Budi Putra, Country Editor for Yahoo! Indonesia

bpMinggu lalu, berita cukup mengejutkan sampai dihalaman inbox email saya (22/09/09). Isi beritanya adalah mulai awal Oktober 2009 mendatang, Budi Putra yang menurut situs OhMyNews disebut sebagai Indonesia’s First Full-time Blogger, dan juga merupakan CEO dari PT Asia Blogging Network (ABN), tempat kami (para blogger ABN) ngeblog dua tahun terakhir ini mengumumkan dirinya secara resmi akan bergabung dengan Yahoo! Indonesia sebagai Country Editor. Posisi ini merupakan salah satu posisi favorit dan sangat strategis dimana Budi Putra akan menangani masalah konten dan komunitas Yahoo! di Indonesia.

Sebuah pencapaian prestasi yang luar biasa memang, karena Yahoo!, sebuah perusahaan berkelas dunia tidak mungkin menunjuk sembarang orang untuk menduduki posisi strategis tersebut. Kiprah dan karya seorang Budi Putra dalam dunia internet, khususnya dalam dunia blog memang sudah tidak diragukan lagi. Ia bahkan satu-satunya orang Indonesia yang ditunjuk oleh The Bobs untuk menjadi salah satu juri internasional dalam Blog Award berskala international di Jerman tahun lalu (2008).

Budi Putra memang sudah menunjukkan kepiawaiannya sebagai seorang full-time profesional blogger, tidak hanya di Indonesia, bahkan di dunia. Keberadaannya menjadi salah satu jajaran juri dalam ajang blog Internasional The Bobs adalah merupakan bukti eksistensinya dalam dunia blog yang sudah diakui secara Internasional.

Bagi kami, sangat disayangkan memang jika seorang Budi Putra harus kembali menjadi seorang karyawan pada perusahaan berkelas dunia sekalipun (Yahoo!), mengingat kiprahnya sebagai seorang enterpreuner dalam dunia blog masih cukup menjanjikan dan sangat prospektif.

Meskipun belakangan ini rating ABN, perusahaan kanal blog yang dikelolanya sudah agak menurun, namun potensi kanal blog ABN dikalangan industri terkait sendiri masih sangat menjanjikan, apalagi ditengah-tengah semakin maraknya perkembangan dunia blog di tanah air. Terakhir, bahkan ia bersama dengan rekannya (elprisdat) kembali membentuk sebuah kanal blog dengan nama i-teve.

Sukses menjadi full-time professional blogger saat ini ternyata harus dikorbankan oleh seorang Budi Putra untuk menjadi seorang Country Editor pada Yahoo! Indonesia. Pilihan Budi Putra untuk bergabung dengan Yahoo! Indonesia akan membawanya untuk tinggal di Singapura selama 6-12 bulan (Markas Yahoo! South East Asia) sambil menunggu Yahoo! mendirikan kantornya di Jakarta.

Meskipun hingga saat ini masih aktif berjalan, namun masa depan dari kanal blog gabungan dari para blogger pertama di Indonesia tersebut (Asia Blogging Network), hingga saat ini nampaknya masih belum jelas menjelang akan ditinggalkan oleh Budi Putra.

Sebelum diajak bergabung oleh Yahoo!, Budi Putra juga tercatat masih aktif pada beberapa kanal blog, baik itu berskala lokal maupun internasional. Selain mengelola kanal blog pribadinya dan perusahaannya, Budi Putra belakangan juga masih aktif sebagai gadget-blogger di beberapa blog yang berskala internasional seperti CNet, Slashphone, iPhone Buzz, dan PhoneMag dan semuanya itu akan ditinggalkannya untuk bekerja bersama Yahoo!.

Sebuah pilihan yang amat sulit tentunya, jika kita juga dihadapkan pada posisi seperti Budi Putra! Namun apapun keputusannya, kami tetap menghormati dan mendukung keputusan Anda 100%, selamat berkarya melalui Yahoo! Indonesia buat mas Budi Putra, kami tunggu inovasi-inovasi Anda berikutnya!……

Congratulation for You!!!….

Salam blogger

www.yulyanto.com

Blogging for Asia Blogging Network (ABN) at:

http://mybusinessblogging.com/indonesia-business/

http://mybusinessblogging.com/stock-market/

3 thoughts on “Budi Putra, Country Editor for Yahoo! Indonesia”

  1. Selamat untuk Mas Budi untuk pencapaiannya.
    Mas Yul, bisa gak ya Mas Budi kita undang sebagai pembicara dalam launching bloggerbekasi ? Biar sekalian sharing ilmunya ke temen-temen blogger di bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>