Asyiknya Menjadi Volunteer

Sabtu lalu, 23 Maret menjadi hari yang special ..mengapa? karena yang ngajar kali ini adalah founder dari Akademi Berbagi yaitu Mb Ai @pasarsapi. Mb Ai kali ini membawakan materi Volunteering&Sosial Media. Kelas Akber kali ini mengambil tempat di Bebek Judes Resto Kalimalang. Kelas kali ini dibuka oleh Donny yang merupakan Kepsek Akber Bekasi yang baru. Horay! dan baru kali ini Donny menjadi MC. Good Job pak Kepsek :) . Banyak wajah-wajah baru yang ikut kelas ini. Seneng deh rasanya semakin banyak orang yang menyadari pentingnya belajar termasuk belajar di Akber Bekasi. Mb Ai diawal bercerita bahwa konsep volunteering sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu. Ketika beliau kecil di Salatiga dan ada orang yang kesusahan seperti membangun rumah dll, maka dengan senang hati akan di bantu oleh warga yang lain. Ga aneh sebenarnya, Indonesia di kenal sebagai bangsa dengan budaya gotong royongnya. Mb Ai mengatakan dengan hadirnya sosial media dan internet semakin memudahkan manusia untuk melakukan kegiatan volunteering. Volunteer atau dikenal dengan sukarelawan adalah orang yang bekerja atas kemauan sendiri dan ikhlas hati bekerja untuk orang lain dan yang terpenting mereka bekerja tidak dimotivasi oleh materi dan uang. Namun pada akhirnya kerja volunteering jika dilakukan dengan ikhlas akan membawa banyak kebaikan yang berlipat untuk si pelakunya, karena saya percaya bahwa The more you give, the more you get.. Mb Ai sendiri membuktikannya, karena menjadi volunteer di Akber banyak hal yang sudah di dapatkannya seperti mendapatkan project freelancer, menjadi social media director, berkesempatan menjadi pembicara/pengajar, kesempatan menulis buku dan yang paling amaizing yaitu ketika beliau berkesempatan keliling Amerika selama hampir satu bulan gratis atas undangan US Department of State. Wuihhh.. bikin mupeng >.< Kalo mengingat-ingat ke diri sendiri apa yah? yang jelas banyak hal yang aku dapatkan setelah menjadi Volunteer di Akademi Berbagi Bekasi ini, contohnya nih …banyak belajar ilmu baru yang di ajar sama praktisi yang pastinya semakin membuatku merasa bahwa banyak hal yang belum aku ketahui, selain itu aku belajar berorganisasi apalagi kemarin aku menjadi leader di Akber yang pastinya menuntut tanggung jawab yang lebih besar. Walaupun aku tidak bisa selalu menyenangkan banyak pihak tapi setidaknya aku belajar mengorganisir.. hee, hal lain yang aku dapat adalah jaringan dan teman baru yang berasal dari beragam background dan percayalah selalu menyenangkan mengenal orang-orang baruu dan yang terakhir yang bagiku tu bonus adalah ketika kelas Akber Bekasi di liput oleh Kompas TV dan ak berkesempatan memenangkan lomba presentasi dengan membawakan tema tentang Akademi Berbagi…

Mb Ai sedang mengajar :)

Mb Ai mengatakan bahwa impian masa kecilnya adalah mengunjungi New York karena terinspirasi oleh film Autum in Newyork dan juga Home Alone Lost in New York dan sekarang mimpi itu menjadi nyata. Makanya buat kita nih, jangan pernah menyepelekan mimpi se absurd apapun itu.. ingat yah :)

Ada kata-kata bagus yang di kutip dari Martin Luther, dia berkata :

Make a career of humanity, commit yourself to the noble, struggle for equal rights, you will make a greater person of yourself a greater nation of your country and a finer world to live in.

 

Mb Ai mengatakan bahwa pada dasarnya semua manusia mencari kebahagiaan dalam hidupnya dan parahnya sebagian dari kita menganggap bahwa materi dan uang merupakan sumber kebahagiaan utama padahal ni banyak jalan untuk menjadi bahagia karena bahagia itu adalah pilihan sadar, kita bisa memilih untuk bahagia atau tidak dan aku sependapat dengan apa yang disampaikan Mb Ai bahwa ketika kita membantu masalah orang lain sebenarnya kita sedang meringankan masalah kita sendiri. Apalagi jika bantuan kita tersebut bisa mengubah hidup orang lain! . Aku juga sering mendengar bahwa ketika orang berpendapat bahwa jika kita ingin berbagi maka kita harus dalam keadaan cukup terlebih dahulu secara materi.. namun, orang yang hebat adalah orang yang dalam kesusahan namun masih bisa membantu sesamanya. Jadi, jangan menunggu berkecukupan untuk membantu orang lain, karena kita ga pernah tau sampai berapa lama usia kita …

Menurut pendapatku keuntungan yang paling utama menjadi seorang volunteer adalah BAHAGIA, yaps karena dengan membahagiakan orang lain akan membuat kita jauh lebih bahagia :) nah setelah mempunyai keinginan menjadi seorang volunteer, bagaimana caranya menjadi seorang volunteer? syarat pertama, pekerjaan ini harus didasarkan pada rasa senang dan ikhlas, jika ini bisa didapatkan maka kesulitan itu menjadi tidak ada, trus apa lagi? karena ini sukarela maka membantu sesama menjadi tujuan utama. Selain itu yang penting juga, carilah bidang yang kita sukai. Misalnya suka berkebun maka bisa bergabung dengan Indonesia Berkebun, suka mengajar maka gabunglah dengan Kelas Inspirasi, suka belajar maka gabunglah di Akademi Berbagi .. nah kalo sudah menemukan yang sesuai maka kita harus menjaga komitmen itu dengan penuh tanggung jawab namun dengan tidak mengabaikan kebutuhan dasar kita ..

Ada kabar baik nihh, di Amerika dan bahkan di Indonesia beberapa instansi sudah mulai memberikan nilai plus bagi orang-orang yang melakukan kegiatan volunteer. Karena dengan menjadi volunteer adalah bukti bahwa dia mempunyai kemampuan bekerja dengan baik dan bertanggung jawab, mempunyai empati yang tinggi, punya kemampuan berorganisasi dan bekerja dalam tim, dan punya kemampuan leadership.

So guys, manfaatkankanlah social media sebaik mungkin untuk mencari kesempatan menjadi volunteer, jadi jangan hanya menggunakan sosial media untuk hal-hal yang kurang bermanfaat seperti membuat status galau, mengumpat, mengeluh karena jejak online mu akan terekam selamanya. So be aware ya .. ya kalo sekali-kali si gpp kita galau atau mengeluh toh kita hanya manusia biasa namun jangan sampai menjadi hal yang dominan dalam hidup kita ..

Wuihhh, waktu dua jam rasanya ga cukup untuk belajar, namun apalah daya .. *halah*

oya, terakhir para relawan sempat ngobrol-ngobrol seru juga dengan Mb Ai dan Ibu Suri, Mb Mell hee. Kita saling berkenalan dan juga sharing antar relawan ^^

Seru deh pokoknya, terima kasih Mb Ai, Mb Mells, Akberian dan tak lupa Mas Dorry yang telah meminjamkan tempatnya :)

#Berbagi Bikin Hepi#

Mb Ai, Mb Mells dan Relawan Akber Bekasi

Mb Ai, Mb Mells dan Relawan Akber Bekasi

One Moment in Time

Lagu “One Moment in Time” menandai kehadiranku di acara karaoke yang penuh warna dari para blogger bekasi. Sakses dan salut buat mbak Ratu yang selalu piawai kalau ngurusi masalah yang satu ini.

Setelah tak bertemu beberapa waktu, maka pertemuan panitia Amprokan Blogger 2010 ini terasa sangat istimewa, meskipun bintang lapangannya, kang Harun dan Mas Amril, tidak bisa kutemui karena ada hal lain yang tak kuasa diselesaikan.

Patut disesalkan juga mas Dodie tidak muncul di acara ini, padahal dia adalah kandidat musuh terkuat dalam soal pertempuran karaokean antara beBlog dan Depok. Aku tidak tahu apakah ini karena ciutnya nyali mas Dodi atau karena capeknya dia berkeliaran di ujung pulau jawa bagian Barat ini. Atau karena munculnya Om Jay yang biarpun datang tetap tidak nyanyi dari awal sampai akhir (gak ada karaoke murattal sih)

“Gak asyik karaoke kok gak ada nilainya!”, begitu kira-kira semangat para karaokewan dan karaokewati BeBlog dan mereka memilih tempat karaoke di Inul MM yang sangat representatif untuk menghadirkan puluhan penggemar karaoke.

Ruang 5 di Inul ini memang lumayan kuas dan didekorasi dengan apik, meski jadi sulit untuk mengambil gambar, karena pencahayaannya antara ada dan tiada.

Tak kusangka, para gadis-gadis alim dan nan cantik ini begitu denger lagu langsung goyang bak penyanyi profesional. Ada goyang gergaji, ada goyang ngebor ada juga goyang dombret, semuanya lengkap, bahkan goyang rock juga terlihat fasih dijalani para pecinta karaoke ini.

Suara boleh fals, tapi goyang jangan sampai fals!

Ada juga yang bergaya bak sinden meskipun lagunya lagu non sinden. Jan komplit plit deh. Aku jadi merasa ada di dunia lain pada hari ini.

Lebih mantap lagi pak Aris, sang ketua BeBlog datang lengkap dengan pasukannya. Aku hanya datang membawa pasangan hidupku tapi pak Aris datang lengkap dan berhasil memecahkan rekor menyanyi dengan nilai 99 ! (nyaris sempurna).

Mbak Ajeng yang punya rekor tertinggi, terpaksa menyerahkan tampuk juaranya pada putri mas Aris. Luar biasa.

Selain Ady, komandan Sebuai yang bikin kita terSEBUAI dengan goyangannya, maka bintang karaoke lain di hari itu adalah Siti Nurhaliza BeBlog. Silahkan tebak siapa dia, pokoknya yang punya bodi peragawati dan “gapyak”-nya gak ketulungan deh. Kalau belum mudeng silahkan hubungi manajernya, namanya mas Irfan.

Alhamdulillah aku dapat kesempatan nyanyi duet dengan mbak Ajeng. Suara falsku jadi ketimpa oleh suara merdu mbak Ajeng. Lagu pilihan mbak Ajeng juga luar biasa indahnya.

“One Moment in Time”

Each day I live
I want to be
A day to give
The best of me
I’m only one
But not alone
My finest day
Is yet unknown

I broke my heart
Fought every gain
To taste the sweet
I face the pain
I rise and fall
Yet through it all
This much remains

I want one moment in time
When I’m more than I thought I could be
When all of my dreams are a heartbeat away
And the answers are all up to me
Give me one moment in time
When I’m racing with destiny
Then in that one moment of time
I will feel
I will feel eternity

I’ve lived to be
The very best
I want it all
No time for less
I’ve laid the plans
Now lay the chance
Here in my hands

Give me one moment in time
When I’m more than I thought I could be
When all of my dreams are a heartbeat away
And the answers are all up to me
Give me one moment in time
When I’m racing with destiny
Then in that one moment of time
I will feel
I will feel eternity

You’re a winner for a lifetime
If you seize that one moment in time
Make it shine

Give me one moment in time
When I’m more than I thought I could be
When all of my dreams are a heartbeat away
And the answers are all up to me
Give me one moment in time
When I’m racing with destiny
Then in that one moment of time
I will be
I will be
I will be free
I will be
I will be free

Salut sekali lagi buat mbak Ratu, mas Aris, mbak Ajeng dan semua yang hadir maupun yang tidak bisa hadir di acara itu.

Ternyata suara fals itu nomor enam belas, tapi kehadiran di acara ini yang lebih penting. Gak bisa nyanyi? Joget kan bisa. Gak bisa nyanyi dan joget? Tepuk tangan aja deh !

Yuk bergaul dengan teman-teman yang baik-baik aja yuk!:-)
+++
ditulis di blog pribadi