Manajemen Sekolah Berbasis Teknologi Informasi, Siapa takut?

Penghargaan IDSA dari kominfoDalam beberapa tahun terakhir, berbagai riset ilmiah yang dilakukan oleh perguruan tinggi mengupas persoalan dunia pendidikan dalam kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi. Ada beberapa riset di perguruan tinggi mengurai pemanfaatan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Ada juga riset tentang pengaruh teknologi informasi dalam peningkatan mutu pendidikan.

Dari riset pemanfaatan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar masih sangat minim di negeri ini. Belum massif sekolah yang memanfaatkan teknologi informasi untuk peningkatan mutu pendidikan. Atau setidaknya untuk memudahkan proses belajar mengajar di kelas.

Memang, sedikit dilema dikala pengguna teknologi informasi meningkat, sementara pemanfaatan untuk kepentingan pendidikan masih tergolong rendah. Ironisnya, penggunaan teknologi informasi lebih banyak digunakan untuk hiburan atau hal-hal yang bersifat destruktif.

Kiranya, kita perlu belajar dari India, Negara dengan tipologi yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Namun, mereka jauh meninggalkan kita dari pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan. Bahkan India dikenal dengan Negara penghasil softwer-softwer murah yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan.

Pemerintah Kota Bekasi yang saat ini sedang bekerja keras mengangkat mutu pendidikan mulai melirik teknologi informasi untuk kepentingan dunia pendidikan. Dua Minggu yang lalu, Pemerintah Kota Bekasi telah memperkenalkan kepada publik Sistem Informasi dan Aplikasi Pendidikan (SIAP) Online. Manajemen sekolah berbasis teknologi informasi.

Hardiknas 2013

SIAP Online ini menyediakan beberapa layanan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kemudahan dalam proses pembelajaran. SIAP Online ini akan menata dan mempermudah administrasi sekolah. Sebagai bentuk aplikasi yang paling sederhana adalah pengecekan kehadiran secara online. Kedepan, orang tua bisa melakukan pengecekan langsung tingkat kehadiran anaknya di sekolah. Orang tua murid juga bisa mendapat informasi progress pembelajaran siswa di sekolah melalui teknologi informasi.

Tentu hal ini untuk membantu semua stakeholder pendidikan Kota Bekasi. Pendidikan Bekasi maju bila semua pihak terlibat di dalamnya. Dengan pemanfaatan teknologi informasi ini diharapkan semua pihak bisa terlibat dalam proses peningkatan mutu pendidikan. Dan teknologi informasi menjadi jembatan antara keterbatasan ruang dan waktu stakeholder pendidikan.

Apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi tersebut merupakan rangkaian ikhtiar untuk meningkatkan mutu pendidikan Kota Bekasi. Sedikit demi sedikit, perlahan namun pasti perbaikan mutu pendidikan Kota Bekasi.

Jika beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Kota Bekasi telah memperbaiki sistem penerimaan siswa baru dan saat ini kita sedang mengupayakan perbaikan manajemen sekolah. Sistem penerimaan siswa baru dan manejemen sekolah berbasis teknologi informasi merupakan rangkaian menuju pendidikan Kota Bekasi yang lebih baik. Jadi, manajemen sekolah berbasis teknologi informasi, siapa takut?

29 thoughts on “Manajemen Sekolah Berbasis Teknologi Informasi, Siapa takut?”

  1. harusnya pemerintah lebih mementingkan pendidikan rakyatnya terlebih dahulu.karena masa depan bangsa ini ada ditangan pemuda-pemuda bangsa.
    terimakasih infonya kak.salam kenal kak

  2. jaman makin berkembang seiring perkembangan teknologi saat ini, memang bagus sekolah harus bisa mengikuti perkembangan teknologi agar idak ketinggalan bukan hal yang tidak mungkin kelak indonesia akan menggunakan teknologi dalam hal apa pun itu seperti negar negara diluar sana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>