Setahun Be-Blog, Setahun Semangat Kemerdekaan

Pada tanggal 17 Agustus 2010 ini tepat setahun usia Be-Blog. Jika diibaratkan sebagai seorang manusia, maka Be-Blog adalah seorang bayi yang baru saja belajar berjalan, tertatih-tatih dan kadang terjatuh. Masih hangat dalam ingatan saya ketika kami (saya, Yulyanto, Wijaya Kusumah, Rawi Wahyudiono dan Irfan Zj) bertemu di rest area KM-19 untuk membicarakan embrio Komunitas Blogger Bekasi dan urunan untuk membeli domain dan menyewa hosting yang akan dijadikan tempat nongkrong blogger Bekasi di ranah maya.

Dari KM-19 pula dilakukan pembagian tugas kepengurusan sesuai kompetensi masing-masing, dimana saya kemudian dipercaya sebagai ketua, Wijaya Kusumah sebagai penasehat, Yulyanto Sebagai Sekretais, Rawi Wahyudiono sebagai Humas dan Irfan sebagai Admin. Tidak lupa pula kami mengontak Eko Sutrisno dan Amril Taufiq Gobel, yang awalnya akan datang ke pertemuan tapi kemudian berhalangan, untuk menjadi pengurus. Eko Sutrisno yang saat itu menjabat sebagai Komisaris di Blogger Cikarang didapuk sebagai wakil ketua dan Amril Taufiq Gobel sebagai penasehat mendampingi Wijaya Kusumah alias Om Jay.

Setelah ada kepengurusan dan semua persiapan tuntas dilakukan, maka Komunitas Blogger Bekasi diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2009  dalam suatu acara sederhana di Food Court Center Bekasi Cyber Park (BCP). Hadir antara lain saya dan keluarga, Eko Sutrisno dan putranya, Amril Taufik Gobel dan putranya, Om Jay, Yulyanto dan putranya, Abi Hasantoso dan putranya. Sementara Rawi Wahyudiono dan Irfan Zj berhalangan hadir. Sebagai tampilan awal situs Be-Blog adalah themes dua kolom bertema merah putih yang mencerminkan semangat kemerdekaan. Adapun tagline yang disepakati adalah “Menembus Tapal Batas”, suatu tagline visioner yang mencerminkan keinginan para blogger Bekasi untuk go internasional, melepaskan diri dari segala sekat yang ada disekelilingnya.

Launching internal Komunitas Blogger Bekasi, 17 Agustus 2009

Setelah acara peluncuran Be-Blog di dunia maya, yang kemudian dijadikan sebagai hari lahir, berbagai pertemuan pun kemudian digelar, termasuk buka puasa bersama, untuk mempersiapkan acara pengenalan Be-Blog ke masyarakat luas. Disini kemudian bergabung teman-teman blogger Bekasi lainnya dalam kepanitiaan seperti Syaifudin Sayuti, Ajengkol, Dodi Mulyana, Ratu Sya, Devy, Nini, Rizky,Yolanda dan Masim Sugianto yang bersama-sama berupaya menyukseskan acara pengenalan Be-Blog.

Buka Puasa Bersama 12 September 2009
Dari kiri: Marsekal Muda (Purn) Prayitno Ramelan, Marsekal (Purn) Chappy Hakim (Mantan KSAU), Walikota Bekasi Mochtar Mohammad dan Ketua BeBlog Aris Heru Utomo saat grand launching beBlog 17 Oktober 2009

Dengan semangat kerjasama dan kebersamaan yang tinggi, acara pengenalanan Be-Blog ke masyarakat luas berlangsung pada tanggal 17 Oktober 2009 di teras BCP. Acara berlangsung dengan sangat sukses. Sekitar 150 blogger dari Bekasi dan wakil komunitas blogger dari berbagai daerah hadir dalam acara ini. Hadir pula blogger dan penulis kondang seperti Chappy Hakim (Mantan KSAU), Taufik Miharja dan Pepih Nugraha (Kompas.com), Budi Putra (Country Manager Yahoo),  Antyo Rentjoko, Prayitno Ramelan dan Linda Djalil (Kompasiana). Dan yang tidak kalah dahsyatnya adalah kehadiran Walikota Bekasi Mochtar Mohammad, yang tidak hanya hadir tetapi juga memberikan hadiah uang tunai untuk lomba menulis dan foto yang diselenggarakan Be-Blog.

Penandatanganan MOU Telkom - BeBlog

Sejak acara tersebut berbagai kegiatan pun terus dilakukan dengan penuh semangat antara lain dua kali pelatihan ngeblog atau blogshop di STMIK Bani Saleh dan Unisma serta ditandatanganinya MOU dengan Telkom yang mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Be-Blog.

Puncak pencapaian kegiatan Be-Blog pada tahun pertama ini adalah gelaran Amprokan Blogger 2010 yang layak dibanggakan. Kegiatan ini dapat dikatakan merupakan pertemuan blogger terbesar di Indonesia yang dielenggarakan suatu komunitas blogger karena dihadiri sekitar 300 orang blogger dari berbagai daerah, mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi. Selama dua hari blogger yang hadir dimanjakan dengan kegiatan yang bermanfaat bagi pemahaman mereka tentang Bekasi dan pengelolaan lingkungan serta e-governance.

Panitia Amprokan Blogger 2010

Ya selama dua hari para blogger diajak melihat beberapa sudut kota dan kabupaten Bekasi seperti Bantar Gebang dan kawasan Jababeka serta berdiskus dengan Budi Putra, Nukman Lutfie dan wakil Pemkab Sragen menyangkut e-governance. Semuanya diikuti para blogger tanpa dipungut biaya apapun alias gratis, bahkan blogger dari luar Bekasi mendapatkan penginapan dan penggantian uang transportasi.  Dari Amprokan Blogger ini muncul nama-nama baru di kepanitiaan seperti  Komar Ibnu Mikam, Anggi Kusumah, Harun Al Rasyid, Mira Ayank, Irma Senja, Mila, Yulef dan Ibnu Susilo.

Sosialisasi ASEAN bersama Komunitas Blogger Bekasi

Kegiatan berikutnya yang juga layak dicatat tebal adalah keberhasilan merespon tawaran Kementerian Luar Negeri RI dalam menyelenggarakan seminar mengenai ASEAN. Selain sukses dalam hal penyelenggaraan, kegiatan ini juga sukses secara substansi dimana Be-Blog ikut menggulirkan gagasan pembentukan Komunitas Blogger ASEAN.

Selain acara-acara diatas yang terkesan serius,  sebenarnya BeBlog juga melakukan kegiatan yang sifatnya lebih santai seperti karaokean bersama. Setidaknya dua kali kegiatan karaokean bersama telah dilakukan dan terlihat bakat-bakat menyanyi luar biasa dari BeBloggers yang tidak kalah hebatnya dengan penyanyi sungguhan. Tidak heran jika komunitas blogger lain takut untuk menantang lomba nyanyi (lirik Dodi).

Nggak ada loe nggak Rame
Nggak ada loe nggak Rame - Dalam kegiatan agak serius pun BeBloggers tetap tersenyum manis

Segala pencapaian di atas, tanpa bermaksud menyombongkan diri, patut disyukuri bersama. Betapa pun pencapaian ini tidak terlepas dari kerja kleras dan kerjasama semua anggota Be-Blog. Namun meski berhasil menyelenggarakan berbagai kegiatan spektakuler di tahun pertamanya, harus diakui Be-Blog belum begitu kuat untuk mewujudkan visinya menembus tapal batas. Seperti lazimnya suatu organisasi, selalu saja terdapat dinamika internal dan tantangan yang mesti dihadapi,  yang jika tidak dikelola dengan hati-hati bisa memunculkan kesalahpahaman.

Tantangan utamanya adalah bagaimana memelihara semangat dan sense of belonging anggota komunitas agar berbagai program kegiatan yang direncanakan Be-Blog dapat diimplementasikan secara dinamis, baik online maupun offline. Beragamnya latar belakang pendidikan dan pekerjaan anggota Be-Blog , seperti murid SMU, Mahasiswa, Pegawai, Pengusaha, ibu rumah tangga dan sebagainya,  menjadikan beragam pula sikap dan perilaku dalam merespon permasalahan yang mengemuka.

Tingginya kesibukan dan urusan personal para pengurus Be-Blog dan anggotanya mengakibatkan tingginya frekuensi keluar masuk personil dalam setiap kegiatan komunitas. Saya sendiri pernah sekali absen ketika penyelenggaraan blogshop di STMIK Bani Saleh bulan Nopember 2009, saat itu selama sebulan saya mendapat penugasan kantor ke Belanda.

Kondisi fisik pun bisa menjadi masalah ketika banyak anggota jatuh sakit bersamaan waktunya dengan persiapan dan pelaksanaan kegiatan. Karenanya kita selalu mendoakan agar kita semua selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Seperti kata pepatah:  mensana in corpora sano (di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat).  Dan keberhasilan kegiatan komunitas akan dapat diraih tergantung pada komitmen dan kesiapan para anggotanya untuk dapat saling berbagi dan bekerjasama serta tentu saja berkat badan yang sehat.

Akhirnya sebagai ketua Be-Blog tentu saja  saya berharap agar semangat tinggi untuk saling berbagi dan bekerjasama yang telah ada selama ini kiranya dapat dipupuk, dipelihara dan ditumbuhkembangkan untuk kepentingan bersama. Be-Blog bukanlah milik saya atau pengurus lainnya, tapi milik bersama para blogger Bekasi yang dikelola secara gotong royong. Maju mundurnya komunitas berada di tangan kita semua blogger Bekasi dan teman-teman be-Blog. Untuk itu ramaikan aktifitas komunitas dengan postingan yang bermanfaat tentang Bekasi ataupun berbagai isu lainnya serta melakukan kegiatan offline lainnya. Kita jadikan bloggerbekasi.com sebagai landmark Bekasi di dunia maya dan wadah berkumpulnya blogger Bekasi  dan teman-temannya di dunia nyata.

Setahun usia Be-Blog, setahun pula kebersamaan kita lalui dengan dinamikanya. Saat ini saya dan beberapa teman yang menjalankan kepengurusan Be-Blog, ke depan giliran anda. Untuk itu, tanpa kerjasama dan semangat berbagi, tujuan bersama untuk dapat menembus tapal batas lewat blog mustahil tercapai. Tanpa kerjasama dan semangat berbagi, Be-Blog akan tetap berada di landasan ketika berbagai komunitas lainnya justru telah terbang tinggi.

Salam Be-Blog dan selamat milad pertama, sukses selalu unuk kita semua. Merdeka !!!

Posting terkait:

Satu Tahun Blogger Bekasi: Sebuah Mimpi Yang Menjadi

13 thoughts on “Setahun Be-Blog, Setahun Semangat Kemerdekaan”

  1. Ngekek baca quote ini:

    Tidak heran jika komunitas blogger lain takut untuk menantang lomba nyanyi (lirik Dodi)

    Masih ditunggu laah kapan mau tanding sama kami *siul-siul*

    Anyway, thanks untuk be-Blog yang sudah mewarnai perjalanan ngeblog saya setahun ini. Begitu banyak cerita dan pengalaman yang insya Allah semakin mendewasakan kita semua yang terlibat di dalamnya.

    Tetap kompak. Buka Mata. dan Perhatikan Sesama.

    Maju terus!!

    Note: ini adalah komentar terpanjang saya di portal beblog :-))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>