Monumen Patriot Bekasi

Monumen Patriot yang terdapat di Bumi Perkemahan Pramuka Bekasi, Jalan Achmad Yani, merupakan monumen yang dibangun untuk menghormati perjuangan rakyat Bekasi dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Meski letaknya di ujung jalan utama Bekasi, ternyata banyak anggota masyarakat Bekasi yang tidak mengetahui keberadaan monumen ini. Ketika foto ini saya tampilkan di Facebook misalnya, banyak teman-teman yang justru mempertanyakan keberadaan monumen ini. “Dimana nich? Kok saya tidak pernah lihat?

Ketidaktahuan mereka ini bisa jadi disebabkan kurangnya pemahaman akan sejarah Bekasi dan juga kurang tersosialisasikannya nilai-nilai sejarah, sosial budaya dan aspek lokal yang sesungguhnya sarat akan nilai dan pengetahuan. Hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi semua pemangku kepentingan di Bekasi untuk lebih memperkenalkan nilai-nilai dan sejarah Bekasi bagi warganya, baik lewat jalur formal di sekolah-sekolah maupun informal melalui berbagai kegiatan salah satunya adalah lomba foto be-blog ini.

Memahami bahwa sebuah foto bisa berbicara banyak, yang bahkan dapat mewakili lebih dari seribu kata-kata, upaya untuk menampilkan Monumen Perjuang Rakyat Bekasi ini dimaksudkan untuk dapat memperkenalkan salah satu momen sejarah Bekasi kepada masyarakat. Monumen ini memiliki nilai penting karena mencoba mengingatkan masyarakat tentang perjuangan heroik masyarakat Bekasi dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah. Berkat kegigihan para pejuang dalam membela dan mempertahankan tanah airnya inilah maka Bekasi kemudian mendapat sebutan sebagai Kota Patriot.

Monumen ini memvisualkan 5 buah bambu runcing yang berdiri tegak, suatu simbol yang juga terdapat dalam lambang Kota Bekasi, mencerminkan masyarakat Bekasi yang religius dan melambangkan semangat patriotisme rakyat Bekasi dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa dan Negara yang tidak kenal menyerah. berjuang hingga titik darah penghabisan, meskipun hanya bermodal senjata seadanya seperti bambu runcing. Namun meski hanya bersenjatakan bambu runcing, dengan semangat yang tinggi dan bahu membahu dengan seluruh masyarakat Indonesia lainnya, masyarakat Bekasi dapat ikut serta mengusir penjajah dari tanah air Indonesia

2 thoughts on “Monumen Patriot Bekasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>