Upgrade Bios

Upgrade Bios

BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas sebagai berikut:
Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras
Memuat dan menjalankan sistem operasi
Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer

Sebenernya perlu tidak sih kita upgrade bios…., menurut saya,pribadi,selagi computer tidak ada masala dengan hardware kita tidak memperlukan update bios, karena salah-salah computer akan jadi barang rongsokan.

Kalau memang computer sudah tidak support lagi karena adanya tambahan hardware baru, boleh kita update bios, tetapi harus hati-hati, kalau tidak bener makan akan sulit sekali merepairnya.
Minggu lalau salah satu temen saya datang kerumah dengan membawa notebook merek assus type K40IN, dia meminta saya untuk merepair biosnya, pada awalnya notebook itu tidak ada masalah, setelah install windows 7 selesai muncul komentar untuk upgrade bios, tetapi setelah selesai upgared bios malah notebook tidak bias dinyalakan….pusing..dah!!.saya sempet bertanya untuk apa update bios…dia karena systemnya meminta.
Setelah saya teliti kesalahan bermula saat update bios,kerena dilakukan pada saat computer berjalan normal.
Saran saya bagi yang mau update bios sebaikan dilakunkan lewat dos atau under dos atau ms-dos , walau saat ini banyak sekali software flash dos yang berjalan di windowas,tetapi sangat rentan kesalahan dan hasilnya tidak akan sempurna.
Dua hari saya ngoprek itu notebook , kare kesalahan yang seharusnya tidak perlu..
Dari kasus diatas tadi saya coba sharing keteman-teman, cara update bios yang aman, tapi lakukan ini kalau terpaksa…
Sebagian besar saat kita mau menjalankan computer lewat dos atau ms-dos diperlukan Floppy disk (disket),tetapi notebook jaman sekarang tidak ada lagi yang mempunyainya,terus bagaimana sulusinya kalau kita ingin update bios..tidak ada rotan akarpun jadi itu pepatah lama…kita bias mengunakan USB kesayangaan.
  • Download aplikasi untuk flashbios under dos disini
  • Jalankan software HP Format USB Utility unduh disini
  • Download file untuk menjalankan perintah dos disini dan extract ditempat yang mudah ditemukan, dalam folder nanti kosong tidak apa-apa, karena file dihidden.
  • Format USB anda dan centang “Create a DOS startup disk” serta centang “using DOS system Files located at” dan arahkan file dos system files hasil extractkan tadi
Tunggu sampai proses selesai
Kemudian file flashbios hasil download tadi (Afudos.exe) extract terlebih dulu dan kopy  ke dalam USB
Kopi juga file bios yang akan digunakan untuk upgarede kedalam USB, jangan lupa ectrack terlebih dulu, dan ingat nama filenya, kalau perlu dicatat.(cari di situs resmi sesuai merek dan type komputer)
Jika semua proses persiapan selesai dalam USB Cuma ada dua file yang kelihatan karena lainya di hidden
1.Afudos
2.Fele untuk upgrade bios.
Proses upgrade
Setup bios atur urutan booting pilih USB paling atas atau booting lewat USB dan restart computer sat nyala nanti dilayar akan muncul
……………………
bala-bala…paling tiga baris dan
C:>
Untuk memulai instalasi ketikan nama aplikasi flashbios dan nama file bios begini
namaflasbios.exe /i(nama file bios) dan enter
Contoh;
C:>afudos.exe /ibios222.rom
Enter
Kalau tidak ada kesalahan proses akan berjalan, tetapi kalau tidak bias berjalan kemungkinan anda salah ketik atau formatnya salah, jika format penulisan salah nanti akan muncul panduan format penulisa.

Dan tunggu sampai proses ini  selesai tunggu lebih kurang 5 menit baru restart computer, saat melakukan proses ini pasang baterai notebook takuknya mati lampu..tahu sendiri PLN sekarang …kalau saat proses ini merlangsung tiba-tiba power mati untuk selamanya kompi akan jadi barang antic karena tidak bisai dimaini..

Saran saya kalau mau coba usahakan computer sendiri kalau rusak tidak apa-apa, dari pada harus ganti computer orang….

Dan kalau belum kuat mental jangan coba-coba upgrade bios …barang kecil kasiatnya bro…..kecuali sudah siap untuk ganti bios.

selamat mencoba…
Kalau tidak berasil beli notebook baru lagi…”Ilmu itu butuh biaya”
Artikel ini juga dumuat di portal ibote

3 thoughts on “Upgrade Bios”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>