Guru Bekasi Menyampaikan Harapannya Langsung Kepada Walikota Bekasi

Salah seorang guru SDIT Mentari Indonesia ibu Nur Fatiyah, S.Sos atau yang biasa disapa bu Fatiyah berkesempatan berbicara langsung dihadapan bapak Walikota Bekasi Dr. H. Rahmat Effendi kemarin saat menjadi peserta seminar workshop “Gurunya Manusia” bersama pakar multiple intelligences bapak Munif Chatib di Islamic Center Kota Bekasi 27 Mei 2012. Kesempatan tersebut diberikan langsung oleh walikota yang menjadi keynote speaker dalam acara yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Bekasi dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2012 tersebut.

dialog langsung dengan walikota Bekasi

Saat menyampaikan materinya pak walikota menanyakan sejumlah hambatan dari program pemerintah yang belum berjalan dengan lancar. Sebelumnya, guru SDN Kaliabang Tengah VII dipersilahkan maju ke hadapan podium untuk menyampaikan keluhannya kepada  walikota. Ibu guru tersebut mengeluhkan tentang tufung (tunjangan fungsional) yang belum cair selama 4 bulan pada tahun 2011 dan di 2012 juga ada yang belum cair. Mendengar keluhan tersebut walikota langsung menunjuk Sekdis (Sekertaris Dinas) Pendidikan Kota Bekasi yang mewakili kepala dinas saat itu untuk menindak lanjuti hal tersebut. “Jangan membiarkan guru menjadi resah karena haknya tertunda”, ucap walikota yang baru saja dilantik 3 Mei 2012 lalu.

PEMKOT BEKASI sdh 9 bln nahan tunjangan guru. (*Harian Terbit, Rabu 30/5 h.3)
PEMKOT BEKASI sdh 9 bln nahan tunjangan guru. (*Harian Terbit, Rabu 30/5 h.3)

Setelah diberikan info dari sekdis bahwa ketertundaan tersebut disebabkan karena pemprov Jawa Barat belum mentransfer ke kas daerah, selanjutnya pak walikota juga menanyakan kepada guru-guru swasta tentang harapan para guru dan apakah yang diberikan oleh pemkot sudah cukup. Bu Fatiyah yang berkesempatan dipersilahkan maju dan menyampaikan harapannya mengatakan bahwa untuk ukuran cukup memang relatif, dan jadi guru itu bukannya banyak tapi cukup. Ketika ditanyakan apa harapannya kepada pemerintah, bu Fatiyah menyampaikan apresiasinya kepada walikota sebatas kesanggupan pemerintah saja. Namun kalau ditanya apakah mau ditambah, ya syukur alhamdulillah kalau bisa ditambah, ucap guru yang menjadi wali kelas II Shafa di SDIT Mentari Indonesia Bekasi Utara.

wawancara didampingi panitia

Sebagian para guru yang hadir mengamini apa yang disampaikan kepada walikota agar peningkatan mutu guru sejalan dengan peningkatan kesejahteraan guru tanpa adanya hambatan dan kendala. Usai memberikan materi dan diserahkan cindera mata dari panitia, walikota pun langsung pamit karena harus menghadiri acara lainnya. Saat diwawancara oleh wartawan dan  didampingi oleh sekertaris panitia Bhayu Sulistiawan, S.Pd.I yang juga guru di SDIT Mentari Indonesia walikota menyampaikan apresiasinya terhadap masukan dari bu Fatiyah karena bagaimanapun juga pemerintah berkewajiban meningkatkan mutu guru sebagaimana visi Bekasi Cerdas dan pesan beliau juga agar para guru senantiasa semangat dalam menjalankan profesinya dengan baik.

Dialog Guru Bekasi dengan Walikota Bekasi, Rahmat Effendi
Dialog Guru Bekasi dengan Walikota Bekasi, Rahmat Effendi

 

sumber: di sini, dan di sana

 

Ibuku bermata satu

Ibuku mempunyai satu mata. Dari semua hal yang dia punya ditubuhnya, hanya kurang itu. Pada awalnya di setiap pagi aku berangkat sekolah diantar olehnya, semua baik-baik saja. Hingga tiba-tiba salah satu orang di kelasku berteriak, “Ibumu punya satu Mata, hai anak dari bermata satu”.

Aku malu, dan semenjak itu, aku tidak (mau) menerima kehadirannya. Kemanapun dan dimanapun dia berada selalu aku tolak. Aku sangat malu. Bahkan sering aku merasa ingin agar Ibuku menghilang dari sekelilingku. Menghilang begitu saja dan hilang.

Beranjak dewasa, aku merantau. Hingga kemudian aku menikah, tak ada satupun keluarga yang aku kabari, karena aku takut ibuku akan datang menemuiku. Hingga dua anakku besar dan lucu-lucu. Tiba-tiba dia datang mengetuk pintu dan membuat kedua anakku kaget. Yang satu ketakutan dan yang satu mentertawakannya.

Aku berteriak kencang kepadanya, “kenapa kamu datang tanpa di undang??”. “Kamu telah membuat anakku ketakutan, pergi sana”. Teriakku. Dan dia pun segera menghilang dari pandanganku.

Sekian lama waktu berselang, aku mendapatkan undangan reuni dari Sekolah SMA. Entah kenapa, aku sangat ingin menghadirinya. Dan dengan membohongi istriku, aku berangkat mengikuti reuni. Bersenang-senanglah aku disana.

Dari tetanggaku aku mendengar bahwa ibuku sudah meninggal. Tiada airmata yang menetes dari mataku. Kemudian tetanggaku memberikan sebuah surat dari ibuku. Segera aku baca.

“Yang tercinta anak lelakiku,

Aku bangga dengan semua yang sekarang ini kamu peroleh. Aku senang menyaksikan perkembanganmu. Aku juga senang mendengar bahwa kamu menjadi orang yang sangat disegani.

Mengingat waktu kecil dulu. Kamu mengalami kecelakaan yang membuatmu harus kehilangan satu matamu. Sebagai ibu, aku tidak kuasa untuk menangisi kejadian itu. Membayangkan apa yang akan kamu terima dari ucapan, hinaan dan teriakan orang lain atau temanmu.

Oleh karenanya, aku berikan satu mataku kepadamu. Agar kamu tetap bisa seperti layaknya anak-anak normal lainnya. Dan sekarang, aku begitu bangga bisa melihat dunia yang begitu indah dengan mata yang ada padamu.

Selalu sayang.
Ibumu.

Cross posting di www.kika.web.id

GCC : Inisiatif Global Menuju Kesehatan Korporasi

Kemarin pagi, Selasa (22/5), saya menerima paket Starter Pack GCC (Global Corporate Challenge) yang terdiri atas Tas Punggung, Stress Ball, Kaos kaki dan 2 pedometer. Saya bersyukur perusahaan saya (PT Geographe Energy Indonesia) menunjuk saya menjadi salah satu peserta kegiatan ini bahkan menjadi kapten atas 6 orang anggota regu CSI-02 (untuk kantor di Indonesia ada 2 tim yang ikut).

GCC merupakan sebuah gerakan yang menggalang partisipasi global perusahaan (juga personal) untuk hidup lebih sehat dengan cara melakukan berbagai aktifitas fisik, antara lain berjalan, berlari, bersepeda bahkan berenang dan diukur dengan alat Pedometer dengan target 10.000 langkah/hari selama 16 minggu berturut-turut. Program ini dirancang secara unik dan melibatkan keterlibatan tim untuk mencapai target yang ditetapkan. Data capaian peserta dimasukkan melalui website GCC atau bisa juga lewat aplikasi mobile (IOS, Android dan Blackberry). Statistik pencapaian juga terukur dan bisa dilihat disana.Sejumlah perusahaan besar ikut kegiatan ini seperti Unilever, Tyco, Nestle, P & G, Kraftfoods, dan lain-lain.

Diharapkan, GCC akan memberikan dampak signifikan bagi karyawan, tidak hanya pada kesehatan fisik namun juga kesehatan mental berupa motivasi agar terus bekerja lebih giat dan bersemangat. Ujung-ujungnya, produktifitas kerja akan meningkat. Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas, apa itu GCC, silakan simak video berikut:

Dalam video tersebut disebutkan sejumlah fakta menarik dari kegiatan GCC tahun silam antara lain dari total kurang lebih 130.000 peserta yang ikut selama 16 minggu, 90% merasakan efek positif dari kesehatannya, penurunan berat badan rata-rata 4,5 kg (total keseluruhannya mencapai 233 ton!) , 74% terjadi peningkatan dalam moral bekerja serta dilaporkan 71% mengalami peningkatan energi dan 40% partisipan mengalami penurunan ketidakhadiran dikantor karena sakit.  Yang cukup menakjubkan adalah 91% peserta tetap melakukan aktifitas serupa bahkan setelah GCC selesai.

Program ini akan dimulai besok (24/5) secara serentak di seluruh dunia dan berakhir pada 12 September 2012. Terdapat kurang lebih 150.000 orang seluruh dunia yang akan berpartisipasi dalam kegiatan GCC, termasuk perusahaan kami yang telah menjadi bagian salah satu dari grup perusahaan terkemuka dibidang Oil & Gas, Cameron. Regu saya tidak hanya terdiri dari teman-teman kantor di Cikarang (Ahmad Saleh, Andi Susanto, Sharon Honiara & Yohanis Arung P), tetapi juga ada 2 diantaranya dari kantor di Malaysia (Adi Omar & Chong Eujin).  Seluruh peserta diminta untuk mendaftarkan diri dengan akses masuk ke website GCC.

Sebagai kapten dari 6 anggota, saya sudah mendapatkan akses masuk ke situs resmi GCC serta melakukan update profil serta melengkapi data-data yang dibutuhkan. Sebagai peserta, kami tidak hanya mengisi data awal berupa informasi pribadi namun juga perilaku bekerja serta profil kesehatan selama setidaknya 6 bulan terakhir (termasuk apakah sudah pernah sakit sebelumnya).  Ini akan menjadi bahan rujukan bagi evaluasi setelah program GCC selesai.

Bagi saya, ini sebuah program yang menarik dan inspiratif. Menggalang partisipasi global untuk kesehatan korporasi menjadi sebuah solusi menuju membaiknya produktivitas kerja dengan kerjasama tim yang padu serta kekuatan individu. Program ini ternyata tidak hanya untuk kalangan dewasa saja bahkan juga untuk anak-anak yang dinamakan sebagai  Global Children Challenge.

Saya sendiri akan berusaha untuk menjalankan pola hidup sehat, dengan ataupun tanpa GCC, secara konsisten. Program GCC kian menambah spirit saya untuk berbuat lebih baik, inovatif dan produktif.  Tidak hanya untuk perusahaan (yang sudah “mentraktir” saya mengikuti event ini :) ), tapi terutama untuk diri saya sendiri.

Let’s move on, guys and get at least 10.000 step/day !

Catatan:

Beberapa video terkait kegiatan GCC bisa anda lihat di Youtube 

 

Tips Iklan di Facebook

Bagi Anda yang baru memulai untuk beriklan atau memasarkan produk di Facebook, dan menjadikan Facebook sebagai salah satu tool marketing, maka harus bisa mengenali dengan baik apa saja yang akan Anda kerjakan untuk memulainya. Berikut ini 5 tips dasar tentang cara berkampanye/pemasaran di facebook.

  •     Segmentasi
  •     Optimasi Iklan
  •     Jadwal Kampanye
  •     Mengelola Anggaran
  •     Melacak hasil

1. Segmentasi – Siapakah target Anda?

Ini berlaku untuk semua bentuk iklan, tidak hanya terbatas di dunia online atau facebook semata. Menyesuaikan dengan target pelanggan itu sudah pasti. Menggapai orang-orang yang sesuai dan tertarik dengan Produk kita. Kemudian menceritakan kisah Anda, buatlah cerita yang membuat target masuk ke dalam. Dengan segmentasi, kesempatan untuk mencapai populasi pengunjung dan target akan menjadi lebih efektif.

Penargetan segmen sangat bergantung pada informasi yang detail dan juga akurasi yang sudah Anda terima. Buatlah kampanye pemasaran kita menjadi lebih “relevan” ketika dilihat orang. Sudah tentu, ini berdasarkan dengan demografi, jenis kelamin, minat dan beberapa parameter lainnya.

Ada baiknya bila dilakukan uji coba dengan membuat beberapa iklan untuk mendapatkan respon hasil maksimal dalam membuat respon kepada target pasar.

2. Optimalkan Iklan – Short story telling

Memperbanyak target sebanyak-banyaknya bukanlah hal yang bijak, akan lebih baik apabila Anda membuat sebuah cerita yang menarik dan “memaksa” orang untuk melakukan klik pada iklan Anda.

Berapa banyak iklan yang membombardir keseharian kita? Baik di majalah, koran, TV atau web? Berapa banyak yang satu bidang/produk? Dan coba pikirkan, berapa banyak yang “sanggup” membuat orang berpikir untuk membeli?

Susun daftar demografi dengan baik, karena ini salah satu aspek terpenting untuk membuat orang menjadi klik dan beli. Frame sederhananya adalah, Judul, Tubuh teks (isi) dan Gambar. Buatlah semenarik mungkin.

Pedoman dasar untuk pembuatan:
A. Selalu:
– Gunakan tata bahasa yang benar dan tanda baca.
– Gunakan gambar yang mewakili produk Anda dan menarik perhatian.
– Katakan kebenaran.
B. Hendaknya:
– Tidak menggunakan semua huruf dengan huruf kecil atau huruf besar semua.
– Tidak menggunakan terlalu banyak foto, buatlah dengan custom untuk iklan ini.
C. Cobalah Untuk:
– Memiliki “ajakan untuk bertindak” dalam teks.
– Ada pertanyaan/mengajak bicara dengan emosi, bila ajakan untuk bertindak tidak bekerja.
– Melihat pesaing dan berpikirlah diluar mereka.

3. Jadwal Kampanye

Banyak fakta terjadi, di akhir pekan dan di hari kerja, menunjukkan hasil yang berbeda. Juga periode waktu menampilkan iklan juga memberikan dampak yang besar pada kampanye anda.

Tidak semua jam bisa menjadi sama hasilnya. Cobalah untuk menyelidiki dan melakukan uji coba dengan menjalankan iklan di waktu/hari yang berbeda-beda. Lakukan riset tersebut dengan baik dan lakukanlah identifikasi segera disesuaikan dengan kebutuhan yang memang ingin dicapai.

4. Mengelola Anggaran

Facebook memberi kesempatan kepada pengiklan untuk mengatur sendiri jumlah klik yang ingin dibeli, dan memaksimalkan sebaik mungkin hasil iklan dengan pendapatan produk yang sedang diklankan. Sudah semestinya (dimanapun) pengeluaran biaya iklan harus berbanding lurus dengan pendapatan dari iklan tersebut. Pelajari dengan baik optimasi yang bisa dilakukan, sehingga performa usaha Anda juga tidak terganggu.

Kualitas klik akan sangat dipengaruhi oleh orang yang melihat iklan. Orang yang dalam kesehariannya banyak menghabiskan waktu di Facebook akan banyak menghasilkan tayangan iklan, dan rata-rata mereka tidak akan tertarik dengan iklan-iklan tersebut karena sudah terlanjur melihatnya sepanjang waktu.

Cermati pula kondisi, dimana setiap perusahaan pemilik lahan iklan akan selalu memberi penawaran menggiurkan, jadi alangkah baiknya untuk tidak membabi buta.

5. Melacak Hasil

Seperti halnya dengan jenis pemasaran yang lain, iklan di facebook juga harus diukur dengan ROI. Namun sayangnya Facebook belum menyediakan Tool yang pas untuk memperlihatkan iklan apa saja yang berhasil ditayangkan dengan baik. Seperti jenis lain pemasaran, iklan di Facebook harus diukur dengan ROI.

Solusinya, buatlah bagan ukuran sederhana dari mulai pengeluaran biaya iklan, hingga hasil dari penelpon atau pemesan produk Anda. Kemudian lakukan penghitungan dengan lebih baik lagi.

Salam kreatif.

Terima kasih.

Cross posting dari BusinessModelIndonesia.com

Kue Rangi, Enaknya sampe ke Jari

Kue rangi

 

Siang terik di Islamic Centre.

Mentari seakan memperkosa kulit kepala. Panassss…

Waktu itu di Islamic Centre. Boring sangat. Apalagi janjian tak kunjung datang.

Tapi, Allah Maha Pengasih penyayang. DIA kirimkan saya seorang tukang kue rangi. Ahaaa….pengobat bete bin jenuh datang.

 

Tereret tetotet….panas pun tak berasa. Ada kur rangi.

Kue rangi adalah salah satu jajanan  khas Bekasi yang mulai punah. Sulit sekali menemukan penjual kue yang dibuat dari adonan kelapa parut dan tepung kanji yang dicetak dalam cetakan kue pancong/pukis untuk dibakar kemudian disajikan dengan kinca gula merah. Kalau dimakan, kincanya blepetan sampai bawah bibir. Ah, sensasional!

Nah, buat yang nyoba. Ini die resepnya:

Hajjjjaaarrr…..!!

Bahan:

  • ½ butir kelapa setengah tua, dikupas, diparut untuk mendapatkan santan.
  • 100 g ampas kelapa (perasan santan).
  • 100 g tepung sagu
  • Garam secukupnya.
  • 250 g gula merah
  • 300 ml air
  • Daun pandan

Cara membuat :

  • Campurkan kelapa parut, ampas kelapa, sagu dan garam. Kemudian diaduk rata
  • Panaskan cetakan kue pancong/pukis. Olesi mentega sedikit.
  • Masukan adonan ke dalam cetakan, masak hingga kering dan matang.
  • Di tempat yang terpisah rebus air hingga mendidih, masukan gula merah, daun pandan, beri sedikit sagu. Aduk hingga kental hingga menjadi sirup untuk kinca.
  • Sajikan kue rangi yang sudah matang dengan disiram kinca kental.

 

 

REUNI SMAN 1 Bekasi: Bernostalgia, Berbagi dan Bermakna

REUNI AKBAR yang akan diselenggarakan bersama dengan ULANG TAHUN SMA Negeri 1 Bekasi yang tanpa disadari telah mencapai usia 50 TAHUN, adalah sebuah ukuran usia sangat matang dalam konteks sosial kemasyarakatan. Kepemimpinan dan organisasi, menjadi titik tolak ukur seberapa mampu sebuah institusi bertahan, berkembang, dan tumbuh menjadi sebuah institusi yang kuat, kokoh serta berkarakter.

Thema acara :“Bersilaturrahmi, Bernostalgia, Berbagi, Bermakna..” Alumni akan berkumpul untuk :

ACARA PENDUKUNG :
1. KONGRES ALUMNI
Diselenggarakan untuk tujuan Pembentukan Ikatan Alumni yang solid, akurat yang saling bersinergy antara Alumni dengan Alumni, Alumni dengan Sekolah, Alumni dengan adik2 siswa Aktif bahkan juga dengan Masyarakat, Diadakan pada tanggal 26 Mei 2012

2. MEMANCING bertujuan mengulang kembali bagi komunitas memancing betapa harus bersabar untuk sebuah ilmu yang didapat dari Guru saat Sekolah dulu.Diadakan pada tanggal 9 juni 2012

3. FUTSAL : merupakan satu kegiatan Sport yang bertujuan untuk menjalin silaturrahmi antar angkatan yang dikemas apik Lintas generasi dalam nuansa fenomenal “SUKARSA CUP” Diadakan pada tanggal 2 – 3 Juni 2012

4. FUNBIKE Satu kegiatan sport yang bertujuan untuk mengulang kembali (Napak Tilas) perjalanan pulang & pergi sekolah yang peminatnya sangat Luar biasa jumlahnya

5. BHAKTI SOSIAL sebagai salah satu pertangungjawaban sosial alumni untuk berbagi terhadap masyarakat dan alam sekitarnya khususnya dan Bekasi pada umumnya. yang turut menjaga dan membesarkan almamater.

ACARA UTAMA :
GERBANG UTAMA dibuka untuk para tamu Alumni yang terhormat, dengan disambut oleh ABANG MPOK BEKASI (Kota n Kabupaten yang Alumni SMAN 1 Bekasi) –
Alumni akan terbawa alur :
Pendaftaran kehadiran – menyusuri Galerie Photo yang berisi rekapan kegiatan jaman dahulu kala – Bazaar yang tertata apik kreasi para Relasi dan Alumni yang saling bersinergy dan berakhir di Tower Cluster 5 Angkatan besar

PEMUKULAN BEL :
Para Alumni dan keseluruhan hadirin dalam acara tersebut akan berkumpul dalam Upacara yang Sakral mengulang kembali saat indah ketika berbagai pengumuman & sambutan dipaparkan, berbaris sesuai Cluster.

BERBAGAI ACARA PENTING :
Sambutan – sambutan – Paparan Sejarah berdirinya SMAN 1 yang penuh perjuangan – Launchimg & Pengukuhan Ketua Ikatan Alumni – Pemberian bea siswa (untuk siswa aktif berprestasi tapi kurang beruntung) – Penghargaan Alumni Berprestasi dan Long Live Achievment – Penandatanganan Prasasti 50 tahun SMAN 1 Bekasi – Pentas seni tiap Angkatan – ISHOMA – Hiburan (penampilan lanjutan tiap angkatan) – Games & door Prize yang dikemas seru agar tambah akrab antar angkatan dan akan muncul setiap saat sebagai selingan menarik.

Acara akan ditutup dengan menyanyikan bersama lagu terima kasih Bapak & Ibu Guru serta sebuah lagu perpisahan yang menandakan ber AKHIR NYA Acara Puncak tersebut

TETAPI merupakan AWAL dari Keluarga besar IKATAN ALUMNI TERBENTUK yang akan mengukir kegiatan jangka panjang seperti yang kita inginkan bersama demi terjalinnya silaturrahmi bersinergy

Membaca dan Menikmati Novel 3600 Detik Karya Charon

Sandra sangat terpukul ketika orangtuanya bercerai…. Dan hatinya semakin sakit ketika ayahnya memutuskan ia harus tinggal bersama ibunya, yang selama ini tak pernah dekat dengannya. Kemarahan yang menggelora menjadikan Sandra remaja yang bandel. Berulang kali ia dikeluarkan dari sekolah karena kenakalannya di luar batas. SINOPSIS.

Akhirnya ibunya memutuskan untuk pindah kota. Mungkin suasana dan lingkungan baru akan mengubah perilaku putrinya. Namun di sekolahnya yang baru ini Sandra sudah bertekad untuk membuat dirinya dikeluarkan lagi. Ia bertekad akan membuat ulah agar para guru tak tahan terhadapnya. Namun ia salah perkiraan. Pak Donny, sangat sabar menghadapinya. Wali kelasnya itu berpendapat, mengeluarkan Sandra berarti menuruti keinginan anak bandel ini.

Namun, lambat laun Sandra berubah. Orangtua maupun gurunya heran. Mereka yakin, Leon-lah yang membuat gadis itu berubah. Mereka juga bertanya-tanya, kenapa Leon bisa bersahabat dengan Sandra, sementara murid-murid yang lain justru menjauhi gadis urakan itu. Apa yang membuat Leon tertarik padanya, padahal keduanya bagaikan langit dan bumi. Leon adalah anak rumahan yang manis, bintang pelajar, sopan, tekun… berbeda seratus delapan puluh derajat dengan Sandra…

========================================================================

Saya tak pernah merencanakan hari ini, Rabu 16 Mei 2012 membaca sebuah novel bagus karya Charon. Anda bisa berhubungan dengannya melalui email charon_2519@yahoo.com . Alamat email itulah yang saya dapatkan dari buku novel 3600 detik karya Charon.

Saya benar-benar menikmati novel ini dan tak beranjak dari ruang piket. Ketika saya temukan buku novel ini di meja ibu Gita, dan meminjamnya, saya tak menduga akan mendapatkan cerita yang sangat menginspirasi dan mencerahkan. Saya pun hanyut dalam beberapa jam melumat habis isi novel yang banyak mengandung pembelajaran ini.

Bila anda membaca sinopsisnya di atas, maka anda akan langsung tertarik untuk membacanya. Begitupun dengan saya. Rasa penasaran itu semakin menjadi ketika saya membaca perlahan isi sinopsis novel yang hanya 3 alinea saja. Saya pun tergoda untuk membaca isi novelnya dari lembar pertama sampai terakhir.

Saya baca halaman demi halaman. Saya baca kalimat demi kalimat tentang kisah sepasang anak manusia yang bertolak belakang. Sandra dengan kenakalannya, dan Leon dengan prestasinya. Novel ini membuka mata saya sebagai seorang pendidik untuk mampu memperlakukan anak didik dengan sabar dan penuh kasih sayang. Sebandel dan senakal apaaun Sandra, dia tetap anak manusia yang butuh kasih sayang orang lain. Bila di rumah dia tak mendapatkan itu, maka lingkungan sekolahnya bisa menjadikan dia manusia yang mengerti akan kehidupan orang lain.

Terharu saya membaca kisah fiksi yang dituliskan oleh Charon yang diterbitkan oleh penerbit Gramedia.  Charon  mampu berimajinasi dan sangat kreatif sekali menulis detil demi detil kejadian yang dikisahkan seolah-olah nyata. Saya pun salut dengan mbak Ike yang telah mampu mengeditnya dalam waktu 6,307,200 detik sehingga novel ini mudah dicerna oleh pembaca. Biar bagaimanapun, seorang penulis memerlukan seorang editor untuk membantunya mengedit naskahnya agar renyah dibaca dan sampai pesannya.

Sebenarnya kisahnya sederhana. Sandra dengan rasa kecewa kepada orangtuanya, dan Leon dengan penyakit jantungnya yang kronis. Namun hal yang sangat luar biasa adalah Charon mampu mengisahkan atau mengangkat hal yang sederhana itu menjadi sebuah cerita yang romantis dan mengandung pembelajaran penting bahwa hidup manusia sudah ada yang mengaturnya. Bila pemilik bumi dan langit sudah memanggilnya, tak ada seorangpun yang bisa menghalanginya.

Novel ini memberi pembelajaran, bahwa sebuah perceraian walaupun dilakukan dengan baik oleh kedua orang tua, tetap saja menyisakan nestapa bagi anaknya. Dia akan merasakan kepedihan yang mendalam dari perpisahan kedua orang tuanya. Jiwanya yang labil akan menyakiti dirinya sendiri. Untunglah Sandra dalam kisah ini bertemu dengan teman dan guru yang baik hati. Teman yang mau menerimanya apa adanya, dan guru yang penyabar dengan bentuk hukuman yang membuat peserta didik sadar bahwa dirinya telah melakukan kesalahan.

Kenakalan anak di luar batas, pasti ada masalah yang harus ditemukan oleh seorang guru. Bantuan teman sebaya telah membantu Sandra menemukan dirinya kembali, walaupun akhirnya dia harus kehilangan sahabat terbaiknya. Penyakit jantung Leon sudah masuk dalam kategori yang sangat mengkhawatirkan. Sandra pun harus menerima kenyataan pahit bahwa orang yang disayanginya meninggal dengan tenang  setelah 3600 detik bersamanya di tempat rekreasi.

Wow, novel ini sungguh sangat bagus sekali dibaca oleh para orang tua, guru dan anak sekolahan. Mereka harus membaca dan belajar dari konflik anak dan orang tua. Peran guru dibutuhkan untuk memotivasi siswa yang mengalami masalah keluarga. Biar bagaimanapun tak ada anak yang bodoh. Kepekaan guru akan masalah yang dialami peserta didik membuat pak Dony dalam novel ini sungguh menginspirasi saya sebagai seorang pendidik. Adanya teman yang senasib dan sependeritaan membuat Sandra dan Leon akhirnya saling melengkapi dan membuat mereka akhirnya berprestasi.

Saya menyarankan anda membaca novel 3600 detik ini. Bagi anda yang sudah membacanya, tentu anda akan sependapat dengan saya kalau novel ini sangat bagus isinya. Tak salah bila novel ini terus dicetak ulang dan ditahun 2010 saja sudah masuk dalam cetakan keempat. Saya yakin di tahun 2012, mungkin sudah masuk cetakan keenam karena bagusnya novel ini untuk dibaca banyak orang. Saya lihat sudah banyak orang menuliskan resensinya di internet.

Akhirnya, saya adalah orang yang beruntung membaca novel 3600 detik karya charon. Meskipun novel ini sudah terbit di tahun 2008, dan barangkali sudah difilmkan, saya bersyukur bisa menyempatkan diri membaca dan membuat resumenya. Semoga bermanfaat buat anda para pembaca.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Membuat Pancake Durian, Yummy!

Pertama kali menemukan Pancake Durian secara tak sengaja saat berbelanja di All Fresh Ambassador. Saat itu hanya membeli 2 pax saja. Rasanya pun belum tahu seperti apa (meskipun cara membuatnya pernah menonton di televisi (restoran Pancake Celebrity)). Saat masuk mobil, saya langsung membuka box plastiknya dan langsung menggigitnya. Rasanya booo…enaakk!! setiap gigitannya, saya rasakan apa saja yang ada di dalam balutan kulit pancake itu. ternyata ada cream dan daging durian asli. Harga per-pax nya masih 10.000 (sekarang 11.000).

Pancake Durian
Pancake Durian

Saat mampir ke Restoran durian di Permata Hijau Jakarta, saya pun membeli pancake durian disana. 1 pax isinya 2 kue durian pancake. harganya 25.000. Rasanya? lebih enak yang di All Fresh.

Tentu saja rasa Pancake Durian membuat saya penasaran untuk membuatnya sendiri. Alhamdulillah berhasil. Di bawah ini cara membuatnya:

PANCAKE DURIAN

Kulit Pancake
150 gr Tepung Terigu
50 gr Tepung Sagu
30 gr Tepung Maizena
1 sdt Vanili
1/4 sdt garam
1 sdt Baking Powder
1 bh Telor
Air 400 ml
(Semua bahan dicampur jadi satu. di mixer pelan dan sebentar saja sampai tidak menggumpal tepungnya. Setelah jadi. adonan didiamkan selama 10 menit)

Cream
200 gr Cream merk Anchor
6 sdm susu kental manis
(di Mixer sampai dengan 20 menit)

Daging Durian
Daging durian yang fresh, dihancurkan, jangan terlalu halus. jika kurang manis bisa ditambahkan susu kental manis sedikiiiittt saja.

Cara Membuatnya:

Adonan kulit pancake memang agak encer. Tujuannya saat dimasukkan ke dalam teflon, adonannya akan mengalir sendiri ke setiap sisi teflon. Oya. Teflonnya harus diberi pelumas mentega (bisa juga minyak sayur) dengan menggunakan koas. Sedikit saja ya…

Sebaiknya mengambil adonan dengan menggunakan sendok sayur, agar takarannya sama. jangan terlalu tebal, tipis saja.

Tips:
– 1 koas mentega di teflon bisa membuat 4 buah kulit pancake.
– Saat membuat kulit pancake kesekian kalinya, teflon akan panas. Sehingga saat akan memasukkan adonan ke teflon, teflonnya di angkat dijauhkan dari api. setelah adonannya rata, baru disimpan lagi di atas kompor/api.
Siapkan kulit pancake yang sudah jadi di atas piring yang lebar. masukkan 1/2 sdm cream di tengah kulitnya. setelah itu 1 sdm daging durian. bungkus.

Foto-foto prosesi pembuatan pancake nya ada di twitter saya: @ayankcantiq

Selamat mencoba! :)

Usia Muda Lah Yang Akan Mengubah Muka Sepakbola Indonesia

Dunia Sepakbola tidak pernah luput kehadirannya dalam jagat raya, semua suka sepakbola, semua suka menonton sepakbola, kita pun dapat bermain sepakbola namun bermainlah di inggris maka kita akan menjadi seorang pemain fantastis dalam menggiring bola. Begitulah sebuah kalimat yang di lontarkan salah seorang pemain legenda “The Old Lady” pada saat harus mengakhiri karir sepakbolanya di Torino.  Regenerasi dari setiap tim pasti akan selalu terjadi sepanjang masa, Kasarnya, sudah saatnya yang tua harus memasuki  panti  jompo agar tim dapat bermain lebih produktif. Dan ada juga yang mengatakan bahwa semakin tua semakin jadi! Yah seperti Alexsandro Del Piero ini, sudah berumur tua namun tetap buas jika berada di tengah lapangan. Dan bagaimana cara Man.City dalam menimbulkan sebuah keajaiban pada menit terakhir yang berbuah piala? Begitulah sekelumit dunia Sepakbola di eropa yang selalu menghebohkan. Bagaimana dengan kancah Sepakbola di Indonesia? Mengapa hanya anak muda yang lebih heboh dalam bermain Futsal?

Selasa pagi ini saya mendapatkan ajakan untuk menonton sebuah kejuaraan futsal tingkat nasional dalam memperebutkan piala emas. Saya berangkat dalam sebuah mobil bersama 4 orang teman saya, salah satu diantaranya adalah Jaka seorang Captain tim Usakti (Trisakti) yang akan bermain di sebuah gedung olahraga Ciracas. Setiba disana paling tidak, saya dapat mengetahui tempat berlatihnya para pemain kesebelasan Persija. Memasuki area Gor Ciracas, saya terkejut melihat pemandangan di dalamnya rapih namun cukup ribet ketika melihat banyaknya warna – warni garis yang membentang sepanjang luas lapangan tersebut.

Terduduk manis dan tercengang ketika saya harus duduk dalam sebuah tribun untuk menyaksikan laga tim My Futsal (Kebayoran) Vs PON. Sumut. Permainan jelas berbeda, semua bermain dengan teknik menggiring bola yang berbeda – beda dan strategi – strategi yang tidak kalah hebatnya, kedua tim sama – sama putra daerah yang gigih bermain untuk membawa nama daerahnya menjadi juara di Indonesia. Pertandingan pun harus berakhir dengan imbang 3 – 3.

Tibalah saatnya bagi saya untuk menonton pertandingan yang sudah dinanti-nantikan, Usakti harus fight melawan Pon.Sumbar. Menurut teman saya yang akan bermain, dengan melihat pertandingan-pertandingan pada tahun lalu, Pon. Sumbar termasuk salah satu tim futsal yang sangat seram, seorang penjaga gawang yang tangguh membuat lawan sulit menembus barisan pertahanan tim tersebut. Lain dulu lain sekarang, kini itu semua hanya menjadi sebuah sejarah belaka, kenyataannya ketika menonton pertandingan tersebut, penjaga gawang Pon.Sumbar memang  sangat hebat dan gesit!!!! Banyak sekali peluang emas yang dimiliki oleh tim Usakti tapi harus digagalkan oleh penjaga gawang Pon.Sumbar tersebut. Namun apalah daya kenyataannya pada babak pertama Pon.Sumbar unggul terlebih dahulu dengan skor 3 – 2 hingga turun minum. Pertandingan semakin menarik untuk di nikmati, di lanjut dengan babak kedua, sebuah gol balasan di layangkan oleh Captain tim Usakti, yang membuat skor menjadi imbang 3 – 3, dan sekitar 5 menit terakhir Tim Usakti berhasil menambahkan gol untuk merubah kedudukan dalam bermain menjadi 3 – 4. Beginilah Sepakbola yang sulit di tebak untuk sebuah hasil akhir! Tim Usakti boleh berbangga-bangga atas kemenangan sesaat ini, Pon.Sumbar tentu tidak ingin datang dari seberang kemudian pulang untuk membawa sebuah kekalahan. Strategi mulai berubah, menjelang menit – menit terakhir dengan memanfaatkan counter attack, Pon.Sumbar berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Sungguh tekad gigih, perjuangan yang keras yang di lakukan para putra daerah ini. layaknya seperti sebuah pertandingan Man.City terakhir, sebuah keajaiban terjadi pada menit-menit terakhir.

Pertandingan selanjutnya tentu tidak kalah menarik, IRC (Pelindo) Vs Pon.Makasar. IRC juga diperkuat oleh 2 pemain putra daerah asal Bekasi yang biasa disapa akrab dengan panggilan Izul dan Lepay. IRC sendiri termasuk dalam jajaran tim futsal terkuat di indonesia, disanalah tempat berkumpulnya para pemain Timnas Indonesia. Diantara para pemain putra daerah asal Bekasi, hanya Lepay yang terpilih untuk bisa masuk kedalam Timnas. Kalo keadaan tim sudah seperti ini  maka sudah dipastikan siapa yang akan menang! Sesuai dengan dugaan IRC berhasil menang dengan skor 6-4 atas Pon.Makasar.

Sayangnya semua fenomena menakjubkan yang terjadi di dalam sebuah gedung Gor Ciracas ini tidak ada yang merekam dalam bentuk audio visual kemudian disebarkan kemasyarakat  luas untuk membuktikan bahwa setelah menonton pertandingan ini, mereka pasti percaya, bahwa muka Sepakbola di Indonesia  akan berubah total menjadi lebih baik di tangan para pemain muda.

Error 102 di Blackberry : Tampilan layar hilang

Ketika muncul layar berwarna putih bersih dan ada tulisan ERROR 102, maka para pengguna BB biasanya hanya bisa melakukan proses reset. Apa yang terjadi kemudian setelah proses reset selesai adalah layar tetap berwarna putih dan tetap muncul tulisan error 102.

Terus apa dong yang harus dilakukan?

Kalau kita coba cari penyelesaiannya di internet bsia jadi kita akan makin frustasi karena ternyata tidak banyak tulisan yang membahas hal ini. Rasa frustasi akan muncul karena yang banyak ditemukan di internet adalah kegagalan para pemilik BB dalam melakukan reset.

Padahal kalau kita baca error 102 secara lengkap, maka sebenarnya pada layar putih itu ada petunjuk yang telah ditulis di situs blackberry. Sayangnya situs blackberry sering berganti wajah, sehingga agak sulit melacak cara yang pernah kulakukan dan sukses menghilangkan error 102.

Kita cari saja file launcher BB Desktop manager dan kemudian ikuti petunjuk yang ada. Bila langkah pertama tidak bisa dilakukan, maka klik pada tombol “ignore”. Aplikasi akan melakukan download file yang diperlukan untuk install BB yang error tersebut. Proses ini akan memakan waktu cukup lama, sekitar setengah jam dengan speedy regular.

Selanjutnya aplikasi langsung melakukan instalasi dan BB yang mati kembali hidup meskipun belum sempurna. Setelah itu tinggal jalankan proses restore dari back up file BB yang pernah kita lakukan. Bila belum pernah melaksankaan proses back up, maka siap-siaplah merasakan kehilangan data yang berjibun di BB.

Jadi kalau BB anda error dan ada tulisan error 102, maka jangan buang BB anda. Serahkan pada ahlinya saja, karena prosesnya cukup cepat jika ditangani oleh ahlinya.

Penyebab terjadinya error 102 di BBku adalah ketika aku melapas batere selama perjalanan Jakarta-Balikpapan. Ketika BB kuhidupkan kembali di Balikpapan, munculah pesan error 102.

Anda punya pengalaman lain soal penyelesaian error ini? Silahkan berbagi di sini atau di blog anda sendiri.

Salam sehati.

bb error 102
bb error 102