baktun ke – 13.

Dengan tanggal Maya, hari ini Rabu (18/11) adalah

12. Baktun

19. Katun

16. Tun

15. Uinal

11. Kin.

Yang menjadi persoalan, sebagian ahli menyatakan penanggalan Maya hanya sampai pada baktun ke – 13. Baktun ke – 13 ini akan berakhir pada tanggal : 20-12-2012.

Pada 20 Desember 2012 itu, penangalan Maya menjadi

12. Baktun

19. Katun

19. Tun

17. Uinal

19. Kin.

Sehari berikutnya akan masuk baktun ke – 14 yakni

13. Baktun

0. Katun

0. Tun

0. Uinal

0. Kin

Sejumlah ahli, seperti dari badan antariksa Amerika Serikat, menyatakan bahwa pada penanggalan Maya akan mulai lagi pada tanggal 1. Tidak di jelaskan apakah masuk baktun ke – 12 atau mulai lagi dari titik awal seperti beberapa ribu tahun silam atau masuk ke baktun ke – 14.

Suku Maya sendiri, menurut Susan Milbrath, kepala bagian seni dan arkeologi Amerika Latin di Museum Florida, tidak menyebutkan dunia bakal berakhir jika baktun ke – 13 ini selesai.

Pendapat tentang artikel diatas, perlu adanya referensi yang kuat agar kebenaran otentiknya dapat di pertahankan. Memang saat ini mungkin kita dapat menjawab isu isu yang selama ini meresahkan aktivitas masyarakat pada keluarga, untuk melarang atau justru yang larang malah main. Namun dari kita untuk semua, juga masyarakat juga tidak menanyakan kebenaran dari artikel di atas.

 

Pendapat tentang film 2012 sendiri, sepertinya itu bukan terkecoh, melainkan cuma rencana biasa. buktinya ada yang setengah tengah. Kalo emang pasti ngga ada yang mau atau pun tidak, karena terkecoh itu membuat ulah, melibatkan semua menjadi resah.

Maaf, bukan maksud banyak bicara, ini hanya sebuah kata dalam pekerjaan, bukan kata lewat obrolan.

 

 

Tidak Ada Lagi Kereta Ekspress dari Bekasi

Sebuah pengumuman ditempel oleh petugas Stasiun KA di Bekasi untuk memberitahukan bahwa mulai 1 April 2011 terdapat aturan baru KA Jabodetabek.

Dalam aturan baru tersebut dikatakan bahwa mulai 1 April 2011 seluruh rangkaian kereta Jabodetabek berhenti di semua stasiun, termasuk kereta express. Selain itu penumpang dikenakan tarif yang sama yaitu Rp. 6.000 (dari Bekasi dan Serpong) dan Rp. 7.000 (dari Bogor dan Angke).

Menurut Humas PT KAI Daerah Operasi I (Jabodetabek), Mateta Rizallulhaq, seperti yang dikutip dari media cetak, kebijakan ini diambil agar seluruh penumpang dapat terangkut dan mengurangi penumpukan penumpang di satu titik yang mengakibatkan angka kriminal tinggi, dan untuk memenuhi target mengangkut 1,2 juta penumpang pada tahun 2014.

Sebagai akibat dari perubahan aturan, akan ada penambahan waktu perjalanan untuk kereta express. Masih kata Mateta, Jika sebelumnya waktu tempuh kereta express Pakuan Bogor adalah 55, maka akan menjadi 81 menit (molor 26 menit). Bekasi express yang tadinya 35 menit, menjadi 45 menit. Sedangkan Benteng express yang tadi 45 menit, menjadi 55 menit.

Menyikapi perubahan aturan baru ini, pertanyaan mendasar yang kemudian muncul adalah apakah kebijakan tersebut sudah diperhitungkan dengan seksama dan memperhatikan situasi di lapangan? Kalau pertanyaan tersebut diajukan ke PT KAI pasti jawabannya adalah kebijakan tersebut sudah dipertimbangkan dengan seksama.

Tapi coba anda tanyakan kepada para penumpang, pasti jawaban sebaliknya yang akan diperoleh. Anda yang terbiasa naik kereta pasti sudah paham bagaimana penuh sesaknya kereta yang mereka tumpangi, bahkan untuk kereta ekspress yang bayarannya jauh lebih mahal dari kelas ekonomi.

Nah kalau kereta ekspress dihapuskan (dengan berhenti di semua stasiun) dan bayaran yang sama, maka semua macam penumpang akan masuk ke dalam kereta. Dan bisa dibayangkan bagaimana penuh sesaknya kereta (seperti kereta kelas ekonomi saat ini). Kalau sudah penuh sesak seperti itu, bukan lagi kenyamanan yang didapat tapi justru kesumpekan. Kereta pun akan jadi cepat rusak dan petugas juga susah mengawasinya (lagi-lagi kasus di kereta ekonomi bisa jadi contoh).

Usul saya, daripada kebijakan tersebut akan merugikan penumpang dan juga PT KAI sendiri. Lebih baik kebijakan yang sekarang tetap diberlakukan. Agar semakin banyak penumpang yang terangkut, tambah saja jumlah gerbong dan perbaiki infrastrukturnya (misalnya perbanyak jalur relnya).

Belajar Adab dari Peradaban

“Jangan sekali – kali melupakan sejarah” (Bung Karno).Ucapan bung karno telah mempertegas kepada kita betapa pentingnya untuk mengetahui sejarah suatu bangsa ataupun dunia.Sejarah manusia menunjukkan betapa banyak sebuah peradaban besar yang tumbuh kemudian jatuh hancur namun hanya sedikit manusia yang mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut.semata – mata bukan hanya untuk dikenang tetapi untuk pelajaran dimasa mendatang.

 

Inilah sebuah buku revolusioner di indonesia yang menceritakan sejarah panjang kehidupan manusia.pembaca tidak hanya disajikan sebuah cerita suatu peradaban tetapi pelajaran apa yang terkadung dari maju dan hancurnya sebuah peradaban besar.

 

Mempelajari proses tumbuhnya sebuah bangsa besar demi menciptakan A new superior civilization adalah tujuan penulis yang disajikan dalam buku ini.jika kita sudah bisa melihat proses dan semua keunggulanya , dan semua keunggulan itu kita jadikan satu,untuk kita tiru prosesnya demi menciptakan sebuah bangsa yang bahkan lebih maju dari bangsa – bangsa itu.

 

Imperium Romawi yang penuh dengan kegemilangan.istana yang megah dengan pilar – pilar raksasa membuat Romawi mejadi lupa diri,dan para kaisar sibuk bermewah – mewahan untuk memeuaskan nafsunya sendiri. Siapa yang sangka roma akan jatuh di tengah kemegahan yang seperti itu. begitu juga peradaban islam yang penuh dengan para ilmuwan – ilmuwan besar. Baghdad berubah menjadi kota ilmu pengetahuan yang megah dan memanjakan para ilmuwan dengan perpustakaan di setiap sudut kota.namun lagi – lagi raja yang tamak dan rakyatnya yang lupa diri telah menimbulkan kehancuran peradan islam yang begitu maju.

 

“Knowlede,is power” kata – kata francis bacon ini menjadi salah satu kunci majunya sebuah peradaban seperti islam di baghdah dan Andalusia,Eropa,Amerika dan juga jepang.kita bisa melihat bagaimana usaha khalifah Harun al Rasyid membangun perpustakan di seluruh kota Baghdad,atau kita bisa melihat usaha bangsa jepang menerjemahkan begitu banyak buku – buku ilmu pengetahuan pada saat restorasi meiji.semua itu menunjukkan betapa pentingnya peran ilmu pengetahun dalam proses menjadi sebuah bangsa yang maju, namun Ilmu pengetahuan akan benar – benar berfungsi ketika dipergunakan dengan bijak.

 

Buku ini telah menjelaskan secara runut apa rahasia negara – negara maju?mengapa ada negara yang bisa sangat kaya,bisa bangkit dari keterbelakanganya,sementara banyak yang masih terus melarat?apa hal paling signifikan yang membedakan mereka? Dan bagaimana mereka meraih keunggulanya? Telah dikupas tuntas dalam buku ini.

 

Informasi yang diberikan dalam IMPERIUM III yang begitu lengkap juga menyisipkan banyak kata – kata bijak manusia – manusia unggul mulai dari Nabi Muhammad saw pada kebangkitan Islam hingga Akio Morita yang telah memajukan Jepang dengan perusahaan sony yang dia miliki.

 

Buku ini pun tidak membosankan karena dilengkapi dengan foto dan rangkuman pada setiap sub bab yang memiliki banyak pelajaran penting dan perlu untuk dipahami.secara garis besar buku ini menyampaikan bahwa “Sejarah ada , tidak hanya untuk dikenang tepati juga untuk di pelajari sebagai bagian dari anugrah Tuhan kepada manusia,yakni kemampuan untuk belajar dan berubah”.inilah pesan implisit yang coba disampaikan oleh penulis.selamat menikmati.

 

 

Penulis       :     Eko Laksono
Penerbit      :     Hikmah
ISBN            :     978-979-3714-09-5

Jmlh Hlm    :  523 halaman



:astig:

 

Pengalamanku Di Perpustakaan Daerah Kota Bekasi

Sejenak pagi tadi mencoba mengunjungi Perpustakaan Daerah Kota Bekasi, yang ternyata jaraknya dari rumah tinggal menyeberang satu jalan saja sudah sampai.

Letaknya di komplek kantor walikota, jelas sangat mendukung bagi siapapun yang hendak mengunjunginya, dengan tempat yang lumayan nyaman, walaupun ruang parkir yang tersedia minim. Tapi cobalah masuk untuk pertama kalinya.

Continue reading Pengalamanku Di Perpustakaan Daerah Kota Bekasi

Pemuda Sebagai Agen Perubahan Bekasi

A.    Keberadaan Pemuda dalam Lingkungan Masyarakat; Sebagai Pembatasan Atas “Golongan” Tua.

Pemuda sebagai penerus para pemimpin suatu daerah pada masa yang selanjutnya, karena roda kehidupan yang berputar akan menjadikan pemuda pemimpin dimasa yang akan bergiliran pada waktunya. Sehingga mau tidak mau pemuda harus membenah dan mempersiapkan diri untuk membekali “diri” baik dari segi wawasan (knowledge), keilmuan (science) keahlian (skill) maupun kepribadian (ethic). Karena kemajuan atau kemunduran suatu daerah, dalam tatanan sempit, maupun negara, dalam tatanan yang lebih luas, ditentukan oleh “tangan” pemuda.

Pemuda memang diakui se-sosok yang berfisik kuat, berkeinginan tinggi, yang diidam-idamkan bahkan menjadi harapan bahkan menjadi harapan bagi masyarakatnya. Kehadiran pemuda merupakan janin dari embrio suatu generasi baru (the new generation), yang ada dalam tatanan sosio-budaya dalam lingkungan masyarakat. Continue reading Pemuda Sebagai Agen Perubahan Bekasi

Nyookkk Dukung Earth Hour …!

Apaan sehhh…Earth Hour ..? nga   tahunya adalah sebuah kegiatan sukarela bagi seluruh kalangan individu, bisnis dan pemerintah di seluruh dunia yang dimotori oleh WWF ( (*World Wildlife Fund*), organisasi pelestarian global yang bekerja di 100 negara di dunia)  untuk mematikan lampu selama satu jam, sebagai tanda dukungan mereka terhadap upaya penanggulangan perubahan iklim.

Siapa aja seeh yang harus ikutan..? jadi seluruh kalangan individu, bisnis, pemerintah dan komunitas dihimbau untuk mematikan lampu pada tanggal tersebut selama satu jam, mulai pukul 20.30-21.30 waktu setempat.

kapan tanggalnya …? tanggalnya pada 26 Maret 2011, mari teman-teman blogger kita dukung kegiatan ini, hanya 1 jam saja kok, lumayan tuh buat sedikit ada penghematan pembayaran listrik , bener ngak ya ?

Hasilnya boleh di foto-foto atau di videoin dan kirim ke : http://earthhour. wwf.or.id/ index.php.

nyookk..nyookk…mareeeee…!

“Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal       engkau mampu melakukannya.”

Peran Ortu dan Guru dalam Pemanfaatan Internet

 

Omjay dan keluarga
Omjay dan keluarga

Banyak hal positif dan negatif terjadi di internet. Hal positifnya jelas telah sama-sama kita rasakan. Namun hal negatifnya jangan sampai juga terasakan oleh kita. Sebab bila hal negatifnya lebih menonjol, maka akan banyak kemaksiatan kita temui. Diantaranya, pornografi, dan porno aksi. Belum lagi kasus pencurian, dan penipuan di internet. Lalu bagaimanakah peran kita sebagai orang tua, dan guru dalam memanfaatkan internet?

Continue reading Peran Ortu dan Guru dalam Pemanfaatan Internet

Gantungkan Cita-citamu setinggi gantungan

Waktu kecil pasti banyak yang menanyakan cita-cita kita, baik guru, tukang sayur, ataupun ibu kita dirumah, tapi tau gak sih kalau segala cita-cita itu bisa saja hanya basa-basi untuk menjawab pertanyaan “adek cita-citanya apa?”, kalau kita jawab dengan jawaban tidak tahu otomatis ibu kita yang malu karena merasa anaknya kurang atraktif, dungu atau memang kurang pendidikan luar. Syukur-syukur tidak di masukkan kedalam golongan madesu, masa depan suram. Sama seperti anak-anak sehat lainnya, saya pun punya cita-cita.

Saya selaku anak kecil normal dengan tatapan nakal, mempunyai cita-cita awal sebagai seorang astronot. Kenapa saya pengen menjadi seorang astronot?, karena waktu saya kecil suka banget memakai helm honda warna putih yang ada tulisan RX, dengan memakai itu saya merasa menjadi astronot seperti gambaran video klip sheila on 7 “itu aku”. Ibu dirumah selalu menyemangatiku untuk menjadi seorang astronot kelak nanti ketika aku menjadi seorang dewasa, segala pendidikan motorik ataupun sensorik di lakukan agar saya bisa menggapai cita-cita. Namun saya harus menghilangkan niat menjadi astronot karena saya sendiri suka muntah kalau naik taksi, takut ketinggian dan suka sesak dengan baju yang tebal (semi asma).

Apalagi saya belum pernah melihat, mendengar, membaca negara Indonesia mengirimkan astronot ke bulan, saya lebih sering mendengar banyak produk-produk astor yang ada di pasaran. Padahal bisa saja saya menjadi orang pertama dari bangsa Indonesia yang bisa menduduki bulan, namun rasanya saya lebih mendingan naik taksi daripada harus naik kapal kolang kaling meninggalkan bumi selama bertahun-tahun, pasti kangen berat sama bunda :-( .

Semangat saya untuk bercita-cita tidak lantas kendur, saya ingin menjadi dokter, kali ini niatnya betul-betul nyata. Setiap ada tayangan televisi tentang pendidikan ilmu pengetahuan alam, saya tonton dengan mata terbuka walaupun lebih sering liat tayangan binatang makan bintang dan orang makan binatang (ini sih acara kuliner). Sampai SMP tekad semakin bulat, saya sudah menghitung anggaran kuliah apabila masuk ke jurusan kedokteran, saya pun ingin berada di antara mahasiswa kedokteran jaket kuning (universitas Indonesia). Apalagi saya ini memiliki nilai tinggi dalam pelajaran biologi dan fisika namun nilai matematika jeblok, akibat kelemahan saya dalam mengingat angka dan rumus phytagoras. Ah itu sih tidak masalah, banyak penemu-penemu di dunia yg tidak bisa matematika malah justru dapat gelar doktor.

Continue reading Gantungkan Cita-citamu setinggi gantungan

Dari Ajang Pesta Relawan #3gMerapi

“Wah sampeyan iki mirip benar dengan mas Aris lho mas Eko”, kata mas Blontank padaku sambil berjabat tangan erat. Maklum lama tidak ketemuan.

“Hehehehe…mirip apanya mas?”

“Sama-sama suka plesir, hahahaha….”

“Hahahaha…. bener juga mas”

“Dan sama-sama bulat wajahnya, hahahaha….”

Kami berduapun saling melepas kangen dengan bercerita ngalor ngidul sambil asyik menikmati tarian energik dari beberapa penari yang luar biasa.

Dari sekian banyak acara yang disajikan dalam pesta relawan Merapi bertajuk #3GMerapi, maka ada dua puluh tips menarik yang mungkin bisa menyadarkan kita bahwa yang sepele di sekitar kita ternyata maknanya bisa asangat dalam.

Mari kita lihat satu demi satu.

13007974211915799020
Gunakan lampu Hemat energi
13007976981931077547
Bayar tagihan secara online (menghemat kertas dan energi)
13007978081608461520
matikan komputer saat tidak digunakan
1300797851680848276
Tolak kantong plastik yang tidak mudah terurai
13007979092051087157
Pengepakan minimal
13007979541128717568
Tolak Styrofoam
1300797995858451743
Gunakan kendaraan umum
1300798038287430766
Gunakan dua sisi muka kertas
1300798076458860341
Segera perbaiki keran air yang rusak
13007981142121342290
Tanam pohon sebanyak mungkin
1300798250640002432
Matikan AC
1300798278579230928
Buat acara liburan tanpa merusak alam
1300798320124567956
Berangkat barengan ma kawan
13007983491853326373
Uji berkala emisi kendaraan
13007983991457362503
Gunakan tangga
13007984402069128108
Memilah sampah
1300798474546538139
Manfaatkan air hujan
1300798504340959226
Tunjukan kepedulianmu pada lingkungan
13007985411891215086
Jangan lupa matikan keran
1300798566728277684
Lestarikan lingkungan dengan jadi relawan

Itulah 20 isu panas di dunia ini yang bis adiselesaikan dengan cara yang keren banget. Tidak perlu melakukan semua hal di atas, tapi berbuatlah sesuatu demi bumi tercinta ini dengan menjalankan 20 tips keren di atas.

Ibu pettiwi sudah lama menangis dan kitalah yang bisa menenangkan Ibu Pertiwi tercinta.