Narsis via 4Square

Kalau ada yang suka dengan Koprol, mungkin akan tertarik juga dengan layanan Social Network berbasis lokasi ini, FourSquare (4Sq). Bisa juga terjadi sebaliknya, bagi penggemar 4Sq dapat mencoba menjadi anggota komunitas Koprol. Layanan yang diajukan oleh 4Sq memang cukup menarik, apalagi kalau kita sudah merasa bosan dengan PLURK atau bila kita ingin mengembangkan “kicauan” twitter + “status” Fisbuk kita, maka 4Sq menjadi sesuatu yang pantas dicoba.

Layanan 4Sq ini memang seperti juga Social Network (SN) lainnya, dapat langsung terintegrasi dengan Twitter dan Facebook. Untuk menjadi pengguna 4Sq, maka bisa dilakukan via PC maupun langsung ke ponsel, namun saat pengisian “shout out” ataupun saat proses “check in”, maka hanya bisa dilakukan via ponsel.

Meskipun ponsel kita tidak dilengkapi dengan GPS, tetapi layanan 4Sq mampu mendeteksi tempat kita berada dengan memanfaatkan fasilitas GPS dari penyedia layanan ponsel kita. Hasilnya tentu tidak tepat benar, tetapi cukup mewakili posisi kita saat itu.

Yang membuat layanan ini menarik adalah fasilitas nilai/skor yang didapat setiap kita melakukan check in di suatu tempat. Makin sering kita melakukan check in di suatu tempat, maka makin besar kemungkinan untuk menjadi “MAYOR” atau boleh dibilang “PENGUASA” tempat kita check in tersebut.

Pengguna 4Sq yang menjadi Mayor di beberapa tempat akan mendapat sebuah badge “Super Mayor”, sedangkan bagi mereka yang sering bepergian naik kapal laut, maka 4Sq juga menyiapkan badge untuk para pelancong ini.

Sedangkan untuk mereka yang sering bepergian dengan pesawat terbang, disediakan juga badge yang lain.

Layanan ini makin menarik, karena skor yang kita capai dapat dibandingkan dengan nilai yang didapat oleh teman kita. Misalnya seperti yang ditampilkan dalam leaderboard di bawah ini.

Terlihat bahwa eko s melakukan 70 kali check in dan mempunyai nilai 861 poin, sedangkan eko e dengan jumlah check in yang sama hanya mendapat nilai 789 poin.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya faktor-faktor sebagai berikut :

  1. Ada nilai khusus untuk pembuat VENUE, yaitu sebesar 5 poin
  2. Ada nilai khusus untuk check in di suatu tempat yang belum pernah didatangi, yaitu sebesar 5 poin.
  3. Ada pertambahan nilai bagi yang sering check in, misalnya  check in yang pertama akan mendapat poin 1, sedangkan check in yang ke sepuluh akan mendapat nilai 10.

Sebagai contoh pada saat check in yang ke sepuluh kita membuat VENUE baru, misalnya SENISONO LAMA, maka kita akan mendapat nilai sebesar 10 + 5 + 5 atau 20 poin. Nilai 10 (sepuluh) didapat dari nilai check in yang ke sepuluh, nilai 5 ( lima) dari VENUE baru dan nilai 5 (lima) lagi dari pertama kali kita check in ke VENUE baru tersebut.

Layanan 4Sq akhirnya menarik minat juga bagi mereka yang mempunyai bisnis yang berdekatan dengan hobi para pelancong, misalnya bisnis resto, hotel atau tempat wisata. Kita bisa membuat VENUE tentang bisnis kita dan tunggu sampai ada yang check in di VENUE buatan kita tersebut.

Apakah layanan ini menarik atau tidak, semua terserah anda. Mari kita berbagi tips untuk layanan ini. Silahkan isi di kolom komentar dan berbagi amal dengan pembaca yang lain.

2 thoughts on “Narsis via 4Square”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>