Pre-launching “bloggerbekasi.com” (BBC): Menembus Tapal Batas!

Cikal Bakal Bloggger Ditanah Air

blogPerkembangan dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology/ ICT) saat ini telah membawa pengaruh yang sangat signifikan terhadap budaya kehidupan bangsa dan negara kita. Salah satunya adalah pertumbuhan blogging media yang (mungkin) saja, suatu saat nanti bisa menggantikan peran main stream media saat ini.

Potensi para blogger yang kini tersebar di berbagai daerah dan kalangan, telah menjadikan blogging media semakin berperan cukup penting dalam setiap kesempatan. Dari yang mulanya hanya sekedar hobi, blog saat ini sudah mengalami perluasan yang cukup signifikan. Selain sebagai media sosial networking, saat ini blog juga banyak dijadikan sebagai lahan bisnis bagi sebagian masyarakat yang “melek” ICT.

Blog telah membuat hilangnya batasan antara selebritis dan para fans-nya, bahkan para politikus pun tak mau ketinggalan untuk ikut terlibat dengan membuat blog sebagai personal branding dan alternatif media untuk melakukan kampanye. Akses tanpa batas adalah salah satu kekuatan yang dimiliki oleh blogging media untuk menembus batas-batas formil yang selama ini (mungkin) masih ada dan sudah tidak relevan lagi untuk di implementasikan.

Sementara itu, perkembangan blog di Indonesia sejak 2 (dua) tahun terakhir ini tak bisa dibendung lagi, apalagi sejak sukses digelarnya “Pesta Blogger I” pada tanggal 27 Oktober 2007 lalu di Jakarta, keberadaan para “blogger” dan komunitasnya di Indonesia saat ini semakin diakui eksistensinya oleh pemerintah.

Pemerintah melalui perwakilannya, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Muhammad Nuh, mengapresiasikan dunia blogging ditanah air dan menetapkan bahwa tanggal 27 Oktober 2007 merupakan tonggak lahirnya komunitas blogger di Indonesia dan akan di peringati setiap tahunnya sebagai “Hari Blogger Nasional”.

Dengan ditetapkannya tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional”, maka pemerintah diharapkan bisa menjadi fasilitator dan secara konsisten turut mendukung perkembangan blog ditanah air, tentunya dengan tetap mengacu dan sejalan dengan tujuan nasional, tanpa harus membatasi kebebasan ngeblog para blogger, terutama untuk hal-hal yang bersifat positif demi kemajuan bangsa dan negara.

Langkah Nyata Blogger Kota Bekasi dan Sekitarnya

bekasi11111Sebagai salah satu pusat bisnis terbesar dengan jumlah penduduk hampir mencapai 3 (tiga) juta jiwa yang berbatasan langsung dengan Ibukota Negara Republik Indonesia (RI), Jakarta, tentunya blogger-blogger yang lahir dan menetap atau yang terkait dengan wilayah Kota Bekasi (baik langsung maupun tidak langsung), juga tigak ingin ketinggalan dan akan ikut mengambil bagian dalam perkembangan blog di tanah air.

Salah satu langkah nyata yang saat ini telah dilakukan oleh para blogger Kota Bekasi terkait dengan perkembangan blog ditanah air adalah dengan cara mendirikan sebuah komunitas agregator blogger Kota Bekasi (www.bloggerbekasi.com) sebagai alternatif media terkini yang akan digunakan oleh kita semua, seluruh masyarakat Kota Bekasi agar bisa ikut menjadi bagian dalam membangun Kota Bekasi yang kita cintai, baik pada saat ini maupun pada masa-masa yang akan datang.

Lahirnya bloggerbekasi.com

mp17 Agustus 1945 yang lalu para pejuang bangsa Indonesia yang diwakili oleh Bung Karno dan bung Hatta berhasil mendeklarasikan kemerdekaan bangsa Indonesia dari jajahan Jepang. Deklarasi tersebut pada akhirnya membawa kita semua, rakyat Indonesia, bisa menikmati alam kemerdekaan hingga saat ini.

64 tahun kemudian, 17 Agustus 2009, bertempat di Bekasi Cyber Park (BCP), para blogger yang berdomisili dan memiliki hubungan dengan Kota Bekasi dan sekitarnya, sepakat untuk mengambil moment patriotik tersebut sebagai tonggak lahirnya komunitas bloggerbekasi.com.

Membentuk sebuah komunitas blogger, sebenarnya bukanlah hal yang baru, bahkan untuk saat ini merupakan hal yang biasa saja. Lalu apa istimewanya dengan komunitas bloggerbekasi.com yang baru saja mendeklarasikan lahir pada tanggal 17 Agustus 2009 ini? Berikut ini adalah alasan-alasan mengapa bloggerbekasi.com menjadi terlihat lebih istimewa, ketimbang komunitas-komunitas blogger lainnya:

Cita-Cita Dibentuknya bloggerbekasi.com

citaSejak awal terbentuknya, kami para pendiri dan pengurus bloggerbekasi.com sepakat untuk membuat sebuah komunitas blogger yang berbeda dari biasanya. Tidak hanya sekedar kumpul-kumpul dan berbagi cerita saja, kami ingin komunitas ini benar-benar bisa “menjadikan budaya “blog” sebagai salah satu media alternatif untuk menyampaikan informasi melalui jurnalisme warga (citizen journalism), agar bisa berperan aktif dan ikut serta untuk memajukan Kota Bekasi dan sekitarnya kearah yang lebih baik lagi”.

Tujuan Dibentuknya bloggerbekasi.com

sasaranKomunitas blogger Kota Bekasi yang dibentuk ini ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat umum yang berdomisili, lahir, keturunan, sekolah, bekerja, ataupun hanya sekedar tertarik dengan Kota Bekasi dan sekitarnya, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Melalui komunitas blogger Kota Bekasi ini, diharapkan akan tercipta sinergi antara penduduk (masyarakat) sebagai blogger dengan Pemerintah Kota Bekasi sebagai pengelola Kota Bekasi. Selain itu, peran para blogger yang nantinya akan bergabung untuk membentuk sebuah komunitas blogger terbesar di Kota Bekasi ini, bisa menjadi sebuah langkah awal dan alternatif media untuk menampung saran dan masukan positif terkait dengan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Corporate Gorvernment/GCG), yang pada akhirnya bisa ikut berperan serta dalam membangun dan memajukan Kota Bekasi.

Apa Saja Yang Akan Dilakukan Oleh bloggerbekasi.com

ngeblogTerkait dengan komunitas blogger Kota Bekasi yang telah kami bentuk tersebut, berikut ini adalah program kerja yang akan kami lakukan untuk mencapai cita-cita dan tujuan sebagaimana telah kami sampaikan diatas:


  1. Melakukan pelatihan (training) bagi masyarakat umum Kota Bekasi dan Sekitarnya mengenai blog bekerjasama dengan Kompasiana.com (Kompas.com) secara berkala.
  2. Melakukan pelatihan (training) bagi siswa/ siswi Sekolah Menengah Umum (SMU) dan sederajat dalam wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya mengenai blog bekerjasama dengan Kompasiana.com (Kompas.com) secara berkala.
  3. Membuat perlombaan mengenai potensi-potensi yang dimiliki oleh Kota Bekasi dan sekitarnya dalam bentuk tulisan (artikel), yang nantinya akan dipublikasikan melalui blog www.bloggerbekasi.com.
  4. Bekerjasama dengan pihak-pihak terkait (baik pemerintah maupun swasta) yang berada dalam kawasan wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya terkait dengan even-even penting yang perlu diketahui oleh publik.
  5. Membantu pihak-pihak terkait (baik pemerintah maupun swasta) yang berada dalam kawasan wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya, terkait dengan promosi-promosi mengenai hal-hal tertentu (misal: wisata, kuliner, dan sebagainya).
  6. Mengadakan bakti sosial (secara berkala), bekerjasama dengan masyarakat dan Pemerintah Kota Bekasi, sekaligus untuk menjalin tali silaturahmi.

Siapa Saja Yang Menjadi Pengurus bloggerbekasi.com

wawBerikut ini adalah daftar pengurus yang sepenuhnya akan bertanggung jawab atas dibentuknya komunitas blogger Kota Bekasi ini, yaitu sebagai berikut: Dewan Penasihat: Wijaya Kusumah, Amril Taufik Gobel; Ketua: Aris Heru Utomo; Wakil Ketua: Eko Sutrisno; Sekretaris: Yulyanto; Hubungan Masyarakat: Rawi Wahyudiono; Administator: Irfan Zj; Design Kreatif: Puti Karina Puar. Profile lengkap mengenai pengurus bloggerbekasi.com, bisa diakses melalui halaman pengurus pada blog bloggerbekasi.com.

Akhir kata,

thanksSemoga saja, usaha yang telah kami lakukan ini, yaitu dengan membentuk sebuah komunitas blogger di Kota Bekasi akan mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Kota Bekasi dan juga bisa membawa manfaat positif bagi masyarakat Kota Bekasi khususnya, dan Bangsa Indonesia pada umumnya. Mohon dukungan dari semua pihak, Amin….

Salam bloggerbekasi.com (BBC)

Yulyanto (www.yulyanto.com)

2 thoughts on “Pre-launching “bloggerbekasi.com” (BBC): Menembus Tapal Batas!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>