Undangan Kopdar dari Kemenlu dan Be-Blog

Sebuah berita gembira bagi Komunitas Blogger Bekasi (be-Blog), Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) melirik be-Blog untuk ikut menyebarluaskan capaian proses diplomasi antar bangsa, khususnya kerjasama negara-negara di Asia Tenggara yang dikenal dengan nama Association of Southeast Asia Nations atau ASEAN.

“Lho apa hubungannya blogger dengan politik luar negeri dan hubungan antarnegara? Bukankah masalah ASEAN itu domainnya Kemenlu?”

“Benar, selama ini terdapat persepsi bahwa ASEAN adalah organisasi yang cenderung bersifat eksklusif dan elitis di kalangan pemerintah. Karenanya perlu diupayakan langkah-langkah yang memperlihatkan bahwa tidak benar pandangan yang menyatakan politik dan hubungan luar negeri merupakan domain pemerintah, c.q Kemenlu semata. Bagaimanapun masyarakat luas perlu terlibat karena pada akhirnya yang memperoleh dampak dari kerjasama ASEAN adalah masyarakat itu sendiri. Jangan sampai ketika suatu kesepakatan dilaksanakan, masyarakat baru tahu dan tidak merasa dilibatkan”

“Contohnya seperti ramai-ramai saat akan dilaksanakannya perjanjian perdagangan bebas ASEAN-China ?”

“Iya, itu salah satunya. Banyak hal lain yang perlu disampaikan terkait perkembangan di ASEAN, khususnya sejak disepakatinya Piagam ASEAN pada bulan Desember 2008. Apalagi pada tahun 2015 ditargetkan pembentukan Komunitas ASEAN yang didasarkan pada tiga pilar: politik-keamanan, ekonomi dan sosial-budaya”

Untuk itu guna meningkatkan kesadaran mengenai ASEAN (ASEAN Awareness), blogger memiliki peran, baik individu ataupun lewat komunitas, untuk menyebarluaskan informasi mengenai ASEAN secara efektif. Blogger memiliki emampuan menyampaikan informasi secara referal, global dan aktual menjadi keunggulan utama blog sebagai “new media”.

Setiap kabar dan informasi yang disampaikan melalui blog akan menjadi referensi berharga, tidak hanya terbatas pada pembaca blog bersangkutan tapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan. Pesan dan informasi yang diberikan dapat menjadi rujukan berarti bagi rencana aksi selanjutnya. Dengan mewartakan berbagai hal yang terjadi di sekitar kita, penulisan di blog dan jejaring sosial media lainnya menjadikan blog dan sosial media sebagai “suara baru” dengan spirit egaliter didalamnya yang memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Lalu siapa saja pembicaranya?”

“Tentunya yang akan menyampaikan informasi perkembangan di ASEAN adalah pejabat Kemenlu sendiri. Sementara pembicara dari blogger adalah Kang Pepih Nugraha, yang juga administrator Kompasiana. Kang Pepih akan memaparkan mengenai pandangan blogger mengenai ASEAN dan peran blogger dalam pembentukan Komunitas ASEAN 2015 ”.

“Terus kalau bukan blogger atau baru mau jadi blogger boleh hadir?” Silahkan. Kan tidak harus nunggu jadi blogger dulu untuk hadir. Anda bisa hadir untuk menyimak informasi dan juga bertanya tentang hal yang terkait dengan kegiatan anda. Misalnya jika anda seorang calon pengusaha, anda bisa bertanya mengenai pengaruh kerjasama ASEAN bagi usaha anda.

“Terus kapan dan dimana acaranya?

“kalau mau tahu, baca dech undangannya dibawah ini”

Dalam rangka sosialisasi Piagam ASEAN dan Pembentukan Komunitas ASEAN 2015, Kemenlu dan be-Blog  mengundang rekan-rekan blogger dan non-blogger di Bekasi dan sekitarnya seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Karawang,  untuk hadir pada kegiatan yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal    :    Sabtu, 7 Agustus 2010

Waktu                    :    09.00 s/d 13.00 WIB

Tempat                :    Ruang Krakatau Hotel Horison Bekasi, 

                                        Jl. K.H Noer Ali, Bekasi

Acara                    :   

09.00-09.20       :    Registrasi

09.20-09.30       :    Pembukaan

09.30-11.00       :    Paparan dan tanya jawab tentang Implementasi Piagam       ASEAN Menuju Komunitas ASEAN 2015 serta Kerjasama Antar Kawasan ASEAN

Pembicara:  Dirjen Kerjasama ASEAN (tbc)

Moderator:  Komunitas Blogger Bekasi

11.00-11.15       :    Coffee break

11.15-12.45       :    Paparan dan tanya jawab tentang Pandangan Blogger terhadap ASEAN dan pembentukan Komunitas ASEAN 2015

Pembicara: Pepih Nugraha / Blogger (Administrator Blog Kompasiana)

Moderator: Komunitas Blogger Bekasi

12.45                 :    Penutupan, dilanjutkan makan siang

Bagi rekan-rekan yang berminat hadir, silahkan konfirmasi lewat kolom komentar dibawah ini. Kita kumpul-kumpul kopi darat sambil menambah wawasan baru.

Salam be-Blog

64 thoughts on “Undangan Kopdar dari Kemenlu dan Be-Blog”

  1. InsyaAllah Siap merapat dilokasi untuk tanda tangan daftar hadirr… dan tentunya memenuhi undangan mengikuti acara sampai selesai, semoga bermanfaat.

  2. oklah k’lo begituh…! paketu Qt pst dtg,siap’in aza kandang buat pasukan IBOTE n jgn lupa sama empannya skalian …huahahaha..!

  3. acara yg menarik.. aq ikut dung…. siapa tahu bisa menambah dan sharing ilmu yg bermanfaat .. jangan lupa aq ikut daftar ya pak ketua ^_^

  4. Berikut nama rekan2 yang telah mengkonfirmasikan kehadirannya utk acara tgl 7 Agustus 2010:

    1. Dahli
    2. Amril
    3. Quinie
    4. Adyanti Rahmarina
    5. D3vy
    6. Ariwahju
    7. Vavai + 2
    8. Ferdi
    9. Kika
    10. Rum
    11. Andreyp
    12. eko June
    13. Hrayadi Dwi yanto
    14. Wijaya Kusumah
    15. Uun
    16. Marwanto
    17. Mila
    18. Mirza Sharz
    19. Yulef
    20. Maryadi Aris Munandar
    21. Antoko
    22. Sahrudin
    23. Ikhsan
    24. Sang Nanang + 3
    25. Ndoro Seten
    26. Bang fajar
    27. Annas
    28. Darmawan Tanjung
    29. M Harun
    29. Anwar
    30. Riri Satria
    31. ….
    32. …
    33. …
    .
    .
    .
    .

  5. Mas Aris, nama saya kok belum masuk ya?
    Padahal saya sudah daftar, termasuk yang awal, hanya daftarnya lewat milis.

    Salam,
    Ceppi – Cikarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>