Giveaway Quiniemart

taken from http://www.manoneileen.com/

Jadi begini ceritanya…

Sudah jalan beberapa bulan ini, saya akhirnya memberanikan diri dan PD buka toko online. Karena yang punya si Quinie, maka namanya Quiniemart.
Ssttt.. gag ada sangkut pautnya sama Alf*mart atau ind*maret yoooo…

Jualannya sih sebenernya kosmetik yang biasa di jual di toko kosmetik juga, cuma saya versi onlinenya.
Retail dan grosir dan terima reseller juga kok.
Tapi selain itu, saya juga bisa bantu cariin produk2 lain.
Ya powerbank, ya sepatu, ya jam tangan, ya rumah, ya tanah, ya apa aja yang bisa dijual deh… hohohoho…
Atau ada yang mau nitip jualin di toko saya juga boleh :)

Balik lagi ke Giveaway, syarat dan ketentuan gampang kok.
1. Punya blog dan punya pesbuk
2. Berdomisili di Indonesia. Selain jabodetabek, ongkir ditanggung sendiri yooo.
3. Buat 1 postingan, ga pendek2 banget dan gag panjang2 banget sampe bersambung beberapa postingan. isinya :
– pendapat bagaimana toko online yang baik
– tampilan blog Quiniemart & menyertakan link Quiniemart di dalam postingan.
– kalo menang mau hadiah produk apa dan mencantumkan link produk tersebut *produk bisa dilihat di blog quiniemart* dan khusus untuk yang berdomisili di luar jabodetabek, jawaban pertanyaan : bersedia menanggung ongkir kah?
Bahan bisa diperoleh dari blog quiniemart ataupun akun twitter @quiniemart (disitu ada testi2 pembeli loh).
4. Like page quiniemart.

5. Setelah posting dan like, submit link postingannya (bukan link main page blognya ya) dengan komen di sini

6. Giveaway ini dibuka sampai 5 April 2013 jam 24.00.

7. Pengumuman pemenang 7 hari kemudian di blog ini dan akan di hubungi untuk detail pengirimannya.

Penilaian :
1. Isi postingan dan jumlah komen. Makin menarik, makin besar nilainya (maks. nilai 25), makin banyak komen (maks. nilai 25). Kesesuaian permintaan hadiah dengan postingan (maks. nilai 25)
2. Like page (nilai 25)

Pemenang & Hadiah :
Akan dipilih 3 orang pemenang dengan nilai tertinggi dan hadiah sesuai permintaan di postingan masing2 dengan kuantiti yang akan ditentukan oleh saya sendiri.
Hohoho… gag baik apa coba… :D

Sekian dulu, have a nice weekend yooooo….

Tentang Sahabat (Mengenang karibku, Dr. Syarifuddin, wafat 21 Maret 2013) Oleh Nusa Putra

TENTANG SAHABAT oleh Nusa Putra

Seorang sahabat datang ke kantor dalam keadaan sehat walafiat. Di kantor ia terpeleset dan jatuh. Dalam perjalanan ke rumah sakit, ia wafat. Tentu semua orang di kantor kaget dan juga sangat sedih, sebab ia orang yang sangat baik.

Kematian bisa datang kapan dan di mana pun. Merenggut siapa pun yang sudah tiba waktunya. Namun, kita tak pernah tahu kapan waktu kematian itu datang dan dengan cara apa. Karena itu kematian menjadi sangat misterius dan terasa datang sangat mendadak, mengagetkan dan menghentak kita yang masih hidup. Apalagi jika yang direnggut kematian adalah orang yang masih sehat. Kebiasaan membentuk fikiran kita bahwa kematian biasanya merenggut mereka yang sakit. Meskipun kita memahami bahwa tidak ada syarat bagi kematian. Siap pun, di mana pun, dalam keadaan apapun, bisa dan pasti mati.

Sering kita bertanya, mengapa orang-orang yang baik seringkali lebih dulu wafat. Sedangkan yang kelihatannya jahat dan jahat sekali seperti dibiarkan hidup lama. Bahkan dalam cerita silat karya Kho Ping Ho, tokoh yang paling jahat mati pada jilid terakhir, halaman terakhir, satu paragraf sebelum paragraf terakhir. Betapa sulitnya orang jahat mati.

Tentu saja ini tidak dapat ditafsirkan orang harus menjadi jahat agar kematian menghindarinya. Bisa jadi Tuhan sebenarnya memberi kesempatan pada orang jahat itu untuk berhenti menjadi orang jahat, bertobat lebih dulu sebelum mati. Apapun penjelasannya, ini hanyalah sebuah tafsir. Yang pasti, semua yang bernyawa pasti mati. Hidup untuk mati, kata filsuf Jerman Heidegger.

Konsekuensi yang niscaya atas pastinya kematian adalah hidup kita terbatas, pasti berakhir. Pertanyaan fundamental menghadapi fakta ini ialah, bagaimana memaknai hidup yang terbatas ini, yang tak pernah kita ketahui kapan berakhir?

Pastilah kita berkehendak melakukan yang terbaik, menjalani hidup dengan penuh kebaikan. Namun, kita juga sepenuhnya sadar tidak gampang menjalani dan memaknai hidup dengan melulu kebaikan dan kemuliaan. Sebab dorongan-dorongan liar dari dalam diri, dan tarikan-tarikan godaan dari luar diri, lebih banyak bahkan dibandingkan dengan lubang pori-pori di seluruh tubuh kita. Ini yang membuat hidup tak pernah dijalani dengan lurus lempang, ada banyak kelokan dan lubang yang seringkali membuat kita kehilangan kendali atas diri dan hidup.

Acap kali kita merasa sangat kaget, mendadak sontak sadar telah berada dalam situasi, tempat, dan kondisi yang tidak kita kenali dan ingini. Namun, untuk kembali lagi ke posisi yang seharusnya, bukan saja sangat sulit, kita bahkan tak tahu cara dan arahnya. Akhirnya, kita seperti menjadi orang asing dalam rumah sendiri, sampai tak lagi kenal pada diri sendiri.

Padahal seiring perjalanan waktu, sang maut terus tumbuh dan membesar dalam tubuh kehidupan kita. Sebab kematian memang ditanam dalam kehidupan seperti biji mangga yang ditanam dalam tanah. Semakin lama kematian semakin tumbuh kembang menggerogoti kehidupan segigit-segigit sampai tak ada lagi yang bersisa.

Menjadikan hidup bermakna secara positif merupakan cara terbaik saat kematian terus saja dengan lahap menggerogoti kita. Sebab tidak seperti kebanyakan sahabat kita yang bisa jadi tak hadir saat kita butuhkan,

KEMATIAN ADALAH SAHABAT KARIB YANG PASTI DATANG DALAM KEADAAN APAPUN!

TENTANG SAHABAT (2) oleh Nusa Putra
(Mengenang karibku, Dr. Syarifuddin, wafat 21 Maret 2013)

Makan di kantin mahasiswa, memesan makanan yang sederhana, makan dalam suasana saling dempet dan senggol dengan udara panas bagai dalam sauna, sebagian besar mahasiswa tah tahu bahwa mereka sedang makan dengan PR 2. Ia sering berjalan kaki mengelilingi kampus sendiri. Menyambangi gedung demi gedung, mendatangi tempat sampah, dan ngobrol dengan petugas kebersihan sambil ngopi tepat di sebelah gerobak sampah di pinggiran jalanan kampus. Para pegawai kebersihan tampak seperti berbincang dengan sesama teman, sesekali terdengar suara ngakak PR 2. Ia tak pernah canggung bercengkrama dengan pegawai yang berada pada strata paling bawah dalam struktur kepegawaian kampus. Ia sering makan bareng dengan orang-orang kecil, menraktir mereka, bukan sebagai pencitraan, tetapi karena begitulah karakternya, sederhana, peduli, dan suka berbagi.

Ia terobos gulita dini hari, menyetir sendiri mobil di bawah siraman hujan deras menuju rumah sakit Persahabatan untuk memastikan bahwa seorang satpam yang telah bolong paru-parunya mendapat perawatan yang baik. Dengan bahasa yang lembut ia juga menyemangati keluarga satpam itu. Jelas kulihat, air mata istri satpam itu mengalir deras saat karibku itu merangkulnya dan memastikan satpam itu akan diberi perhatian khusus. Aku sungguh melihat keletihan di wajahnya, namun ia tetap tersenyum dan bersemangat.

Ia memberi pada banyak anak yatim dan orang miskin, meski untuk dirinya sendiri, ia sering berhutang. Tatkala musim kenaikan kelas, tidak sedikit orang kecil yang datang padanya untuk meminta bantuan bagi anak-anak mereka yang naik kelas atau lulus sekolah. Ia tak pernah membiarkan mereka pulang dengan tangan kosong. Meski ia sering menjual beberapa barangnya untuk itu.

Ia memang bukan orang suci. Tapi aku haqqul yaqqin ia sungguh orang baik, baik dari dalam hatinya. Sebagai manusia, keturunan Adam yang pernah jatuh dalam dosa, seperti kita semua, pastilah ia pernah berbuat salah. Namun, kebaikannya pada banyak orang jauh melebihi kesalahan yang pernah ia perbuat.

Perilakunya yang bebas, spontan dan apa adanya terkadang tampak kurang pantas di mata sebagian teman, karena ia berada dalam jabatan, pada struktur atas birokrasi kampus. Tapi, tampaknya ia tidak peduli, karena baginya hidup apa adanya dengan kejujuran pastilah lebih baik daripada basa-basi birokrasi yang artifisial dan seringkali memuakkan.

Tak mengherankan bila ia lebih menonjol sebagai kontroversi di antara para pejabat yang selalu kelihatan normatif dan suka berpura-pura. Ia memang tampak sesukanya, tidur di sofa atau di atas sajadah di kantornya, berbagi makanan dari bungkus nasi yang sama dengan mahasiswa, dan berbagi uang dari dompetnya dengan siapa pun yang datang dan meminta bantuan. Terasa tidak formal, tidak terstruktur dan tidak normatif. Ia lakukan itu karena ia tak mau mengorbankan sisi manusiawinya hanya karena jabatan yang sebenarnya tak lebih seperti sandal jepit, yang bisa dilepas kapan pun ia mau.

Dengan segala perilakunya itu, banyak orang yang pernah merasakan kebaikan, suara tawa yang keras, dan senyum manisnya. Tetapi hidup, dan terutama birokrasi tak selalu berisi cerita tentang kebaikan, dan memberi apresiasi pada semua yang baik. Dalam konteks seperti itu, ia tampak sendirian, dan dibiarkan sendiri. Jadi, ia kelihatan aneh, tak biasa, dan ada di luar keumuman. Rupanya balada orang-orang baik memang selalu seperti itu. Nuh diabaikan, Yunus dicuekin, Musa harus dihanyutkan ke sungai, Isa dikejar-kejar, dan Muhammad SAW diejek sebagai orang gila. Ini semua terjadi karena mereka semua orang baik, dan mau setia pada kebaikan itu. Memang tak mudah menjadi orang baik, apalagi jika berkehendak tetap konsisten dalam dan dengan kebaikan.

Dua tahun terakhir ini, saudaraku ini seperti berlombapacu dengan maut. Penyakit seperti arisan dalam tubuhnya. Maut mulai menancapkan akar tunggang di jantungnya, dan akar serabut di ginjal dan levernya. Semakin lama semakin besar dan menguasai serta meluluhlantakkan tubuh dan kekuatannya. Namun, dalam semua keterbatasn dan kelemahan itu ia tidak mau berhenti untuk terus berbuat baik dengan apa pun yang ia bisa. Ia mengembangkan kalkulasi kebaikan yang tidak biasa. Lebih baik terus berbuat baik daripada hanya mengalah pada maut yang terus mengoyak-oyak tubuh. Bukankah pada akhirnya maut pasti mengalahkan kita, karena itu mengapa harus berhenti berbuat baik!

Aku bangga padanya, karena dengan konsisten berbuat baik, ia menghadapi maut dan kematian layaknya anak-anak menghadapi game online, semangat dan gembira. Saudaraku, kini maut merenggutmu dari kehidupan dunia fana, istirahatlah dengan damai, sebab

MAUT PASTI KALAHKAN DAN RENGGUT KITA DARI KEHIDUPAN, NAMUN MAUT TAK DAPAT KALAHKAN DAN RENGGUT KEBAIKAN KITA!

Suatu Hari di Februari

 

PISAH

Image by Google

Ingatkah kau tentang satu hari di Februari yang berpayung rinai hujan?

Hari dimana kita menyamakan lintasan waktu pada satu frekuensi.

Aku luluh pada caramu menatapku,

Tatapan yang hanya ada pada hening malam,

Pada kesunyian kala embun bertudung pagi.

Tatapan yang entah bermakna apa, tapi begitu kuat mengikat.

 

Teringat hari-hari beraroma biru yang tlah jauh berlalu,

tentang cerita yang tersimpan di langit berwarna tembaga.

Ketika aku lebur pada ketidak berdayaan rasa,

Ketika hatiku menujumu.

Entah jika bagimu hanya parody cinta dari sekian kisah yang kau miliki.

Bagiku tepat menghujam meninggalkan luka teramat dalam.

 

Aku masih bertanya disetiap musim yang terlewati,

Mengapa tatapan matamu masih memenjaraku ?

Serupa opium yang menghalusinasiku pada mimpi semu.

Mematikan hati sebelum mati itu sendiri.

 

Dear,…

Jika bagimu aku adalah senja,

Maka bagiku kamu adalah ingatan yang tak kunjung usai.

Aku akan berjalan seperti kau yang tlah melangkah

Meski hatimu dan hatiku tak bertemu dalam garis takdir,

Kenang aku,… seperti  kusimpan tatapan matamu dan kenangan yang menyertainya.

Kuabadikan pada rintik derai hujan, pada arah jalan pulang, pada langit yang temaram…

Love,… Berbahagialah, genapi bahagiaku.

 

Dukung Omjay! Tolak Kurikulum 2013!

Semangat Pagi friends,

 

Pagi ini saya baru saja membaca sebuah artikel luar biasa dari Omjay tentang pendapatnya serta kompentensi-nya sebagai seorang guru, berikut ini adalah link tulisannya:

 

http://wijayalabs.com/2013/03/20/bismillah-saya-menolak-kurikulum-2013/

 

download (1)Secara pribadi, jauh sebelum isu perubahan kurikulum dilontarkan oleh pemerintah dan rencananya akan di implementasikan pada tahun ajaran ini, sebenarnya saya sudah gregetan kepingin komentar, hanya saja saya merasa tidak memiliki kompetensi untuk itu, mungkin pandangannya juga akan sangat minim sekali dan tidak seperti pandangan omjay yg cukup komprehensif dalam tulisannya tersebut.

 

Syukurlah tulisan omjay serasa mewakili kepentingan sebagian masyarakat pendidik maupun masyarakat umum seperti saya ini, usul saya sebaiknya artikel penolakan tersebut disampaikan secara resmi (namun dengan mengkaji kembali beberapa kalimat yang terkesan menuduh dan memojokkan pihak ataupun oknum tertentu), melalui organisasi Ikatan Guru Indonesia (IGI) dimana Omjay sebagai pengurusnya, kepada pemerintah, agar bisa dipertimbangkan kembali.

 

Continue reading Dukung Omjay! Tolak Kurikulum 2013!

Ketemu Lagi Dengan Blogger Bekasi Di Bekasi

Sabtu, adalah hari tersibuk buat saya, setengah hari harus berada di kantor dan setengah hari mestinya sudah berada di Kontrakan untuk mencuci baju, setelah itu tidur sebentar kemudian sore harinya saya harus membuka warung untuk berjualan nasi dan mie goreng hingga tengah malam… Begitulah aktifitas rutin saya jika menemui hari sabtu, namanya juga seorang KONTRAKTOR ( Hidup Di Kontrakan dan Di Kantor ) :D Namun untuk sabtu tanggal 16 Maret 2013 kemarin aktifitas saya tidak seperti biasanya, saya harus membelokan setir untuk bertemu dengan teman-teman Blogger Bekasi, pertama melihat email yang isinya berupa undangan, kemudian di tambah dengan mention twitter dari emak Injul, antara ikut dan tidak ikut, namun sebagai seorang perantau saya harus tegas terhadap sebuah pilihan iya atau tidak ikut. Ceiiiillleeeehh gaya banget dah si @gue_gani haahahaha… Maka untuk menembus Tapal Batas, saya akhirnya memutuskan untuk ikut hadir dalam sebuah acara LINTAS.ME BANGUN SINERGI KONSTRUKTIF BERSAMA BLOGGER. Terlebih di email yang saya baca sudah ramai sekali dengan tulisan dari seorang pria bernama KIM dan Obat Herbal. Siapakah 2 orang tersebut?

IMG02362-20130316-1235Sepulang dari kantor saya langsung ngacir menuju blok M kemudian Bekasi, al hasil saya datang tepat waktu pada saat memasuki acara makan siang, biasalah namanya juga blogger Kondangan *Lirik Pak AHU*, heehe… Sesampai di lantai 2 RM. Wulansari 3, saya sempat bingung lantaran tidak ada bangku kosong yang tersedia di setiap meja bundar… Untuk menjawab kebingungan serta memberikan rasa hormat tersebut saya menyalami setiap para sesepuh Blogger Kondang Indonesia asal Bekasi yang sedang duduk sambil menyantap hidangan di siang hari, tak lama saya keluar dari ruangan tersebut untuk mencari Air Putih dan keluarlah 2 orang Bidadari cantik Beblog menyusul saya diantaranya Teh Irma dan Mbak Ratu,  disusul dengan Uda Irfan, sehingga memantapkan percakapan-percakapan kecil di siang hari.

Kemarin ada yang salah update status tuh? *cakap si Uda Irfan, Filmnya udah lama tapi baru update status di FB, serentak Teh Irma dan Mbak Ratu menertawakan saya… Tak lama kemudian percakapan beralih ke masalah blogger, Uda blogger tapi gak pernah nulis, gmna sih? *cakap teh Irma ke si Uda. Loh saya malah sering nulis tapi memakai nama lain… *Saut si Uda ke teh Irma, iya ngasih komen juga udah bisa di bilang menulis *saut mbak Ratu, lohhh… berarti yang selama ini ngasih komentar tulisan di bloggerbekasi.com itu si Uda yang lagi nyamar jadi Tukang Obat Herbal ya? *Saut saya ke si Uda…

Percakapan kecil diatas berhasil mengungkapkan, siapa kah yang sering melakukan komentar memakai nama palsu seperti Obat Herbal atau Obat lainnya, yaitu Uda Irfan Zj, wkwkwkwkwkwkwk :P

IMG02363-20130316-1307Acara makan siang pun selesai, dilanjutkan dengan acara pembagian hadiah untuk pemenang yang mengikuti lomba live twitt, ternyata acara di pandu dan di bawakan oleh MC kondang dan kawakan asal Bekasi – Jati Asih, siapa lagi kalo bukan emak Ayank Mira. Pertama kalinya dalam hidup saya di tegor oleh MC gara-gara si Abang KIM ngajak ngobrol saya… Aiiihhh Metong… untung gak di lempar sama sepatu…

Acara berlangsung sangat lancar dan seru, kemudian rapat membahas agenda Beblog untuk mengadakan Amprokan Blogger di sebuah pantai yang indah yang terletak di ujung Utara Kota Bekasi,  tentu saja KIM ikut ambil  bagian berpidato di dalam rapat tersebut, masih seperti dahulu KIM masih terlihat Humoris, dengan penampilan barunya memakai Kopiah di kepalanya dengan lantang berbicara seperti Bung Karno yang memberikan pidatonya. Dalam rapat banyak mengandung unsur canda dan tawa, mungkin karena sudah lama tidak bertemu? atau memang seperti itukah?

KIM (Komarudi Ibnu Mikam)
KIM (Komarudi Ibnu Mikam)

Setelah mengikuti rapat, saya memiliki bayangan tentang malam hari di sebuah Pantai Utara Bekasi  tersebut, dalam sebuah acara Amprokan Blogger yang di iringi oleh angin yang berhembus serta desiran suara air laut dan kobaran Api Unggun, Dimana mereka semua baik peserta memainkan peran komedi yang layak di perhitungkan… Saya rasa Beblog sudah sangat tangguh untuk menyaingi Opera Van Java, Beblog memiliki banyak aktor laga yang sangat cetar membahana. Sampai bertemu lagi di rapat selanjutnya, thank you emak Indah Juli Sibarani atas undangannya :)

Internet fot Kids

Beberapa hari lalu aku diskusi dengan mas Andy MSE membahas masalah Internet for Kids. Kalau kita perhatikan lingkungan anak-anak kita saat ini, maka akan sangat jauh berbeda dengan saat kita masih jadi anak-anak dulu. Tidak ada lagi permainan di luar rumah dengan penerangan bulan purnama, atau permainan lari-larian, kejar-kejaran dengan senapan kayu atau juga mainan lain yang murah meriah. Semuanya saat ini serba elektronik, praktis dan jauh dari kegiatan yang memerlukan kekuatan fisik. Semuanya lebih ke kemampuan mata, tangan (jari terutama jempol) dan peralatan elektronik.

Lalu apakah kita ingin mengembalikan dunia anak-anak kita di jaman dulu ke jaman sekarang? Kita ajak mereka main gobak sodor (go back to the door), kasti atau “benthik”?

Cara tersebut bisa berhasil dan bisa juga tidak. Perlu effort yang luar biasa untuk menjadikan permainan semasa kanak-kanak kita laris manis lagi. Jempolku teracung pada mereka yang masih setia melakukan sosialisasi permainan anak-anak jaman dulu ke dunia modern seperti saat ini.

Mas Andy MSE rupanya punya cara lain yang mungkin lebih disukai oleh anak-anak. Dia menyebutnya Internet for Kids. Sejak tanggal 25 Nopember 2010, kegiatan ini terus berlangsung dan saat ini menginjak ke versi terbaru. Sebuah kegiatan yang belajar banyak dari kegiatan yang sudah dilakukan. Segala kekurangan di kegiatan yang lalu disempurnakan dan dikembangkan. Tentu untuk yang satu ini mas Andy butuh biaya banyak dan kewajiban kita bersama untuk mendukung kegiatan mas Andy agar anak-anak kita mendapat suguhan yang berkualitas dan pada muaranya bisa membentuk generasi lanjutan yang lebih berkualitas dibanding kita atau dibanding pendahulu mereka.

Data tentang kegiatan ini bisa dilihat di situsnya mas Andy. Isinya kurang lebih seperti yang dikutip di bawah ini.

+++

Internet for kids
Internet for kids

Setelah Internet For Kids terselenggara selama dua tahun lebih (sejak 25 November 2010) dan berkembang menjadi 3 unit di tiga tempat berbeda, akhir-akhir ini ada keinginan untuk mengembangkan IFK lagi. Kali ini di sekitaran Kota Solo dengan nama IFK 4.1.

Rencananya, IFK 4.1 ini dikelola dengan pola yang sama persis dengan IFK 2.2 Kartasura, Sukoharjo. Sedangkan pengembangannya sedikit berbeda dengan IFK-IFK sebelumnya dimana dikembangkan karena ada yang berinvestasi atau karena keinginan bergabung dalam jaringan Internet For Kids, dimana IFK 4.1 ini dikembangkan sepenuhnya dari donasi.

Alasan utama dikembangkannya IFK 4.1 ini agar pola pelayanannya sama persis dengan IFK 2.2 antara lain:
1. Menggunakan software legal yang didorongkan untuk menggunakan opensource misalnya Linux
2. Diberikan bimbingan untuk anak-anak agar bisa bermain dan belajar khususnya soal komputer dan internet secara sehat dan aman.
3. Secara teknologi dilakukan filtering dan langkah-langkah keamanan koneksi internet untuk melindungi anak-anak dari situs-situs tidak baik.

Diperkirakan, untuk pengembangan IFK 4.1 secara keseluruhan akan membutuhkan dana sekitar 36 juta rupiah yang akan digunakan untuk sewa tempat, pembelian peralatan, pembelian perabotan, pendaftaran berlangganan internet, dan lain-lain. Berkaitan dengan rencana tersebut, bilamana Anda berkenan mendukung pengembangan IFK 4.1, silakan menghubungi pengelola di halaman Donasi. Sumbangan yang bisa kami terima tidak hanya berupa dana melainkan bisa juga berupa barang misalnya komputer baru/bekas, laptop bekas, kabel2, switch/hub, modem, perabotan, koneksi internet, dan lain sebagainya. Dengan demikian akan mengurangi kebutuhan dana secara keseluruhan.

Sebagai laporan publik, setiap sumbangan yang diterima akan dilaporkan melalui halaman IFK 4.1.

Bilamana dibutuhkan, kami akan mengirimkan proposal secara lengkap.
Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung pengembangan dan penyelenggaraan Internet For Kids selama ini.

Salam
Pengelola Internet For Kids
Andy MSE

+++

Dari hasil obrolan dengan mas Andy MSE melalui facebook, kita mencoba cari barangkali ada  kenalan atau koneksi atau channel baik perorangan maupun institusi yang bisa diberi proposal. Kebutuhan untuk rencana pengembangan ini membutuhkan dana sekitar 36 juta rupiah mulai dari sewa tempat di kampung, pengadaan peralatan, sampai pernak-pernik kebutuhan lain. Untuk keperluan tersebut, dukungan yang dibutuhkan tidak hanya berupa dana, melainkan bisa juga berupa barang misalnya komputer baik baru maupun bekas, laptop bekas, kabel2, switch/hub, modem, dlsb… Dengan demikian akan mengurangi kebutuhan dananya.

Saat kutanyakan apakah ada tempat di Jogja yang bisa menampung bantuan untuk kegiatan ini, mas Andy menyanggupi untuk melakukan koordinasi dengan teman-temannya yang ada di Jogja. Jadi untuk yang diluar Jogja dan Solo, bisa langsung kirim bantuan ke mas Andy berupa dana, sedangkan khusus di Jogja dan Solo bisa mengirimkan dana ataupun perangkat keras yang dibutuhkan untuk kegiatan ini.

Minggu lalu sudah ada donasi masuk 300ribu, sudah dimuat di website IFK www.internet4kids.info. Yang butuh proposal untuk menyebarkan kegiatan ini, silahkan kontak ke mas Andy. Silahkan juga baca keterangan buat yang ingn menjadi donatur.

Di Internet For Kids semua kegiatan yang diselenggarakan semata-mata ditujukan untuk membantu anak-anak terutama di tempat-tempat yang masih membutuhkan terutama di pinggiran kota dan di pedesaan. Bilamana berkenan membantu pengembangan Internet For Kids yang telah dirintis selama ini, sumbangan dapat dialamatkan ke:
  • Persyarikatan Sekolah Rakyat, Limbangan Kendal. d/a Kantor Pos Kec. Limbangan, Kab. Kendal 51383 attn Andy MSE / Solichun Firmansyah
  • Suhaimi Andy Muryanto, Jl Pisang, Gempol RT 04/01, Ngadirejo, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo 57163.
  • Rekening BNI Cab Slamet Riyadi Solo, No. rek.: 0147793740 atas nama Suhaimi Andy Muryanto.
Internet for kids
Internet for kids

 

Gak bisa nulis bisanya motret

“Mas Eko, aku itu Gak bisa nulis bisanya motret. Gimana mau jadi blogger kalau gak punya tulisan?”

Pertanyaan ini biasanya dilontarkan saat mereka mencari alasan untuk tidak bisa update rutin blog mereka. Update rutin blog memang merupakan salah satu kunci untuk suksesnya sebuah blog. Dengan rutin diupdate, maka Google akan rajin menghindeksnya, akibatnya blog akan makin mudah dicari. Kalau sudah tidak rutin melakukan update blog, maka makin lama blog akan makin penuh sarang laba-laba, tidak lagi diindeks dan kalau punya PR, lama-lama akan turun dan menjadi nol !:-)

Blog buku harianku di http://eshape.blogspot.com makin lama makin turun PR-nya. Dari punya PR 3/10, lama-lama menjadi 2/10 dan mungkin entah kapan akan jadi 0/10. Maklum aku memang tidak rutin mengisi buku harian onlineku itu.

Lalu apakah aku peduli dengan nilai PR blog buku harianku itu?

Tentu aku tidak peduli. Konsep blog itu kubuat hanya untuk tempat mencurahkan apa yang ada dalam hidupku dan keluargaku, jadi mau dibaca atau tidak, tentu tidak ada masalah. Kalau ada pembaca yang bisa mengambil hikmah dari kehidupanku, tentu aku ikut senang, tapi kalau tidak ada yang berkunjung ke blogku tentu aku tidak perlu sewot. Konsep blog http://eshape.blogspot.com itu memang begitu.

Ini mirip dengan konsep blog fotoku http://kupoto.wordpress.com

pengatur sony

Aku hanya ingin menyimpan foto-foto yang kuanggap menarik dan punya nilai historis bagi para pengunggahnya meskipun tidak diindeks dengan baik oleh Google. Blog kupoto ini juga kubuat untuk menjawab pertanyaan “Gak bisa nulis bisanya motret”

Ada banyak template untuk para blogger yang lebih fokus pada unggah foto daripada unggah artikel. Bisa memakai blogspot bisa juga memakai wordpress. Tentu tidak hanya wordpress dan blogspot yang bisa dipakai. Semuanya terserah hasrat masing-masing.

Mari kita lihat kiprah para tukang poto yang suka mengirimkan fotonya dibanding artikelnya. Misalnya punya Rizky Inayati di bawah ini

Rizky Inayati’s Photography

Rizky poto blog
Rizky poto blog

Atau juga bisa dilihat pada situs Cirebon Daily Photo.

Cirebon Daily Photo
Cirebon Daily Photo

Dua situs ini lebih cenderung mengirimkan gambar (foto) dibanding artikel. Sayangnya karena mereka kurang rutin memngirimkan foto, maka peringkat alexanya masih di angka jutaan.

Aku sendiri membuat blog khusus untuk menampung foto-foto yang bertebaran di FB. Awalnya aku bersama-sama dengan teman-teman Cikarang memmbuat blog Citography yang merupakan rekam jejak para tukang foto Cikarang. Blog dengan PR 1/10 ini akhirnya tidak terawat dengan baik, karena pengunggahnya sudah sibuk sepedaan dan lupa untuk unggah di internet.

Akhirnya aku bersama anakku membuat blog baru khusus foto dengan nama kupoto.wordpress.com Selanjutnya teman-temanku juga ikut menyumbangkan fotonya sehingga blog ini lumayan rame. Data peringkat dari alexa juga lumayan bagus untuk situs yang tidak banyak bercerita tentang dunia menulis.

kupoto.wordpress.com

Alexa Traffic Rank
Traffic Rank in ID
(No reviews yet)
Sites Linking In
Top queries driving
traffic to kupoto.wordpress.com
See how kupoto.wordpress.com
looked in the past
No Data
Slow

(2.862 Seconds)
80% of sites are faster

Average Load Time

Jadi kalau ada pertanyaan, “Gak bisa nulis bisanya motret”, maka jawabannya sudah jelas, jadilah blogger yang punya blog tentang poto.

Kupoto Dunia
Kupoto Dunia

+++

Dimuat juga di blog pribadi

Lintas Me Bangun Sinergi Bersama Blogger

bebloglintasme-1

Hari Sabtu pagi (16/3), saya bersama “pasukan” (istri dan anak-anak) menghadiri acara kopdar (kopi darat) yang diadakan oleh Lintas.Me bersama Komunitas Blogger Bekasi di Rumah Makan Wulansari 3 Bekasi Barat. Kami tiba agak telat karena mesti menunggu anak-anak menyelesaikan pelajaran mengajinya yang diadakan setiap Sabtu pagi.

Tepat saat saya melangkah masuk di lantai 2 sedang tampil rekan sesama penasehat Blogger Bekasi, Wijayakusumah atau Om Jay yang sedang mempresentasikan profil singkat Blogger Bekasi. Yang cukup mengejutkan buat saya adalah, seluruh peserta yang berjumlah kurang lebih 30 orang mendadak menoleh ke arah saya yang baru muncul di pintu. Ternyata, persis disaat yang sama, Om Jay sedang memperkenalkan profil saya melalui presentasinya.

 

bebloglintasme-2

“Naaahh, ini dia mas Amril, salah satu sesepuh blogger Indonesia dan juga Penasehatnya komunitas Blogger Bekasi bersama saya,” ujar Om Jay bersemangat. Dan saya pun hanya terpaku sembari tersenyum rikuh didepan pintu dan memberikan salam kepada hadirin. Saya kemudian mengambil tempat duduk dibelakang bersama mas Rawi Wahyudiono, mas Syaifuddin Sayuti dan mas Hazmi Srondol. Senang sekali rasanya saya menyaksikan antusiasme rekan-rekan Blogger Bekasi menghadiri acara ini. Sejumlah wajah-wajah familiar yang saya kenal terlihat seperti Mas Eko Eshape (Wakil Ketua Blogger Bekasi), Bang Nur (Wartawan Harian Terbit dan Blogger Aktif serta ternyata “Sehidup-SeMaros” dengan saya karena ternyata pernah tinggal di Maros Sulawesi Selatan, kota tempat saya melewatkan sebagian besar masa kecil dan remaja), mas Irfan ZJ, Bang Dian Kelana, Bang Komaruddin Ibnu Mikam, Yuli, Ilhammi Gani, mbak Indah Juli, mbak Mira, mbak Irma, mbak Ajeng, mbak Ratu, mbak Susi, dan lain-lain.

Seperti diungkapkan disitus ini 

Lintas.Me, beralamat di http://www.lintas.me, adalah situs social-bookmarking Indonesia yang berkomitmen memberitakan konten terbaik dari berbagai penjuru web dan blog kepada para penggunanya. Layaknya situs social-bookmarking lainnya, semua konten di Lintas.Meadalah hasil dari komunitas dan pengguna yang memposting tautannya di Lintas.Me.

Situs ini awalnya bernama LintasBerita.com, tetapi kini mengalami perombakan total dari segi fungsionalitas maupun desain, lalu berganti nama denganLintas.Me. Lintas.Me mengusung kombinasi antara pembaruan informasi dan tempat berkumpul, sehingga nantinya diharapkan tercipta komunitas yang selalu tertarik untuk mengirimkan apapun yang mereka anggap menarik yang mereka temukan di jagat maya ke Lintas.Me dan membagikannya kepada orang lain.
Apa kelebihan Lintas.Me? Pertama, di Lintas.Me, semua informasi berkumpul dalam satu tempat. Baik konten artikel, foto, atau video, semuanya bisa ditelusuri dengan mudah dalam satu wadah. Pengategorian konten yang mendetil juga memudahkan pengguna untuk berselancar menggali informasi tertentu yang mereka inginkan.
Kedua, lebih mudah dipersonalisasikan. Inilah salah satu faktor LintasBerita.com berubah nama menjadi Lintas.Me. Lintas.Me menambahkan fitur yang lebih canggih bagi penggunanya untuk memilah dan mengatur profil masing-masing. Misalnya, Anda bisa mengatur jenis topik apa saja yang ingin Anda lihat di halaman Anda. Anda bisa mengunduh widget “Lintaskan” pada browser Anda sehingga Anda akan dengan mudah menandai dan berbagi suatu halaman web ketika Anda sedang berselancar. Anda bahkan bisa posting langsung dari web Anda.
Terakhir, tentunya sebagai situs social-bookmarking, Lintas.Me menjadi ajang para blogger untuk mempromosikan blognya. Lintas.Me memiliki jalinan yang kuat dengan komunitas blogger, khususnya Indonesia, sehingga para blogger bisa leluasa berbagi tautan ke blog mereka di Lintas.Me.
Di kesempatan istirahat makan siang, saya sempat berbincang dengan mas Martyn perwakilan dari Lintas.Me. “Kami ingin membangun sinergi konstruktif bersama Blogger Indonesia. Untuk itu kami berinisiatif menyelenggarakan kopdar ini bersama Blogger Bekasi yang kami kenal memiliki anggota yang aktif dan potensial, untuk bersama-sama membangun konten berkualitas di Indonesia melalui blog dan di”lintas”-kan di Lintas Me. Kami berencana untuk mengadakan kegiatan serupa bersama komunitas blogger lain di berbagai daerah di Indonesia ,” katanya bersemangat.
bebloglintasme-3

Saya juga memiliki harapan yang sama. Bagaimanapun apa yang dilakukan oleh Lintas Me sebagai sebuah inisiatif yang layak didukung dan tentunya kami berharap sinergi yang dibangun ini menjadi upaya-upaya strategis penyebaran konten positif dan bermanfaat untuk rakyat Indonesia. Blogger sebagai salah satu garda terdepan khususnya sebagai “produsen konten” di bidang online memegang peran sangat penting.

bebloglintasme-10

Acara berlangsung santai dan informal serta dimeriahkan oleh game interaktif dengan hadiah-hadiah menarik yang dipersembahkan oleh Lintas.Me. Saya sendiri sangat tertarik dengan layanan ini, dan sudah mendaftarkan diri untuk “dilintaskan”. Acara yang berakhir pukul 13.30 ini kemudian dilanjutkan dengan rapat Komunitas Blogger Bekasi yang membahas mengenai persiapan penyelenggaraan Amprokan Blogger 2013 yang rencananya akan diadakan pada tanggal 7-8 September 2013.

Saksikan video Mas Hazmi Srondol yang meliput acara tersebut dibawah ini:

Apa sih itu LINTAS.ME ?

Apa sih itu Lintas.ME ? Pertanyaan ini mungkin banyak yang bisa menjawabnya, tapi mungkin tidak semua bisa menjawab dengan benar. Besok, Sabtu 16 Maret 2013, komunitas BeBlog (Blogger Bekasi) rencananya akan bertemu dengan para penggiat situs Lintas.ME dan berdiskusi secara detil bin rinci tentang apa itu Lintas.ME.

Dari Alexa Rank didapat data sebagai berikut :

lintas.me

Lintas.me Social Sharing Aggregator

Alexa Traffic Rank
Traffic Rank in ID
7 Reviews
Sites Linking In
Top queries driving
traffic to lintas.me
See how lintas.me
looked in the past
No Data
Very Slow

(5.478 Seconds)
96% of sites are faster

Average Load Time

Melihat data di atas, maka Lintas.ME digolongkan sebagai situs agregator yang mempunyai Alexa traffic rank sebesar 2.879 di dunia dan nomor 45 di Indonesia. Bagaimana kalau situs ini dibandingkan dengan situs Kompasiana ? Data kompasiana adalah sebagai berikut :

kompasiana.com

Kompasiana.com

Alexa Traffic Rank
Traffic Rank in ID
8 Reviews
Sites Linking In
Top queries driving
traffic to kompasiana.com
See how kompasiana.com
looked in the past
Very Slow

(4.649 Seconds)
93% of sites are faster

Average Load Time

Dari peringkat lalu lintas Alexa di dunia dan di Indonesia, ternyata Kompasiana masih sedikit di atas situs Lintas.ME namun dari sisi banyaknya situs yang terkait (link) dengan Lintas.ME terlihat lebih banyak situs yang terkait dengan Lintas.ME dibanding kompasiana. Sekarang mari kita bandingkan dengan situs BeBlog, sebagai berikut :

bloggerbekasi.com

 

Alexa Traffic Rank
Traffic Rank in ID
(No reviews yet)
Sites Linking In
Top queries driving
traffic to bloggerbekasi.com
See how bloggerbekasi.com
looked in the past
No Data
Very Slow

(6.104 Seconds)
97% of sites are faster

Average Load Time

Terlihat bahwa situs BeBlog masih kalah jauh dibanding dua situs di atas. Tentu hal ini mudah dipahami, kenapa BeBlog bisa lebih rendah dibanding dua situs tersebut. Jumlah tulisan yang ada di beBlog memang jauh dibawah dua situs tersebut. Dalam hal ini diperlukan keaktifan semua anggota BeBlog untuk lebih rajin menulis di portal ini (*nasihat diri:-).

Makin banyak yang menulis di beBlog dan makin bermutu tulisan di BeBlog, maka peringkat BeBlog akan makin baik. Mari kita lihat juga nilai alexa dari beberapa pengurus inti beBlog. Kita mulai dari Om Jay, mas Amril, Mas Aris, Mbak Ajeng dan diriku sendiri. Silahkan dinikmati dan semoga membuat kita makin cinta dengan situs beBlog.

wijayalabs.com

Alexa Traffic Rank
Traffic Rank in ID
(No reviews yet)
Sites Linking In
Top queries driving
traffic to wijayalabs.com
See how wijayalabs.com
looked in the past
No Data
Very Slow

(7.296 Seconds)
100% of sites are faster

Average Load Time

.

daengbattala.com

Catatan-Catatan Dari Hati

Alexa Traffic Rank
Traffic Rank in ID
(No reviews yet)
Sites Linking In
Top queries driving
traffic to daengbattala.com
See how daengbattala.com
looked in the past
No Data
No Data

Average Load Time

.

arisheruutomo.com

Alexa Traffic Rank
No Data

Traffic Rank in Country
(No reviews yet)
Sites Linking In
Top queries driving
traffic to arisheruutomo.com
See how arisheruutomo.com
looked in the past
No Data
No Data

Average Load Time

.

muslimah.web.id

Alexa Traffic Rank
Traffic Rank in ID
(No reviews yet)
Sites Linking In
Top queries driving
traffic to muslimah.web.id
See how muslimah.web.id
looked in the past
No Data
No Data

Average Load Time

.

eeshape.com

Alexa Traffic Rank
Traffic Rank in ID
(No reviews yet)
Sites Linking In
Top queries driving
traffic to eeshape.com
See how eeshape.com
looked in the past
No Data
Very Slow

(3.647 Seconds)
88% of sites are faster

Average Load Time

.

Rank Change

ekoshp.com

Info Gadget, Android, Apple, Antivirus, Blackberry dan tutorial.

Alexa Traffic Rank
Traffic Rank in ID
1 Review
Sites Linking In
Top queries driving
traffic to ekoshp.com
See how ekoshp.com
looked in the past
No Data
Very Slow

(8.921 Seconds)
99% of sites are faster

Average Load Time

Angka-angka peringkat itu tidak terlalu penting sebenarnya, karena yang paling penting adalah bagaimana kita bisa menulis dengan lebih baik, lebih bermanfaat bagi pembaca dan bagaimana kita termotivasi untuk berbuat lebih baik dengan menulis. Sampai ketemu besok pagi di kopdar BeBlog dengan Lintas.ME.
Salam sehati.

Alexa Rank Lintas ME
Alexa Rank Lintas ME

Pemenang Lomba Pilkada Bekasi

Seperti yang pernah diumumkan di blog ini tentang Lomba Pilkada Bekasi 2012 , dan setelah melakukan penjurian serta diskusi yang sempat deadlock untuk mencapai kesepakatan siapa pemenang lomba ini.

Dengan ini diumumkan para pemenang Lomba Pilkada Bekasi 2012.

Penilaian Kompetisi:

  1. Konten harus dapat menjelaskan dengan mudah dan santun tentang jawaban yang diharapkan dari Pertanyaan Umum.
  2. Orisinalitas dan ketajaman analisis
  3. Kualitas dan kuantitas komentar pembaca pada setiap artikel akan menjadi nilai tambah.
  4. Setelah diputuskan sebagai pemenang, maka publik memiliki kesempatan 1 (satu) minggu untuk memberikan masukan /menyanggah jika ada indikasi artikel yang menang tersebut adalah hasil copy-paste! Jika nanti setelah dicek-silang ternyata artikel tersebut terbukti hasil plagiarisme, kemenangannya akan dibatalkan dan diganti oleh yang lain.

Berikut ini adalah para pemenang sesuai dengan penilaian dari Juri: @amriltg, @ajengkol, @indahjuli dan @eshape

  1. Nelfi Syafrina : http://nelfisyafrina.blogspot.com/2012/12/hilangnya-gairah-memilih-di-pilkada.html

  2. Sumiyati Yati: http://sumi1299.blogdetik.com/2012/12/18/pesta-demokrasi-pemilihan-kepala-daerah-kota-bekasi/

  3. Giyat Yunianto: http://www.giyatyunianto17.blogspot.com/2012/12/sepinya-pesta-di-kota-bekasi.html

 

Selamat kepada para pemenang!

Silakan mengirimkan data diri ke email: indahjuli@gmail.com cc ajengkol@gmail.com

Terima kasih, sampai jumpa lagi di lomba berikutnya.

Salam persahabatan