Kompasiana Be_blogshop

Dengan jumlah cuma 3 glintir bocah-bocah telo, akhirnya kami jadi juga untuk meluncur ke JIexpo di Kemayoran Jakarta pusat untuk menghadiri acara pelatihan yang diadakan oleh kompasiana dengan tema Citizen Journalism(cj).

Tiba dilokasi pelahitah jam 09 :20,agak sedikit terlambat karena ada insiden kecil diperjalanan, yaitu kena tilang bapak polisi di jalan A.Yani Bekasi, maaf  ya pak polisi bukanya saya sengaja melanggar lalulintas, tetapi memang saya tidak tahu,kalau bekasi juga punya jalur khusus motor..salut buat bekasi, mudah-mudahan tahun depan ada jalur khusus sepedah, cuma saya heran kalau motor tidak boleh mengunakan jalur cepat kenapa saya tidak lihat satu rambu-rambu lalulintas pun di sepanjang jalan Ahmad Yani. gambar di atas saya ambil di daerah Cempaka Putih,rambu-rambu yang memberi petunjuk bagi penguna sepedah motor.

Acara pertama diisi oleh mas Iskandar Zulkarnaen, salah satu admin kompasiana, gaya bicara mirip sekali dengan wartawan ngetop.
kurang lebih satu jam Mas Iskandar Zulkarnaen, menerangkan secara detil apa yang dimaksud dengan Citizen Journalism(cj), dan apa manfaatnya bagi masarakat.
Menurut Mas Iskandar Zulkarnaen, Citizen Journalism(cj) adalah suatu tulisan atau reportase yang dilakukan oleh warga untuk warga
yang dapat dibaca dan dilihat secara free alias gratis.keuntungsn dari jurnalis warga ini adalah dapat memberikan suatu berita, keluah, peristiwa,saran, kejadian secara cepat yang dapat dinikmati orang seluruh dunia……suatu trobosan bagus memang.

Selanjutnya acara diisi oleh Pak Janu Dewandaru tokoh fotografer professional, disection ini para peserta diajarin cara-cara pemotretan suatu object dengan benar, dan cara-cara membuat alur cerita suatu kejadian atau peristiwa yang akan dituangkan dengan gambar…penting juga materi ini untuk kita kuasai, lucu juga bila kita menulis suatu artikel atau berita tanpa disisipin gambar atau

foto…makasih ya pak telah bagi-bagi ilmu secara gratis.

Materi  selanjutnya diisi oleh Mas Pepih Nugraha, nah ini salah satu wartawan yang mempunyai selera humor yang tinggi, selama matiri ini disampaikan tidak henti-hentinya para peserta dibuat tertawa.

Mas Pepih Nugraha menyampaikan materi bagaimana cara untuk menjadi penulis atau wartawan dadakan yang baik, Mas Pepih Nugraha juga memberi beberapa trik jitu untuk menulis artikel atau

berita yang akan dipublikasikan secara online dengan cepat,trikpertama yang saya dapat adalah saat kita ingin menulis jangan memikirkan apa judul yang akan kita buat, kebanyakan orang untuk

menulis, terlalu lama memikirkan judul apa yang pantes untuk tulisan kita, paparnya lebih lanjut adalah konten yang akan kita tulis, kalau menginginkan dapat menulis dengan cepat tulislah apa yang kitakuasai atau apa yang kita ketahui, kalau kita hoby bola tidak mungkin akan dapat menulis dengan cepat masalah hokum..betul juga apa yang disampaikan mas Pepih ini.

Setelah semua matri selesai disampaikan oleh panitia kompasiana blogshop, dengan berbekalan apa yang telah disampaikan oleh pembawa materi semua peserta diberi waktu untuk melihat pameran otomotif 2010 yang dikemas dalam acara IIMS2010 JIExpo Kemayoran Jakarta
Disini semua peseta diberi tugas mencari bahan berita yang akan diposting  dalam acara lifebloging 100 menit.

Diacara pameran ini semua apa yang kita dapat dari pelatihan kita praktekan, dari cara memilih suatu object yang akan dijadikan konten tulisan kita, cara pengambilan gambar dan yang terakhir adalah cara wawancara.

Pukul 15:00wib acara lifebloging dimulai,semua peserta dengan berbekalan bahan yang diperoleh sibuk untuk menjadi wartawan dadakan..tapi sayang, saya tidak bisa ikut posting karena tidak kebagian access internet..kurang lebih 300 orang kenek  ke internet dengan satu access point dalam waktu wampir bersamaan…punyeng-punyeng tu’ router.

Setelah waktu 100 menit yang diberikan panitia selesai, tiba saatnya para senior dari kompasiana mengecek satu-persatu tulisan para peserta..pada section ini juga diberikan saran-saran yang membangun mengenai hasil postingan peserta..

Akhirnya selesai sudah semua acara yang dikemas oleh panitia dalam judul kompasiana blogshop.

Oh ya sebelum pulang diadakan undian doorpres, berupa 10 pcs modem..sayang bloger bekasi tidak ada yang dapat satu pun..kasian.

Photo bareng peserta kompasiana blogshop 2010

Salam BeBlog……..

6 thoughts on “Kompasiana Be_blogshop”

  1. salut buat mas ferdi,sayang saya gk bisa ikut . memang benar saya kalu nulis di kompasiana begitu selesai nulis.langsung terbit beda sama di blogger bekasi bisa 1-2 hari baru tampil he..he sorry ya kritik

  2. yg aneh’a lagiii,, knp yg mndapatkan doorprize itu dari kauum adam smua??
    hahahaha…

    bru pgn posting nih… ehh,, udh kduluan deh sma om ferdii..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>