Janji Bang Idin untuk Kali Bekasi

Si Pitung dari Kali Pesangrahan untuk Kali BekasiSetelah sukses melakukan konservasi terhadap Kali Pesanggrahan dan penghijauan di kali yang memiliki panjang 75 KM tersebut. Kini, Bang Idin membidik Kali Bekasi sebagai ladang amal selanjutnya. Ia merasa terdorong untuk melakukan hal yang sama terhadap Kali Bekasi. Penghijauan sepanjang kali dan membersihkan kali dari berbagai kotoran dan polusi.

Melihat kondisi Kali Bekasi yang tercemar, Bang Idin merasa sedih mengingat Kali Bekasi salah satu kali “besar” di wilayah Jabodetabek. Dalam sejarahnya Kali Bekasi merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Kota Bekasi. Bang Idin merasa penting untuk menghijaukan sepanjang Kali Bekasi. Selain nilai historis, bagi Bang Idin Kali Bekasi memiliki cerita tersendiri yang sangat privat. Berdasarkan penuturannya, di Kali Bekasi itu kakeknya wafat ketika melawan agresi Belanda. Kali Bekasi menjadi tumpah darah leluhurnya.

Atas dasar latar belakang tersebut, Bang Idin terdorong untuk berbuat sesuatu. Ia pun berjanji untuk Kali Bekasi. Janji Pertama, Bang Idin berjanji akan menyampaikan keluhan warga Bekasi kepada presiden tentang Kali Bekasi. Bagaimana pun Kali Bekasi tidak bisa ditangani sendiri oleh warga setempat karena Kali Bekasi terkait dengan beberapa pemerintahan daerah. Disamping itu anggaran yang diperlukan untuk konservasi dan penghijauan di Kali Bekasi membutuhkan anggaran yang besar. Untuk itu perlu intervensi kebijakan dari pemerintah pusat.

Pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia, 5 Juni 2013, Bang Idin berkesempatan hadir dalam perayaan tersebut yang juga dihadiri langsung oleh presiden. Sebelumnya Bang Idin berjanji kepada kami jika kesempatan tersebut akan ia gunakan untuk menyampaikan keluhan warga Bekasi tentang kondisi Kali Bekasi.

Alhamdulillah, janji tersebut telah beliau sampaikan. Semoga pesan warga Bekasi tersebut mendapat perhatian dari presiden. Pemerintah pusat berkenan memberikan anggaran konservasi dan penghijauan di sepanjang Kali Bekasi. Tentu, kita sangat berharap sebelum Presiden SBY mengakhiri masa jabatannya, perhatian terhadap Kali Bekasi terwujud.

Janji Kedua, Bang Idin berjanji akan bersama warga Bekasi melakukan penghijauan dan konservasi di sepanjang Kali Bekasi. Ia bersedia hadir dan menjadi pendorong agar Kali Bekasi terselamatkan dari bahaya kerusakan yang lebih parah. Berbagai pengalaman dan pengetahuan selama melakukan konservasi Kali Pesanggrahan akan ia tularkan kepada masyarakat Kota Bekasi.

Kedua janji tersebut menurut saya sangat bermakna bagi kita warga Bekasi. Pasalnya, Bang Idin tidak memiliki kepentingn apa pun dengan Bekasi. Ia hanya terdorong secara moral dan historis untuk berbuat perbaikan di Kali Bekasi.

Jika pria setengah baya itu berani berjanji untuk Kali Bekasi, mengapa kita yang tinggal di Bekasi tidak memiliki kebulatan semangat untuk menyelamatkan Kali Bekasi dari kerusakan. Janji untuk Kali Bekasi. Menyelamatkan dari kerusakan. Menjadikan Kali Bekasi sebagai kekayaan yang membanggakan. Jika Bang Idin saja berani, warga Bekasi seharusnya lebih berani berjanji untuk Kali Bekasi yang hijau.

Saya sudah memulai…

16 thoughts on “Janji Bang Idin untuk Kali Bekasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>