Menuju Amprokan Komunitas 2013

Sudah banyak yang bercerita tentang kegiatan Amprokan Komunitas ini. Iya, cerita tentang kehebohan, kemeriahan dan kesuksesan Amprokan Komunitas yang diselenggarakan oleh Blogger Bekasi pada tanggal 20 Juli 2013 di Nic’s Cozy Cafe. Ini bukan masalah tantangan menulis yang dilontarkan oleh Ketua Blogger Bekasi, Mas Aris Heru Utomo. Dalam update artikel beliau, dilist siapa saja panitia yang sudah menyetorkan tulisan tentang acara Amprokan Komunitas ini. Diawalli oleh liputan Bang Nur dari Harian Terbit yang hanya dalam hitungan menit setelah acara bubar, artikel tentang Amprokan Komunitas ini sudah tertengger di situs Harian Terbit. Mantap.. Lha namanya juga wartawan.. hehehe

Adalah Mbak Ajeng yang menantang saya untuk menjadi ketua panitia pelaksanaan Pre Event Amprokan Blogger. Berbagai macam rencana acara yang dilemparkan ke anggota Blogger Bekasi. Mulai dari workshop menulis blog, menjadikan blog sebagai mesin uang, sampai kepada blog sebagai toko online. Pembicara sudah dapat dan rencana acara hampir mateng. Namun apa dikata, waktu berkumpul panitia juga terbatas dan masing-masing memiliki kesibukannya sendiri. Calon sponsor yang sebelumnya sudah menyatakan ketertarikannya dalam acara pre event ini juga mundur disebabkan waktu yang tidak jelas.

Sumber Photo: Google Image
Sangkuriang

Tidak lama setelah itu, Mbak Ajeng kembali meminta saya untuk mengadakan rapat dengan salah satu calon sponsor dan mereka ingin membuat acara dadakan yang akan diadakan dalam 7 hari mendatang. Ya, Blogger Bekasi diminta untuk mengadakan acara mendadak, yang disebut “proyek Sangkuriang” oleh Mbak Indah. Kembali kita tidak siap dan sponsorpun hilang.

Seminggu setelah itu, saya mengundang teman-teman untuk hadir dalam rapat panitia pertama. Acara Pre Event harus terlaksana. Kita punya ide untuk mengumpulkan komunitas-komunitas di Bekasi dan mengundang mereka untuk buka puasa bersama. Ide yang cukup menarik. Apa aja yang akan kita adakan? Mulailah panitia mencari ide siapa pembicara yang cocok untuk ini. Beberapa nama sempat terlontar dari teman-teman untuk pengisi acara ini. Akhirnya kami memutuskan mengundang Mbak Ollie Salsabeela untuk bisa menyemangati komunitas di Bekasi.

Seksi acara mulai membuat rundown acara dan Sekretaris mulai mencari kontak komunitas yang ada di Bekasi. Done. Acara sudah tersusun dan nama komunitas sudah terisi. Tunggu dulu… Siapa yang akan mendanai acara ini? Nah lho.. Acara sudah disusun, list calon peserta sudah mulai dirancang, namun kita belum punya sponsor. Nekat, show must go on… Alhamdulillah di injury time, kami mendapat kabar bahwa Putera Sampoerna Foundation akan menjadi sponsor tunggal acara Amprokan Komunitas. Alhamdulillah Sponsor sudah didapat. Bagaimana dengan rundown acara? Terpaksa kita susun ulang agar program PSF bisa masuk dalam acara ini.

Final meeting pun segera diadakan untuk memastikan setiap seksi sudah bekerja dan bisa saling bersinergi. Tempat acara sudah ditetapkan. Menu makanan sudah dipilih. Undangan sudah dikirimkan. Ok… Acara akan terlaksana dengan baik.

Sehari sebelum acara, dapat kabar bahwa Finance Director PSF tidak masuk dan dana tidak bisa keluar.. Alamaak… Masih ada aja kejutan menit-menit akhir. Saya pasrah.. Kalaupun dana tidak bisa keluar, akan dicarikan dana lain dulu dan nanti akan diganti jika dana sudah turun. Jumat tanggal 19 Juli saya di SMS oleh Mas Fikri. Beliau minta nomor rekening untuk alamat pengiriman dana sponsor. Alhamdulillah, kami diberikan kemudahan lagi.

Photo by: Eshape
MC Cewek BeBlog

Acara dan pembagian acara sudah fix waktu rapat terakhir. Mbak Mira mengirimkan pesan terbatas kebeberapa panitia agar MC nanti diisi oleh Susi dan bukan olehnya. Alasannya sangat terpuji, Mbak Mira bilang bahwa di Beblog ini sarat dengan talenta-talenta dan sudah saatnya ada kaderisasi dan menampilkan wajah-wajah baru dalam acara BeBlog.

Hari sabtu tanggal 20 Juli sudah ditapaki. Panitia harus hadir jam 13.00 di Nic’s Cozy Cafe. Sampai jam 12 gak ada berita buruk lagi. Tiba-tiba saya ingat bahwa Seksi Konsumsi harus menyiapkan Teh Kotak untuk para peserta. Saya menghubungi Mila. Ternyata Mila sedang sakit. Ahaaa… Ada kejutan lagi nih diakhir acara. Bagaimana dengan konsumsi lainnya? Ternyata Mila dengan ikhlas berusaha datang ke Nics Cafe pada pukul 13.00 dalam keadaan demam, pucat dan nyetir sendirian. Mila juga nyasar menuju lokasi acara? Kaget? Nggak lah… Lha hampir setiap ke lokasi acara, Mila selalu nyasar kok.. hahahaha

Tiba-tiba Mbak Indah yang merupakan pemberi kata sambutan sekaligus ketua Amprokan Blogger memberi kabar bahwa beliau sakit kepala dan akan terlambat untuk datang. Asyiik…. Acara ini memang penuh dengan kejutan. Karena sudah sering mendapat kejutan diakhir-akhir acara, kabar inipun tidak begitu saya pikirkan. Saya hanya berharap Mbak Indah bisa hadir dan memberikan kata sambutannya.

Photo By: ATG
Peserta yang belum lengkap

Oke, kendaraan sudah saya parkirkan dihalaman Nics Cafe. Belum ada tanda-tanda kehadiran panitia disana. Saya naik ke lantai 2 dan ternyata MC kita sudah hadir.. Susi bilang bahwa dia baru pulang ngajar dan langsung menuju Nic Cafe. Ruangan cukup bagus dan bisa menjadi “arena” kopdar beBlog. Tunggu, kursinya kok kayak di rumah makan? Apa akan nyaman seperti ini? Spontan saya meminta Heru, Yani, Fiduy dan Susi untuk saling mengangkat meja dan kursi untuk disusun seperti teater. Bukan round table atau seperti meja di rumah makan. Puasa, angkat kursi dan angkat meja kami lakukan berlima. Lampu dan AC belum boleh dinyalakan karena ternyata pihak Cafe memberi ijin tempat pada pukul 3 sampai pukul 6 sore. Ok, gak masalah. Kami berusaha untuk ikhlas.

Jam 3 sudah lewat. Peserta yang hadir baru kelihatan beberapa orang. Kurang lebih 50% dari undangan yang konfirmasi. Ajudan Wakil Walikota sudah 2 kali mendatangi saya untuk memastikan jam berapa Pak Wawali akan memberikan sambutan. Pak Wawali kejebak macet dan harus mampir ke Masjid terlebih dahulu untuk sholat Ashar.

Bersama Wakil Walikota Bekasi
Ketua Panitia Amprokan Komunitas dan Wakil Walikota Bekasi

Bagaimana jika peserta yang hadir ini keburu bosan atau bete karena nungguin acara? Saya meminta Susi untuk mulai menyemangati peserta. Susi nanya, bagaimana caranya? Saya Cuma jawab, terserah mau ngomong apa. Yang penting kita mulai ajak mereka untuk ngobrol dan menjaga mereka tidak  bosan. Ide cemerlang Susi muncul dengan melemparkan tebak-tebakan. Tebakan pertama tentang binatang yang berkaki 5. Gak ada yang jawab. Pertanyaan kedua, siapa nama Bapaknya Unyil. Ada siswa Wirausaha nyeletuk “Pak Unyil”. Ternyata benar jawabannya dan dapat hadiah dari panitia. Kayaknya Susi kehabisan tebakan, Susi menawarkan ke peserta siapa yang bisa memberikan tebakan. Adalah Gina sangn Perempuan Sunda yang merupakan anggota komunitas Akber Bekasi yang turun membantu eks Kepsek Akber Bekasi ini. Siapa penemu cendol? Waduh, peserta pada heboh. Ternyata yang menemukan Cendol ini adalah orang Sunda, Euy.. Saya kurang paham maksudnya, namun dikarenakan tidak ada yang bisa jawab, akhirnya Gina yang mendapat merchandise. Finally, diisi dengan acara Photo bersama. Unik memang, biasanya photo bersama dilakukan setelah acara selesai. Namun di acara Amprokan Komunitas, photo bersama dilakukan justru sebelum acara dimulai.. hahaha

Ketua panitia Amprokan Blogger 2013
Ketua panitia Amprokan Blogger 2013

Tepat jam 15.30 acara dibuka dan Mbak Indah mulai memaparkan rencana Amprokan Blogger. 5 menit berlalu, Pak Wakil Walikota memasuki ruangan. Banyak kejutan yang membuat sport jantung para panitia diacara ini. Namun karena dilakukan dengan sepenuh hati, saling membantu, saling mengisi, saling aksi dan saling bertanggungjawab, acara ini sukses dilaksanakan. Artikel tentang jalannya acara bisa dilihat di:

 Artikel Bang Komar

Artikel Mas Amril

Artikel Mas Eko