Ikutilah Teacher Writing Camp di Kampus UNJ Rawamangun, Sabtu-Minggu, 28-29 Desember 2013

Ikatan Guru Indonesia (IGI) akan kembali mengadakan kegiatan pelatihan guru menulis atau “Teacher Writing Camp” (TWC) untuk yang ke-3 kalinya. Acara yang berlangsung dua hari tersebut, Sabtu-Minggu 28-29 Desember 2013, digelar di Wisma Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Kampus A, Rawamangun, Jakarta Timur.

Flyer TWC #3

Ketua Panitia Penyelenggara TWC ke-3, Wijaya Kusumah, M. Pd mengatakan kegiatan ini digelar setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Pelatihan Guru Menulis untuk para guru di Hari Ulang Tahun Guru, 25 November 2012 dan Teacher Writing Camp ke 1 & 2, pada 8-9 Desember 2012, dan 6-7 Juli 2013.

“Kali ini para guru lebih diajak untuk mengembangkan kreativitas karya tulisnya dalam dunia internet, dunia perbukuan, dan pembelajaran,” kata Wijaya Kusumah yang akrab disapa Omjay ini. Saat memberikan keterangan kepada Harian Terbit, Omjay didampingi Sekretaris Panitia, Dahli Ahmad, M. Pd.

Menurut Wijaya Kusumah, acara TWC ini diadakan untuk merespon antusiasme, animo, dan sambutan positif dari para guru baik yang hadir maupun yang belum sempat hadir saat acara sebelumnya. Peserta diharapkan berasal dari guru-guru di Indonesia dan dibatasi hanya 40 peserta ditambah 10 panitia karena keterbatasan tempat.

“Kita berharap semakin banyak guru yang melek internet, suka menulis, dan gemar membaca. Gerakan Indonesia membaca dan menulis harus dimulai dari sekarang,” kata staf pengajar di Labs School Rawamangun, Jakarta Timur ini.

Selain itu, kata Wijayah Kusumah, tujuan kegiatan ini untuk memotivasi para guru untuk aktif menulis, membaca, dan berkreativitas sekaligus memanfaatkan dunia internet dan sosial media.

TWC3_Flyer

“Diharapkan guru berpartisipasi dalam kegiatan ini mempunyai wawasan lebih positif terhadap pemanfaatan internet, sehingga bermanfaat dalam peningkatan kualitas pendidikan. Juga diharapkan dapat menerbitan bukunya sendiri setelah mendapatkan materi teknik menerbitkan buku,” tambahnya.

NARASUMBER

TWC ini akan menghadirkan narasumber dari guru berprestasi, berpengalaman menulis di berbagai media. Juga berbagai komunitas yang fokus kepada penyebaran pemanfaatan internet secara sehat dalam dunia pendidikan. Tak ketinggalan bintang tamu dari penulis terkenal untuk memberikan motivasi menulis.

Pembicara tersebut antara lain Sukani, Pemenang 1 Guru Era Baru (Guraru Award) 2013. Siti Mugi Rahayu, pemenang 3 Guraru Award 2013. Dedi Dwitagama, pemenang Guraru Award 2012. Agus Sampurno, pemenang Guraru Award 2011. Acer Team, ACER Guraru, Dhitta Puti Sarasvati (IGI Pusat), Iskandar Zulkarnaen (admin Kompasiana), Thamrin Sonata (wartawan), Sutanto Windura dan Alpiyanto (trainer/penulis buku).

“Peserta juga akan dilatih menulis di blog http://guraru.org/. Tentu setiap peserta diharapkan membawa laptop, dan membawa modem untuk akses internet atau disiapkan oleh sponsor untuk akses internet dan laptopnya,” kata Omjay.

Sekretaris Panitia TWC-3, Dahli Ahmad, M. Pd menambahkan, panitia membuka diri untuk bekerja sama dan bersinergi dengan semua pihak dalam upaya mensukseskan kegiatan ini. Biaya peserta Rp200.000 ditransfer ke rekening IGI Bekasi di Bank BJB no. rek. 0026825938100.

“Pendaftaran sebelum hari H atau setelah kuota terpenuhi 40 orang, panitia tidak menerima pendaftaran di saat acara berlangsung,” kata Dahli Ahmad. Untuk info lengkapnya dan pendaftaran dapat menghubungi: Omjay melalui nomor kontak 08159155515 email: wijayalabs@gmail.com, Dahli 08128884773 atau email dahli_ahmad@ymail.com (aliem)