Blogger Bekasi Kembali Tebar Virus

Sabtu, 16 Januari 2010, Komunitas Blogger Bekasi (be-Blog) kembali menebarkan virus ngeblog lewat penyelenggaraan pelatihan blog bagi warga masyarakat Bekasi. Kali ini yang menjadi peserta pelatihan sebagian besar adalah para dosen Universitas  Islam 45 (Unisma) dan pegawai Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

Kegiatan pelatihan blog ini merupakan salah satu program be-Blog untuk berbagi dan memajukan Bekasi lewat internet dan blog dengan biaya semurah mungkin. Peserta hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,-, itupun dikembalikan dalam bentuk antara lain goodibag, door prize, konsumsi dan sertifikat. Materi pelatihan dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta pelatihan agar bisa langsung diterapkan. Karena peserta pelatihan kali ini adalah sebagian besar dosen dan pegawai Pemkot Bekasi, maka diharapkan blog yang dihasilkan akan menjadi media yang efektif untuk diskusi antara dosen dan mahasiswa atau antara pejabat Pemkot Bekasi dengan masyarakat.

Peserta datang lebih awal

Waktu menujukkan pukul 08.30 WIB ketika saya tiba di ruangan yang akan digunakan untuk pelatihan blog di Kampus Unisma. Meski acara baru akan dimulai pukul 10.00 WIB, namun banyak peserta yang telah hadir lebih awal. Mereka terlihat begitu antusias dan tidak sabar untuk segera memulai pelatihan membuat blog.

Sementara itu beberapa teman panitia terlihat melakukan tugas-tugas kepanitian seperti menerima dan mengawasi pendaftaran peserta, mencek materi presentasi, menyiapkan goodi bag, memeriksa akses free hot spot hingga memasang spanduk.

Persiapan pemasangan spanduk

Pada pukul 09.30 WIB sebanyak 40 orang peserta telah berada di ruangan dan mulai menatap layar laptop masing-masing, siap untuk mengikuti pelatihan ngeblog. Sesuai program, sekitar pukul 09.45 acara pun dimulai dengan sambutan dari Perwakilan Unisma, Ketua be-Blog dan General Manager Telkom Bekasi. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para pembicara yang terdiri dari saya sendiri ( 1001 alasan ngeblog), Wahyu Syuhada (membuat blog gratisan di blogspot), Dodi Mulyana (membuat blog gratisan di wordpress), Irfan Zj (mengenal blog berbayar) dan Raden Ajen (Komunitas dan etika ngeblog).

GM Telkom yang baru, Pak Davik, sedang menyampaikan sambutan

Dalam pemaparan mengenai 1001 alasan ngeblog, saya memotivasi para peserta agar tidak ragu-ragu untuk mulai ngeblog. Tidak perlu khawatir dengan keterbatasan pengetahuan tentang teknologi internet, karena membuat blog itu mudah, tidak sampai 10 menit orang bisa membuat blog. Yang dibutuhkan agar bisa ngeblog dengan nyaman adalah alasan yang kuat untuk ngeblog dan komitmen untuk melaksanakannya.

Presentasi 1001 Alasan Ngeblog (Narsis mode on)

Dalam presentasi ini setidaknya ada 8 alasan untuk ngeblog yaitu ngeblog untuk berbagi (sharing), menjadikan blog sebagai representasi diri, menjadikan blog sebagai tempat mengendapkan pemikiran (inkubator), ngeblog sebagai pembelajaran dan latihan menulis, ngeblog untuk menjalin pertemanan, ngeblog untuk mendapatkan penghasilan tambahan, ngeblog dengan harapan tulisannya dibukukan dan ngeblog untuk promosi (diri sendiri ataupun produk). Saya sengaja hanya menyebutkan 8 alasan ngeblog saja (bukan 1001 alasan seperti disebut pada judul paper/presentasi) karena berharap 993 alasannya lainnya diperoleh/disebutkan oleh para calon blogger sendiri saat nanti mereka benar-benar berkomitmen untuk ngeblog. (paper presentasi dapat diperoleh DISINI).

Selain alasan untuk ngeblog yang disebutkan dalam paper, dalam presentasi saya juga memberikan tambahan tips untuk mulai ngeblog yaitu:

  1. Ngebloglah dari awal. Sebagai contoh kalau di awal ngeblog baru bisa ngeblog 2 minggu sekali, jangan paksakan ngeblog setiap hari, karena hal tersebut bisa menjadikan diri merasa tidak nyaman;
  2. Ngeblog atau menulislah tentang sesuatu yang disukai. Misalnya kalau seorang calon blogger memiliki kesenangan akan kegiatan masak memasak, akan lebih mudah dan nyaman jika menulis tentang kegiatan masak memasak tersebut. Jangan mencoba memaksakan diri untuk menulis tentang otomotif padahal tidak memiliki pengetahuan tentang dunia otomotif;
  3. Lakukan riset sebelum menulis (riset disini bukan dalam arti penelitian serius seperti hendak membuat thesis atau disertasi, tapi lebih pada pengamatan atau pencarian data dan fakta untuk mendukung tulisan kita);
  4. Lakukan evaluasi setiap saat (misalnya jika pada awal ngeblog, intensitasnya 2 minggu sekali , setelah 3 atau 6 bulan bisa dievaluasi apakah intensitasnya bisa ditingkatkan menjadi seminggu sekali atau bahkan setiap hari. Kalau belum, lanjutkan proses pembelajarannya hingga benar-benar nyaman dalam ngeblog sesuai dengan kemampuan.

Terakhir saya sampaikan bahwa ngeblog pada dasarnya bukanlah kegiatan bagi semua orang. Hanya orang yang memiliki alasan kuat dan komitmen saja yang bisa ngeblog. Jangan memaksakan diri untuk ngeblog jika hal tersebut menjadikan tidak nyaman. Jangan berharap pula dengan ngeblog bisa langsung terkenal, diperlukan proses dan perjuangan panjang untuk mencapainya. Kalau tujuan ngeblog untuk ngetop, siap-siaplah untuk kecewa.

Pada presentasi-presentasi berikutnya, Mas Wahyu Syuhada, Mas Dodi Mulyana dan Mas Irfan secara bergantian membimbing para peserta untuk membuat blog secara langsung. Terima kasih kepada Telkom Speedy yang sudah menyediakan akses free hot spot 2 MB yang sangat mendukung kebutuhan pelatihan. Para peserta pelatihan tampak antusias dalam membuat blog, saking antusiasnya banyak peserta yang masih terpaku di depan saat tiba waktu makan siang dan coffee break.

Mas Dodi dan mas Irfan sedang membimbing peserta membuat blog
Sponsor Telkom Speedy

Terakhir  Mbak Ajeng menyampaikan presentasi tentang Komunitas Blog dan Etika Ngeblog. Disampaikan bahwa setelah memiliki blog, tidak cukup hanya berkutat di dunia maya saja. Blogger juga harus bergaul di dunia nyata, salah satunya dengan bergabung dengan komunitas blogger. Pergaulan di komunitas diperlukan, selain untuk saling mengenal satu sama lain, juga bisa digunakan untuk berdiskui dan memperluas wawasan serta tentu saja bisa untuk mendorong traffic ke blog.

Mbak Ajeng memberikan presentasi dan juga door prize

Terkait dengan etika ngeblog, disampaikan mengenai perlunya kehati-hatian dalam ngeblog agar jangan sampai terjebak membuat suatu tulisan yang menghina atau menyudutkan orang lain. Jika tidak hati-hati, blogger di Indonesia bisa saja dikenakan UU ITE, khususnya pasal 27 ayat 3 tentang pencemaran nama baik. Selain itu disebutkan pula agar dalam ngeblog, blogger tidak melakukan copy paste dan melakukan kegiatan plagiat lainnya. Bagaimanapun suatu tulisan di blog adalah karya seseorang yang patut dihormati dan dilindungi hak-haknya.

Sekitar pukul 16.00 WIB acara berakhir. Secara umum kegiatan berjalan lancar dan para peserta pun merasa puas mendapatkan pengetahuan baru dan cara-cara praktis membuat blog. Dalam testimoninya mereka menyatakan manfaat dari kegiatan pelatihan ini dan mengharapkan agar kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan dan dikembangkan sehingga dapat lebih banyak lagi menjangkau berbagai lapisan masyarakat di Bekasi. Testimoni mengenai pelatihan blog ini juga disampaikan oleh blogger dari Komunitas Blogger Bekasi yang datang khusus menghadiri acara ini untuk belajar bagaimana mengelola dan melaksanakan kegiatan pelatihan tentang blog dan teknis menulis.

Seperti lazimnya acara-acara yang diselenggarakan blogger, tidak afdol jika tidak diakhiri dengan kegiatan foto bersama.  karena itu usai acara, para peserta pun langsung berfoto bersama.

Sebagian peserta Pelatihan Blog di Unisma, 16 Januari 2010

Selamat untuk para peserta pelatihan blog di Unisma, ditunggu tulisan-tulisannya di blog masing-masing. Silahkan cantumkan alamat blog anda di kolom komentar tulisan ini agar dikunjungi dan dikomentari teman-teman blogger lainya.

Kepada teman-teman Panitia yang dimotori Mbak Ajeng, selamat dan terima kasih atas kerjasamanya yang luar biasa.

NB: untuk foto-foto lainnya bisa dilihat DISINI

20 thoughts on “Blogger Bekasi Kembali Tebar Virus”

  1. terimakasih kepada pak Aris yang bersedia memberikan materi manfaat blog :)

    PS.
    hm… mas mas yang cakep itu mana ya? kok ga ada di poto.. *nanya ke depi* xixixi

  2. selamat dan sukses atas terselenggaranya acara tersebut,semoga para pengguna blogger bisa ambil manfaatnya dari acara tersebut

  3. Pingback: Alin Ophy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>