Pesan Perubahan Iklim Dalam Film “Karbon Dalam Ransel”

photo-4

Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) baru saja meluncurkan film “Karbon Dalam Ransel” (KDR) pekan lalu (19/12)  di Jakarta Theater XXI. Film ini diluncurkan secara serentak di tiga kota yakni Jakarta, Denpasar dan Bengkulu. Soft Launching & Roadshow Film KDR telah dilakukan lebih awal tanggal 9 Desember 2014 silam di Universitas Diponegoro Semarang.Sebelum film ini diluncurkan, DNPI telah merilis enam film : tiga film dokumenter yaitu “Setelah Hujan Datang”, “Lakukan Sekarang Juga” dan “Perubahan Iklim di Halaman Kita”, film anak berjudul “Bumiku” dan film remaja berjudul “Senandung Bumi” yang dibintangi oleh Mikha Tambayong.

Peluncuran film ini memiliki makna penting dalam upaya sosialisasi dan edukasi tentang dampak perubahan iklim khususnya kepada anak muda. Apalagi pada Konferensi Perubahan Iklim PBB, COP20, yang telah berlangsung di Lima beberapa waktu silam, perhatian dan peran anak muda di seluruh dunia terhadap isu perubahan iklim sangat tinggi. Mereka bahkan telah membuat sebuah Deklarasi Global Anak Muda /Youth Global Declaration yang salah satunya berfokus pada pendidikan perubahan iklim. “Melalui film Karbon dalam Ransel, saya berharap anak muda Indonesia menangkap pesan pendidikan perubahan iklim yang tertuang dalam cerita film tersebut,” kata Rachmat Witoelar  Ketua Harian DNPI pada momen peluncuran film tersebut.

Film Karbon Dalam Ransel menceritakan kisah perjalanan travel blogger Mario (Fauzan Nasrul) dan Ence (Bobby Samuel), yang bertekad mengumpulkan sedikitnya 10000 viewer untuk edisi terbaru video blog mereka. Perjalanan mereka makin seru karena secara tak terduga, Ence ternyata mengajak saudaranya yang cantik, Chelsea (Sheila Dara Aisha). Kehadiran Chelsea diharapkan mampu mengangkat kepopuleran sajian video blog mereka. Konflik kerapkali terjadi antara Mario dan Chelsea. Oleh Ence, Chelsea dijuluki sebagai “Climate Warrior Princess” ini begitu peduli pada perubahan iklim dan secara lugas mengkritik perilaku Mario yang berantakan dan terkesan menganggap isu pemanasan global hanyalah sebatas wacana palsu belaka serta tak perlu dirisaukan.

Film KDR yang disutradarai oleh Ray Nayoan memang memiliki durasi lumayan panjang (sekitar 2 jam) dan dipilah menjadi 7 (tujuh) bagian. Episode pertama berjudul “Climate Warrior Princess” dapat dinikmati di Blog Film DNPI  mulai Kamis (25/12),  hingga ketujuh dapat dilihat berturut-turut masing-masing satu episode sampai Rabu (30/12) minggu depan.

Yuuk mari kita nonton filmnya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>