IBOTE Memboyong Banyak Hadiah

Sungguh senang kita para blogger Bekasi bisa bertemu dan berkumpul bareng dalam acara blogilicious dan milad Deblogger 2. Rasanya kegiatan di kantor Telkom kemarin masih sangat berbekas hingga saat ini, dapat bertemu dengan Pak Aris, Pak Amril, Mbak Ajeng, Teh Irma, Mbak Ratu, Mbak Mila, Mbak Ayang Mira, Mas Vavai, Buk Indah, Mas Lanang, merupakan sebuah kebahagiaan terbesar pada acara sabtu-minggu di kantor Telkom tersebut. Adapun yang tak kalah menariknya adalah anak-anak IBOTE yang selalu ceria dan Alhamdulillah dapat mencairkan suasana pada saat hari ke -2. Piala Blogger Award pun telah diraih dan di bawa pulang oleh IBOTE.

Ahmad Sofyan Pemenang Blogger Award dan Modem Flexi

Tak disangka-sangka dan tak diduga-duga bahwa nominasi yang akan mendapatkan blogger Award kategori peserta terunik tahun 2011 adalah bocah Telo yang bernama Ahmad Sofyan, kalo tau seperti ini jadinya tepat pada hari minggu kemarin saya mestinya memakai celana boxer untuk datang ke acara tersebut… haaahahahaha.

 

 

 

Ketika para Dewa Blogger bertemu

Apa jadinya kalau para Dewa Blogger Bekasi berkumpul?

Waktu jadi terasa pendek. Pembicaraanpun selalu tidak lepas dari upaya melestarikan semangat para Blogger dari Bekasi untuk lebih sukses dibanding tahun 2010 lalu. Harus ada yang berbeda dari tahun lalu, karena Beblog harus berkembang.

Ada anak dewa BeBlog ikut kopdar
Ada anak dewa BeBlog ikut kopdar

Pengurus BeBlog belum dianggap berhasil kalau hanya sukses di tahun pertama saja. Tahun kedua harus lebih heboh dan harus lebih kreatif. Bagiku sih sudah sangat jelas. Aku selalu mendorong dua “nyawa” Beblog untuk selaluj tampil di depan dalam aksi-aksi beBlog setelah Amprokan Blogger.

Itulah komunitas Sebuai dan Ibote yang sudah tidak diragukan lagi kekompakannya. Beberapa kali test pada mereka hasilnya selalu memuaskan. Tak peduli mepet waktu atau beratnya pekerjaan, mereka selesaikan dengan sangat bagus dan selalu mendapa acungan jempol dari para pengamat.

Tahun 2011 adalah tahun mereka dan segera akan kita saksikan kiprah dua “nyawa” Beblog ini di kegiatan BebLog tahun 2011 ini. Tema yang kusodorkan dalam pertemuan para Dewa Blogger semalem adalah “Pendidikan pada Anak Bangsa”. Sebuah tema sederhana yang ternyata bisa masuk kemana-mana, tinggal bagaimana nanti mengemasnya dalam event-event yang akan diadakan oleh beBlog di tahun 2011 ini.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan tema itu. Anak bangsa tidak berarti harus anak-anak, karena Anak Bangsa memang mulai dari bayi sampai Kakek-kakek adalah anak bangsa yang harus terus belajar untuk Indonesia lebih baik.

“Carilah ilmu semenjak dari buaian hingga liang kubur”

Begitu kalimat bijak yang sering kita dengar dan saatnya tahun ini beblog fokus pada pendidikan. Bagaimana membuat bangsa ini menajdi lebih baik dan bagaimana model pendidikan yang bisa disumbangkan oleh para Blogger, itulah hal-hal yang perlu dipikirkan bersama oleh para blogger dimanapun dia berada.

Mimpin rapat sambil BBM
Mimpin rapat sambil BBM

Mas Aris, sang ketua BeBlog, dengan serius tapi santai terus memimpin rapat agar menghasilkan keputusan yang paling masuk akal dan tetap menjaga beBlog pada relnya. Keputusan rapat sudah jelas, tahun ini adalah tahunnya Sebuai dan Ibote.

Nama-nama mereka sudah layak masuk dalam “Page” pengurus di situs Blogger Bekasi. Kita lihat saja kiprah mereka di tahun 2011 ini. Kita lihat juga profile mereka di halaman pengurus BeBlog. Syaratnya tentu saja kirim profil ke Pak Ketua dulu. lengkap dengan fotonya, sehingga bisa dipajang di halaman Blogger Bekasi dot CoM.

Masalah krusial lainnya adalah tempat nongkrong alternatif selain di BCP dan sekretariat BeBlog. Saat ini, Beblog memang mempunyai dua tempat ngumpul, yaitu di BCP dan di sekretariat BeBlog. Kedua tempat ini meskipun nyaman, tetapi rasanya perlu satu tempat lagi yang lebih personal, artinya benar-benar tempat milik beBlog bukan milik orang lain yang dipinjam pakai.

Mencari tempat sekretariat ? Pak Rawi ahlinya
Mencari tempat sekretariat ? Pak Rawi ahlinya

Di BCP tentu nyaman, tapi jelas bukan milik BeBlog. Di Sekretariat BeBlog jelas nyaman, tapi itu adalah rumah salah satu pengurus beBlog, sehingga kita pasti tahu diri kalau memakai rumah orang.

Idealnya “sarang: beblog adalah sebuah ruko atau semacamnya yang selalu penuh kegiatan, minimal jam 11.00 s.d jam 22.00. Mungkin bisa diisi dengan produk kuliner yang dilengkapi dengan akses internet tak berbayar. Misalnya warung Mie Sehati yang didukung oleh provider internet mobile.

Rumah Mas Vavai yang penuh komputer, sebenarnya cukup ideal, tetapi aku sendiri hanya mendengar ceritanya saja dan belum pernah main ke rumah mas Vavai (menjura mohon maaf pada mas Vavai, Dewanya para Dewa Blogger bersama mas Irfan).

Mungkin di pertemuan selanjutnya akan bisa ditemukan lokasi yang paling cocok untuk sekretariat beBlog.

Mas Amril pulang duluan karena anaknya sakit
Mas Amril pulang duluan karena anaknya sakit

Malam sudah larut dan saatnya balik kanan menuju ke rumah tinggal untuk beradu dengan bantakl dan guling. Seperti biasa, saat tulsian ini ditulsi, Om Jay sudah menerbitkan tulisannya. Namanya saja penasehat para dewa, jadi harus memberi contoh yang baik buat mereka yang dinasehatinya.

Salam sehati.

BeBlog,SeBUAI,Ibote & Anak-anak Rumah Baca Mutiara Mandiri

Kaget & Shock waktu saya dateng ke tempat acara di Kantor RW 01 Dusun Jati Bulak, Jati Mulya, Tambun Selatan minggu sore kemarin. Kenapa??  Beberapa jam yang lalu saya pulang dari tempat itu masih kosong, nah waktu saya datang lagi, loh kooo udah banyak banget anak – anak kecil & ibu – ibu yang berkumpul. Kedatangan saya langsung disambut Ibu Omah & Pak Toni. Saya langsung siap – siap di dalam kantor RW sambil terus SMS-an sama temen – temen lain yang masih OTW ke TKP.

Jam 4 lewat 15, acara dimulai dengan penampilan Marawis dari Remaja Putri. Disusul penampilan anak – anak Mutiara Mandiri yang bernyanyi & membaca pusi diiringi permainan gitar, jimbe & biola. Suasana makin meriah waktu Huda Magic, si pesulap tampil. Anak – anak berkali – kali mengeluarkan kata “wooww”….terus tepuk tangan. Senang sekali rasanya bisa membuat mereka gembira.

Jam 5 lewat, rombongan yang membawa konsumsi datang. Pak Rawi, Mba Mila, Mba Anggi, Mba Irma. Setelah sebelumnya Pak Aris & Pak Amril lebih dulu standby. Mas Yulef malah datang dari sebelum acara dimulai. Temen – temen SeBUAI, Arief & Mas Wahid memang dari siang ikut cek & ricek ke TKP, disusul kedatangan Ka Joko, Imat, dan Pita. Anak – anak Ibote juga datang (Om Ferdi, thnx spanduknya).

Acara sore itu juga kedatangan tamu istimewa. Surprise dari Mba Elly yang datang membawa sumbangan majalah Orbit dari Habibi Center, sempet ngobrol juga sama beliau tentang kegiatan SeBUAI di Rumah Baca Mutiara Mandiri. Kedatangan Teh Lani yang tadinya urung datang (makasih ya Teh buat sumbangan nasi box untuk anak – anak). Ada juga Audit & teman – temannya yang memang tertarik sama kegiatan SeBUAI, tapi baru kali ini bisa gabung.

Selepas mahghrib & santap makanan (makasih ya Pak Rawi), rombongan BeBlog & Ibote ini saya ajak menengok ke tempat Rumah Baca Mutiara Mandiri. Bagaimana kesan – kesannya? Silahkan temen – temen komen dibawah tulisan saya.

Akhirnya, acara selesai & kami pun saling pamitan dengan Pak RW, Pak RT, Bu Omah & Pak Toni. Saya merasa sangat capek sekaligus legaaaaa.

Behind The Scene

Saya masih ingat banget, waktu rapat mendadak setelah Seminar ASEAN di Hotel Horison tanggal 7 Agustus 2010 itu, Pak Aris & Pak Rawi memberikan amanah kepada saya untuk meng-arrange acara puncak ulang tahun BeBlog yang pertama. Tadinya acara itu akan diadakan tanggal 22 Agustus 2010. Mulailah saya rajin buka milis untuk mencari donator & sponsor. Komunikasi pun intens via SMS dengan Pak Aris & Pak Rawi.

Karena satu & lain hal, acara tanggal 22 Agustus 2010 itu pun diundur ke tanggal 29 Agustus 2010. Saya masih nge-blank tentang konsep acara, konsumsi, tamu yang datang, dana dsb. Tapi Alhamdulillah, satu per satu ada pencerahan. Dari mulai banyak yang mengirim bantuan via rekening saya, menelepon untuk bilang “saya nyumbang ini …..bisa?”, kabar dari Pak Toni kalau Pak RW welcome dengan acara kita. Subhanallah, indahnya.

Terus, bantuan dari ibu – ibu bayangkari BeBlog, Mba Anggi, Mba Ratu, Mba Irma, Mba Mila & Mba Mira yang bahu membahu mengatur menu untuk ta’jil (makasih ya Mba(ku) yang cararantik…hehehe). Selesai masalah konsumsi, saya ‘lari’ matengin konsep dengan Pak Toni sambil memanggil prajurit SeBUAI (walaupun akhirnya Cuma ada Arief & Mas Wahid) buat bongkar stok buku untuk bikin souvenir paket buku anak – anak juga bingkisan khusus untuk anak yatim & dhuafa disana. 4 hari menjelang acara baru kepikiran masalah spanduk, itupun karena Pak Aris mengirim email desain spanduk (walaaahhhh…). Untunglah Om Ferdi dari Ibote bersedia membantu.

Ibu-ibu bayangkari BeBlog
Ibu-ibu bayangkari BeBlog

Ahhh…akhirnya, acara pun sukses (menurut saya) terselenggara. Terima kasih untuk para donatur & sponsor ; Pak Aris, Pak Eko, Om Jay, Pak Amril, Mba Devy, Mba Mira, Mba Ratu, Mba Anggi, Mba Irma, Mba Mila, Mas Yulef, Teh Lani, Bu Elly, Pak Rawi, Yessi Winda, Seseorang yang ngga mau disebutin namanya, Dag Dig Dug, Mas Wisnu. Angkat topi juga buat temen – temen Ibote ; Om Ferdi, Ryo, Ilham dkk. Makasih buat Mas Irfan& Nake yang nyempetin buat cek & ricek sebelum acara.

Ps : ada titipan salam dari Bu Omah & Pak Toni buat BeBlog “Mba Ady, sampein makasih yang sebesar – besarnya ya karena udah mau bikin acara begini gede di tempat kita…karena ini baru pertama kali ada kayak gini…” sambil berlinang air mata.

Cerita lainnya tentang acara BukBer ini bisa dilihat

disini & disini

***

Foto ; pribadi, profil picture Mba Anggi, Mba Irma, Mba Ratu, Mba Mila & Mba Mira

***

Indahnya Berbuka Puasa Bersama Blogger Bekasi

Sebagai bagian dari rangkaian acara ulang tahun pertama Komunitas Blogger Bekasi (Be-Blog), pada tanggal 29 Agustus 2010 diselenggarakan acara berbuka puasa bersama bertempat di Dusun 1 Desa Jatimulya Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Acara buka puasa bersama yang diselenggarakan Be-Blog  ini terkesan istimewa karena tidak hanya dihadiri para blogger atau onliner lainnya, seperti yang umumnya dilakukan komunitas blogger, tetapi juga dilakukan bersama-sama dengan anak-anak yatim dan dhuafa rumah baca Mutiara Mandiri pimpinan Pak Toni. Tempat berbuka puasa pun bukan di rumah makan, tetapi kantor Rukun Warga (RW) dan jalan menuju Desa Jatimulya.

Dipilihnya rumah baca Mutira Mandiri sendiri tidak terlepas dari kegiatan yang dilaksanakan rumah baca tersebut dalam ikut serta membantu mencerdaskan anak bangsa, khususnya anak yatim dan dhuafa, melalui pemberian pendidikan tambahan dan penyampaian informasi secara sukarela kepada sekitar 180-an anak usia TK dan SD.

Atas kesadaran sendiri para pengelola dan “guru” di rumah baca memberikan pendidikan tambahan bagi anak-anak yatim piatu dan dhuafa warga desa Jatimulya. Apa yang mereka jalankan tentu saja sejalan dengan misi Be-Blog yang ingin berbagi pengetahuan dan informasi serta pengalaman yang dimiliki baik online maupun offline. Hal ini juga sejalan dengan ajaran agama Islam yang menyatakan bahwa  salah satu amal jariah yang dihitung adalah ilmu yang dibagikan.

Dengan tema “Bergembira dan ceria bersama anak-anak”, kegiatan buka puasa bersama kali ini diisi dengan beragam hiburan seperti kasidah dan sulap, pembagian buku tulis dan bacaan, santunan kepada anak yatim piatu dan bantuan pendanaan pengelolaan rumah baca.

Sekitar pukul setengah empat sore sebanyak 250-an undangan sudah hadir dan memenuhi tempat yang disediakan. Sesuai tema, maka  undangan yang hadir sebagian besar adalah anak-anak usia sekolah taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Kehadiran mereka dengan seragam oranye dan  para ibu anak-anak tersebut menajdikan pertemuan begitu meriah dan semarak.Tepat pukul empat acara pun dimulai dengan acara hiburan menjelang berbuka. Bertindak sebagai pembawa acara adalah koordinator kegiatan acara ini dan juga motor gerakan Sejuta Buku Anak Indonesia (SeBUAI) Adyanti Rahmarina dan guru rumah baca Mutiara Mandiri Heri Sugianto.

Acara diawali dengan penampilan kasidah remaja putri majelis taklim RW 01 pimpinan ibu Yani, yang juga “guru” di rumah baca Mutiara Mandiri. Dengan cukup apik dan kompak mereka melantunkan beberapa tembang kasidah.

Tidak mau ketinggalan dengan remaja putri majelis taklim, anak-anak rumah baca Mutiara Mandiri kemudian menampilkan kebolehannya berpuisi dan melantunkan beberapa buah tembang diiringi Kelompok Pengamen Jalanan (KPJ) Bekasi.

Usai penampilan anak-anak berpuisi dan bernyanyi, acara semakin meriah dengan penampilan sulap dari Mr. Huda yang menampilkan sulap-sulap klasik seperti tongkat menjadi bunga, bola pingpong, tali yang sambung menyambung dan sebagainya. Dengan gaya interaktif, Mr. Huda juga mengajak anak-anak untuk naik dan berani berdiri di atas panggung untuk ikutan bermain sulap.

Dengan beragam acara yang menarik dan meriah, tak terasa waktu menjelang berbuka pun semakin mendekat. Untuk itu acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci al-quran dan pembagian buku tulis dan bacaan kepada semua anak-anak anggota taman baca Mutiara Mandiri dan pembagian santunan kepada beberapa anak yatim dan piatu.

Alhamdullilah semua kegiatan buka puasa bersama dan beramal be-Blog  bisa terlaksana dengan lancar. Ucapan terima kasih kami haturkan kepada seluruh donator yang telah memberikan sumbangan, baik dana, konsumsi, tenaga maupun doa. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT dan diberikan pahala yang setimpal.

Terima kasih kepada teman-teman SeBUAI dan Ibote yang telah bekerja keras mewujudkan terlaksananya kegiatan ini. Kita semua bangga padamu.

CFD : Harinya Ibote

“Setiap hari adalah hari Ibote mas”, kata teman-teman Ibote ketika aku bilang bahwa Hari Ini adalah Harinya Ibote. Dasar gudang narsis, pantang dipuji, langsung meletus begitu dipuji.

Namun memang aku harus mengakui bahwa hari ini adalah harinya Ibote. Jam 06.00 saat aku memasuki area Car Free Day, maka di ujung jalan aku sudah bertemu dengan kelompok Ibote yang bertebaran kemana-mana.

“Waduh kaosnya baru ya? Bagus banget nih. Dimana bisa dibeli?”, aku langsung menyapa mereka dengan terus menatap kaos baru Ibote. Harapanku dijawab dengan kalimat yang menyejukkan, misalnya “..ada satu kaos ukuran mas Eko, ini mas ambil saja…”.

Ternyata jawabannya bukan itu, jadi kita lanjutkan ngobrol yang lain sambil mencari teman-teman BeBlog yang sudah mulai berdatangan.

Mas Aris terlihat sudah siap di lokasi senam bersama instruktur yang juga sudah siap tempur. Aku langsung saja belok ke warteg, maklum dari kemarin belum makan, takut pagi-pagi pingsan kan bisa berabe. Jadi kuhabiskan sepiring nasi rames dan kemudian langsung meluncur lagi ke lokasi senam.

Rupanya senam sudah dimulai sesuai jam yang diumumkan via postingan di BeBlog. Jam 07.00 dan tidak ada kompromi, acara senam harus dimulai. Padahal baru saja muncul berita bahwa teh manis dan bubur akan segera berangkat.

Halah, ini sudah mulai kok konsumsinya baru mulai (akan berangkat) juga. Ya sudahlah, yang nanti terjadi biarlah terjadi, yang penting sekarang adalah saatnya untuk hepi.

Dengan modal sekitar 20 orang BeBlogger, ternyata beBlog sanggup mengajak para pejalan kaki non beblog untuk ikut bergabung. Dengan gaya masing-masing mereka ikut bergerak sesuai arahan instruktur.

Cameraku ternyata hanya mengambil teman-teman Ibote, karena memang mereka berada dimana-mana. Ambil di belakang ada ibote, di depan juga ibote, dimana-mana adanya ibote. Kayaknya acara hari ini memang acaranya ibote.

Yang paling ceria adalah salah satu primadona ibote. Wajahnya selalu murah senyum dan tak pernah diem. Maunya bergerak terus.

Tentu saja yang berumur dan tetap semangat ada juga.

Bagaimana peserta anak-anak? Pastinya ada juga.

Lalu dimana wajah Om Jay? Apakah dia juga ikutan dengan badan yang sesubur itu? Meski terlihat capek, tapi Om Jay tetap semangat ikutan acara ini.

Lawan main Om Jay dalam Trio Panda siapa lagi kalau bukan Mas Amril.

Terus dimana cewek-cewek BeBlog? Ini ada satu yang kena jepret.

Nah, sang Ratu harus juga kena jepret atau tak ada komentar dari sang Ratu.

Pokoknya yang tidak datang acara ini harus ikutan di acara BeBlog yang lain agar bisa merasakan aura persaudaraan beBlog yang ternyata masih sangat kental. Inilah Kopdar yang sangat menyentuh dari Beblog untuk beblog.

Salam Sehati