Tahun 2014 Bekasi Berani Lebih Baik

Haloooo apa kabar Blogger Bekasi, lama saya tidak menulis disini, rasanya kangen sekali!!! oh iya, saya ini belum mengucapkan selamat tahun baru yaa… “Say No to happy new year 2014“. loh mengapa??? tidak apa-apa pak, saya hanya ingin menggantinya dengan “happy new day – Semoga kita menjadi orang-orang yang beruntung setiap harinya.” Amin yaaaa??? jangan lupa setiap malamnya nanti harus nyalain kembang api nya yaa pak… kan Happy new day!!!

Berani lebih baik, itu saya yang sedang berkampanye, rasanya seperti saya tersadar dan terpanggil untuk menjadi caleg di kota Bekasi, asiiikkkkk banget dah kalo menjadi CALEG atau PEJABAT. Sebenarnya bukan itu maksud dan tujuan saya memasang judul seperti diatas. Realitanya adalah saya tersadar, saya prihatin seperti SBY, masih banyak orang yang acuh terhadap di lingkungan sekitar. Coba rasakan pada saat hujan deras mengguyur Kota Bekasi tercinta kita, bagaimana? apakah jauh lebih baik? Banjir dimana-mana!!! siapa yang mau disalahkan? Tuhan? karena telah menurunkan hujan begitu lama? saya memperhatikan bahwa pada saat hujan sedang berlangsung, kebanyakan dari kita sebagai mahkluk yang paling sempurna adalah berkeluh kesah karena hujan akan menyebabkan semua rencana kita gagal, menyebabkan banjir dan lain-lain hal. Padahal hujan itu ciptaan Tuhan, dan Tuhan memberikan berkah kepada kita berupa air hujan, maka bersyukurlah ketika hujan itu datang, Wassalam. Jadi siapa yang mau disalahkan ketika banjir? PEMKOT Bekasi? tidak, yang disalahkan adalah kita yang tidak bisa menjaga nilai-nilai Estetika terhadap lingkungan sekitar.

Baiklah, jika kita berbicara mengenai Bekasi, di tahun sebelumnya dan sesudah tahun 2013 semakin hari semakin babak belur. Merugikah Bekasi yang katanya kota PATRIOT?  jawabnya adalah “merugi banget pak!!! bapak mah enak, cuma duduk-duduk di kursi gak tau gimana keadaannya”  ups… maaf ya kalo tersinggung, disini saya tidak akan menyinggung atau mengkritik kinerja Pemerintahan Kota Bekasi loh, saya hanya ingin mengkritik warga Bekasi saja. Kenapa demikian? yah, warga adalah penggerak atau motor dari kota itu sendiri, kalo warga bekasi semuanya membantu untuk melakukan sebuah tindak disiplin untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar,  pasti hasilnya jauh lebih bagus. Sementara orang – orang yang bekerja di Pemerintahan Kota Bekasi, begitu sampai dirumah masing-masing, mereka hanya kembali menjadi warga yang biasa-biasa saja. Betul kan?? jadi lebih baik saya mengkritik warga Bekasi saja, yah mudah-mudahan saja Pak  ReTe atau RW di kota Bekasi ini ada yang membaca tulisan saya.

Selain padat penduduk, Bekasi itu dulunya adalah kota yang memiliki udara yang segar, dahulu kala sewaktu saya masih kecil, setiap pagi saya sering sekali bangun pagi, kemudian tidur2an di halaman rumah sambil menghadapkan muka ke arah atas lagit biru yang bersih, menghirup udara yang segar membuat saya kembali tertidur pulas… laaahhhh???? Dulu itu terkenal dengan yang namanya kerja bakti bahkan hingga saat ini, tradisi kerja bakti masih dilakukan di setiap kawasan yang padat penduduk, namun akhir-akhir ini saya rasa kita sudah melupakan tradisi tersebut, atau bahkan masih ada yang rutin melakukannya.  Saya rasa warga Bekasi sudah mulai senang dan betah untuk mengambil pilihan yang salah, yaitu menyambut hari Ulang Tahun Banjir setiap tahunnya. Coba tebak daerah Bekasi sebelah mana yang setiap kali hujan memiliki kolam renang dadakan? pasti daerah yang di sebut adalah daerah yang namanya itu-itu saja yang selalu disebut.

Ketika saya berkunjung kerumah saudara saya di Puri Bintara Kranji
Ketika saya berkunjung kerumah saudara saya di Perumahan Puri Bintara Kranji

Zaman memang berubah dan kebanyakan dari kita juga ada yang telah berubah yaitu memikirkan diri sendiri atau egois. Coba kita perhatikan gerak gerik semut, tubuhnya sangat kecil dan sangat sulit untung memindahkan suatu barang atau benda, namun dengan semangat gotong royong keajaiban itu muncul untuk memindahkan barang atau benda yang sangat besar yang akan menjadi makanannya, si semut sadar dan meninggalkan rasa egonya, kalo dia tidak bisa melakukannya secara individu untuk meraih makanan yang besar. Sebenarnya hanya ada satu cara untuk menciptakan keindahan di lingkungan sekitar, cukup satu kata yaitu “Sadar”. Sadar untuk membuang sampah pada tempatnya, sadar untuk tidak membuat hal yang merugikan bagi orang lain ataupun lingkungan sekitar.

Dalam tulisan ini saya memberanikan diri menghimbau dan mengajak para warga Kota Bekasi, untuk melakukan kegiatan kerja bakti yang akan dilaksanakan pada hari minggu pertama dan minggu ketiga dalam waktu setiap bulannya. Cukup 2 kali dalam setiap bulannya, lakukanlah secara rutin dan hasilnya sangat luar biasa. Selamatkan Bumi Bekasi kita, untuk kenyamanan para generasi yang akan meneruskan tekad dari para leluhurnya yang sangat mencintai kebersihan dan keindahan untuk kita semua. Bersih itu indah, bersih itu nyaman dan bersih itu nikmat!!!

Pemenang Lomba Menulis Artikel di TWC3

Teman-teman Blogger yang Omjay Sayangi dan Banggakan.

Bersama ini diumumkan pemenang lomba menulis TWC3 yang tulisannya sudah dilihat, dibaca, dan dinilai oleh tim juri (Pak Rudy, Bu Mugi, dan Pak Sukani)

Para pemenang Guraru Award 2013 merekomendasikan pemenang tulisan terbaik di http://guraru.org adalah :
  1. Etna Rufiati, Judul Artikel :Dahsyatnya Siklus Belajar Menulis di TWC 3
  2. Sri Sugiastuti, Judul Artikel : Buktikan Bahwa Menulis di Media Itu Menghasilkan
  3. Fitria Yustiarsih, Judul Artikel :Reportase TWC 3 hari pertama

Terimakasih, semoga dapat memotivasi peserta TWC3 lainnya. Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang total Rp. 750.000,- sebesar:

  • Juara I berupa uang sebesar Rp. 300.000,-
  • Juara II berupa uang sebesar Rp. 250.000,-
  • Juara III berupa uang sebesar Rp. 200.000,-

Kepada para pemenang dimohon untuk mengirimkan no rekeningnya ke omjay di hp 08159155515. Terima kasih kepada para donatur yang telah mendukung penuh acara ini.

Sudah Bingung Ya?

Sudah Bingung Ya?
Oleh: nusa putra

Tampaknya ini bukan kebetulan. Masih ingat, dulu menjelang pemilu, pemerintah SBY menurunkan harga bbm,dan keputusan itu dijadikan komoditi kampanye pemilu? Mau diulangi lagi sekarang? Anas Urbaningrum, mantan ketua umum partai demokrat, yang terjeratsangkut kasus korupsi Hambalang bersama banyak kader partai demokrat lainnya, menyebut kenaikan gas elpiji sebagai opera sabun. Pernyataan Anas tidak bisa diremehkan. Sebab, dia pernah jadi ketua umum partai demokrat dan pernah dekat dengan SBY. Artinya, Anas pernah ikut menyusun strategi pemenangan pemilu partai demokrat.

Rasanya kebanyakan rakyat Indonesia sudah sangat cerdas dan tak bisa dikibuli dengan strategi konyol itu. Atau dengan cara lain bisa ditegaskan, hanya orang pendek akal yang masih bisa terpengaruh dengan strategi pura-pura berfihak pada rakyat seperti yang dipertontonkan sepanjang hari minggu di awal Januari ini. Tragisnya, mengapa hajat hidup orang banyak dijadikan komoditi politik untuk tujuan jangka pendek, sekadar untuk menaikkan citra yang lagi terpuruk. Apa mungkin orang-orang di Pertamina begitu beraninya mengambil keputusan yang tidak memperhitungkan kondisi nyata masyarakat yang daya belinya rendah? Apa pemerintah begitu lemah, sehingga sebuah korporasi yang ada dalam kuasanya bisa seenaknya?

Menariknya adalah, para menteri saling tuding di televisi, disusul dengan sikap partai para menteri yang ramai-ramai tidak setuju harga elpiji naik. Apa presiden memang sudah tidak punya kendali terhadap menteri, atau tatakelola pemerintahan memang semrawut karena kepentingan partai dan pribadi menteri yang pengen ikutan pemilihan presiden lebih menonjol? Bukan kali ini saja para menteri saling tuding.

Pada kala KPK membongkar kejahatan terkait impor sapi yang melibatkan presiden PKS, para menteri dan partai politiknya saling tuding di televisi. Sibuk cuci tangan, padahal yang belepotan wajahnya, bukan tangannya. Begitupun saat ada pekan kondom. Para menteri malah saling kecam. Tampak betul kepentingan partai lebih didahulukan daripada kepentingan rakyat banyak. Sedangkan kepentingan rakyat banyak cuma jadi komoditi politik untuk pencitraan, bukan diurusi dengan sistematis, terstruktur dan terukur. Sungguh panggung dagelan yang tidak lucu. Tidak mengejutkan bila hasil survey menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap partai politik di bawah sepuluh persen.

Bila benar presiden baru tahu setelah harga naik, kita harus menilai ulang secara fundamental sistem tatakelola negara ini. Para pengelola pemerintah, juga pengelola perusahaan yang merupakan milik pemerintah harus dengan keras diingatkan. Negara ini memiliki UUD yang secara jelas menegaskan tentang kewajiban negara dan pemerintah terkait hajat hidup orang banyak. Bisa jadi, ada potensi pelanggaran UUD dalam peristiwa ini yang sangat aneh ini.

Sungguh kejadian ini sangat mengerikan. Hajat hidup orang banyak sepenuhnya dikelola dengan tatacara kapitalis yang hanya berorientasi keuntungan.

Dan yang lebih memprihatinkan, sejauh ini pemerintahan Semakin Butek Yo…gagal memanfaatkan kesempatan berkuasa selama dua periode untuk membangun suatu sistem energi nasional yang berkualitas dan berkeadilan. Sehingga sedikit saja ada gejolak harga di tingkat internasional, negara bangsa ini selalu berada dalam posisi seperti telur di ujung pistol. Akibatnya berbagai kebijakan yang telah diupayakan dengan susah payah untuk memperbaiki kesejateraan rakyat, bisa berantakan jika terjadi fluktuasi harga energi. Itu antara lain terbukti dari meningkatnya angka kemiskinan mendekati 500 ribu jiwa pada masa akhir pemerintahan ini.

Mestinya kejadian ini, dan tertangkap tangannya pengelola SKK Migas oleh KPK bisa menjadi jalan masuk bagi KPK untuk membongkar semua misteri pengelolaan energi di negeri ini. Rasanya bukan rahasia lagi, besarnya uang yang dihasilkan dalam bisnis energi selalu terkait sangat erat dengan kuasa dan pembiayaannya.

Pengelolaan dana energi harus sangat transparan, karena menyangkut hajat hidup rakyat banyak. Karena,

TANPA TRANSPARANSI DAN TATAKELOLA YANG PASTI SERTA TERUKUR, NEGERI INI AKAN JADI ATM PENGUASA TAK BERBUDI.

Selamat Tahun Baru 2014

Alhamdulillah, saya ucapkan selamat tahun baru 2014. Semoga di tahun baru ini kita memiliki semangat baru untuk memperbaiki diri. Ikut terus berkarya untuk bangsa. Giat belajar dan terus belajar sampai pintar. Ingatlah dengan belajar banyak hal yang tadinya kita tidak tahu menjadi tahu. Belajar dari tidak bisa menjadi bisa. Itulah ilmu yang harus terus dipelajari dan dikuasai sepanjang hayat. Tiada kata terlambat untuk belajar. Siapa yang giat belajar dan tekun menjalaninya pastilah akan berhasil menjadi orang yang berpengetahuan. orang yang akan lebih tinggi derajatnya daripada mereka yg tidak berpengetahuan.

Kita tentu tahu, semalam banyak orang yang merayakan malam pergantian tahun. Banyak orang yang keluar dari rumahnya untuk merayakannya. Hmm, rasanya baru kemarin kita berada di tahun baru 2013. Kini kita berada di tahun 2014 yang kita belum tahu apa yang akan terjadi. Oleh karenanya persiapkan diri lebih baik agar hal-hal yang kurang bermanfaat dihindari. fokus kepada tujuan hidup yang lebih baik.

20131229_163225

Nyam-nyam, setelah menikmati sarapan bubur di desa Taraju Tasikmalaya, saya pandangi indahnya wajah desaku. Pohon pohon hijau di depan mata. Burung burung berkicauan dan hujan turun rintik-rintik. Seolah olah alam mengirimkan pesan. Selamat datang tahun baru 2014 dan menangislah dari duka nestapa di tahun 2013. Semoga keceriaan dan kebahagiaan terukir manis di tahun 2014 yang akan dilalui. Semoga tak ada aral melintang yang menghambat perjalanan sukses kita.

Subahanallah, di atas kebun teh pegunungan PT Sinar Sosro yang menjulang kupandangi indahnya pemandangan alam.  Alam seolah memberikan pelajaran di luar kelas yang memesona. Ingatlah alam bisa menjadi sahabat terbaikmu. Rawatlah alam agar dia menjadi teman setia perjalanan hidupmu. Belajarlah seperti pohon teh di perkebunan ini yang tak pernah habis diambil daunnya. Semakin diambil semakin banyak tumbuh daun-daun baru. Daun teh yang diambil menghasilkan aroma teh yang nikmat di minum oleh siapa saja. Kebermanfaatan teh tentu sudah kita ketahui bersama. Minuman teh mampu menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh. Tak heran bila teh sangat dibutuhkan dalam kemasan makan sehat indonesia.

Selamat Tahun Baru 2014.

Salam Blogger Persahabatan

omjay

http://wijayalabs.com