Novel Asli Bekasi, Selamatkan Kali Bekasi….

Novel asli Bekasi akan dibesut dengan judul SI Kacung, Jawara Kali Bekasi. Ditulis dengan bahasa tutur komedian, Bang Komar yang juga member aktif bloggerbekasi.com menyatakan bahwa ini bukan sekadar novel komik. Sejatinya, ini kampanye untuk menyelamatkan kali Bekasi. “Di buku ini diceritakan soal fenomena kali Bekasi dan buaya buntung, mitos hidup orang Bekasi…” katanya.

Bang Komar menyebut legenda buaya buntung sejatinya merupakan infrastruktur budaya. Alat budaya untuk menjaga kelestarian sungai. Karena sungai adalah nadi kehidupan. Yang mengalirkan air. Menyuburkan sawah. Memberikan beras. Menyambung hidup manusia. Ini siklus kehidupan. Air mengalir di sungai. Maka, melecehkan sungai sama saja melecehkan masa depan.

“Nah, kepedulian kepada sungai saat ini kandas se kandas-kandasnya! Lihat saja kali Bekasi, Kali CBL, kali Cikarang dan lain-lain. Semuanya tercemar limbah. Kotor!” teriaknya galau.

Namun,
Teriakan bang Komar bagai menebus ruang kosong,
Gua peradaban pikuk dengan bising metropolitan dan gemerincing materialisme…

Walaupun demikian, tak pernah ada kata menyerah untuk mengampanyekan Selamatkan Kali Bekasi melalui apa saja yang kita bisa. Salah satunya dengan peluncuran Novel Komik.

Novel ini disupport penuh oleh Partai Kebangkitan Bangs (PKB) Kota Bekasi. []

Seminar Nasional Pendidikan IGI Bekasi, 27 Mei 2012

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional, Ikatan Guru Indoanesia (IGI) Bekasi akan menyelenggarakan sebuah kegiatan yang bertajuk Seminar dan Workshop “Sekolahnya Manusia”.

Dalam kegiatan ini IGI Bekasi ingin lebih mengenalkan tentang teori MULTIPLE INTELLIGENCES yang terkadang masih banyak orang yang belum mengenal dan belum memahami apa sebenarnya teori tersebut dan bagaimana cara mengaplikasikannya dalam dunia pendidikan atau sekolah.

Untuk itulah IGI Bekasi akan mengupas tuntas tentang teori ini, dan tentunya bersama pakarnya yaitu Munif Chatib Pakar multiple Intelegences dan Penulis buku best seller “Sekolahnya Manusia” dan “Gurunya Manusia“.

Seminar Nasional IGI Bekasi
Seminar Nasional IGI Bekasi

Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal   : Minggu / 27 Mei 2012
Tempat           : Aula Muzdalifah Islamic Centre – Kota Bekasi
waktu              : Pukul 08.00 s.d 15.00 WIB
Administrasi   : Rp. 75.000, (Non Anggota) Rp. 65.000, (Anggota IGI)

Ayo segera dafatarkan diri anda ke IGI Bekasi, melalui :

  1. Bu Betti (SD Insan Kamil) 081511334417
  2. Bu Juli (Al-Azhar Syifa Budi) 0878877232110
  3. Pak Bhayu Sulistiawan (Mentari Indonesia) 085741901033
  4. Bu Wulan (PAUD Hom Pimpah) 0808159414576
  5. Bu Iha (SMP Plus Attaqwa 12) 085813813100
  6. Taufiq (MI. Attaqwa 15) 087877881524
Pendaftaran bisa dilakukan melalui SMS dengan format :
NAMA#SEKOLAH#NO_HP#GURUNYA MANUSIA kirik ke 087877881524

atau langsung isi formulir online klik disini

Pembayaran dapat dilakukan secara Cash kepada nama-nama tersebut diatas, atau di transfer ke rekening berikut:

  • Mandiri No.1250006479737 a.n Taufiqurrohman
  • BRI No. 079901001900509 a.n Taufiqurrohman
  • BJB No. 0000903361100 a.n Taufiqurrohman
  • BNI No. 0241670742 a.n Taufiqurrohman

Setelah melakukan transfer mohon segera konfirmasi via SMS dengan format : NAMA#SEKOLAH#JUMLAH#BANK_TUJUAN, kirim ke 081314894774, Bukti transfer dikirim via email ke igibekasi@gmail.com atau dibawa saat registrasi.

Benarkah R.A Kartini Lahir 21 April ?

Setiap tanggal 21 April, sebagian besar masyarakat memperingati dan mengenang jasa-jasa R.A Kartini dalam mendorong kemajuan harkat wanita Indonesia. Di sekolah, murid-murid diingatkan tentang peran R.A Kartini melalui penyelenggaraan berbagai lomba, mulai dari lomba pakaian daerah hingga baca puisi.

Tapi benarkah R.A Kartini lahir tanggal 21 April?  Tahun lalu, ada sebuah spanduk yang menuliskan tanggal 20 April sebagai tanggal kelahiran R.A Kartini. Sponsor pembuat spanduk tersebut adalah sebuah partai yang ketua Umumnya seorang wanita.  Saya tidak tahu dari mana referensi yang diambil oleh si pembuat spanduk yang menyebutkan R.A Kartini lahir tanggal 20 April. Yang jelas, foto spanduk tersebut telah beredar luas di internet dan menjadi bahan guyonan.

Mudah-mudahan kelucuan dan keanehan seperti yang tercantum dalam spanduk yang dibuat oleh partai tersebut tidak diikuti oleh yang lainnya dan terulang lagi di tahun 2012 ini dan tahun mendatang. Jika tidak, percuma saja peringatan hari Kartini dilakukan setiap tahun.  Jangan sampai terjadi lagi salah penyebutan tanggal lahir atau yang lebih parah menyamakan R.A Kartini dengan Nyonya Meneer (mengingat ada kemiripan berbusana dalam foto keduanya). Jika untuk masalah tanggal kelahiran saja masih salah, bagaimana memahami makna perjuangan R.A Kartini dan menerjemahkannya dalam kondisi kekinian.  

Akhirnya, jika dalam proses jual beli ada yang kata-kata bijak “telitilah sebelum membeli”, maka terkait dengan penyebutan hari lahir bisa sedikit diadaptasi menjadi “telitilah sebelum membuat spanduk”

Pilih mana Madrid vs Chelsea atau Bayern vs Chelsea atau Barca vs Bayern ?

“Final ideal Liga Champion : Bayern vs Chelsea ?”

Sebuah pertanyaan yang tidak masuk akal pada beberapa hari lalu. Madrid terlalu perkasa, dan apalagi Barcelona. Jadi kalau ada yang memimpikan final Liga Champion adalah Bayern vs Chelsea, maka pasti dia adalah fans berat Bayern dan Chelsea yang sudah kehilangan akal sehatnya.

Ternyata itulah yang terjadi pada leg pertama ini. Kedua klub prestisius itu takluk di kandang lawan masing-masing. Real Madrid tersungkur di kandang Bayern dan Barcelona hanya bisa menari-nari tanpa bisa menjebol gawang Chelsea, bahkan harus rela kemasukan sebuah gol.

barcelona

Dua pelatih top Eropa, Mourinho dan Pep sama-sama tidak risau dengan kondisi ini. Ada leg kedua yang akan mereka jalani dan dipastikan dewi fortuna tidak akan lari lagi dari Real maupun Barca.

Pertanyaannya, apakah hal yang sama tidak akan terulang kembali?

Jangan-jangan Bayern tetap dapat tampil lepas dan menahan draw Real Madrid di kandangnya, demikian juga Chelsea tetap memakai pola menunggu dan memasang banyak barikade di setengah lapangan mereka. Kalau itu yang terjadi maka final yang terjadi bukan duel El Clasico tapi adalah duel Jerman Inggris yang pasti tidak kalah serunya.

Duel El Clasico memang sudah lama ditunggu, tetapi kadang penantian itu sia-sia karena kedua tim malah bermain tidak pada form terbaik mereka, terutam aReal Madrid yang sering melempem kalau beertemu dengan Barca. Tercatat hanya di final piala Raja saja Real Madrid bisa menjungkalkan pendapat publik dan memboyong piala itu.

Sebuah pukulan yang telak untuk Barca saat itu dan bila kondisi liga tetap seperti ini, maka bisa dipastikan Real Madrid akan merebut mahkota juara dari tangan Barca. Akan lebih menyakitkan bagi Barca seandainya mereka bisa mengalahkan Madrid dalam partai El Clasico musim ini. Dengan demikian Madrid akan menjadi juara liga meskipun dua kali kalah dari Barca !

Saat ini para fans Barca dan Madrid sedang uring-uringan. Sebagian dari mereka menyalahkan strategi bertahan ala Chelsea dan sebagian dari mereka menghibur diri dengan berharap adanya kemenangan di leg kedua, karena baik barca maupun Real akan main di depan pendukungnya sendiri.

Masalahnya, pendukung setia bisa saja malah menyebabkan penampilan klub jadi melempem. Kita percaya Barca maupun Real sudah punya tradisi juara dan diisi oleh pemain top dunia yang sudah kenyang pengalaman dalam tekanan mental yang tinggi, tetapi ini adalajh sepak bola yang bolanya bundar.

Semua hal bisa terjadi di bola dan tidak bisa mengikuti matematika yang serba pasti. Jadi syah-syah saja kalau ada yang berharap final tahun ini adalah Real Madrid vs Chelsea.

Setujukah anda? Atau anda sudah punya prediksi sendiri?

real madrid

+++

Sumber gambar FB Real Madrid dan Barcelona

Mau Ikutan Acara Intip Buku? Sabtu, 28 April 2012

Hai teman-teman blogger. Wijaya Kusumah atau Omjay akan mengundang teman-teman di acara bincang buku bersama Johan Wahyudi, Imam FR, Pepih Nugraha, Iskandar Zulkarnaen, Hasan Chabibie, dan penulis buku best seller lainnya sebagai bintang tamu.

Melalui twitter dan email saya sudah mengundang pak Chappy Hakim, dan semoga beliau bisa hadir bersama kita. Juga pak Prayitno Ramelan yang sudah saya japri via BBM. Kita pun yang hadir akan mendapatkan Motivasi luar biasa dari Taufiq Effendi, seorang Tuna Netra yang telah berkeliling dunia dengan mendapatkan 8 beasiswa keluar negeri.

 

Brosur Acara Intip Buku, Silahkan Dicetak untuk Tiket Masuk Gedung Bank Indonesia

 

Continue reading Mau Ikutan Acara Intip Buku? Sabtu, 28 April 2012

Keynote aplikasi presentasi untuk iPad tandem dengan iPhone

“Wah iPadku setiap hari dipake anak-anakku mas, isinya puluhan game tuh”
“Lho ternyata iPad bisa dipakai untuk presentasi yang canggih ya?”
“Pakai aplikasi KeyNote ya mas, kok masih harus pakai iPhone?”
“Apa bisa presentasi pakai iPhone lama, bukan yang seri 4S?”
“Kelebihan iPad memang di sisi tampilan grafisnya ya?”

Beberapa kalimat di atas membuatku merasa perlu untuk menuliskan caraku melakukan presentasi memakai aplikasi KeyNote yang kuinstall di iPad dan remote for KeyNote yang kuinstall di iPhone 4S. Fungsiu iPhone adalah sebagai remote control terhadap presentasi yang dilakukan oleh iPad.

Caranya sangat gampang dan peralatan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut :

  1. LCD Proyektor plus kabel koneksinya.
  2. iPad dengan aplikasi Key Note terinstall
  3. iPhone dengan aplikasi remote for keynote
  4. Kabel connector dari iPad ke LCD proyektor
Key note di iPad

Setelah melakukan instalasi aplikasi Key Note pada iPad, maka jalankan aplikasi tersebut. Pilih tombol “tools”, kemudian “advanced”, lanjutkan dengan klik pada “Remote”. Pastikan enable remotes pada posisi ON dan aplikasi akan mencari remote key note yang terinstall di iPhone.

Remote keynote

Pilih tombol setting pada iPhone yang sudah terinstall remote for key note. Pilih new keynote link dan pastikan angkanya sama dengan angka yang tertulis pada iPad.

Key Note

Setelah itu jalankan saja presentasi yang ada di iPad melalui iPhone. Apa yang tampak pada iPad segera diambil alih oleh iPhone dengan sangat mulus.

Remote Key Note

Kitapun dapat berkeliling kemana-mana tanpa harus ada “asrot” (asisten sorot) yang senantiasa selalu berada di dekat iPad kita. Lupakan membawa laptop yang berat, cukup bawa iPad yang ditandem bersama iPhone.

Tampilan Keynote di iPad
Tampilan Keynote di iPad

Bandingkan dengan tampilan keyNOte di iPhone.

Tampilan Key Note di iPhone
Tampilan Key Note di iPhone

Dengan tampilan iPad dan iPhone seperti ini, maka kita akan terbantu untuk mengetahui slide apa yang akan muncul setelah slide yang saat ini tampil di layar.

Silahkan mulai gunakan KeyNote untuk presentasi yang menyenangkan. Salam sehati !:-)

keynote di iPhoneJangan lupa kabel di bawah ini harus punya.

connector VGA iPad

 

Ketika UN Menjadi Makhluk Tuhan yang Paling Seksi

Makhluk Tuhan Paling Seksi
Makhluk Tuhan Paling Seksi

Tiba-tiba sekolah menjadi bermuatan religius. Doa bersama sampai sholat dhuha dikampanyekan. Katanya, ikhtiar dengan pendalaman materi sudah dilakukan. Tinggal saatnya kita berdoa. Mereka menangis sesunggukan. Kocek kantong orang tuapun ikutan menangis. UN membuat para orang tua menjerit dengan semakin tingginya biaya pendidikan. Orang tua terpaksa, dan dipaksa untuk membayar biaya bimbingan belajar dan pendalaman materi soal-soal UN. Hal yang lebih sadis lagi, sekolah bekerjasama dengan bimbingan belajar agar siswanya lulus 100 persen. Sebuah harga yang harus dibayar mahal demi sebuah prestise sekolah unggul di masyarakat.

Continue reading Ketika UN Menjadi Makhluk Tuhan yang Paling Seksi

Battleship : Sang Pecundang yang menyelamatkan Dunia

Ini sebuah film yang mirip dengan pertarungan antara Daud dan Goliath. Jadi inget film Die Hard 4, antara teknologi canggih melawan akal konvensional. Ceritanya terkesan mengada-ada, tetapi dari adegan ke adegan selalu memunculkan cita rasa action plus bumbu humor disana-sini.

battleship goliath versus daud 1

Awal cerita sudah dimulai dengan humor edan-edanan untuk mendapatkan sebuah makanan ayam. Suatu hal yang sangat herois bagi para pecinta dan terpanalah sang putri jelita. Kisahpun bergulir dengan cepat dan sang pangeran terus menunjukkan kebodohan dan kekeras kepalaannya. Munculah stempel konyol di kepala sang pangeran “HOPPER”.

Dimulai dari kekerasan hatinya mengambil tendangan penalti padahal dia sedang terluka sampai ke tindakan perkelahian tidak jelas di antara sang pangeran dan tentara Jepang. Semua memberi image bahwa HOPPER adalah pecundang. Cerita makin jelas ketika muncul sebuah berita bahwa seusai pelayaran, maka HOPPER akan dipecat.

Penontonpun dibuat yakin bahwa pasti akan ada penyelamatan luar biasa yang akan dilakukan oleh HOPPER untuk membalikkan berita yang muncul tentang pemecatan dirinya.

Di belahan daerah yang lain, ada konflik lain yang dimunculkan. Itulah kisah seorang mantan tentara yang dua kakinya hilang di medan perang dan semangatnyapun ikut terbawa angin. Dengan kemarahan yang luar biasa terhadap hilangnya sepasang kakinya dan tiadanya penghargaan yang sepadan baginya, menurut dia, maka lengkaplah kekecewaan sang mantan tentara ini.

Potongan cerita lainnya adalah adanya sebuah stasiun bumi yang sanggup berkomunikasi dengan planet lain yang jaraknya sangat jauh, bahkan sampai ke ruang angakasa lain yang tidak diketahui keberadaannya.

Potongan cerita inilah yang sambung menyambung membuat film ini jadi terasa penuh teka teki di awal dan mulai saling menyambung di ujung cerita.

Secara umum, inilah film yang sangat menghibur bagi mereka yang suka dengan film drama action dengan bumbu humor disana-sini. Film yang cocok untuk pasangan anak-muda atau suami istri yang ingin mengenang saat mereka berpacaran dulu.

Selamat menonton

battleship goliath versus daud 3

+++

Sinopsis versi 21cineplex.com

Armada Angkatan Laut internasional menjadi basis pertahanan terakhir ketika spesies asing yang disebut The Regents mencoba menyerang Bumi

Terperangkap di tengah serangan mahkluk asing, Letnan Alex Hopper (Taylor Kitsch) harus bekerjasama dengan saudaranya, Stone (Alexander Skarsgard) dan ayah tunangannya, Laksamana Shane (Liam Neeson), untuk membantu tim mengusir para penyerbu sebelum terlambat.

+++

Gambar diambil dari FB Battleship. Baru tahu juga kalau salah satu tentara cewek yang sangat macho dan terkesan berkulit gelap, aslinya ternyata berkulit putih dengan penampilan yang sangat jauh berbeda di film dan di dunia nyata sehari-hari.

tentara Cewek Battleship

+++

Thrillernya silahkan dinikmati disini

https://www.youtube.com/v/JpoabtbEJOI?version=3&hl=id_ID

Berbagi Ilmu Penelitian Ilmiah kepada para Siswa SMA di Hotel Puri JaYa

Selasa, 10 April 2012 di hotel Puri Jaya jl Percetakan Negara 5 jakarta pusat diadakan kegiatan bimbingan teknis dan olimpiade penelitian siswa sma tingkat kota adminstratif jakarta pusat. Para siswa sma diundang oleh suku dinas pendidikan jakpus untuk mengikuti kegiatan ini. Ada sekitar 100 org siswa hadir unruk mendaptkan materi dari 3 nara sumber yaitu dedi dwitagamawijaya kusumah, dan sulistiyani.

 

Berbagi Ilmu Penelitian di Hotel Puri jaya Jakpus
Berbagi Ilmu Penelitian di Hotel Puri jaya Jakpus

Ketiga narasumber diminta untuk menterjemahkan tema besar yang diminta sudin diknas jak-pus yang bertajuk dengan bimtek olimpiade penelitian siswa, kita bangun daya nalar dan berpikir kritis.

Dedi dwitagama memotivasi siswa untuk berpikir kreatif aja untuk jadi juara. Orang kreatif pasti tidak akan pernah kehilangan ide untuk melakukan penelitian. Selain mampu bekerjasama, orang kreatif akan berusaha keras mewujudkan apa yang ada dalam pemikirannya.

 

Para peserta bimtek olimpiade penelitian mendengarkan presentasi pak Dedi Dwitagama
Para peserta bimtek olimpiade penelitian mendengarkan presentasi pak Dedi Dwitagama

 

 

Sulistiyani memberikan penjelasan tentang jenis-jenis karya ilmiah dan ciri-ciri tulisan ilmiah. Dengan bermain puzzle, siswa diminta merangkai kata, dan terlihat para siswa sangat antusias sekali mendapatkan materi ini.

Sementara wijaya kusumah (omjay) memberikan materi metodologi penelitian dalam bentuk praktik dan siswa diminta langsung menuliskan apa-apa yang menjadi masalah penelitiannya. Materi juga diselingin dengan pemutaran film contoh penelitian sederhana sehingga siswa lebih memahami apa itu penelitian. Siswa pun diminta untuk membuat draft proposal penelitian.

 

Para Siswa Asyik Menonton Cuplikan Penelitian
Para Siswa Asyik Menonton Cuplikan Penelitian

 

 

Bangun daya nalar dan berpikir kritis siswa melalui penelitian agar para siswa terbiasa untuk melakukan penelitian dengan baik dan benar sesuai dengan sistematika karya tulis ilmiah.

 

Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk membuat draft proposal penelitian
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk membuat draft proposal penelitian

Adanya kegiatan bimbingan teknis olimpiade penelitian siswa semoga dapat membangun daya nalar dan berpikir kritis siswa dalam mengembangkan kemampuan meneliti di sekolahnya masing-masing.

 

 

Salam blogger persahabatan
Omjay