PPDB Berdasarkan Nilai UN Menjamin Keadilan untuk Semua

PPDB Berdasarkan Nilai UN Menjamin Keadilan untuk SemuaPenerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2013 menggunakan mekanisme persyaratan nilai UN sebagai syarat masuk ke Sekolah SMP dan SMA/SMK Negeri. Jadi, Pemerintah Kota Bekasi hanya menggunakan mekanisme penjaringan masuk dengan menggunakan nilai UN calon peserta didik. Dengan demikian, tahun ini tidak ada lagi bina lingkungan dan bina prestasi.

Biasanya dalam menerima siswa baru, sekolah menggunakan dua metode dalam menerima siswa baru. Pertama, menggunakan nilai UN atau Nem. Kedua, melalui mekanisme tes.

Sebenarnya apa pun mekanisme yang ditempuh, entah menggunakan nilai UN atau melalui tes bukan persoalan krusial selama berdasarkan asas keadilan dan transparan.

Seperti halnya masuk perguruan tinggi negeri, menggunakan beberapa mekanisme, melalui jalur ujian atau melalui jalur minat dan bakat. Selama ini tidak ada persoalan dengan hal tersebut.

Namun agak sedikit ‘memanas’ karena terjadi pro-kontra. Apa soal? Tahun ini Pemerintah Kota Bekasi menetapkan kebijakan PPDB berdasarkan nilai UN seratus persen. Berbeda dengan tahun lalu yang menggunakan dua mekanisme penerimaan siswa baru. Tahun lalu menggunakan jalur berdasarkan nilai UN dan melalui jalur bina lingkungan dan bina prestasi.

Berdasarkan kajian dan evaluasi, jalur bina lingkungan dan bina prestasi banyak disalahgunakan oleh beberapa orang untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya. Dengan adanya kecurangan tersebut ada hak publik yang dikebiri.

Dengan pertimbangan tersebut, Pemerintah Kota Bekasi memutuskan untuk menghentikan mekanisme jalur bina lingkungan dan bina prestasi.

PPDB berdasarkan UN membuka kesempatan kepada semua anak untuk mendapat pendidikan di sekolah yang dikehendaki (negeri). Terhadap kelompok masyarakat miskin dengan ini memberikan peluang dan kesempatan kepada mereka. Hal ini bisa memutus mata rantai ketidakadilan dalam penerimaan siswa baru. Prinsip yang kita anut adalah education for all (Unesco). Dengan menjadikan nilai UN sebagai satu-satunya syarat penerimaan siswa baru maka menjamin semua memiliki hak yang sama.

Dan parameter yang paling diterima adalah basis akademik atau nilai UN. PPDB berdasarkan Nilai UN adalah bentuk proteksi untuk kelompok miskin dari hal-hal ketidakadilan.

Kami berharap dengan nilai UN sebagai parameter penerimaan siswa baru akan menjamin hadirnya keadilan dalam penerimaan siswa baru. Semoga, semua pihak bisa menerima keputusan Pemerintah Kota Bekasi. Toh, pada akhirnya tidak ada yang dirugikan dengan kebijakan ini.

2 thoughts on “PPDB Berdasarkan Nilai UN Menjamin Keadilan untuk Semua”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>